BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Motif Terbaik untuk Wallpaper Lantai Kayu
0
0

5 Motif Terbaik untuk Wallpaper Lantai Kayu

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 8, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
wallpaper lantaitop-right-banner

Demi memiliki rumah yang cantik dan nyaman pastinya harus melewati serangkaian proses yang banyak dan tidak singkat. Desain interior rumah menjadi salah satu proses panjang yang pasti kamu lewati. Mulai dari pemilihan cat pada dinding masing-masing bagian rumah, furniture seperti meja dan kursi di ruang tamu, sampai pada pemilihan konsep lantai rumah. Pins dapat memilih konsep untuk lantai rumah berupa penggunaan wallpaper yang mengesankan seperti menggunakan lantai kayu. Simak ulasan berikut yang akan membahas tentang wallpaper lantai cantik untuk rumah kamu!

Kamu dapat menerapkan penggunaan motif-motif terbaik wallpaper lantai kayu yang akan kamu temukan di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung. Pins juga dapat menemukan penggunaan wallpaper lantai kayu di rumah terbaik rekomendasi Pinhome yaitu Rumah Ekslusif atau di sekitar SMAN 8 Bekasi.

Baca Juga: Melirik Harga Lantai Vinyl Yang Populer Di Kalangan Masyarakat

Motif Terbaik untuk Wallpaper Lantai Kayu

Dalam memilih konsep lantai rumah kamu, tidak melulu harus menggunakan keramik atau berbahan granit. Zaman sekarang banyak rumah model masa kini yang sudah menggunakan wallpaper lantai sebagai pelapis lantai rumah mereka. Penggunaan wallpaper ini dapat mempercantik lantai rumah kamu dengan berbagai pilihan model. Selain warna dan model yang banyak variasi, pelapis lantai yang lucu ini juga memiliki ketahanan yang cukup lama. 

Salah satu pelapis lantai atau wallpaper yang digunakan adalah wallpaper yang seakan-akan lantai kamu terbuat dari kayu. Pilihan motif wallpaper kayu sangat cocok untuk menciptakan rumah yang hangat khas pedesaaan.

Selain itu, motif satu ini akan menambah kesan estetis dan artistik di rumah kamu dari uliran-uliran yang terbentuk. Berikut ini beberapa motif terbaik serta kelebihan dan kekurangan yang dapat kamu terapkan di hunian:

1. Wallpaper Vinyl

Source : Pinterest

Vinyl adalah material penutup lantai yang terbuat dari bahan Poly Vinyl Chloride atau biasa kita sebut dengan PVC. Wallpaper lantai kayu dengan material ini memiliki tekstur yang lembut dan elastis jika dibandingkan dengan material lantai yang lainnya.

Vinyl sendiri memiliki beberapa jenis antara lain yang berbentuk lembaran yaitu Vinyl plank, Vinyl tile, dan Vinyl roll. Vinyl tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut di bawah ini daftar kelebihan dan kekurangan dari wallpaper untuk lantai dari bahan vinyl. 

Baca juga:

Kelebihan Menggunakan Lantai Vinyl

Kelebihan material vinyl memiliki beragam warna dan motif seperti kayu atau batu alam yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan konsep hunian kamu. Lantai Pins juga mudah dibersihkan cukup dengan disapu dan dipel setiap hari. Pemasangan yang mudah karena hanya perlu menempelkan vinyl ke lantai, sebelum itu pastikan lantai Pins kering terlebih dahulu.

Bahan satu ini memiliki ketahanan yang cukup awet dan tahan lama. Bahkan jika dirawat dengan benar, lantai ini dapat bertahan hingga 10 tahun lebih. Vinyl tidak dapat termakan rayap karena terbuat dari plastik dan kayu. Warna dari vinyl tidak mudah pudar dan berubah warna walaupun sering terpapar sinar matahari.

Tenang saja vinyl tidak lapuk jika terendam air atau water resistant. Dalam skala tertentu lantai ini tahan terhadap api dan bahan ini terbukti tahan terhadap beban berat dan goresan dari benda yang menimpanya.

Kekurangan Menggunakan Lantai Vinyl

Kelemahannya bahan vinyl ini memiliki kandungan VOC (votatile organic compounds) yang bisa mempengaruhi kesehatan jika dilepas ke udara. Untuk mengantisipasinya cukup pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik. Kemudian, bahan ini tidak tahan terhadap tusukan dari benda tajam seperti pisau, silet, atau cutter. 

Dalam perbaikannya, lantai vinyl lebih rumit karena jika rusak kamu harus membeli 1 dus lagi walau yang rusak hanya sedikit. Lantai vinyl sendiri memiliki berbagai motif yang sangat bagus lho jika digunakan pada lantai rumah. Motif yang bervariasi akan memberikan kamu banyak pilihan. Misalnya saja motif kayu, marble dan masih banyak lagi.

2. Wallpaper Gabus

wallpaper lantai
Source : Okezone

Rekomendasi bahan lapisan lantai untuk rumah kamu selanjutnya adalah lantai gabus. Mungkin Pins mengira gabus ini yang biasa untuk membungkus barang elektronik. Tentu bukan, bahan gabus ini terbuat dari suatu kulit pohon yang diolah sedemikian rupa agar menjadi bahan lapisan lantai yang bagus. 

Dibandingkan dengan bahan vinyl, tipe lantai gabus ini lebih ramah lingkungan karena dalam produksinya tidak menggunakan senyawa kimia yang mudah terbakar sehingga kamu lebih nyaman menggunakannya. Lantai gabus ini juga memiliki ketahanan yang kuat karena terbukti tahan dari api dan korosi. Ini tips perawatan lantai kayu di rumah.

Kelebihan Lantai Gabus

Selain itu material ini dipenuhi oleh sel udara sehingga ketika kamu injak terasa lembut dan nyaman. Untuk kamu yang rentan terhadap alergi dan iritasi tidak perlu khawatir memakai wallpaper untuk lantai tipe ini karena memiliki zat suberin yang bersifat hypoallergenic. Supaya mendapat penempatan terbaik dari lantai gabus ini, kamu bisa tempatkan di tempat yang rawan kecelakaan seperti dapur atau lantai kamar mandi

Kekurangan Lantai Gabus

Di antara banyaknya kelebihan lantai gabus ini tentunya juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan tipe lantai yang satu ini, yaitu jika pemasangannya tidak benar dapat menyerap dan menyimpan air di dalamnya, daya tahan lantai ini sangat tergantung pada finishing lantai yang digunakan dan biaya yang kamu perlu keluarkan cukup besar dibandingkan tipe lantai lainnya. 

3. Wallpaper Bambu

wallpaper lantai
Source : Grid ID

Seperti yang Pins tahu bambu memiliki ketahanan yang sangat baik. Bangunan yang menggunakan bambu terbukti berdaya lebih kuat untuk menopang pondasi. Sama halnya dengan lantai yang menggunakan lapisan material yang satu ini. Selain kuat, bahan lantai bambu juga ramah akan lingkungan karena diolah secara alami. Terlebih bahan ini juga memancarkan kesan cantik dan asri di rumah kamu. 

Wallpaper bambu ini memiliki cukup ragam jenisnya, lho. Mulai dari lantai bambu alami, lantai bambu cetakan, sampai lantai bambu buatan. Masing-masing jenis bambu tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, ulasan ini merangkum secara general apa saja kelebihan dan kekurangan dari memakai lantai bambu pada rumah kamu.

Kelebihan Lantai Bambu

Kelebihan lantai bambu adalah pemasangannya yang mudah, hanya menempelkan saja ke lantai yang ingin menggunakan wallpaper berjenis ini. Lantai bambu sudah berlabel hypoallergenic atau aman tidak membuat kamu alergi dan iritasi. Lalu, penggunaan wallpaper bambu akan memperlihatkan desain yang sangat natural.

Kekurangan Lantai Bambu

Dibalik banyaknya kelebihan yang diberikan, lantai bambu memiliki kekurangan yaitu akan rentan rusak jika sering terkena air, jadi saat Pins mengepel usahakan kain pel tersebut tidak mengandung basah yang berlebih. Kemudian, warnanya cepat memudar jika terlalu sering terpapar matahari.

4. Wallpaper Keramik

Source : iStock

Motif wallpaper lantai kayu berikut ini yang dapat kamu terapkan di hunian baru Pins adalah wallpaper bermotif keramik. Pemilihan motif satu ini tentunya akan membuat hunian kamu terlihat semakin mewah dan elegan. Jenis satu ini cocok jika menggunakan keramik asli pada lantai kamu, tetapi khawatir keramik tersebut akan terjadi pelapukan dan peretakan yang akan mengurangi visual dari lantai tersebut.

Kelebihan Lantai Wallpaper Keramik

Kelebihan dari menggunakan wallpaper keramik adalah kamu dapat mendapatkan segala jenis wallpaper bermotif dengan harga yang lebih terjangkau. Pins juga mendapat kemudahan dari pemasangannya, karena hanya mengandalkan lem untuk menempelkannya. Wallpaper satu ini memiliki kenyamanan saat dipijak.

Kekurangan Lantai Wallpaper Keramik

Kelemahan dari menggunakan wallpaper keramik adalah karena proses pemasangannya menggunakan lem, maka saat Pins memutuskan untuk melepas atau mengganti motifnya, wallpaper yang telah tertempel sebelumnya akan sulit untuk dilepaskan. Lalu, kekurangan selanjutnya wallpaper satu ini tidak bisa tahan terhadap benda runcing atau tajam, permukaannya bisa langsung sobek.

5. Wallpaper Batu Marmer

Source : iStock

Motif wallpaper lantai kayu yang terakhir tentu menjadi keinginan semua orang untuk memilikinya di dalam hunian, karena batu marmer memiliki keindahan yang tidak bernilai. Namun, dalam referensi satu ini kamu dapat memilikinya dengan harga yang terjangkau, yaitu dengan menggunakan wallpaper lantai yang memiliki motif batuan alami atau batuan marmer. Kamu bisa mengetahui jenis batu alam untuk lantai halaman rumah yang ideal.

Kelebihan Lantai Wallpaper Batu Marmer

Tentu kelebihan pertama dari penggunaan wallpaper lantai kayu adalah harganya yang terjangkau, kamu bisa mendapatkan wallpaper lantai yang menarik dengan harga yang nyaman di kantong. Kembali lagi ke proses pemasangan, proses pemasangan wallpaper lantai batu marmer menjadi proses yang paling termudah, karena hanya melakukan penempelan saja lantai kamu sudah menjadi cantik.

Lalu, kamu tidak perlu khawatir lantai berwallpaper kamu akan kotor, karena memiliki tekstur yang halus sehingga memudahkan saat pembersihan noda-noda.

Kekurangan Lantai Wallpaper Batu Marmer

Wallpaper lantai memiliki lapisan yang tipis, sehingga hal ini sangat memudahkan benda-benda tajam dan barang-barang yang berat dapat merusak permukaan wallpaper lantai. Kemudian, beberapa wallpaper lantai belum dibekali dengan lapisan anti sinar ultraviolet, dalam kurun waktu tertentu jika terus-terusan terpancarkan sinar ultraviolet, maka warna wallpaper lantai kamu dapat mengalami perubahan warna.

Itulah beberapa rekomendasi wallpaper lantai untuk rumah kamu. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Parama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download