BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Ide Dapur Sederhana dari Kayu dengan Nuansa Rumah Desa
0
0

10 Ide Dapur Sederhana dari Kayu dengan Nuansa Rumah Desa

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Agu 3, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dapur sederhana dari kayu saat ini cukup banyak diminati masyarakat di Indonesia. Apalagi pilihan desain dan dapur dari kayu sangat beragam dan bisa dikombinasikan dengan berbagai konsep. 

Dapur dengan dominasi kayu ini mudah ditemukan di rumah bekas di Mojokerto maupun perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa. Rumah Ekslusif mengesankan suasana hangat dengan material ini.

10 Ide Dapur Sederhana dari Kayu

Sayangnya membangun rumah dari kayu di kota besar masih rentan sehingga tak sedikit yang memilih menggunakannya pada satu titik ruangan di rumah, misalnya dapur sederhana. Berikut ini beberapa ide dapur dari kayu yang bisa menjadi inspirasi rumah masa depan :

1. Dapur Modern dengan Back Panel

Source : Pexels

Desain pertama ini lebih mengambil konsep modern namun tetap menonjolkan nuansa natural. Penggunaan kayu hanya digunakan pada back panel dan kabinet atas yang terdapat pada kitchen set. Suasana makin terasa alami dengan tambahan sekat ruangan dari kayu dan penggunaan lantai kayu laminated berwarna kayu.

Baca juga: 8 Ide Desain Ventilasi Dapur Agar Sirkulasi Lancar

2. Dapur Full Kayu

Source : Pxhere

Jika kita lihat desain kedua ini hampir semuanya menggunakan kayu. Mulai dari tembok, kabinet pada kitchen set, hingga atap bangunan. Konsep yang sangat unik ini akan membawa kita benar-benar tinggal di tengah hutan atau desa.

3. Dapur Kayu Letter L

Source : Pexels

Dapur dengan model letter L masih banyak dipilih agar dapat memaksimalkan penggunaan kitchen set. Penggunaan kayu bisa diaplikasikan pada kabinet atas, bawah, serta lantai. Sedangkan untuk tetap memberikan kesan modern, pada bagian meja kitchen set bisa ditambahkan batu marmer.

Perpaduan kayu dan batu marmer akan memberikan kesan lebih tegas namun tak menghilangkan suasana  sederhana. Dijamin bikin makin betah berlama-lama di dapur.

4. Desain Dapur Kayu Minimalis

Source : Pxhere

Desain selanjutnya ini lebih cocok digunakan di apartemen atau rumah cluster dengan ukuran dapur terbatas. Penggunaan bahan kayu hanya digunakan pada bagian kabinet atas dengan warna senada dengan cat tembok, dan lantai laminated. Pemilihan warna terang senada akan membuat suasana dapur terlihat lebih luas dan elegan.

5. Desain Dapur Kayu Coklat

Source : Pxhere

Sedikit berbeda dengan desain sebelumnya, desain kali ini lebih cocok digunakan di rumah dengan area dapur yang luas. Penggunaan kayu hanya terbatas pada area kabinet atas, kabinet bawah dengan warna kontras dengan cat tembok atau back panel

Pemilihan lantai laminated juga disesuaikan dengan warna kabinet atas bawah dengan warna coklat terang. Meja kecil berbahan kayu bisa ditambahkan agar terlihat lebih estetik.

6. Desain Dapur Kayu Elegan

Source : Pexels

Jika tidak suka dengan warna-warna terlalu menyala, pemilihan warna smooth pada dapur dari kayu juga bisa jadi pilihan. Secara umum desain dapur kayu berikut ini hampir semua menggunakan kayu, mulai dari kitchen set, hingga meja makan. 

Perbedaan hanya terdapat pada kitchen set dengan warna lembut, berbahan plywood, sementara meja makan sebaiknya berbahan kayu asli. Tujuannya agar makin terasa nuansa natural, pemilihan lantai laminated bisa menggunakan warna kayu.

Baca juga: 12 Desain Dapur Letter U yang Tetap Lega dan Fungsional

7. Desain Kayu Sederhana Kombinasi Plywood

dapur sederhana dari kayu plywood
Source : Pxhere

Penggunaan kayu sebagai kombinasi ruangan sebenarnya tidak hanya bisa menggunakan kayu asli, namun bisa menggunakan kayu olahan seperti plywood. Desain dapur berikut ini juga menggunakan plywood pada bagian kabinet atas kitchen set. Penambahan meja makan kayu dengan desain polos tanpa ukiran bisa jadi pilihan agar ruangan terlihat lebih natural dan sederhana.

8. Desain Dapur Minimalis

dapur sederhana dari kayu gaya minimalis
Source : Pxhere

Desain dapur sederhana dari kayu selanjutnya ini sepertinya cocok bagi Pins yang tidak terlalu suka dengan banyak dekorasi dan pernak pernik. Kombinasi antara kayu dan batu bata dengan tepat akan memberikan dapur terlihat lebih elegan.

Penggunaan kayu hanya digunakan sebagai pelapis pada bagian meja kitchen set, meja makan, dan tak lupa kursi makan. Pemilihan warna-warna natural pada lantai semakin memberikan kesan sederhana pada ruang dapur

9. Desain Dapur Kayu Kombinasi Batu Marmer

dapur sederhana dari kayu dan batu marmer
Source : Pxhere

Kayu dan batu marmer merupakan hasil alam yang sama-sama dapat digunakan pada bangunan. Kombinasi keduanya juga terlihat sangat cantik, terlihat dari desain dapur berikut ini. 

Penggunaan kayu hanya digunakan pada bagian kabinet atas, sedangkan batu marmer digunakan pada meja makan. Konsep seperti ini bisa digunakan pada ruangan dapur luas atau sempit dengan memperhatikan penggunaan ukuran properti.

10. Desain Dapur Kayu Unik

Source : Pexels

Desain terakhir ini benar-benar wajib diaplikasikan jika Pins ingin memiliki dapur mungil minimalis dengan konsep unik. Penggunaan kayu hanya terfokus pada kabinet bawah dengan warna menyerupai kulit kayu. Sedangkan bagian lantai menggunakan lantai laminated dengan warna tak jauh berbeda. 

Penggunaan kursi besi pada meja bar makin memberikan kesan unik dan estetik berbeda dari yang lainnya. Meja makan akan makin nyaman jika bagian kursi ditambahkan dengan bantal.

Penggunaan kayu sebagai interior dapur bukanlah hal baru. Dapur sederhana dari kayu dapat memberikan kesan segar, natural dan alami pada ruangan. Namun pemilihan bahan kayu juga perlu diperhatikan.

Jenis kayu yang ditawarkan di pasaran sangat beragam, dengan harga dan kualitas yang berbeda-beda. Mengingat rumah adalah investasi masa depan, pastikan untuk memilih kualitas kayu yang tahan lama.

Baca juga: 12 Inspirasi Desain Dapur Kecil Warna Ungu yang Unik

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami The Agathis dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download