Pinhome

Tips Properti

10 Desain Dapur Minimalis 2×2 untuk Lahan Mungil

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 5 May 2021 ∙ 6 menit membaca

Dapur berukuran minimalis 2×2 mungkin akan terlihat sempit. Namun, di lahan mungil tersebut Anda bisa membuat desain dapur minimalis 2×2 terlihat lebih lapang dan berfungsi dengan baik. Anda pun bisa membangun dapur di lahan kecil untuk tetap memenuhi kebutuhan Anda. Dewasa ini, ukuran sempit pun bukan menjadi halangan bagi seseorang untuk berkreasi membangun area dapur.

Pinhome – Desain dapur minimalis 2×2 untuk lahan mungil mungkin terdengar sedikit meragukan bagi sebagian orang. Hal itu wajar, mungkin beberapa dari Anda merasa ukuran yang sesempit itu tidak perlu didesain karena bisa jadi malah makin sempit. Namun, pada kenyataannya mendesain dapur mini bukan hanya soal meletakkan perabotan baru atau menghias dinding. Ini juga soal bagaimana menata ruang agar lebih efektif saat Anda gunakan.

Baca Juga: Model Serta Harga Kran Wastafel Cuci Piring Yang Tahan Lama

Di bawah ini telah terkumpul beberapa desain dapur minimalis 2×2 untuk lahan mungil yang cocok diaplikasikan di rumah Anda. Yuk kita simak bersama!

Desain dapur minimalis yang memanfaatkan ruang belakang rumah

(berita konstruksi)

Desain dapur minimalis 2×2 meter untuk lahan mungil yang pertama memanfaatkan area kosong ruang belakang. Area dapur ini memanfaatkan ruang kosong antara pintu belakang dan kamar mandi. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri karena ketika memasak, maka asap masakan akan langsung keluar dari jendela belakang.

Selain itu Anda juga bisa langsung dengan mudah mengakses kamar mandi di sebelah kanan. Pemanfaatan storage di bagian bawah kompor serta di atas kitchen sink bisa menjadi terobosan bagi Anda yang mendambakan suasana dapur lebih simpel dan sederhana.

Baca Juga: 8 Inspirasi Kitchen Sink Minimalis Untuk Dapur Kamu

Desain dapur minimalis dengan storage di atas

(berita konstruksi)

Pemanfaatan ruang bagian atas biasanya adalah opsi paling tepat untuk membuat storage. Area storage merupakan ruang penyimpanan barang seperti piring, mangkok, dan perabotan dapur lainnya. 

Pada dasarnya ini adalah cara cerdas apabila area yang Anda miliki untuk dapur minimalis adalah 2×2 meter saja. 

Di bagian bawah kitchen sink Anda bisa memanfaatkannya sebagai ruang untuk oven, aliran air dari wastafel, atau tempat meletakkan sabun cuci piring dan lantai.

Desain dapur minimalis menyatu dengan meja makan

(informazone)

Pada praktiknya, pemanfaatan ruang untuk dapur bisa dikombinasikan juga dengan area makan. Apabila Anda memiliki area rumah yang tidak lapang, maka strategi ini sangat pas untuk Anda aplikasikan. Manfaatkan meja makan berbentuk mini bar lalu area masak bisa berada di seberangnya. 

Selain itu, untuk mempermanis area dapur Anda bisa menggunakan elemen kayu sebagai bahan meja, kursi dan pintu storage di bawah tempat cuci piring. Tambahkan juga tanaman indoor seperti tanaman lidah mertua untuk menyerap racun di sekeliling dapur.

Desain dapur minimalis letter L

(informazone)

Area dapur yang sempit bisa Anda siasati dengan membuat dapur letter L. Letak dapur bisa Anda posisikan di pojok belakang rumah dan memanfaatkan sudut tersebut. Desain dapur minimalis 2×2 meter ini masih memanfaatkan area atas sebagai tempat penyimpanan barang. Kelebihan ruangan dapur yang mini seperti ini adalah Anda akan hemat dari segi penerangan. Hal ini karena lampu yang Anda gunakan tidak banyak. Anda hanya perlu memanfaatkan lampu hemat energi dengan ukuran yang besar agar mampu menerangi seluruh area dapur.

Desain dapur minimalis kotak dengan partisi

(rupawon)

Desain dapur ukuran 2×2 meter selanjutnya adalah seperti gambar di atas. Anda bisa menonjolkan keberadaan dapur dengan partisi dari tembok yang dicat dengan biru yang menawan. Ini akan memperlihatkan kepada siapapun yang berkunjung ke rumah Anda bahwa area dapur ada di posisi tersebut. 

Bagian meja di seberang kitchen sink bisa menjadi meja mini bar, dan juga di bawahnya bisa menjadi ruang penyimpanan barang. Anda bisa mendesain area ini lebih estetik dengan tampilan seperti bar coffee shop, lengkap dengan hiasan dinding, lampu dan tata penyusunan bumbu dapur yang rapi.

Desain dapur minimalis letter U

(rupawon)

Ketika Anda bingung untuk membangun sebuah dapur di ruangan yang mini, cobalah dapur dengan letter U, atau dapur dengan membentuk huruf U. Ini benar-benar menghemat ruang gerak Anda.

Anda bisa sekaligus meletakkan perabotan listrik seperti oven dan kulkas yang dekat dengan kompor, meja dapur dan wastafel. 

Penempatan jendela lagi-lagi juga menjadi trik untuk memberikan suasana lega agar tidak penat. Storage di bagian bawah pun masih tetap menjadi andalan untuk menyimpan banyak barang. 

Desain dapur minimalis warna putih

(informazone)

Warna putih memang mempunyai kekuatan magic untuk membuat ruangan terlihat lebih lapang. Inilah yang akan Anda lihat dari kondisi desain dapur minimalis 2×2 meter di atas. Pemanfaatan pojok ruangan yang diisi dengan kompor, dispenser serta wastafel secara berdekatan masih memberikan fungsi optimal bagi area dapur tersebut. 

Trik jitu yang dimiliki desain dapur di atas adalah pencahayaan. Lokasi dapur sengaja diberikan jendela agar sumber pencahayaan bagus sehingga tidak membuat ruangan penat. Jendela tersebut juga berfungsi untuk ventilasi udara ketika Anda memasak.

Desain dapur minimalis mini

(informazone)

Apabila Anda mempunyai ruang atau luas area rumah yang terbilang kecil, maka Anda memang perlu berputar otak untuk memanfaatkan segala tempat. Seperti gambar di atas, Anda akan menemukan betapa sempitnya ruang tersebut namun masih bisa berfungsi dengan baik sebagai dapur rumah.

Dapur ini masih memanfaatkan storage di bawah kitchen sink. Hal yang perlu Anda pahami ketika mempunyai dapur yang mini adalah jangan terlalu banyak menyimpan atau membeli perabotan dapur. Pastikan Anda membeli peralatan dapur sesuai kebutuhan. Hal ini bertujuan agar Anda tidak terlalu banyak menimbun barang yang akhirnya membuat rumah makin sempit. Perhatikan saja kulkas yang dipilih pada desain dapur di atas adalah kulkas mini yang juga tak kalah berperan dalam rumah tangga seperti kulkas reguler.

Desain dapur minimalis estetik

(informazone)

Walaupun dapur Anda berada di area yang mini, namun masih bisa dibentuk dengan apik kok, Pins. Dapur minimalis yang instagramable pun masih bisa Anda dapatkan di area 2×2 meter. Anda bisa meletakkan area kompor, meja dapur untuk kebutuhan memotong serta wastafel dalam satu area.

Selain itu Anda juga bisa melihat bagian storage di bawah. Nah, untuk mempercantik ruangan agar Anda bisa makin kreatif dalam memasak, tambahkan tanaman hidup dan sintetis pada area dapur. Dapur Anda akan terlihat lebih segar. Penggunaan cat putih pun makin menegaskan kesan lapang pada area di atas.

Desain dapur minimalis memanjang

(berita konstruksi)

Apabila Anda tidak mempunyai sudut rumah yang bisa dimanfaatkan untuk membentuk dapur letter U atau L, maka tidak ada salahnya merancang dapur dengan bentuk memanjang. 

Area memasak dan mencuci piring berada dalam satu jalur. Selain itu lokasi meja makan pun dekat dengan area memasak sehingga memudahkan Anda dalam beraktivitas. Penambahan desain art deco dengan balutan warna pastel membuat dapur semakin nyaman untuk ditinggali lama-lama.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti

Tags :

Bagikan Artikel