10 Nama Alat Dapur dan Gambarnya yang Wajib Dimiliki Pemula

Diperbarui oleh Ramanda Salsa ∙ September 28, 2022 ∙ 5 menit membaca

Aktivitas memasak memang sudah menjadi bagian dalam rutinitas harian. Hal tersebut dikarenakan makanan menjadi kebutuhan hidup sehari-hari umat manusia dalam keberlangsungan kehidupan. Tidak terbatas akan gender, baik laki-laki maupun perempuan pasti bisa memasak bila memulainya dengan niat. Apalagi kini sudah banyak tersebar di sosial media mengenai resep masakan mudah dari makanan pokok hingga camilan. Namun, sebelum itu apa Pins sudah menyiapkan alat dapur yang benar-benar diperlukan?

Pinhome – Alat dapur merupakan barang terpenting dalam membuat masakan. Peralatan dapur lengkap dengan fungsinya bisa Pins pilih. Dari yang sederhana hingga rumit,  tentu paling tidak membutuhkan dua peralatan masak dalam menyajikan sebuah hidangan. Sebelum kamu mulai memasak, ada baiknya kamu mengetahui apa saja nama alat dapur dan gambarnya serta fungsi dari masing-masing peralatan tersebut. Ini akan membuat segala persiapan memasak lebih baik dan tentunya tidak mubazir.

Baca Juga: 10 Desain Dapur Cantik yang Bikin Ingin Masak Terus

Kompor

alat dapur
(unsplash)

Nama alat dapur dan gambarnya yang harus wajib kamu punya adalah kompor. Kompor menjadi hal terpenting dalam membuat sebuah hidangan. Tanpa kompor tentunya kamu akan menemukan banyak kesulitan. Kini pun sudah ada kompor listrik yang mengandalkan energi listrik sebagai sumbernya. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi menggotong gas maupun melakukan pengisiannya. Namun, tetap pilih kompor yang berkualitas baik agar tetap aman dan nyaman.

Spatula

alat dapur
(unsplash)

Penggunaan spatula dalam masak memasak juga tidak kalah penting. Alat dalam dapur satu ini mempermudah Pins dalam mengaduk makanan hingga menghasilkan hidangan yang lezat. Tanpa spatula pastinya kamu akan sangat kesulitan. Tidak hanya itu, dengan penggunaan alat pengaduk yang salah justru akan membuat bahaya. Panasnya hawa dari api kompor, dapat membuat tangan kamu terluka.

Alat Dapur Berupa Panci dan Wajan

(unsplash)

Kedua jenis alat dalam dapur ini mempunyai fungsi yang mirip namun berbeda penggunaannya. Wajan sendiri sebaiknya digunakan untuk menumis makanan atau mengolah makanan yang cenderung kering. Sedangkan panci berguna untuk merebus air dan juga membuat hidangan yang terdapat kuah di dalamnya, seperti sup ayam. Tanpa kedua alat ini, kamu pastinya akan kesulitan dalam mengolah keseluruhan hidangan untuk keluarga.

Pisau Dapur

(unsplash)

Semua alat utama sudah dijabarkan di atas, kini saatnya beralih ke segala persiapan dalam membuat sebuah masakan. Dalam proses memasak, kamu membutuhkan pisau untuk mengolah bahan makanan. Bawang-bawangan, sayur mayur hingga ayam maupun daging sapi perlu dipotong agar hidangan lezat dan sedap dipandang. Beberapa jenis makanan pun tidak bisa secara utuh dimasak begitu saja, harus ada beberapa bagian yang dibuang. Kegiatan tersebut memerlukan pisau dalam prosesnya.

Talenan

(unsplash)

Nah, untuk mendukung kinerja pisau semakin baik. Kamu memerlukan talenan pada bagian alas sebagai bagian peralatan dapur lengkap. Alas potong yang disebut talenan ini juga menjadi unsur yang tak kalah penting dalam dapur. Perpaduan kedua alat ini akan membuat hasil potong bahan makanan semakin baik dan tentunya tidak merusak kabinet dalam dapur. Tidak hanya sampai disitu Pins, kini pun beberapa talenan dengan model kayu minimalis dapat sekaligus menjadi alas sajian hidangan lho

Wadah Alat Dapur Serbaguna

(blibli)

Untuk pemula, alat satu ini dapat dikatakan fleksibel. Kamu dapat menggunakan wadah dalam jenis apapun menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Wadah dapat berupa baskom, mangkuk dengan bahan apapun untuk memudahkan kamu dalam menyiapkan bahan makanan sebelum diolah dan dimasak. Baskom ini berguna merendam sayuran, hingga memisahkan antara bahan makanan satu dan lainnya agar tidak tercampur sebelum dimasak.

Sarung Tangan Dapur

(wayfair)

Biasanya alat satu ini sering terlewat Pins! Padahal sarung tangan dapur atau bisa juga disebut dengan cempal dapat melindungi tanganmu. Api yang berasal dari kompor dengan suhu tinggi, dapat membuat tangan terluka. Walaupun peralatan dapur lengkap tetapi tanpa cempal menjadi tidak sempurna.

Untuk lebih aman, ada baiknya kamu selalu menggunakan sarung tangan saat proses mengolah makanan di atas kompor. Walaupun Pins sudah dengan sangat hati-hati, pasti ada saatnya tangan Pins terlupa mengenai wajan atau panci yang panas. Sarung satu ini juga berfungsi mengangkat panci panas ke tempat aman dari kompor setelah masak.

Baca Juga: Super Keren, Ini Peralatan Rumah Modern Yang Harus Kamu Miliki!

Parutan

alat dapur
(unsplash)

Pisau yang digunakan sebagai salah satu alat pemotong bahan makanan terkadang tidak membuat salah satu bahan dipotong secara halus. Inilah mengapa Pins memerlukan alat parut untuk memotong bahan makanan lebih halus dan kecil. Minim terluka, alat parut tentunya memudahkan dalam segi penggunaan apalagi untuk kamu yang tidak terlalu mahir menggunakan pisau.

Saringan Minyak

alat dapur
(joom)

Intensitas menggoreng makanan dalam dapur juga menjadi suatu kebiasaan. Bila tidak ada gorengan pada menu makan, seperti ada yang kurang. Alat penyaring inilah yang dapat membantu Pins meniriskan minyak yang menempel pada makanan. Minyak yang berlebih juga tidak baik bagi kesehatan. Maka dari itu, gunakan saringan sebelum kamu dan keluarga mengkonsumsi makanan setelah dimasak. Fungsi utama alat satu ini adalah menyaring sari makanan untuk memisahkan dengan cairan.

Alat Dapur Berupa Cobek/ Ulekan

alat dapur
(resepkoki)

Cobek atau ulekan pasti tidak asing lagi bukan di telinga? Alat penghancur makanan berbahan batu ini memiliki material yang cukup kuat. Maka dari itu alat satu ini bisa untuk menghaluskan bumbu makanan hingga menjadi bubuk. Walau kini sudah ada teknologi blender kecil atau biasa disebut dengan chopper tanpa listrik, penggunaan cobek masih menjadi andalan dalam menghancurkan bumbu masakan.

Itulah ke-10 nama alat dapur dan gambarnya yang wajib dimiliki para pemula dalam hal masak memasak. Jangan lupa selalu utamakan keselamatan dan keamanan saat sedang menggunakan semua peralatan dapur lengkap ya!

Baca Juga: Beragam Model Meja Dapur dari yang Sederhana Hingga yang Modern


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada koleksi perumahan baru di Bandung di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia