BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Dapur Bawah Tangga untuk Menghemat Ruang
0
0

10 Desain Dapur Bawah Tangga untuk Menghemat Ruang

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 13, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
dekorasi dapurtop-right-banner

Rumah dengan keterbatasan lahan diperlukan desain yang efektif dalam memaksimalkan tiap ruangnya. Ada banyak cara yang dapat Pins lakukan untuk menghemat ruang dalam rumah agar terpakai secara maksimal, salah satunya dengan membangun dapur bawah tangga.

Mungkin Pins sudah biasa mendengar cara menghemat ruang pada rumah yang mungil seperti menyatukan ruangan dalam satu area atau memajang cermin-cermin besar agar rumah terkesan luas. Akan tetapi kali ini Pins akan disuguhkan cara menghemat ruang dengan membangun dapur bawah tangga. 

Desain dapur seperti ini akan cocok sekali jika Pins menginginkan rumah yang minimalis. Layaknya rumah di perumahan Bali Resort Tangerang atau Green Village. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Di sini, Pinhome akan memberikan beberapa inspirasi desain dapur bawah tangga yang bisa kamu ikuti. Simak baik-baik ya, Pins!

Baca juga: 15 Desain Dapur Terbuka Minimalis yang Menarik

Desain Dapur Bawah Tangga

Melangkah lebih jauh dalam eksplorasi desain interior, kamu akan mengeksplorasi 10 ide menarik untuk dapur bawah tangga. Desain-desain ini menggabungkan fungsionalitas yang efisien dengan estetika yang menawan, menciptakan ruang dapur yang unik dan inovatif. Mari lihat bagaimana memanfaatkan ruang di bawah tangga untuk menciptakan dapur yang nyaman dan menarik secara visual

1. Desain Dapur Minimalis

dapur bawah tangga
Source : Pinterest

Inspirasi desain yang pertama ini merupakan konsep yang sangat cocok untuk dapur di tangga untuk rumah Pins. Dengan konsep dasarnya yang sederhana dan pilihan warna yang simple menjadikan desain ini klop dengan konsep dapur di bawah tangga. 

Pins dapat memanfaatkan ruang bawah tangga untuk dijadikan storage tempat menyimpan bumbu-bumbu dapur. Pins juga bisa menyelipkan wastafel dan beberapa laci tambahan di bawahnya. Jangan lupa gunakan warna serba putih agar dapur tampil bersih dan minimalis. 

2. Desain Dapur Meja Marmer

Source : Pinterest

Salah satu bahan material terbaik yang dapat Pins jadikan meja dapur adalah dengan marmer yang kuat. Dengan material marmer membuat meja dapur selain cantik namun juga berumur tahan lama. 

Untuk menghemat tempat Pins bisa memasang rak-rak kecil yang tergantung di dinding untuk menaruh macam-macam bumbu dapur. Di bawah meja marmer yang kuat juga terdapat lemari untuk menaruh peralatan masak seperti wajan, panci, atau bahkan microwave dengan aman. 

Baca juga: Contoh Meja Makan Marmer Terbaik dengan Desain Mewah

3. Desain Dapur Mungil

dapur bawah tangga
Source : Pinterest

Dengan luas rumah yang tidak besar mungkin membuat Pins harus memutar otak ketika mendesainnya. Desain dapur bawah tangga minimalis kali ini mungkin dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi dilema Pins. 

Walaupun dengan ruang yang sempit Pins tetap dapat dimanfaatkan sebagai dapur. Cukup gunakan meja yang memanjang dengan lebar yang kecil, wastafel yang sejajar dengan meja masak, dan lemari gantung untuk menyimpan segala kebutuhan dapur.

Baca juga: 7 Contoh Desain Mini Bar Minimalis untuk Dapur yang Mungil

4. Desain Dapur Monokrom

Source : Pinterest

Memiliki dapur bawah tangga untuk mengakali ruang pada rumah yang mungil membuat Pins juga harus kreatif dalam menentukan desainnya. Desain monokrom yang memadukan tone warna dasar menjadi konsep yang apik dan selaras dengan desain dapur yang menempel dengan tangga. 

Sebagai contoh dengan menggunakan warna hitam dapat menyelamatkan dapur dari noda-noda bekas memasak yang menempel dan jadi mudah untuk dibersihkan. Kitchen set dapat Pins letakkan pada storage yang tersedia di bawah wastafel. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Pada Marmer Terampuh!

5. Desain Dapur Klasik

dapur bawah tangga
Source : Pinterest

Desain yang satu ini mungkin sudah sering kali Pins dengar dan saksikan diberbagai rumah modern masa kini. Banyak rumah masa kini yang menggunakan desain klasik untuk mendapatkan kesan sederhana yang elegan. 

Konsep ini sangat apik untuk Pins terapkan pada dapur bawah tangga untuk menghemat ruang. Warna putih mungkin dapat menjadi pilihan cat dinding yang pas untuk desain dapur bawah tangga ini. 

Baca juga: Ingin Bangun Dapur? Lihat Inspirasi Desain Dapur Minimalis Ini!

6. Desain Dapur dan Ruang Makan Menyatu

Source : Pinterest

Desain dapur di bawah tangga untuk menyiasati ruang sempit pada rumah dapat Pins padukan dengan ruang makan yang menyatu. Konsep ini merupakan salah satu terobosan baru untuk juga menghemat ruang pada rumah.

Dapur yang berada di bawah tangga dapat Pins sandingkan dengan meja makan dan beberapa kursi untuk keluarga berkumpul makan bersama. 

Baca juga: Beragam Pilihan Desain Dapur Modern untuk Hunian Kamu

7. Desain Dapur Batu Bata Ekspos

dapur bawah tangga
Source : Pinterest

Dinding rumah pada dasarnya dibangun menggunakan batu bata yang dilapisi semen dan di cat. Namun pada desain ini batu bata dibiarkan terlihat tanpa dilapisi semen. Konsep ini sangat menonjolkan kesan rustic pada rumah terlebih pada bagian dapur. 

Dengan desain ini Pins tidak perlu takut dinding terkotori oleh noda bekas memasak di dapur. Pins juga dapat menggunakan meja dengan bahan kayu untuk lebih mengesankan suasana alam. 

Baca juga:

8. Desain Dapur Unsur Kayu

Source : Pinterest

Dalam mendesain sebuah dapur tidak melulu tentang bahan metal atau alumunium. Pins juga dapat mencoba desain dapur dengan unsur kayu. Dengan elemen kayu pada setiap komponen dapur menjadikan dapur lekat dengan suasana alami yang menyejukkan.

Pins dapat menggunakan meja dengan bahan kayu ulin yang kuat atau juga bisa dengan kayu jati. Peralatan memasak lainnya juga bisa menggunakan kayu yang aman dari panas. 

Baca juga: 10 Desain Dapur Cantik yang Bikin Ingin Masak Terus

9. Desain Dapur Meja Letter L

Source : Pinterest

Menghemat ruang dengan konsep desain dapur di bawah tangga adalah pilihan yang tepat. Terlebih lagi jika Pins menggunakan meja dapur leter L yang dapat mengisi sudut ruangan bawah tangga dengan maksimal. 

Meja dapur juga dapat disandingkan dengan wastafel dan lemari untuk menyimpan peralatan masak. Untuk lebih mengefisiensi ruang dapur, Pins gunakan kompor elektrik yang menyatu dengan oven agar dapur lebih leluasa. 

Baca juga: Desain Tangga Leter L Untuk Ruang Sempit

10. Desain Dapur Industrial

dapur bawah tangga
Source : Pinterest

Selain untuk menghemat ruang pada rumah yang mungil, konsep dapur bawah tangga juga semakin pas jika dirancang dengan desain industrial. Desain dapur industrial tidak memerlukan cat pada dinding yang riskan akan noda bekas memasak.

Untuk peralatan dapur, Pins dapat gunakan material serba besi atau alumunium. Desain yang bergaya arsitektur ini menerapkan estetika dan fungsi praktis dari pada penggunaan barang. 

Itulah 10 desain dapur bawah tangga yang dapat menginspirasi Pins untuk mendesain dapur mungil yang bagus. Walaupun dengan keterbatasan ruang, Pins tetap dapat berkreasi dengan berbagai desain menarik untuk dapur di bawah tangga. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download