BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Jenis dan Ragam Atap Transparan Terbaik, Hemat Energi!
0
0

10 Jenis dan Ragam Atap Transparan Terbaik, Hemat Energi!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 14, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Selain jendela, salah satu yang bisa Pins lakukan untuk mendapatkan pencahayaan yang baik adalah dengan menggunakan atap transparan. Sayangnya atap yang satu ini tersedia dalam beragam jenis dan material. Sehingga banyak sekali orang yang salah memilih atap transparan karena tidak mengetahui betul kelebihan dari jenis atap yang dibelinya. 

Penggunaan jenis atap ini umum dipakai pada rumah bekas di Bogor hingga rumah baru di Kabupaten Bekasi. Dengan Pinhome kamu bisa menggunakan layanan Take Over KPR untuk mendapatkan hunian dekat Pasar Pakuan Bogor atau properti sekelas Bali Resort Tangerang.

Jenis dan Ragam Atap Transparan Terbaik

Memiliki rumah dengan pencahayaan yang cukup tentu sangat bermanfaat terutama dalam menghemat listrik pada siang hari serta menjaga kesehatan rumah. Selain itu, rumah juga memiliki pencahayaan yang lebih terang pada siang hari karena sinar matahari yang dapat masuk langsung ke dalam rumah. 

Nah, jika Pins ingin menggunakan atap ini untuk meningkatkan pencahayaan di rumah, simak 10 jenis dan ragam atap transparan terbaik untuk melindungi rumah pada ulasan di bawah ini!

1. Alderon Transparan

Source : Alderon

Atap alderon adalah jenis atap uPVC semi transparan yang memiliki gelombang berongga. Atap ini cukup kuat dan tahan lama sehingga dapat digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama.

Bahkan atap berbahan uPVC ini disebut-sebut bisa digunakan dalam jangka waktu 10 tahun sehingga cukup awet. Meski terbuat dari bahan uPVC, proses pembuatan ini menggunakan formulasi ulang untuk meningkatkan kekuatan struktur pada atap. Pada atap alderon transparan ini juga tersedia dua jenis warna, yaitu warna translucent white dan translucent blue.

Baca juga: 7 Jenis Atap Kanopi untuk Melindungi Rumah dari Segala Cuaca

2. Spandek Transparan

Pinterest

Atap spandek transparan adalah salah satu jenis atap transparan yang menjadi favorit banyak orang. Bukan tanpa alasan, atap spandek transparan ini memiliki kualitas yang cukup baik sehingga memiliki umur pemakaian yang lumayan lama jika dirawat dengan baik.

Hal ini karena atap spandek ini dibuat dari bahan yang tidak mudah lampus serta tidak mudah mengalami perubahan bentuk jika terjadi perubahan cuaca. Selain itu bahan yang digunakan pada atap spandek ini bisa meredam suara bising sehingga cocok digunakan pada rumah di kawasan perkotaan atau rumah di kawasan yang ramai.

3. Solartuff Transparan

Source : Gravel

Jenis atap transparan yang satu ini dibuat dari bahan polikarbonat solid dengan tingkat kejernihan yang sangat tinggi. Dengan kejernihan yang tinggi ini memungkinkan kamu dapat melihat langit dengan sangat jelas. Selain itu ketahanannya juga cukup kuat dengan lapisan pelindung dari sinar UV di dua sisi. 

Jadi, meski transparan, cahaya yang masuk pun tetap aman untuk bagian dalam rumah. Proses pembuatan solartuff transparan ini menggunakan teknologi modern Eropa dengan bahan terbaik, sehingga atap ini memiliki berat yang ringan namun kekuatan yang tinggi. Bahkan atap ini mampu bertahan di segala macam kondisi perubahan cuaca.

4. Tempered Glass

Source : Himalaya Abadi

Jenis atap selanjutnya adalah tempered glass. Atap transparan terbaik ini dibuat dari kaca dengan kekuatan yang sangat tinggi. Atap kaca ini dapat memberikan pencahayaan maksimal karena permukaannya yang sangat jelas sehingga memudahkan cahaya masuk ke dalam rumah. 

Namun penting untuk mempertimbangkan penggunaan atap kaca ini karena dapat membuat ruangan terasa panas karena dapat dipengaruhi cuaca di luar rumah. Selain itu penggunaan atap tempered glass ini juga membutuhkan konstruksi rumit, serta biaya pemasangan dan perawatan rutin yang cukup mahal. 

5. Twinlite Transparan

Source : impack-pratama

Atap twinlite transparan ini adalah salah satu jenis atap transparan terbaik. Atap ini dibuat dari material polycarbonate twinlite yang melalui proses pemanasan untuk membentuk atap ini.

Tidak heran atap ini sering digunakan pada rumah-rumah karena memiliki berat yang ringan serta daya tahan yang sangat lama. Bahkan atap twinlite transparan ini juga disebut-sebut tahan terhadap suhu ekstrim. 

Selain itu atap ini juga tersedia dalam dua model bentuk, yaitu berbentuk rata dan bergelombang yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan dan hunian kamu. Oleh karena itu atap ini sering digunakan sebagai atap perumahan untuk meningkatkan pencahayaan pada rumah. 

Baca juga: Beragam Jenis Atap Rumah Berdasarkan Fungsinya

6. Atap Fiber Transparan

Source : impack-pratama

Atap fiber transparan sering juga disebut dengan alsynite. Atap ini adalah atap transparan yang dibuat dari material fiber atau serat plastik dengan kekuatan yang cukup tinggi.

Fiber transparan ini sering dijadikan alternatif pilihan karena bisa menjadi sumber pencahayaan rumah. Daya tahan atap ini juga tidak perlu diragukan lagi karena tahan terhadap perubahan cuaca. Selain itu fiber transparan, telah tersedia banyak di pasaran sehingga sangat mudah didapatkan dengan harga yang kompetitif.

7. Atap Polycarbonate EZ-Lock

Source : impack-pratama

Atap EZ-lock ini adalah atap transparan terbaik yang dibuat dari bahan polycarbonate. Atap ini memiliki struktur twinwall dengan kekuatan yang sangat tinggi.

Bahkan karakter EZ-lock membuat atap ini memiliki daya tahan yang sangat kuat dan disebut-sebut anti bocor. Atap ini juga dilengkapi dengan sistem penguncian di setiap sisi lembaran atap sehingga memudahkan proses instalasi dan mencegah penggunaan bor yang bisa menimbulkan risiko kebocoran atap.

8. Lasercool (Vinyl Bening)

Source : impack-pratama

Atap lasercool atau yang disebut juga dengan vinyl roofing sheet adalah atap dengan kualitas tinggi yang dibuat dengan teknologi modern dari Australia. Atap ini tersedia dengan varian solid atau flat yang mana sama-sama memiliki kualitas tinggi yang tidak bergelombang.

Lasercool ini memiliki daya tahan yang cukup lama dan kuat. Selain itu atap ini memiliki biaya instalasi yang cukup murah dan tahan terhadap perubahan cuaca. Material yang digunakan pun membuat atap ini lebih lentur dan fleksibel serta mampu meredam panas dan tahan terhadap sinar UV.

9. Atap Onduline Transparan

Source : Indo Bangunan

Atap onduline adalah jenis atap transparan dengan bentuk gelombang yang sangat kuat namun memiliki bobot yang ringan. Onduline juga disebut-sebut memiliki ketahanan terhadap cuaca yang telah terbukti serta telah dijamin keamanannya. Kelebihan lainnya dari atap ini adalah proses pemasangan yang mudah dan sangat mudah jika atap ingin dipotong menyesuaikan bentuk atap rumah.

Baca juga: 15 Model Rumah Atap Segitiga dan Keunggulannya

10. Shade Sail

Source : Amazon

Jenis atap yang satu ini memiliki pori-pori mirip paranet. Atap ini dibuat dari material nylon polyethylene yang memiliki daya tahan cukup.

Shade sail ini juga dilengkapi dengan proteksi anti UV sehingga cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah sangat aman. Keunggulan utama dari atap shade sail ini adalah mampu menahan panas. Bobotnya juga ringan sehingga memudahkan proses instalasi atap.

Itulah 10 daftar jenis atap transparan yang bisa menjadi pilihan kamu untuk meningkatkan kualitas pencahayaan di rumah. Semoga bermanfaat!

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Nismara Harapan Indah dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download