BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Tips Desain Dapur Sehat, Nyaman Tapi Tetap Cantik
0
0

10 Tips Desain Dapur Sehat, Nyaman Tapi Tetap Cantik

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain dapur sehat tidak hanya mengedepankan kebersihan saja melainkan kenyamanan penghuninya. Dapur yang bersih juga membuat makanan lebih higienis. 

Berdasarkan jurnal kesehatan Environment and Behavior, dapur berantakan akan memiliki pengaruh negatif pada kebiasaan makan. Berikut beberapa trik menciptakan dapur cantik, nyaman dan sehat : 

Ventilasi & Pencahayaan

Shutterstock

Saat memasak, Pins menggunakan berbagai bahan yang menimbulkan aroma. Inilah alasan kenapa perlu adanya ventilasi di dapur. Gunakan jendela besar agar memudahkan cahaya matahari masuk ke dapur.

Lokasi dapur sebaiknya menghadap ke area luar. Tujuannya agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar. Bau masakan dan hawa panas bisa dengan mudah terbawa ke luar ruangan.

Jendela dapat diposisikan berhadapan dengan wastafel. Pins bisa memakai jendela sliding maupun model boven. Jendela boven berukuran kecil namun modelnya bisa seperti jendela jungkit dan memanjang horizontal.

Pasang pula lampu pada bagian bawah rak dapur/lemari  agar bisa dengan jelas melihat bumbu yang tersimpan pada lemari. Manfaatkan lampu LED yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan.

Baca juga:

Gunakan Cat Warna Terang

gambaran dapur sehat dengan cat dinding warna putih
Freepik

Untuk memaksimalkan pencahayaan gunakan warna terang pada bagian dinding dapur. Dengan begitu cahaya matahari yang masuk dapat terpantul dengan baik. Warna cerah membuat ruangan terasa lebih sejuk dan ceria.

Cat dinding warna pastel seperti kuning terang, putih, krem memantulkan cahaya lebih baik dibandingkan warna gelap seperti hitam, abu-abu maupun merah. Warna putih mempunyai tingkat penyerapan matahari  20-30 %.

Warna cerah lainnya memiliki tingkat penyerapan 40-50 % sementara warna gelap sekitar 70-80 %. Permukaan dinding yang halus akan memantulkan cahaya begitupun sebaliknya.

Cooker Hood / Exhaust Fan Di Atas Dapur

Shutterstock

Jika Pins tinggal di apartemen maupun rumah vertikal sehingga akses ke luar minim maka gunakan cooker hood atau exhaust fan. Cooker hood akan diletakan tepat di atas kompor.

Tujuannya adalah untuk menghisap hawa panas saat memasak dan aroma makanan. Harganya relatif lebih mahal daripada exhaust fan namun sangat efektif bagi dapur minim ventilasi.

Exhaust fan diletakan di atap plafon dengan variasi ukuran. Alasannya agar ketika memasak aroma masakan langsung dibuang melalui exhaust fan tersebut. Dapur tidak berbau meskipun memasak di ruang tertutup.

Area Colokan Tersendiri

seseorang yang sedang mencolokan stalker di dapur sehat
Shutterstock

Pastikan menyediakan colokan yang jauh dari wastafel agar tidak mudah terkena percikan air cucian. Colokan listrik ini digunakan untuk memberikan daya blender, oven, heater, kulkas maupun peralatan memasak elektronik lainnya.

Desain colokan sebaiknya menempel ke dinding dan dibuat agak sedikit tinggi dari bagian dasar lantai maupun kabinet. 

Kitchen Set

penampakan kitchen set berwarna putih pada dapur sehat
Freepik

Apabila lahan dapur cenderung sempit maka gunakan kitchen set. Tipe lemari dapur ini memiliki banyak rak penyimpanan dan bagian meja counter menyatu dengan kabinet.

Kabinet dapur tidak hanya ada bagian atas counter saja melainkan bawah meja counter tersedia. Kabinet bawah memiliki pintu yang terbuka ke samping maupun ke depan. 

Kitchen set memiliki backspace yakni dinding pembatas antara meja counter dan lemari bawah. Umumnya didesain dengan keramik agar saat ada percikan bumbu yang menempel mudah dibersihkan.

Backspace ini semakin fungsional dengan rak gantung atau pengait. Rak ini dapat Pins pakai untuk menaruh gelas maupun alat masak lainnya seperti spatula.

Baca juga:

Saringan Pada Lubang Sink

contoh model keran dalam dapur sehat dengan leher tinggi
Shutterstock

Dapur memiliki sink agar mudah untuk membersihkan bahan makanan. Pada lubang wastafel terdapat saringan agar saluran pembuangan hanya terisi air. 

Sisa bahan makanan yang terbuang akan tinggal pada saringan sehingga kitchen sink tidak tersumbat. Model kran dibuat ramping seperti leher angsa dan terbuat dari besi maupun baja anti karat.

Hindari Lantai Vinyl

penampakan lantai vinyl yang dilarang digunakan jika ingin dapur sehat
Shutterstock

Dalam mendesain dapur sehat hindari memakai lantai vinyl karena terbuat dari biji plastik dan serat tidak alami. Pins dapat memakai material yang anti selip seperti parket kayu maupun batuan alam.

Bahan lantai dari semin ataupun linoleum bisa menjadi pilihan alternatif. Ketika memasak, lantai bisa terkena minyak maupun air sehingga lantai rentan licin. Material di atas mudah dibersihkan dan nyaman di kaki.

Ketersediaan Tempat Sampah

Memilah sampah rumah tangga agar dapur sehat
Shutterstock

Sediakan beberapa tempat sampah untuk memilah bahan organik dan anorganik. Bahan sisa makanan dapat diletakan pada tong sampah organik. Sementara kemasan makanan atau botol dapat dimasukan ke tong sampah anorganik.

Pemilahan sampah langsung seperti ini memudahkan saat pembuangannya nanti. Lapisi tempat sampah dengan plastik agar tidak mengotori dinding tong sampah tersebut.

Dapur Menyatu Ruang Makan

Shutterstock

Ada baiknya dapur menyatu dengan ruang makan. Pins bisa memakai meja bar sehingga ketika selesai memasak makanan bisa langsung disajikan.

Jarak yang jauh dengan ruang makan akan beresiko makanan bisa tumpah jika tak berhati-hati. Dapur tanpa sekat ini mampu menghemat ruangan secara efektif.

Baca juga: 

Jaga Kerapian & Kebersihan

Wanita yang sedang membersihkan kabinet untuk menjaga dapur sehat dan bersih
Freepik

Tidak lupa menjaga kerapian dapur dengan meletakan bumbu dan alat masak ke tempatnya. Sediakan rak tambahan di sebelah kitchen sink sebagai tempat pengeringan.

Ketika alat memasak sudah kering baru masukan ke kabinet guna menghindari pertumbuhan jamur. Bersihkan dapur secara berkala khususnya setelah selesai makan atau memasak.

Dalam mendesain dapur sehat Pins perlu memastikan adanya ventilasi dan pencahayaan yang baik. Selain itu luas ruangan mempengaruhi ruang penyimpanan yang digunakan.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image : Freepik

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download