BlogPemilik PropertiDesain HunianMudah! Cara Membuat Meja Makan dari Kayu
0
0

Mudah! Cara Membuat Meja Makan dari Kayu

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Jul 10, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Membuat meja makan sendiri dari kayu bisa menjadi proyek yang memuaskan dan membanggakan. Selain punya meja makan yang unik, Pins bisa merasa lebih puas karena dapat membuatnya sendiri. Namun, cara membuat meja makan dari kayu tentu tidak semudah itu karena harus mempersiapkan banyak hal.

Sama seperti ketika Pins hendak membeli rumah di Kabupaten Bogor dengan sistem cicilan KPR. Kamu perlu mengajukan KPR ke bank pillihan terlebih dulu. Bila semuanya lancar, baru deh Pins bisa membeli rumah yang diinginkan, seperti Villa Kebun Raya Cibinong.

Itu sebabnya, cari tahu apa saja persiapan dan cara membuat meja makan dari kayu-kayu di bawah ini agar meja tetap kokoh, namun terlihat unik.

Persiapan Membuat Meja Makan dari Kayu

Banyak orang yang memilih mencari cara membuat meja makan dari kayu karena berbagai alasan, salah satunya adalah budget. Selain cukup ringan dan sederhana, kayu mudah dibuat dan cocok dijadikan meja apapun, termasuk meja makan.

Walau begitu, Pins tetap harus menghitung budget ketika membuatnya, seperti ketika menghitung simulasi KPR, bukan? Dengan begitu, cara membuat meja makan dari kayu palet atau jenis kayu lainnya bisa tetap on-track, tetapi terlihat elegan.

Simak bagaimana persiapan dan cara membuatnya di bawah ini!

Baca juga: 10 Harga Meja Makan Dibawah 1 Juta yang Berkualitas

Pilih Perkiraan Desain Meja yang Diinginkan

cara membuat meja makan dari kayu
Source : Freepik/rawpixel

Sebelum mengetahui cara membuat meja makan dari kayu palet, ada baiknya kamu menentukan desain awal meja makan yang diiinginkan. Kini telah banyak referensi desain atau gambar meja yang sangat beragam dan sesuai kebutuhan. Namun, tetap perhatikan tips desain ruang makan sehat dan nyaman ya!

Bisa disesuaikan mulai dari gaya meja yang bisa dicocokkan dengan konsep ruangan, jumlah kursi yang dibutuhkan mempengaruhi besaran meja, ketersediaan area di ruangan, hingga menyesuaikan dengan budget yang ada.

Buat Sketsa Meja

Meski telah memiliki gambaran desain, Kamu harus tetap membuat perkiraan desain kasar. Gunanya adalah untuk mengetahui ukuran nyata dari meja yang akan dibuat tersebut agar sesuai dengan kapasitas ruangan yang tersedia. Pikirkan bentuk meja dan kegunaan apa saja yang ingin didapatkan sebelum menentukan ukurannya.

Tuliskan ukurannya pada gambar meja secara detail agar Pins bisa mengatur berapa banyak kayu yang dibutuhkan serta ukuran kayunya seberapa panjang atau lebar. Sebagai saran, sebaiknya beli kayu atau tambahkan 1 cm pada ukuran kayu karena umumnya ukuran kayu yang dijual lebih kecil sekitar 1 cm dari ukuran aslinya.

Membuat Perkiraan Kayu yang Dibutuhkan

Meja makan standar atau paling sederhana butuh kaki dan permukaan meja. Namun jika ada fitur tambahan yang diinginkan, jangan lupa untuk menghitung seberapa banyak kayu yang dibutuhkan di bagian fitur tersebut. Setelah persiapan selesai, mari Pins mulai mempersiapkan pembuatan meja makan kayunya!

Baca juga: 10 Meja Makan Marmer Terbaik dengan Desain Mewah

Bahan dan Cara Membuat Meja Kayu

cara membuat meja makan dari kayu
Source : Freepik/tirachard

Berikut ini daftar bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat meja makan dari kayu:

  1. Kayu
  2. Papan kayu
  3. Meteran atau Alat Ukur
  4. Paku atau paku tembak (atau bisa alternatif sekrup)
  5. Alat paku tembak (atau bisa menggunakan bor jika menggunakan sekrup)
  6. Pernis/Plitur/Cat
  7. Amplas
  8. Kuas
  9. Gergaji
  10. Lem kayu

Cara Membuat Meja Makan dari Kayu

cara membuat meja makan dari kayu
Source : Freepik

Bila bahan-bahannya sudah siap, Pins bisa memulai mencoba cara membuat meja makan dari kayu dengan langkah-langkah di bawah ini. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan meja makan dengan desain interior rumah, nih.

Mulai dari Bagian Atas Meja

Buat bagian atas atau apron meja. Ada dua pilihan dalam membuat bagian atas, yaitu menggunakan lembaran tunggal kayu atau menggunakan papan yang saling direkatkan. Kelebihan papan yang saling direkatkan adalah mudah digunakan dan harga relatif lebih murah. Papan juga cocok digunakan jika Kamu menggunakan paku dinding ketika membuat dudukan papannya.

Yang kedua adalah lembaran tunggal kayu. Harganya juga relatif murah dan bisa menghemat biaya karena konstruksinya kayu lapis. Namun jika ukuran lembaran tunggal kayunya terlalu besar dari ukuran meja yang diinginkan, Kamu harus memotongnya untuk mendapat ukuran yang dibutuhkan.

Potong kayu, rekatkan masing-masing bagian lalu jepit bagian atas meja. Biarkan semalaman agar lebih merekat dan menempel sempurna.

Bagian Bawah Meja

Membuat bagian bawah meja. Bagian bawah ini cukup penting karena akan jadi tumpuan kaki meja. Tandai posisi bagian bawah meja dengan cara mengukur berapa centimeter bagian dalam di bagian atas meja. Pengukuran ini harus spesifik dan pasti karena akan berbeda-beda tergantung dari dimensi meja yang diinginkan

Potong 4 batang kayu untuk ditempatkan dua di bagian depan atau sisi yang Panjang bagian dalam meja, sementara dua lainnya untuk di bagian sisi atau lebar meja bagian dalam.

Rekatkan atau pasangkan dengan paku atau sekrup dan jepit batang kayu agar sejajar dengan garis yang tadi telah ditentukan ukurannya. Jika ukuran penjepitnya tidak bisa pertahankan posisi, rekatkan dengan lem kayu atau sekrup agar lebih permanen.

Baca juga: 17 Model Meja Bar Cafe Sederhana untuk Rumah Kamu

Tahapan Kaki-Kaki Meja

meja makan aesthetic
Source : Freepik

Buat kaki-kaki meja. Coba potong dulu satu batang kayu untuk bagian kaki sesuai ukuran dan tinggi meja yang diinginkan. Jika dirasa sudah pas, baru potong 3 kaki meja lain dengan ukuran yang persis sama. Jepit semua kaki meja dengan bagian atas meja di bagian dalam mejanya.

Haluskan kaki meja dengan amplas berulang kali agar lebih halus. Tapi tetap harus berhati-hati ketika mengamplasnya karena jika terlalu kuat dan sering, sudut potongan yang telah dibuat bisa terkikis sehingga ukuran kaki meja bisa berubah.

Tahap Perekatan

Merekatkan kaki meja. Sejajarkan bagian bawah meja dengan bagian atas dengan satu kaki meja sebagai acuan ditempelkan di bagian bawah meja. Oleskan lem pada bagian atas kaki meja dan tempelkan dengan bagian bawah papan meja. 

Stabilkan posisi kaki meja dengan sekrup lewat bagian bawah meja ke arah kaki meja. Ulangi proses di atas pada tiga kaki meja yang lain dan rekatkan serta jepit kaki meja.

Finishing

Tunggu sampai lem kering seluruhnya. Balik meja seperti normalnya dan perhatikan posisinya apakah ada yang miring atau tidak stabil. Bisa dengan cara menggoyangnya juga. Haluskan seluruh bagian meja sampai sesuai dengan selera kamu lalu gunakan lapisan kayu agar lebih awet seperti pernis ataupun can kayu.

Meja makan adalah komponen penting untuk ada di rumah secara fungsional maupun estetika. Sehingga pembuatannya sebaiknya dipikirkan dan direncanakan serta dieksekusi dengan sempurna seperti cara-cara di atas ya. Selamat mencoba, Pins!

Baca juga: 15 Meja Makan Minimalis yang Harus Ada di Rumah Kamu!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download