15 Desain Dapur Kecil dan Tips Agar Terlihat Lebih Luas

Diperbarui oleh Omri Cristian ∙ November 15, 2022 ∙ 8 menit membaca

Dapur merupakan tempat favorit bagi Anda yang sangat menyukai kegiatan memasak. Namun jika Anda memiliki dapur yang kecil, tentu kegiatan memasak akan menjadi kurang leluasa. Semua itu bisa diatasi dengan tips membuat dapur kecil terlihat luas.

Untuk memaksimalkan dapur yang memiliki ukuran yang kecil, berikut beberapa tips agar membuat dapur terlihat lebih luas. Selain dari segi tata letak atau penyimpanan barang.

Baca juga: Inspirasi Desain Dapur Sempit Minimalis Sederhana

Tips Membuat Dapur Kecil Terlihat Luas

tips membuat dapur kecil terlihat luas
(Dekoruma.com)

Ruangan dapur yang kecil tentu bisa diubah menjadi lebih luas dengan menggunakan tips berikut ini. Berikut ini tips-tips yang bisa Pins coba:

Gunakan Peralatan Dapur yang Canggih

(TheAsianParent.com)

Anda dapat mengganti beberapa peralatan seperti lemari es, kompor dan beberapa peralatan lainnya dengan menggunakan peralatan yang modern. Peralatan modern sekarang banyak membuat model peralatan yang cocok digunakan untuk ruangan kecil, sehingga dapat memudahkan aktivitas memasak.

Gunakan Bak Pencuci Piring Tunggal

tips membuat dapur kecil terlihat luas
(bagi-in.com)

Penggunaan model tunggal pada bak pencuci piring Anda akan lebih menghemat tempat. Hal tersebut akan membuat dapur yang berukuran kecil terlihat lebih luas. Tak hanya itu model tunggal juga akan memudahkan Anda dalam mencuci piring.

Pasang Tempat Penyimpanan pada Dinding

(ruparupa.com)

Dinding di dapur dapat juga dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan peralatan-peralatan dapur Anda. Cukup gunakan kait dengan model huruf S agar dapat digunakan untuk mengantung alat dapur dan pasang juga rak pisau dengan bahan magnetik.

Manfaatkan semua ruangan di dinding dapur Anda, jangan hanya pada satu baris saja karna membuatnya menjadi kurang menarik. Untuk mendapatkan kesan yang baik, cat dinding penyimpanan menggunakan warna hitam.

Manfaatkan Wadah Penyimpanan

tips membuat dapur kecil terlihat luas
(detik.com)

Selain menggunakan dinding untuk penyimpanan, Pins juga dapat membuat wadah penyimpanan untuk menampung peralatan dapur dalam sebuah wadah. Wadah penyimpanan dapat digunakan untuk menyimpan panci, piring, wajan, pisau dan peralatan lainnya agar terlihat lebih rapi.

Pakai Rak dengan Model Ramping

(medcom.id)

Pakailah rak penyimpanan yang memiliki model ramping. Rak model ramping dapat digunakan pada dapur yang kecil, karena bentuknya yang ramping sehingga tidak akan memenuhi ruangan dapur.

Rak model ramping juga memiliki banyak tempat penyimpanan, sehingga sangat praktis untuk menyimpan barang-barang dapur.

Gunakan Perangkat Minimalis

(kompas.com)

Gunakanlah beberapa perangkat dapur yang minimalis. Penggunaan laci yang memiliki bentuk minimalis seperti pegangan tarikannya akan membuat dapur terlihat luas.

Selain itu pencahayaan di dapur juga perlu diperhatikan bagi dapur yang sempit, karena jika dapur kecil Anda tidak memiliki pencahayaan yang baik akan terlihat pengap.

Pilih Lemari Kabin Hingga ke Langit-Langit

tips membuat dapur kecil terlihat luas
(Pinterest)

Anda dapat menggunakan lemari yang memiliki tinggi sampai ke langit-langit atap dapur. Selain dapat menyimpan barang yang banyak, lemari tersebut dapat memperluas ruangan dapur.

Buat Tanpa Pintu

(roomah.id)

Tidak adanya pintu pada dapur kecil akan membuat ruangan menjadi terlihat luas. Sehingga saat memasak tidak akan terenggol orang lain.

Inspirasi Desain Dapur Kecil Terbaik

Setelah mengetahui tips dalam mendesain dapur, sebaiknya juga Pins mengetahui beberapa konsep yang bisa diaplikasikan di dapur kamu. Penasaran? Simak beberapa inspirasi desain dapur dengan ukuran mini terbaik ini:

Desain Dapur Kecil Simple

(Pinterest)

Dapur kecil walaupun terkesan sederhana tetapi tetap harus bisa memaksimalkan fungsionalitasnya. Untuk desain dapur kecil simple, Pins bisa membuat posisinya di sekitar jendela agar sirkulasi udara tetap terjaga baik. 

Dari segi tampilan, Pins bisa menambah beberapa perabot yang memiliki warna seragam. Ini akan mempercantik desain dapur kamu yang simple.

Desain Dapur Dominan Hijau

(Pinterest)

Salah satu warna yang bisa mengatasi kejenuhan Pins dalam mendesain dapur kecil adalah hijau. Sebaiknya Pins memilih warna hijau muda bila ingin membuat dapur tetap terkesan modern. Pins juga bisa memadukannya dengan warna hijau jenis yang lain.

Baca juga: 17 Desain Dapur Terbuka Minimalis yang Menarik

Desain Dapur Vertikal Minimalis

desain dapur kecil
(Pinterest)

Dapur vertikal minimalis bisa menjadi pilihan terbaik bagi Pins yang menyukai tampilan minimalis dan simple. Kamu hanya perlu menata kitchen set bagian atas dan bawah sehingga tercipta kesan garis lurus di dapur. Dengan desain ini, dapur Pins terlihat lebih tinggi dan juga lapang.

Dapur Letter L Simple

(Pinterest)

Jenis desain yang satu ini sangat cocok untuk Pins yang memang ingin mengedepankan fungsi dapur. Selain itu, desain dapur letter L bisa menekan pembuatan biaya sehingga menghemat anggaran Pins lho.

Agar memiliki kesan yang luas, pastikan Pins memadukan warna-warna cerah di dapur. Selain itu, Pins harus bisa menata perabot yang ada dengan rapi agar tidak terkesan berantakan dan sempit.

Dapur Putih

(Pinterest)

Putih merupakan salah warna primer yang sering diaplikasikan dalam banyak ruang di rumah. Warna putih juga bisa kamu pilih untuk mendominasi warna dapur kamu, lho.

Pins bisa mengaplikasikan warna ini ke dinding dan sejumlah perabotan yang ada di dapur. Dengan menambahkan sedikit dekor, ruang dapur kamu kini akan menjadi terasa lebih luas dan nyaman.

Dapur Kecil dengan Aksen Kayu

desain dapur kecil
(Pinterest)

Untuk Pins yang menginginkan kesan natural bisa mencoba desain dapur kecil dengan aksen kayu. Kamu bisa menambahkan aksen ini di beberapa bagian, seperti kabinet atau kitchen set.

Namun demikian, pastikan Pins tidak menambahkannya secara berlebihan. Sedikit sentuhan kayu sebenarnya tersebut sudah bisa menambah kesan alami di dapur.

Baca juga: 10 Tips Desain Dapur Sehat, Nyaman Tapi Tetap Cantik

Dapur Kecil dengan Tanaman Hias

(Pinterest)

Menaruh tanaman hias di dapur bisa jadi ide baik bila Pins menginginkan tampilan dapur yang segar. Pins bisa menempatkan beberapa tanaman hias di sudut-sudut ruang dapur.

Penambahan tanaman hias ini akan membuat dapur kamu menjadi lebih segar dan cantik. Tentunya ide ini mengurangi kesan pengap di dapur kamu.

Desain Dapur Kecil Modern ala Bar

(Pinterest)

Pins juga bisa memilih konsep ala bar di dapur yang kamu miliki. Dengan konsep ini, Pins dapat menambahkan meja ala bar yang digunakan untuk menyiapkan makanan dan minuman. Agar dapur ini nampak menonjol, Pins bisa memberi warna kontras pada dapur.

Desain Dapur Kecil Elegan 

desain dapur kecil
(Pinterest)

Kesan elegan bisa kamu dapatkan bila memadukan warna-warna tertentu di dapur. Pins juga bisa menambahkan beberapa perabotan eksklusif yang disusun rapi agar orang terkesan dengan isi dapur.

Baca juga: Tips Desain Dapur Terbaik Untuk Keluarga

Desain Dapur Warna Mencolok

(Pinterest)

Ide yang satu ini cocok apabila Pins ingin mengatasi kejenuhan pada desain dapur yang itu-itu saja. Namun, sebaiknya Pins bisa memilih warna yang sesuai dengan kamu.

Desain Dapur Ukuran 3×2 m

desain dapur kecil
(Pinterest)

Dengan ukuran sekecil ini, Pins harus bisa mengutamakan keselarasan di dapur. Jadi, sebaiknya gunakan kitchen set dengan perabot-perabot yang memiliki warna selaras. Jadi walaupun sempit, Pins tetap bisa menonjolkan keunikan dan keselaranan di dapur.

Desain Dapur Dominan Abu-abu

(Pinterest)

Selain putih, abu-abu adalah warna yang cocok untuk diaplikan di dapur kecil milik kamu. Warna ini akan lebih serasi diterapkan apabila Pins memiliki perabot dapur dan kompor stainless steel.

Baca juga: 10 Desain Lemari Gantung Dapur Minimalis di 2022

Desain Dapur Kecil Minimalis

desain dapur kecil
(Pinterest)

Kesan minimalis bisa Pins dapatkan salah satunya dengan penataan perabotan dapur yang baik. Pins harus bisa memastikan bahwa penataan tersebut membuat orang enak memandang dapur kamu.

Agar menambah kesan minimalis dan estetik, Pins bisa menambahkan beberapa barang dekor. Misalnya tanaman hias kecil, bingkai foto, bunga, dan beberapa barang lain. 

Desain Dapur Terbuka dengan Ruang Keluarga

(Pinterest)

Dapur sebenarnya bisa dibuat menyatu dengan ruang keluarga. Namun, memang banyak pertimbangan yang Pins pikirkan bila ingin memiliki konsep ini.

Agar tetap memberi kenyamanan kepada seluruh penghuni rumah, Pins bisa menambah sekat di antara dapur dan ruang keluarga. Selain itu, kamu tidak harus menggunakan kitchen set yang besar agar tidak terlalu banyak makan ruang.

Desain Dapur dengan Posisi Sudut Rumah

desain dapur kecil
(Pinterest)

Dapur juga bisa kamu atur posisinya berada di sudut ruangan, lho. Agar tidak terlihat berantakan, Pins harus memiliki lemari dengan laci yang banyak di dapur jenis ini.

Laci-laci tersebut nantinya digunakan untuk menyimpan perabotan agar tidak berantakan. Sebagian lagi, bisa kamu ganti asalkan tertata dengan rapi.

Demikian beberapa tips yang dapat dilakukan agar dapur kecil terlihat lebih luas. Ukuran ruangan bukan menjadi alasan cerdas untuk mengeluh. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Properti
Properti 10 Tips Siasati Isi Rumah Pertama Lahan Minimalis

Pins masih bingung untuk memilih isi rumah pertama di lahan minimalis? Jangan khawatir, Pinhome aka

Finansial
Finansial Begini 3 Cara Mining Ethereum di Android

Ketika menjadi seorang penambang aset crypto, mungkin kamu sering bertanya-tanya “berapa lama ket

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Desain Rumah Etnik Tingkat Atau Lantai 1 Yang Cantik & Sejuk

Desain rumah etnik adalah hunian dengan unsur budaya di sebuah negara. Desain arsitekturnya bisa di

Finansial
Finansial 22 NFT Termahal dengan Nilai Jual yang Menyentuh Hingga Angka Triliunan!

Aset digital dengan basis blockchain yang dikenal dengan NFT (Non-Fungible Token), kini semakin men

Finansial
Finansial Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Transaksi dengan memakai mata uang digital Bitcoin semakin tinggi peminatnya seiring waktu. Ini kar

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia