BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Desain Rumah Lebar 4 Meter 1 Lantai, 2 Lantai dan Tampak Depan
0
0

8 Desain Rumah Lebar 4 Meter 1 Lantai, 2 Lantai dan Tampak Depan

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Mei 2, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Rumah adalah tempat kita menghabiskan sebagian besar waktu kita. Oleh karena itu, meski ruang terbatas, penting untuk membuatnya nyaman dan fungsional. Salah satu tantangan yang sering dihadapi adalah mendesain rumah di lahan sempit. Misalnya saja rumah lebar 4 meter.

Meski rumahmu sempit, kamu bisa mendesainnya dengan indah jika lebarnya 4 meter. Artinya desainnya sebanding dengan rumah luas lainnya. Namun tentunya Kamu memerlukan referensi yang cukup untuk mendesain rumah ini. Jangan khawatir. Inspirasi desain rumah 4 meter bisa Kamu dapatkan pada artikel ini. Mulai dari model rumah 4 meter berkonsep modern, model klasik, hingga model dua lantai, semuanya kami miliki di bawah ini.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Desain Rumah Lebar 4 Meter

Berikut adalah desain dari rumah lebar 4 meter yang dapat Kamu tiru:

1. Desain Simpel

Source : The Smart Local

Jika  Kamu memiliki budget terbatas dan ingin membangun rumah pertama, Kamu bisa mendesain fasad rumah dengan tampilan sederhana selebar 4 meter. Untuk menjaga keindahan desain, Kamu bisa mengadopsi konsep hunian minimalis. Konsep ini mengutamakan  aspek esensial, atau aspek yang fungsinya hanya penting saja.

Oleh karena itu, jangan banyak menghiasi bagian depan rumah secara berlebihan sehingga menambah anggaran pembangunan rumah. Hanya tanaman hias yang bisa ditempatkan. Selain fasad, konsep simpel dan minimalis  ini juga bisa diterapkan pada interior rumah selebar 4 meter dengan menerapkan rumah open plan dan ruang terbuka tanpa sekat.

2. Depan Rumah Minimalis

Source : Maple Homes

Sederhana dan bergaya. Rumah selebar 4 meter dengan desain minimalis yang bersinar. Seperti yang sudah disebutkan, gaya minimalis mengutamakan aspek-aspek yang benar-benar mempunyai fungsi penting dibandingkan sekedar dekorasi.

Untuk pewarnaan rumah minimalis lebar 4 meter  bisa menggunakan warna-warna netral seperti putih, abu-abu dan coklat. Selanjutnya dengan mengubah bentuk atap menjadi bentuk limas dapat menciptakan kesan kokoh dan stabil.

3. Rumah 2 Lantai

Source : Archello

Kamu  bisa mendesain rumah  2 lantai selebar 4 meter, bukan hanya satu lantai untuk menciptakan lebih banyak ruangan. Artinya, Kamu dapat memiliki ruang keluarga, dapur, dan kamar mandi di lantai satu. Lantai dua menampung hingga dua kamar tidur yang luas.

4. Rumah Lebar yang Memanjang

Source : Barly Production

Rumah dengan desain memanjang hingga ke belakang, lebar 4 meter dan panjang 10 meter. Rumah ini cocok dibangun di atas lahan perumahan yang biasanya berbentuk memanjang. Dari depan rumah ini terlihat sederhana dan elegan. Namun begitu masuk ke dalam rumah, terdapat banyak ruangan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk kamar tidur dan ruang keluarga.

5. Desain Modern

Source : Tron Decor

Rumah lebar 4 meter  dengan banyak jendela kaca, cocok bagi yang ingin menghemat energi listrik. Cahaya alami masuk ke dalam ruangan dan menerangi ruangan dari pagi hingga sore hari. Dengan demikian, tidak perlu menyalakan banyak  lampu sehingga membebani tagihan listrik. Untuk tampilan lebih dinamis, Kamu bisa menggunakan warna netral modern seperti abu-abu, putih, dan krem.

6. Rumah Klasik

Source : Katrina Lee Chambers

Untuk tampilan depan rumah dengan lebar 4 meter, Kamu tidak hanya bisa mengaplikasikan desain modern, tapi juga klasik. Desain ini cocok  jika Kamu ingin memiliki tampilan timeless atau abadi pada rumah Kamu.

Jika Kamu belum tahu seperti apa desain rumah klasik satu lantai dengan lebar 4 meter, Kamu bisa mengadopsi gaya Eropa. Untuk menciptakan rumah yang hangat, gunakan  motif pepohonan dan kayu.

7. Rumah Mirip Kabin

Source : HGTV

Inspirasi desain rumah selebar 4 meter di gambar di atas berbentuk seperti villa. Saat Kamu lelah dengan kehidupan kota, rumah menjadi tempat  yang nyaman untuk beristirahat. Jika Kamu ingin membangun rumah di dataran tinggi, Kamu bisa menerapkan ide seperti terlihat pada gambar di atas.

8. Desain Tropis

Source : Happynest

Konsep  tropis memiliki ciri yaitu menggunakan cat warna cerah dan juga dengan menggunakan furniture kayu. Lalu kamu juga bisa menambahkan tanaman hias seperti sirih gading.

Cara Menata Rumah Lebar 4 Meter

Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk menata rumah lebar 4 meter:

Pencahayaan Alami

Cahaya alami sangat penting saat mendesain rumah mungil. Pertimbangkan untuk menggunakan jendela besar atau pintu kaca geser  yang  memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam rumah Kamu. Hal ini tidak hanya  membuat ruangan tampak lebih besar, tetapi juga menciptakan suasana  nyaman dan hangat.

Ruangan Multifungsi

Dalam rumah selebar empat meter, setiap sentimeter ruang harus dimanfaatkan dengan bijak. Pertimbangkan untuk menggunakan ruang tersebut dua kali. B. Sebagai ruang tamu yang juga dapat digunakan sebagai ruang kerja, dan sebagai ruang makan yang juga dapat digunakan sebagai dapur. Furnitur yang bisa dilipat dan mudah disimpan  juga bisa menjadi solusi tepat untuk menghemat ruang.

Pilih Furnitur yang Tepat

Saat memilih furnitur untuk rumah selebar 4 meter, pilihlah furnitur yang sesuai dengan ukuran ruangan. Hindari furnitur yang terlalu besar atau terlalu berat karena  dapat membuat ruangan tampak lebih kecil. Sebaliknya, pilihlah furnitur yang ringan, simpel, dan fungsional.

Itulah dia Desain Rumah Lebar 4 Meter, semoga bermanfaat ya, Pins!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download