7 Pilihan Wallpaper Dinding Dapur & Pemasangannya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ 11 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Dalam menghias dinding tak perlu selalu dicat. Gunakan wallpaper dinding dapur agar tampilannya semakin cantik. Motifnya sendiri ada yang bercorak dan polosan.

Dapur rentan kotor sehingga pilih wallpaper dengan bahan anti minyak, tahan panas maupun anti air. Jika tumbuh noda wallpaper ini juga bisa dibersihkan dengan kain ataupun tisu.

Tips Memilih Wallpaper Dinding Dapur

(Pexels)

Dalam memilih wallpaper dinding dapur harus ekstra hati-hati. Bahan yang tidak tepat bisa rentan terbakar. Apalagi dapur dekat dengan api serta bahan makanan sehingga gunakan tips dibawah ini dalam pemilihannya :

Pilih Bahan Yang Tepat

Wallpaper yang direkomendasikan untuk dapur ada dua jenis. Diantaranya adalah PVC dan aluminium foil. Berikut keunggulan dan kelemahannya masing-masing berikut ini :

  • PVC unggul dalam hal ketahanan. Bahannya tidak mudah robek karena berserat plastik. Pvc sering pula digunakan pada produk rumah tangga lainnya. PVC juga tahan akan minyak dan air sehingga tidak perlu sering diganti
  • Aluminium foil dikenal memiliki warna metalik yang mengkilap. Warnanya sangat pas untuk mengesankan dapur minimalis dan bersih. Keunggulannya adalah daya tahan yang baik terhadap minyak dan air

Periksa Ukurannya

Ukuran wallpaper bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis produknya tidak sama dengan wall sticker. Wallpaper stiker berbentuk lembaran namun ukurannya lebih kecil yakni 13 x 13  cm atau 45 cm x 75 cm.

Sementara wallpaper dalam bentuk gulungan mempunyai ukuran minimal 1 meter. Lebarnya juga sangat beragam seperti 60 x 100 cm, 60 x 500 cm dan 45 x 500 cm.

Sebelum memilih wallpaper, ukur dahulu luas bidang dinding dapur. Setelah itu cek ukuran produk wallpapernya agar sesuai kebutuhan.

Tentukan Model dan Motifnya

Tentukan model wallpaper dari pemilihan warna yang tepat. Motif wallpaper juga sangat beragam. Model dan motifnya bisa mempercantik dinding dapur rumah.

Wallpaper dinding ini juga bisa difungsikan untuk furniture. Misalnya saja lemari, meja hingga konter dapur.

Baca juga : Ciri, Tips & Inspirasi Dapur Industrial Minimalis 

7 Pilihan Wallpaper Dinding Dapur

Pilihan wallpaper dinding dapur yang bisa digunakan dapat memilihnya dibawah ini ! Dari segi budget lebih terjangkau ketimbang menggunakan keramik.

Floral

(Pexels)

Dapur dengan wallpaper floral terkesan lebih feminim. Ukuran bunga yang dipilih bisa tidak terlalu besar. Tujuannya agar dapur lebih lega dan jangan lupa pilih warna cerah.

Warna pastel tidak terlihat suram maupun gelap. Ruangan terasa lebih estetik dan hangat.

Batik

(Pexels)

Jika ingin ruangan terasa lebih tradisional dan eksotis maka pilihlah motif batik. Misalnya saja motif batik kawung yang elegan. Warna motif pada batik ini didominasi hitam dan putih.

Jika ingin lebih berani maka bisa pilih batik parang rusak, sidoluhur ataupun Bali. batik ini didominasi warna kayu dan hitam dengan kaya akan motif hewan dan bunga.

Motif Makanan

(Pixabay)

Dapur yang meriah dapat ditonjolkan melalui motif dinding. Misalnya saja penggunaan motif peralatan makanan di dinding. Pins dapat menggunakan gambar sendok, piring atau peralatan memasak.

Motif makanan seperti buah-buahan juga mengesankan keceriaan. Cocok sekali untuk dapur keluarga. Motif ini dapat memotivasi untuk belajar memasak.

Geometris

(Pixabay)

Motif geometris  yang sering dipilih adalah bentuk bangun segi enam. Warna wallpaper umumnya putih. Tujuannya ruangan terlihat lebih lapang dan kontras dengan perabotan di dapur.

Warna Cerah Polos

(Pixabay)

Apabila tidak terlalu suka dengan wallpaper dinding motif dapat memilih warna cerah polosan. Warna wallpaper dapat berupa cream, tosca, biru, kuning bahkan hijau.

Mozaik

(Pexels)

Motif mozaik umumnya memiliki banyak warna dalam satu wallpaper. Motifnya tidak akan membuat Pins bosan. Gradasi warnanya memberikan dimensi tersendiri pada dapurmu.

Batuan Alam

(Pexels)

Untuk mengesankan ruangan yang mewah dapat memakai wallpaper batuan alam. Motifnya bisa berupa batuan granit maupun marmer. Secara sekilas akan seperti keramik batuan alam asli.

Motifnya cenderung timeless karena coraknya sangat khas. Permainan warnanya minimalis dan dapur terasa lebih elegan.

Baca juga : 10 Lemari Gantung Dapur Kecil Minimalis

Cara Pemasangannya

Dalam pemasangannya perlu kehati-hatian. Kurang presisi sedikit saja menyebabkan wallpaper terlihat berantakan. Berikut langkah-langkahnya yang bisa Pins ikuti :

Bersihkan Dinding

Mula-mula bersihkan dulu dinding dari noda sebelum memasang wallpaper. Singkirkan paku dan cermati dinding mana yang lebih mudah ditutupi. Ukur ketinggian dan lebar dindingnya.

Ukur wallpaper dan sisihkan 15-20 cm yang digunakan sebagai tindakan pencegahan jika wallpaper tidak pas. Tandai dengan pensil namun jangan terlalu tebal.

Gambar Garis Lurus 

Setelah itu gambar garis lurus di atas dinding hingga ke bawah. Tujuannya untuk menyeimbangkan wallpaper ketika dipasang.

Oleskan lem

Siapkan kuas untuk mengoles lem. Gunakan kuas yang lebar sehingga daya sebarnya luas. Lem akan membuat kertas basah dan keriput jika kebanyakan. Takar dengan tepat baru usap ke wallpaper.

Tempelkan Wallpaper

Tempelkan wallpaper secara perlahan-lahan dan jangan melewati garis awal yang sudah digambar. Ratakan dengan menggunakan kain perca dari ujung ke sisi tengah hingga tarik keluar.

Potong sisa panjang dan lebar wallpaper dengan cutter. Cocokan pattern agar saling sambung antar lembarannya. Sesuaikan wallpaper pada dinding hingga ke area sudut.

Sesuaikan wallpaper dinding dapur dengan interior ruangan. Wallpaper juga mampu meningkatkan suasana dapur yang hangat dan bersih.

Baca juga : 12 Merk Cat Yang Bagus Untuk Dapur & Tahan Lama


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Berita Pinhome
Berita Pinhome 4 Manfaat Penting Business Process Outsourcing (BPO) bagi Perusahaan

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam waktu panjang, sejumlah pemilik bisnis

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia