10 Desain Dapur Bawah Tangga untuk Menghemat Ruang

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 13 December 2021 ∙ 6 menit membaca

Rumah dengan keterbatasan lahan diperlukan desain yang efektif dalam memaksimalkan tiap ruangnya. Ada banyak cara yang dapat Pins lakukan untuk menghemat ruang dalam rumah agar terpakai secara maksimal, salah satunya dengan membangun dapur bawah tangga.

Mungkin Pins sudah biasa mendengar cara menghemat ruang pada rumah yang mungil seperti menyatukan ruangan dalam satu area atau memajang cermin-cermin besar agar rumah terkesan luas. Akan tetapi kali ini Pins akan disuguhkan cara menghemat ruang dengan membangun dapur bawah tangga. 

Pada umumnya dapur memerlukan ruangan tersendiri dalam rumah, namun Pins dapat membuat dapur dengan konsep yang satu ini agar memanfaatkan ruang yang biasanya tidak terpakai dan menjadi efektif. Mari simak inspirasi desain dapur di bawah tangga yang dapat Pins aplikasikan pada rumah. 

Baca juga: 15 Desain Dapur Terbuka Minimalis yang Menarik

Desain Dapur Bawah Tangga

Di sini, Pinhome akan memberikan beberapa inspirasi desain dapur bawah tangga yang bisa kamu ikuti. Simak baik-baik ya, Pins!

Desain Dapur Minimalis

dapur bawah tangga
(Pinterest)

Inspirasi desain yang pertama ini merupakan konsep yang sangat cocok untuk dapur di tangga untuk rumah Pins. Dengan konsep dasarnya yang sederhana dan pilihan warna yang simple menjadikan desain ini klop dengan konsep dapur di bawah tangga. 

Pins dapat memanfaatkan ruang bawah tangga untuk dijadikan storage tempat menyimpan bumbu-bumbu dapur. Pins juga bisa menyelipkan wastafel dan beberapa laci tambahan di bawahnya. Jangan lupa gunakan warna serba putih agar dapur tampil bersih dan minimalis

Desain Dapur Meja Marmer

(Pinterest)

Salah satu bahan material terbaik yang dapat Pins jadikan meja dapur adalah dengan marmer yang kuat. Dengan material marmer membuat meja dapur selain cantik namun juga berumur tahan lama. 

Untuk menghemat tempat Pins bisa memasang rak-rak kecil yang tergantung di dinding untuk menaruh macam-macam bumbu dapur. Di bawah meja marmer yang kuat juga terdapat lemari untuk menaruh peralatan masak seperti wajan, panci, atau bahkan microwave dengan aman. 

Baca juga: Contoh Meja Makan Marmer Terbaik dengan Desain Mewah

Desain Dapur Mungil 

dapur bawah tangga
(Pinterest)

Dengan luas rumah yang tidak besar mungkin membuat Pins harus memutar otak ketika mendesainnya. Desain dapur bawah tangga minimalis kali ini mungkin dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi dilema Pins. 

Walaupun dengan ruang yang sempit Pins tetap dapat dimanfaatkan sebagai dapur. Cukup gunakan meja yang memanjang dengan lebar yang kecil, wastafel yang sejajar dengan meja masak, dan lemari gantung untuk menyimpan segala kebutuhan dapur.

Baca juga: 7 Contoh Desain Mini Bar Minimalis untuk Dapur yang Mungil

Desain Dapur Monokrom

(Pinterest)

Memiliki dapur bawah tangga untuk mengakali ruang pada rumah yang mungil membuat Pins juga harus kreatif dalam menentukan desainnya. Desain monokrom yang memadukan tone warna dasar menjadi konsep yang apik dan selaras dengan desain dapur yang menempel dengan tangga. 

Sebagai contoh dengan menggunakan warna hitam dapat menyelamatkan dapur dari noda-noda bekas memasak yang menempel dan jadi mudah untuk dibersihkan. Kitchen set dapat Pins letakkan pada storage yang tersedia di bawah wastafel. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Pada Marmer Terampuh!

Desain Dapur Klasik

dapur bawah tangga
(Pinterest)

Desain yang satu ini mungkin sudah sering kali Pins dengar dan saksikan diberbagai rumah modern masa kini. Banyak rumah masa kini yang menggunakan desain klasik untuk mendapatkan kesan sederhana yang elegan. 

Konsep ini sangat apik untuk Pins terapkan pada dapur bawah tangga untuk menghemat ruang. Warna putih mungkin dapat menjadi pilihan cat dinding yang pas untuk desain dapur bawah tangga ini. 

Baca juga: Ingin Bangun Dapur? Lihat Inspirasi Desain Dapur Minimalis Ini!

Desain Dapur dan Ruang Makan Menyatu

(Pinterest)

Desain dapur di bawah tangga untuk menyiasati ruang sempit pada rumah dapat Pins padukan dengan ruang makan yang menyatu. Konsep ini merupakan salah satu terobosan baru untuk juga menghemat ruang pada rumah.

Dapur yang berada di bawah tangga dapat Pins sandingkan dengan meja makan dan beberapa kursi untuk keluarga berkumpul makan bersama. 

Baca juga: Beragam Pilihan Desain Dapur Modern untuk Hunian Kamu

Desain Dapur Batu Bata Ekspos

dapur bawah tangga
(Pinterest)

Dinding rumah pada dasarnya dibangun menggunakan batu bata yang dilapisi semen dan di cat. Namun pada desain ini batu bata dibiarkan terlihat tanpa dilapisi semen. Konsep ini sangat menonjolkan kesan rustic pada rumah terlebih pada bagian dapur. 

Dengan desain ini Pins tidak perlu takut dinding terkotori oleh noda bekas memasak di dapur. Pins juga dapat menggunakan meja dengan bahan kayu untuk lebih mengesankan suasana alam. 

Desain Dapur Unsur Kayu

(Pinterest)

Dalam mendesain sebuah dapur tidak melulu tentang bahan metal atau alumunium. Pins juga dapat mencoba desain dapur dengan unsur kayu. Dengan elemen kayu pada setiap komponen dapur menjadikan dapur lekat dengan suasana alami yang menyejukkan.

Pins dapat menggunakan meja dengan bahan kayu ulin yang kuat atau juga bisa dengan kayu jati. Peralatan memasak lainnya juga bisa menggunakan kayu yang aman dari panas. 

Baca juga: 10 Desain Dapur Cantik yang Bikin Ingin Masak Terus

Desain Dapur Meja Letter L

(Pinterest)

Menghemat ruang dengan konsep desain dapur di bawah tangga adalah pilihan yang tepat. Terlebih lagi jika Pins menggunakan meja dapur leter L yang dapat mengisi sudut ruangan bawah tangga dengan maksimal. 

Meja dapur juga dapat disandingkan dengan wastafel dan lemari untuk menyimpan peralatan masak. Untuk lebih mengefisiensi ruang dapur, Pins gunakan kompor elektrik yang menyatu dengan oven agar dapur lebih leluasa. 

Baca juga: Desain Tangga Leter L Untuk Ruang Sempit

Desain Dapur Industrial

dapur bawah tangga
(Pinterest)

Selain untuk menghemat ruang pada rumah yang mungil, konsep dapur bawah tangga juga semakin pas jika dirancang dengan desain industrial. Desain industrial tidak memerlukan cat pada dinding yang riskan akan noda bekas memasak.

Untuk peralatan dapur, Pins dapat gunakan material serba besi atau alumunium. Desain yang bergaya arsitektur ini menerapkan estetika dan fungsi praktis dari pada penggunaan barang. 

Itulah 10 desain dapur bawah tangga yang dapat menginspirasi Pins untuk mendesain dapur mungil yang bagus. Walaupun dengan keterbatasan ruang, Pins tetap dapat berkreasi dengan berbagai desain menarik untuk dapur di bawah tangga. Semoga bermanfaat!

Itulah beberapa inspirasi desain dapur bawah tangga yang bisa kamu ikuti. Sebelum membangun ruangan ini, pastikan kamu mempertimbangkannya dengan matang agar hasilnya sesuai dengan keinginan.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Berita Pinhome
Berita Pinhome 4 Manfaat Penting Business Process Outsourcing (BPO) bagi Perusahaan

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam waktu panjang, sejumlah pemilik bisnis

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia