BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Nama Alat Dapur dan Gambarnya yang Wajib Dimiliki Pemula
0
0

15 Nama Alat Dapur dan Gambarnya yang Wajib Dimiliki Pemula

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jan 26, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Alat dapur merupakan barang terpenting dalam membuat masakan. Peralatan dapur lengkap dengan fungsinya bisa Pins pilih. Dari yang sederhana hingga rumit,  tentu paling tidak membutuhkan dua peralatan masak dalam menyajikan sebuah hidangan.

Sama halnya dengan aplikasi Pinhome yang memiliki fitur penting dalam dunia properti. Lewat PinValue, kamu bisa menemukan kontrakan di batu, rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Cikarang Griya Pratama maupun rumah dijual di Sukabumi.

Alat Dapur Untuk Pemula

Sebelum kamu mulai memasak, ada baiknya kamu mengetahui apa saja nama alat dapur dan gambarnya serta fungsi dari masing-masing peralatan tersebut. Ini akan membuat segala persiapan memasak lebih baik dan tentunya tidak mubazir.

1. Kompor

alat dapur
Source : Unsplash

Nama alat dapur dan gambarnya yang harus wajib kamu punya adalah kompor gas maupun kompor lisrik. Kompor menjadi hal terpenting dalam membuat sebuah hidangan.

Tanpa kompor tentunya kamu akan menemukan banyak kesulitan. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi menggotong gas maupun melakukan pengisiannya. Namun, tetap pilih kompor yang berkualitas baik agar tetap aman dan nyaman.

2. Spatula

alat dapur
Source : Unsplash

Penggunaan spatula dalam masak memasak juga tidak kalah penting. Alat dalam dapur satu ini mempermudah Pins dalam mengaduk makanan hingga menghasilkan hidangan yang lezat. Tanpa spatula pastinya kamu akan sangat kesulitan.

Tidak hanya itu, dengan penggunaan alat pengaduk yang salah justru akan membuat bahaya. Panasnya hawa dari api kompor, dapat membuat tangan kamu terluka.

Baca juga: 10 Desain Dapur Cantik yang Bikin Ingin Masak Terus

3. Panci dan Wajan

Source : Unsplash

Kedua jenis alat dalam dapur ini mempunyai fungsi yang mirip namun berbeda penggunaannya. Wajan sendiri sebaiknya digunakan untuk menumis makanan atau mengolah makanan yang cenderung kering.

Sedangkan panci berguna untuk merebus air dan juga membuat hidangan yang terdapat kuah di dalamnya, seperti sup ayam. Tanpa kedua alat ini, kamu pastinya akan kesulitan dalam mengolah keseluruhan hidangan untuk keluarga.

4. Pisau Dapur

Source : Unsplash

Semua alat utama sudah dijabarkan di atas, kini saatnya beralih ke segala persiapan dalam membuat sebuah masakan. Dalam proses memasak, kamu membutuhkan pisau untuk mengolah bahan makanan.

Bawang-bawangan, sayur mayur hingga ayam maupun daging sapi perlu dipotong agar hidangan lezat dan sedap dipandang. Beberapa jenis makanan pun tidak bisa secara utuh dimasak begitu saja, harus ada beberapa bagian yang dibuang. Kegiatan tersebut memanfaatkan fungsi pisau dalam prosesnya.

5. Talenan

Source : unsplash

Nah, untuk mendukung kinerja pisau semakin baik. Kamu memerlukan talenan pada bagian alas sebagai bagian peralatan dapur lengkap. Alas potong yang disebut talenan ini juga menjadi unsur yang tak kalah penting dalam dapur.

Perpaduan kedua alat ini akan membuat hasil potong bahan makanan semakin baik dan tentunya tidak merusak kabinet dalam dapur. Tidak hanya sampai disitu Pins, kini pun beberapa talenan dengan model kayu minimalis dapat sekaligus menjadi alas sajian hidangan lho

6. Wadah Alat Dapur Serbaguna

Source : blibli

Untuk pemula, alat satu ini dapat dikatakan fleksibel. Kamu dapat menggunakan wadah dalam jenis apapun menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Wadah dapat berupa baskom, mangkuk dengan bahan apapun untuk memudahkan kamu dalam menyiapkan bahan makanan sebelum diolah dan dimasak. Baskom ini berguna merendam sayuran, hingga memisahkan antara bahan makanan satu dan lainnya agar tidak tercampur sebelum dimasak.

Baca juga: Super Keren, Ini Peralatan Rumah Modern Yang Harus Kamu Miliki!

7. Sarung Tangan Dapur

Source : Wayfair

Biasanya alat satu ini sering terlewat Pins! Padahal sarung tangan dapur atau bisa juga disebut dengan cempal dapat melindungi tanganmu.

Api yang berasal dari kompor dengan suhu tinggi, dapat membuat tangan terluka. Walaupun peralatan dapur lengkap tetapi tanpa cempal menjadi tidak sempurna.

Untuk lebih aman, ada baiknya kamu selalu menggunakan sarung tangan saat proses mengolah makanan di atas kompor. Walaupun Pins sudah dengan sangat hati-hati, pasti ada saatnya tangan Pins terlupa mengenai wajan atau panci yang panas. Sarung satu ini juga berfungsi mengangkat panci panas ke tempat aman dari kompor setelah masak.

8. Parutan

alat dapur
Source : unsplash

Pisau yang digunakan sebagai salah satu alat pemotong bahan makanan terkadang tidak membuat salah satu bahan dipotong secara halus. Inilah mengapa Pins memerlukan alat parut untuk memotong bahan makanan lebih halus dan kecil. Minim terluka, alat parut tentunya memudahkan dalam segi penggunaan apalagi untuk kamu yang tidak terlalu mahir menggunakan pisau.

9. Saringan Minyak

alat dapur
Source : Joom

Intensitas menggoreng makanan dalam dapur juga menjadi suatu kebiasaan. Bila tidak ada gorengan pada menu makan, seperti ada yang kurang.

Alat penyaring inilah yang dapat membantu Pins meniriskan minyak yang menempel pada makanan. Minyak yang berlebih juga tidak baik bagi kesehatan.

Maka dari itu, gunakan saringan sebelum kamu dan keluarga mengkonsumsi makanan setelah dimasak. Fungsi utama alat satu ini adalah menyaring sari makanan untuk memisahkan dengan cairan.

10. Cobek/ Ulekan

alat dapur
Source : resepkoki

Cobek atau ulekan pasti tidak asing lagi bukan di telinga? Alat penghancur makanan berbahan batu ini memiliki material yang cukup kuat.

Maka dari itu alat satu ini bisa untuk menghaluskan bumbu makanan hingga menjadi bubuk. Walau kini sudah ada teknologi blender kecil atau biasa disebut dengan chopper tanpa listrik, penggunaan cobek masih menjadi andalan dalam menghancurkan bumbu masakan.

11. Sendok Pengukur

Source : Freepik

Sendok pengukur ini memudahkanmu menakar bumbu kering atau rempah-rempah. Apalagi saat sedang membuat kue tentunya perlu takaran yang pas agar roti yang dihasilkan sesuai ekspektasi.

Baca juga: Beragam Model Meja Dapur dari yang Sederhana Hingga yang Modern

12. Gelas Ukur

Source : Shopee

Pins dapat pula menggunakan alat dapur lainnya seperti gelas ukur untuk menakar bahan dapur yang cair. Gelas ukur ini bisa sangat membantu memasak sehari-hari.

13.  Blender

Source : Pxhere

Alat elektronik ini memang cukup berguna khususnya kamu yang suka membuat jus. Selain itu manfaat blender dapat pula dipakai sebagai alat untuk mencampur saus.

14. Microwave

Source : Pexels

Microwave merupakan alat dapur serbaguna khususnya dalam menghangatkan makanan. Pengoperasiannya mudah dan dimensinya beragam.

15. Pengupas

Source : Blibli

Dalam mengupas buah dan sayur kini semakin dimudahkan dengan adanya peeler atau pengupas. Harganya terjangkau namun fungsinya sangat membantu meringankanmu saat menyiapkan bahan makanan.

Itulah ke-15 nama alat dapur dan gambarnya yang wajib dimiliki para pemula dalam hal masak memasak. Jangan lupa selalu utamakan keselamatan dan keamanan saat sedang menggunakan semua peralatan dapur lengkap ya!

Baca juga: 12 Referensi Desain Dapur Bersih yang Nyaman untuk Memasak

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Paradise Serpong City 2 dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download