Pinhome

Lifestyle

Motif Terbaik untuk Wallpaper Lantai Kayu

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 10 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Demi memiliki rumah yang cantik dan nyaman pastinya harus melewati serangkaian proses yang banyak dan tidak singkat. Desain interior rumah menjadi salah satu proses panjang yang pasti kamu lewati. Mulai dari pemilihan cat pada dinding masing-masing bagian rumah, furniture seperti meja dan kursi di ruang tamu, sampai pada pemilihan konsep lantai rumah. 

Pinhome – Dalam memilih konsep lantai rumah kamu, tidak melulu harus menggunakan keramik atau granit. Zaman sekarang banyak rumah model masa kini yang sudah menggunakan wallpaper lantai sebagai pelapis lantai rumah mereka. Penggunaan wallpaper ini dapat mempercantik lantai rumah kamu dengan berbagai pilihan model. Selain warna dan model yang banyak variasi, pelapis lantai yang lucu ini juga memiliki ketahanan yang cukup lama. 

Baca Juga: Melirik Harga Lantai Vinyl Yang Populer Di Kalangan Masyarakat

Mulai tertarik menggunakan wallpaper untuk lantai sebagai pengganti warna lantai kamu yang monoton? Simak ulasan berikut yang akan membahas tentang wallpaper lantai cantik untuk rumah kamu!

Wallpaper Vinyl

(Pinterest)

Vinyl adalah material penutup lantai yang terbuat dari bahan Poly Vinyl Chloride atau biasa kita sebut dengan PVC. Wallpaper lantai kayu dengan material ini memiliki tekstur yang lembut dan elastis jika dibandingkan dengan material lantai yang lainnya. Vinyl sendiri memiliki beberapa jenis antara lain yang berbentuk lembaran yaitu Vinyl plank, Vinyl tile, dan Vinyl roll. Vinyl tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut di bawah ini daftar kelebihan dan kekurangan dari wallpaper untuk lantai dari bahan vinyl. 

Baca Juga: 10 Desain Rumah Minimalis Modern 2 Lantai Hunian Keluarga

Kelebihan Menggunakan Lantai Vinyl

  • Material Vinyl memiliki beragam warna dan motif seperti kayu atau batu alam yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan konsep hunian kamu.
  • Lantai mudah dibersihkan cukup dengan disapu dan dipel setiap hari
  • Pemasangan yang mudah karena hanya perlu menempelkan Vinyl ke lantai. Sebelum itu pastikan lantai Pins kering terlebih dahulu. 
  • Bahan ini memiliki ketahanan yang cukup awet dan tahan lama. Bahkan jika dirawat dengan benar, lantai ini dapat bertahan hingga 10 tahun lebih. 
  • Tidak termakan rayap karena terbuat dari plastik dan kayu.
  • Warna dari Vinyl tidak mudah pudar dan berubah warna walaupun sering terpapar sinar matahari.
  • Tidak lapuk jika terendam air atau water resistant.
  • Dalam skala tertentu lantai ini tahan terhadap api.
  • Bahan ini terbukti tahan terhadap beban berat dan goresan dari benda yang menimpanya. 

Kelemahan Menggunakan Lantai Vinyl

  • Bahan Vinyl ini memiliki kandungan VOC (votatile organic compounds) yang bisa mempengaruhi kesehatan jika dilepas ke udara. Untuk mengantisipasinya cukup pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik. 
  • Bahan ini tidak tahan terhadap tusukan dari benda tajam seperti pisau, silet, atau cutter. 
  • Dalam perbaikannya, lantai vinyl lebih rumit karena jika rusak kamu harus membeli 1 dus lagi walau yang rusak hanya sedikit. 

Lantai vinyl sendiri memiliki berbagai motif yang sangat bagus lho jika digunakan pada lantai rumah. Motif yang bervariasi akan memberikan kamu banyak pilihan. Misalnya saja motif kayu, marble dan masih banyak lagi.

Wallpaper Gabus 

wallpaper lantai
(Okezone)

Rekomendasi bahan lapisan lantai untuk rumah kamu selanjutnya adalah lantai gabus. Mungkin Pins mengira gabus ini yang biasa untuk membungkus barang elektronik. Tentu bukan, bahan gabus ini terbuat dari suatu kulit pohon yang diolah sedemikian rupa agar menjadi bahan lapisan lantai yang bagus. 

Dibandingkan dengan bahan Vinyl, tipe lantai gabus ini lebih ramah lingkungan karena dalam produksinya tidak menggunakan senyawa kimia yang mudah terbakar sehingga kamu lebih nyaman menggunakannya. Lantai gabus ini juga memiliki ketahanan yang kuat karena terbukti tahan dari api dan korosi. Selain itu material ini dipenuhi oleh sel udara sehingga ketika kamu injak terasa lembut dan nyaman. Untuk kamu yang rentan terhadap alergi dan iritasi tidak perlu khawatir memakai wallpaper untuk lantai tipe ini karena memiliki zat suberin yang bersifat hypoallergenic. Supaya mendapat penempatan terbaik dari lantai gabus ini, kamu bisa tempatkan di tempat yang rawan kecelakaan seperti dapur atau kamar mandi. 

Di antara banyaknya kelebihan lantai gabus ini tentunya juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan tipe lantai yang satu ini, yaitu jika pemasangannya tidak benar dapat menyerap dan menyimpan air di dalamnya, daya tahan lantai ini sangat tergantung pada finishing lantai yang digunakan dan biaya yang kamu perlu keluarkan cukup besar dibandingkan tipe lantai lainnya. 

Wallpaper Bambu

wallpaper lantai
(Grid ID)

Seperti yang Pins tahu bambu memiliki ketahanan yang sangat baik. Bangunan yang menggunakan bambu terbukti berdaya lebih kuat untuk menopang pondasi. Sama halnya dengan lantai yang menggunakan lapisan material yang satu ini. Selain kuat, bahan lantai bambu juga ramah akan lingkungan karena diolah secara alami. Terlebih bahan ini juga memancarkan kesan cantik dan asri di rumah kamu. 

Wallpaper bambu ini memiliki cukup ragam jenisnya, lho. Mulai dari lantai bambu alami, lantai bambu cetakan, sampai lantai bambu buatan. Masing-masing jenis bambu tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, ulasan ini merangkum secara general apa saja kelebihan dan kekurangan dari memakai lantai bambu pada rumah kamu.

Kelebihan Lantai Bambu

  • Pemasangan yang mudah
  • Berlabel hypoallergenic atau aman tidak membuat kamu alergi dan iritasi.
  • Desain yang sangat natural

Kekurangan Lantai Bambu

  • Rentan rusak jika sering terkena air
  • Warna cepat memudar jika terlalu sering terpapar matahari

Itulah beberapa rekomendasi wallpaper lantai untuk rumah kamu. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen 

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel