BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Desain Dapur Kecil dan Tips Agar Terlihat Lebih Luas
0
0

15 Desain Dapur Kecil dan Tips Agar Terlihat Lebih Luas

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Agu 15, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
tips membuat dapur kecil terlihat luastop-right-banner

Jika tengah mencari cara untuk meningkatkan estimasi nilai properti, cobalah fokus menata dapur kecil yang kamu miliki di rumah. Desain dapur kecil yang efisien memiliki daya tarik kuat bagi calon pembeli.

Bagaimana tidak, dapur merupakan pusat aktivitas di dalam rumah, seperti Cikarang Griya Pratama. Meskipun ukurannya kecil, memilih desain dapur yang tepat bisa menjadi aset berharga yang meningkatkan daya tarik properti, lho. Lantas, bagaimana cara menata dapur kecil agar terlihat lebih luas? Simak tipsnya di sini!

Tips Membuat Dapur Kecil Terlihat Luas

Siapa bilang hanya pemilik rumah dengan lahan yang besar yang bisa menata desain dapur? Faktanya, ada begitu banyak cara yang bisa kamu coba untuk membuat dapur kecil menjadi terlihat lebih luas. Cara-cara di bawah ini tentu cocok Pins terapkan di beberapa rumah di Bekasi Utara dan sekitarnya. Cek tipsnya di bawah ini!

Baca juga: 10 Ide Desain Dapur Minimalis Terbaik

1. Gunakan Peralatan Dapur yang Canggih

Source : TheAsianParent.com

Pins dapat mengganti beberapa peralatan seperti lemari es, kompor dan beberapa peralatan lainnya dengan menggunakan peralatan yang modern. Perlengkapan dapur modern sekarang banyak membuat model peralatan yang cocok digunakan untuk ruangan kecil, sehingga dapat memudahkan aktivitas memasak.

2. Gunakan Bak Pencuci Piring Tunggal

tips membuat dapur kecil terlihat luas
Source : bagi-in.com

Penggunaan model tunggal pada bak pencuci piring kamu akan lebih menghemat tempat. Hal tersebut akan membuat dapur yang berukuran kecil terlihat lebih luas. Tak hanya itu model tunggal juga akan memudahkan Pins dalam mencuci piring.

3. Pasang Tempat Penyimpanan pada Dinding

Source : ruparupa.com

Dinding di dapur dapat juga dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan peralatan-peralatan dapur. Cukup gunakan kait dengan model huruf S agar dapat digunakan untuk mengantung alat dapur dan pasang juga rak pisau dengan bahan magnetik.

Manfaatkan semua ruangan di dinding dapur kamu, jangan hanya pada satu baris saja karna membuatnya menjadi kurang menarik. Untuk mendapatkan kesan yang baik, cat dinding dapur penyimpanan menggunakan warna hitam.

4. Manfaatkan Wadah Penyimpanan

tips membuat dapur kecil terlihat luas
Source : detik.com

Selain menggunakan dinding untuk penyimpanan, Pins juga dapat membuat wadah penyimpanan untuk menampung peralatan dapur dalam sebuah wadah. Wadah penyimpanan dapat digunakan untuk menyimpan panci, piring, wajan, pisau dan peralatan lainnya agar terlihat lebih rapi.

Baca juga: Area Dapur Kamu Terbatas? Terapkan 11 Desain Dapur Sederhana Tanpa Kabinet Ini!

5. Pakai Rak dengan Model Ramping

Source : medcom.id

Pakailah rak penyimpanan yang memiliki model ramping. Rak model ramping dapat digunakan pada dapur yang kecil, karena bentuknya yang ramping sehingga tidak akan memenuhi ruangan dapur.

Rak model ramping juga memiliki banyak tempat penyimpanan, sehingga sangat praktis untuk menyimpan barang-barang dapur.

6. Gunakan Perangkat Minimalis

Source : kompas.com

Gunakanlah beberapa perangkat dapur yang minimalis. Penggunaan laci yang memiliki bentuk minimalis seperti pegangan tarikannya akan membuat dapur terlihat luas.

Selain itu pencahayaan di dapur juga perlu diperhatikan bagi dapur yang modern dan sempit, karena jika dapur kecil tidak memiliki pencahayaan yang baik akan terlihat pengap.

7. Pilih Lemari Kabin Hingga ke Langit-Langit

desain rumah mini
Source : Pinterest

Pins dapat menggunakan lemari yang memiliki tinggi sampai ke langit-langit atap dapur. Selain dapat menyimpan barang yang banyak, lemari tersebut dapat memperluas ruangan dapur.

8. Buat Tanpa Pintu

Source : roomah.id

Tidak adanya pintu pada dapur kecil akan membuat ruangan menjadi terlihat luas. Alhasil, kamu tidak perlu khawatir saat memasak akan tersenggol orang lain. Jadi, coba buat dapur tanpa sekat ruangan deh.

Baca juga: 9 Desain Dapur Mungil Terbuka Sulap Ruang Sempit Jadi Estetik

Inspirasi Desain Dapur Kecil Terbaik

Setelah mengetahui tips dalam mendesain dapur, sebaiknya juga Pins mengetahui beberapa konsep yang bisa diaplikasikan di dapur kamu. Penasaran? Simak beberapa inspirasi desain dapur dengan ukuran mini terbaik ini:

1. Desain Dapur Kecil Simple

tips membuat dapur kecil terlihat luas
Source : Fabelio

Dapur kecil walaupun terkesan sederhana tetapi tetap harus bisa memaksimalkan fungsionalitasnya. Untuk desain dapur kecil simple, Pins bisa membuat posisinya di sekitar jendela agar sirkulasi udara tetap terjaga baik. 

Dari segi tampilan, Pins bisa menambah beberapa perabot yang memiliki warna seragam. Ini akan mempercantik desain dapur kamu yang simple.

2. Desain Dapur Dominan Hijau

Source : Pinterest

Salah satu warna yang bisa mengatasi kejenuhan Pins dalam mendesain dapur kecil adalah hijau. Sebaiknya Pins memilih warna hijau muda bila ingin membuat dapur tetap terkesan modern. Pins juga bisa memadukannya dengan warna hijau jenis yang lain.

3. Desain Dapur Vertikal Minimalis

desain dapur kecil
Source : Pinterest

Dapur vertikal minimalis bisa menjadi pilihan terbaik bagi Pins yang menyukai tampilan minimalis dan simple. Kamu hanya perlu menata kitchen set bagian atas dan bawah sehingga tercipta kesan garis lurus di dapur. Dengan desain ini, dapur Pins terlihat lebih tinggi dan juga lapang.

4. Dapur Letter L Simple

Source : Pinterest

Jenis desain yang satu ini sangat cocok untuk Pins yang memang ingin mengedepankan fungsi dapur. Selain itu, desain dapur letter L bisa menekan pembuatan biaya sehingga menghemat anggaran Pins lho.

Agar memiliki kesan yang luas, pastikan Pins memadukan warna-warna cerah di dapur. Selain itu, Pins harus bisa menata perabot yang ada dengan rapi agar tidak terkesan berantakan dan sempit.

Baca juga: 10 Desain Dapur Bawah Tangga untuk Menghemat Ruang

5. Dapur Putih

Source : Pinterest

Putih merupakan salah warna primer yang sering diaplikasikan dalam banyak ruang di rumah. Warna putih juga bisa kamu pilih untuk mendominasi warna dapur kamu, lho.

Pins bisa mengaplikasikan warna ini ke dinding dan sejumlah perabotan yang ada di dapur. Dengan menambahkan sedikit dekor, ruang dapur kamu kini akan menjadi terasa lebih luas dan nyaman.

6. Dapur Kecil dengan Aksen Kayu

desain dapur kecil
Source : Pinterest

Untuk Pins yang menginginkan kesan natural bisa mencoba desain dapur kecil dengan aksen kayu. Kamu bisa menambahkan aksen ini di beberapa bagian, seperti kabinet atau kitchen set.

Namun demikian, pastikan Pins tidak menambahkannya secara berlebihan. Sedikit sentuhan kayu sebenarnya tersebut sudah bisa menambah kesan alami di dapur.

7. Dapur Kecil dengan Tanaman Hias

Source : Pinterest

Menaruh tanaman hias di dapur bisa jadi ide baik bila Pins menginginkan tampilan dapur yang segar. Pins bisa menempatkan beberapa tanaman hias indoor di sudut-sudut ruang dapur.

Penambahan tanaman hias ini akan membuat dapur kamu menjadi lebih segar dan cantik. Tentunya ide ini mengurangi kesan pengap di dapur kamu.

8. Desain Dapur Kecil Modern ala Bar

Source : Pinterest

Pins juga bisa memilih konsep ala bar di dapur yang kamu miliki. Dengan konsep ini, Pins dapat menambahkan meja ala bar yang digunakan untuk menyiapkan makanan dan minuman. Agar dapur ini nampak menonjol, Pins bisa memberi warna kontras pada dapur.

Baca juga: 9 Cara Menata Dapur Kecil Memanjang Agar Terlihat Luas

9. Desain Dapur Kecil Elegan 

desain dapur kecil
Source : Pinterest

Kesan elegan bisa kamu dapatkan bila memadukan warna-warna tertentu di dapur. Pins juga bisa menambahkan beberapa perabotan eksklusif yang disusun rapi agar orang terkesan dengan isi dapur.

10. Desain Dapur Warna Mencolok

Source : Pinterest

Ide yang satu ini cocok apabila Pins ingin mengatasi kejenuhan pada desain dapur yang itu-itu saja. Namun, sebaiknya Pins bisa memilih warna yang sesuai dengan kamu.

11. Desain Dapur Ukuran 3×2 m

desain dapur kecil
Source : Pinterest

Dengan ukuran sekecil ini, Pins harus bisa mengutamakan keselarasan di dapur. Jadi, sebaiknya gunakan kitchen set dengan perabot-perabot yang memiliki warna selaras. Jadi walaupun sempit, Pins tetap bisa menonjolkan keunikan dan keselaranan di dapur.

12. Desain Dapur Dominan Abu-abu

Source : Pinterest

Selain putih, abu-abu adalah warna yang cocok untuk diaplikan di dapur kecil milik kamu. Warna ini akan lebih serasi diterapkan apabila Pins memiliki perabot dapur dan kompor stainless steel.

Baca juga: 10 Tips Desain Dapur Sehat, Nyaman Tapi Tetap Cantik

13. Desain Dapur Kecil Minimalis

desain dapur kecil
Source : Pinterest

Kesan minimalis bisa Pins dapatkan salah satunya dengan penataan perabotan dapur yang baik. Pins harus bisa memastikan bahwa penataan tersebut membuat orang enak memandang dapur kamu.

Agar menambah kesan minimalis dan estetik, Pins bisa menambahkan beberapa barang dekor. Misalnya tanaman hias kecil, bingkai foto, bunga, dan beberapa barang lain. 

14. Desain Dapur Terbuka dengan Ruang Keluarga

Source : Pinterest

Dapur sebenarnya bisa dibuat menyatu dengan ruang keluarga. Namun, memang banyak pertimbangan yang Pins pikirkan bila ingin memiliki konsep ini.

Agar tetap memberi kenyamanan kepada seluruh penghuni rumah, Pins bisa menambah sekat di antara dapur dan ruang keluarga. Selain itu, kamu tidak harus menggunakan kitchen set yang besar agar tidak terlalu banyak makan ruang.

15. Desain Dapur dengan Posisi Sudut Rumah

desain dapur kecil
Source : Pinterest

Dapur juga bisa kamu atur posisinya berada di sudut ruangan, lho. Agar tidak terlihat berantakan, Pins harus memiliki lemari dengan laci yang banyak di dapur jenis ini.

Laci-laci tersebut nantinya digunakan untuk menyimpan perabotan agar tidak berantakan. Sebagian lagi, bisa kamu ganti asalkan tertata dengan rapi.

Demikian beberapa tips yang dapat dilakukan agar dapur kecil terlihat lebih luas. Ukuran ruangan bukan menjadi alasan cerdas untuk mengeluh. 

Baca juga: 10 Ide Desain Dapur 3×4, Buat Kegiatan Memasak Jadi Lebih Nyaman


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download