Pinhome

Tips Properti

5 Ciri Utama Dari Desain Scandinavian Interior yang Kekinian

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 27 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Gaya desain interior kekinian yang sedang digandrungi oleh masyarakat adalah desain scandinavian. Mengutamakan kesederhanaan dalam tampilan ruang, membuat scandinavian interior laris dipasaran. Tidak memerlukan desain yang rumit, kamu dapat dengan mudah membuat tampilan ruangan dalam hunian yang menarik. 

Pinhome – Scandinavian sendiri merupakan desain rumah yang menyerap dari gaya pada bangunan-bangunan negara Eropa Utara. Gaya pada tampilan interior hingga pewarnaan, semua mengikuti ciri khas dari negara Nordik. Negara yang menjadi bagiannya adalah Denmark, Svalbard, Norwegia, Islandia, Finlandia, Swedia hingga Greenland.

Bila melihat lebih seksama, kamu akan menemukan beberapa elemen penting yang selalu ada di dalamnya. Ini tidak akan pernah berubah dan pastinya sangat mudah ditemukan. Namun, sebenarnya apa ciri utama dari scandinavian interior design ini? Dalam ulasan yang Pinhome sajikan, akan tertera 5 ciri utama yang pastinya mudah untuk Pins ikuti. Langsung saja yuk!

Penggunaan Warna yang Dominan

scandinavian interior
(unsplash)

Untuk ciri utama satu ini pastinya Pins sudah mengetahui. Desain hits kekinian dari scandinavian interior design bisa langsung terlihat dari pemakaian warna dominan di dalamnya. Warna putih yang memunculkan tampilan bersih dan luas, membuat interior bergaya scandinavian kian mencolok. Inilah mengapa desain satu ini selalu dikaitkan dengan penggunaan warna putih di dalamnya.

Walaupun terkesan berwarna serba putih, Pins bisa menggunakan beberapa dekorasi pemanis untuk membuat ruang lebih berwarna. Salah satu contohnya tanaman hias. Tanaman yang sedang menjadi favorit masyarakat ibu kota ini, bisa kamu aplikasikan di beberapa sudut ruang maupun diantara rak. Ini akan membuat ruang lebih terlihat hidup .

Elemen Kain yang Tidak Pernah Tertinggal

(unsplash)

Banyak dijual dipasaran mengenai detail dekorasi desain scandinavian memang menarik untuk dibeli. Ini dapat menambah kesan tidak kaku dalam desain scandinavian. Kamu bisa menambah elemen kain seperti pada karpet lantai, hiasan pada sofa berupa selimut, taplak meja, gorden hingga tirai kain. Selain kayu, elemen kain disini juga dapat menambah kehangatan dalam ruang.

Elemen kecantikan yang ditampilkan dari detail dekorasi kain, membuat ruang feminin dan tentunya nyaman. Coba saja untuk bersantai pada karpet berbulu di kamar tidur mu, ataupun hanya menikmati tontonan favorit pada ruang tamu dengan selimut yang menyelimuti badanmu. Tentu akan membuat badan lebih rileks bukan? 

Penekanan Pada Fungsi dan Kesederhanaan

(unsplash)

Selanjutnya adalah penekanan fungsi pada desain scandinavian. Scandinavian interior design memiliki ciri lainnya yaitu kesederhanaan yang dibalut fungsi. Menekankan suasana kesederhanaan dapat Pins miliki dari pemanfaatan ruang dengan fungsi utamanya. Misal dalam dapur, apa saja yang memang seharusnya berada dalam ruang tersebut ada baiknya di tonjolkan. Sisanya tidak perlu dekorasi detail berlebih yang hanya membuat ruang semakin sempit.

Inilah mengapa dalam desain scandinavian, penentuan furniture di dalamnya menjadi salah satu faktor utama yang perlu diperhitungkan. Tata letak antara meja, kursi dan perabot lainnya harus benar tempatnya tanpa adanya dekorasi yang berlebih. Kembali lagi kepada fungsi dari setiap perabot di dalamnya.

Meminimalisir Detail Berlebih Pada Ruang

(unsplash)

Dalam penerapan scandinavian interior design, kamu pasti akan menemukan bagian kosong. Ini merupakan salah satu ciri utama yang memang sengaja ditonjolkan. Lihat pada penerapan contoh ruang tamu di atas. Penghuni menerapkan pemakaian minim lukisan pada bagian belakang sofa besar, hal tersebut dikarenakan penghuni sudah memakai beberapa detail penuh pada tanaman hias maupun karpet berbulu. Ruang akan tetap terlihat luas, bila salah satu bagian sengaja dikosongkan. 

Tidak hanya itu saja, dalam penerapan rumah bergaya scandinavian, meminimalisir detail berlebih dalam ruang juga bertujuan agar ruang tidak terlihat penuh. Coba bandingkan bila lukisan dipasang pada ruangan tersebut, pastinya akan memiliki perbedaan signifikan bukan?

Baca Juga: Tips Desain Interior Rumah Agar Ruangan Terasa Lebih Longgar

Material Utama Berbahan Kayu

Material berbahan kayu dari ciri khas desain scandinavian memang tidak bisa dipisahkan. Layaknya pasangan yang sedang berbulan madu, satu sama lain enggan untuk berpisah. Elemen kayu yang digunakan pada tema ini, dapat membuat ruang terasa lebih hangat. Inilah mengapa dalam gaya scandinavian, kayu menjadi salah satu elemen yang selalu melekat. 

Kamu bisa menggunakan pilihan kayu pada beberapa unsur dalam suatu ruang. Namun, tetap jangan berlebih ya! Seperti pemakaian pada lantai dan perabot, ataupun hanya pada bagian dinding. Ini akan membuat ruang tetap terlihat cantik dan fungsional. Kayu yang hangat mampu membangun suasana nyaman dalam hunian scandinavian yang mayoritas menggunakan warna dominan di dalamnya.

Penggunaan Pencahayaan Alami

scandinavian interior
(residencestyle)

Ciri terakhir dari gaya scandinavian dalam rumah adalah kebersihan dan juga pencahayaan alami dalam ruang. Desain ini mengedepankan sirkulasi udara yang baik dan juga cahaya matahari yang masuk ke dalam ruang. Inilah mengapa, tema satu ini cukup banyak menggunakan jendela maupun pintu kaca yang besar pada salah satu unsur di dalamnya.

Warna dominan yang ditonjolkan akan semakin terlihat jelas dan ruangan akan semakin terang tanpa adanya lampu yang menyoroti. Lihat pada contohnya di atas, sungguh nyaman dan sejuk bukan? 

Bagaimana, apa Pins tertarik merombak rumah dengan gaya scandinavian? Tema satu ini memang dapat dikatakan lebih terjangkau dalam segi harga dan pastinya membuat hunian sempit terlihat lebih luas.

Baca Juga: Design Rumah Minimalis: Design Simple nan Cantik


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel