10 Inspirasi Taman Belakang Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi ∙ 7 May 2021 ∙ 6 menit membaca

Taman belakang rumah memainkan peranan penting untuk membuat rumah menjadi lebih segar dengan tanaman hijau. Namun, membuat taman belakang rumah tidak semudah dibayangkan sehingga butuh melihat contoh sebagai bahan inspirasi.

Terlebih lagi, beberapa orang mungkin memerlukan ide membuat halaman belakang rumah dengan lahan yang terbatas. Tak perlu khawatir karena kamu bisa melihat kumpulan desain taman belakang rumah di bawah ini yang bisa jadi bahan pertimbangan.

Baca juga:

Taman Belakang Vertikal Minimalis

taman belakang rumah
(Pinterest)

Inspirasi taman di area belakang rumah yang pertama adalah vertikal minimalis. Taman ini mempunyai beberapa tanaman hias yang ditanam secara vertikal. Jika takut tanaman vertikal cukup mahal, Pins dapat menanamnya dengan menggunakan pot gantung yang dipaku ke tembok atau menggunakan paralon yang dipaku ke tembok sebagai wadah tanaman hias. 

Taman area belakang rumah ini membutuhkan lahan yang tidak terlalu luas. Kamu dapat menyisihkan lahan 2-3 meter saja untuk membuat model taman di belakang rumah yang satu ini.

Pins juga perlu membangun tembok yang mengelilingi taman agar dapat menggantungkan tanaman vertikal. Selain itu, kamu dapat menggunakan atap transparan atau tanpa atap sama sekali pada taman ini agar cahaya dapat masuk dengan mudah.

Baca juga: Inspirasi Desain Air Mancur Minimalis Untuk Taman Rumahmu!

Taman Belakang Sederhana Minimalis

taman belakang rumah
(Pinterest)

Jika Pins memiliki lahan yang kecil untuk membangun taman, tenang! Taman belakang sederhana minimalis adalah solusinya. Desain taman minimalis ini memungkinkan kamu memiliki taman meski dengan lahan yang sempit. Pins dapat menyisihkan 1-2 meter untuk taman belakang.

Pins dapat membuat kolam ikan kecil di belakang rumah yang dapat membuat halaman terlihat natural meski berukuran kecil. Selain itu, kamu dapat menambahkan kursi kecil pada pinggiran taman untuk bersantai di sore hari. Pins juga dapat menambahkan batu-batu alam kecil dan tanaman hias gantung yang dapat membuat taman semakin terlihat asri dan alami. 

Taman Belakang Terbuka Minimalis

taman belakang rumah
(Pinterest)

Seperti pada taman belakang rumah pada umumnya, desain taman belakang terbuka minimalis di belakang hunian tanpa ditutupi atap sama sekali. Halaman ini dapat membuat cahaya matahari masuk dengan mudah ke halaman belakang rumah. Jangan lupa untuk menambahkan rumput dan tanaman-tanaman hias yang dapat membuat taman semakin hijau. 

Jika memiliki lahan yang cukup luas, Pins juga bisa menambahkan kolam ikan pada taman. Hal ini akan membuat area belakang halaman rumah minimalis semakin cantik dan asri. Jika masih terdapat ruang, tambahkan ayunan atau kursi dan meja yang dapat Anda dan keluarga gunakan untuk bersantai di sore hari.

Taman Belakang Indoor

(Pinterest)

Siapa bilang halaman belakang rumah hanya bisa dibuat di luar ruangan. Faktanya, ada lho inspirasi taman belakang rumah yang bisa dibangun di dalam ruangan. Meski begitu, taman ini tidak akan mengurangi kecantikan desain taman belakang rumah.

Pins bisa mulai dengan menyisihkan 1-3 meter ruang untuk membuat taman belakang indoor ini. Jangan lupa untuk memakai atap kaca transparan atau semi transparan pada bagian taman agar sinar cahaya matahari bisa masuk.

Bila perlu, tambahkan tanaman hias, rumput sintetis, dan batu-batu alam berukuran kecil. Ini menciptakan kesan taman indoor yang terlihat lebih alami, deh.

Baca juga: Beberapa Tips Menarik Cara Menata Taman Depan Rumah Sederhana

Garden Rooftop

(Pinterest)

Garden rooftop menjadi salah satu alternatif untuk kamu yang ingin punya taman minimalis belakang rumah dengan lahan yang sempit. Namun, konsep halaman belakang rumah ini bisa terwujud ketika kamu memiliki atap rumah flat atau dak.

Taman ini pun telah banyak digunakan bahkan pada restoran dan kafe. Garden rooftop dapat Pins buat di atas rumah dengan menambahkan tanaman-tanaman hias mulai dari berukuran kecil hingga besar menyesuaikan dengan ukuran atap. 

Selain itu, kamu bisa menambahkan rumput sintetis yang dapat membuat suasana garden rooftop semakin hijau dan alami. Jangan lupa untuk menambahkan sofa dan meja agar dapat bersantai di taman dengan lebih nyaman.

Jika menginginkan garden rooftop tidak terkena hujan, Pins dapat menambahkan atap kaca yang agar cahaya matahari masih dapat masuk ke taman.

Zen Garden

Zen garden merupakan salah satu ide desain halaman belakang ala Jepang yang bisa kamu terapkan di rumah minimalis. Pertama-tama, kamu bisa memakai material berbahan kayu pada dinding dan lantai untuk menciptakan kesan hangant.

Biarkan halaman ini terbuka tanpa adanya tempat duduk atau sofa. Bila perlu, buat desain tempat duduk lesehan pada taman zen guna menghadirkan ketenangan dan suasana yang lebih santai saat berada di sana.

Halaman Belakang Bernuansa Rustic

Bagi Pins yang ingin menampilkan model taman belakang bernuansa rustic sebenarnya bisa \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’bermain\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’ lebih jauh lagi. Maksudnya, kamu bisa memakai dekorasi ayunan yang terbuat dari bambu, selain memakai tanaman.

Usahakan memilih ayunan berukuran kecil untuk memudahkan kamu meletakkan perabotan ini di lahan yang sempit. Selain menambah tampilan taman, ayunan menawarkan kenyamanan bagi kamu dan keluarga untuk bersantai di halaman belakang.

Baca juga: 5 Desain Taman Batu Koral yang Membuat Hunian Menjadi Sejuk

Taman Belakang Rumah Gaya Tropis

(Bali Interiors)

Inspirasi taman belakang rumah lainnya yang bisa kamu terapkan adalah bergaya tropis. Taman bernuansa tropis bisa kamu ciptakan dengan bahan-bahan alami, seperti paving batu kapur dan kayu berbahan keras.

Bila perlu, gunakan elemen berwarna putih guna menampilkan suasana yang lebih segar dan tampak sederhana pada lantai keramik taman. Cobalah menanam tumbuhan berdaun lebar nan subur, seperti telinga gajah.

Dengan desain halaman belakang seperti ini dijamin deh, kamu dan keluarga betah berlama-lama karena merasakan suasana liburan di pantai.

Taman Belakang Rumah Gaya Mediterania

Jika ingin memiliki taman belakang rumah gaya Mediterania, pilihan tanaman yang diletakkan tidak boleh sembarangan. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa kamu pilih untuk mendukung suasana halaman belakang rumah ini, seperti Agave, Nolina, dan Yucca.

Jangan lupa untuk menggunakan ornamen seperti lampu taman, pot dengan penyangga, kolam ikan, hingga batu koral. Dibandingkan taman belakang lainnya, taman bergaya Mediterania berbentuk lebih simentris sehingga cenderung menonjol.

Halaman Belakang Rumah Ala Spanyol (Spanish Bungalow)

(Pinterest)

Umumnya, rumput menjadi salah satu cara menutup gundukan tanah yang ada di halaman. Alih-alih pakai rumput, desain taman belakang rumah ala Spanyol menggunakan thyme yang menjalar dan tanaman yang tidak membutuhkan air begitu banyak untuk menutup tanah.

Setelah itu, kamu bisa menaruh beberapa batu sebagai jalan setapak dan membuat teras kecil dengan warna yang sesuai dengan desain rumah. Pins juga dapat memilih tanaman yang bertahan dari kekeringan, seperti tanaman sukulen dan rumput hias untuk mempercantik halaman rumah.

Itulah kumpulan inspirasi taman belakang rumah minimalis yang dapat Anda coba buat di properti milik Pins. Semoga bermanfaat! Ingin mencari rumah minimalis impianmu?

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Iko

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 12 Laptop Core i7 Termurah dari Berbagai Merek

Untuk mendukung pekerjaan yang membutuhkan perangkat multitasking, fitur utama yang harus dimiliki

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Model Pagar Hebel yang Unik untuk Rumah Minimalis

Model pagar hebel dijadikan inspirasi pagar rumah yang menarik. Hebel sendiri merupakan bata ringan

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Menawan!

Kombinasi warna cat kusen pintu dan jendela bisa menjadi komponen penting untuk mempercantik tampil

Kantor
Kantor Karakteristik Desain Kantor Industrial Favorit Milenial

Konsep industrial kini juga diterapkan sebagai interior kantor. Apalagi jika mayoritas karyawannya

Kantor
Kantor Cara Memilih Meja Resepsionis Ergonomis Untuk Kantor

Ketika memasuki lobby kantor maka selalu ada meja resepsionis. Meja ini biasa dituju untuk mendapat

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia