BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Desain Rumah Industrial Low Budget Terbaru
0
0

10 Inspirasi Desain Rumah Industrial Low Budget Terbaru

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
rumah industrialtop-right-banner

Inspirasi desain rumah industrial low budget memang tengah diminati. Bagaimana tidak, desain rumah minimalis ini menonjolkan unsur-unsur industri, seperit pipa terbuka, dinding bata, dan material mentah lainnya. Terlebih lagi, ada begitu banyak desain rumah industrial low budget yang bisa jadi pertimbangan.

Penasaran bagaimana cara membuat desain rumah industrial tanpa keluar banyak uang tapi tidak kelihatan murahan? Simak daftar inspirasinya di sini! Sebelum itu kamu memang perlu mengetahui desain rumah industrial untuk membuat rumah impian kamu semakin nyata. Atau kamu bisa melihat rumah di perumahan Cimanggis Golf Estate, perumahan ini menyediakan berbagai desain rumah impian yang kamu butuhkan.

Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

Inspirasi Desain Rumah Industrial Low Budget

Seperti yang sudah disebutkan, desain rumah industrial tentu bisa kamu miliki dengan budget terbatas. Namun, sebelum Pins mulai merencanakan desain rumah satu ini, pahami dulu apa saja yang membuat rumah terlihat industrialis. Hal ini termasuk ketika kamu baru saja membeli rumah di Pesona Ciputih dan ingin mengubah tampilannya.

Pins perlu memperhatikan penggunaan bahan bangunan, dekorasi interior, hingga memanfaatkan barang yang tidak terpakai. Hal tersebut dapat membuat rumah terlihat unik dan kaya manfaat. Bagi yang tertarik, kamu bisa mencoba beberapa inspirasi di bawah ini agar bisa menciptakan desain rumah industrial yang low budget!

Baca juga: 30+ Desain Rumah Minimalis Paling Inspiratif 2023

1. Memanfaatkan Lukisan Dinding yang Menarik

desain rumah industrial low budget
Source : Amazon

Lukisan artistik yang kontemporer dapat Pins gunakan pada sebagian dinding dalam ruang keluarga. Lukisan dapat berbentuk wajah dari artis ternama yang keluarga suka, lukisan abstrak, maupun lukisan gambar keluarga.

Ini akan menambah desain rumah industrialis minimalis low budget milikmu dan keluarga kian menarik. Lihat pada contoh pengaplikasian di atas, seru sekali bukan? Tambahan pencahayaan dramatis pada lukisan. Voila! Sekejap ruang keluargamu akan menjadi tempat favorit anggota keluarga.

2. Memilih Perabotan atau Furniture yang Artsy

Source : Shutterstock

Dalam desain rumah industrial minimalis, kreativitas penghuni diuji. Hal ini dapat membuat rumah industrial milik kamu berbeda dari yang lain. Cobalah untuk menggunakan barang-barang bekas layak pakai pada perabot rumah.

Seperti penggunaan pipa air pada meja kerja, atau rak buku, tempat duduk dari kotak kayu bekas packing, maupun penggunaan botol kaca bekas minuman untuk dekorasi pot tanaman. Semua kreasi yang ada di pikiran kamu bisa kamu tuangkan disini.

3. Memakai Dinding Semen

desain rumah industrial low budget
Source : Shutterstock

Dinding semen yang diamplas lembut, dapat Pins gunakan pada sisi-sisi dalam interior maupun exterior pada rumah industrialis minimalis. Padukan dengan perabot unik yang terbuat dari bahan yang tidak biasa, maka rumah kamu akan sangat instagramable.

Hal terpenting dalam pembuatan desain rumah industrialis minimalis yang harus kamu ingat adalah pemanfaat semen dengan teknik finishing yang minim untuk menghasilkan tema yang menarik. Hal ini bisa diterapkan di mana saja, baik itu desain ruang tamu minimalis maupun desain kamar anak remaja.

Baca juga: 12 Desain Kamar Mandi Industrial yang Simple

4. Mengekspos Batu Bata Dinding

Source : Shutterstock

Selain dinding semen, ternyata pemakaian material batu bata tanpa finishing cat juga membuat suatu hunian terkesan artistik lho! Inspirasi rumah industrialis low budget bisa tercipta dengan batu bata. Pins bisa memasang batu bata pada satu bagian dinding maupun keseluruhan interior rumah.

Bila digunakan pada seluruh dinding, jangan lupa manfaatkan pencahayaan alami, seperti menggunakan jendela dalam jumlah banyak. Hal ini bisa membuat ruangan terlihat lebih terang dan mencegah terjadinya blind spot di dalam rumah.

Baca juga:

5. Memakai Lampu Gantung pada Mayoritas Ruangan

desain rumah industrial low budget
Source : Shutterstock

Penggunaan lampu gantung pada desain rumah industrialis low budget memang banyak dilakukan. Selain menimbulkan keleluasaan ruang, lampu gantung juga pencahayaan yang minim dalam ruang.

Ini yang menjadi ciri utama hunian industrial yaitu minim pencahayaan dengan kesan gelap yang artistik. Keunikan ini membuat hunian semakin terlihat menarik. Gunakan pula lampu berbahan bekas layak pakai yang menjadi keunikan tersendiri di dalam rumahmu.

6. Memasang Lantai Semen pada Rumah Industrial

Source : Shutterstock

Bila keramik maupun marmer adalah salah satu bahan lantai yang menimbulkan kesan elegan pada rumah, alas semen menjadi alas yang mayoritas dipilih untuk rumah bergaya industrial. Lantai ini sangat mudah dibersihkan dan terkesan sederhana juga praktis.

Kamu dapat menggunakan teknik finishing doff pada lantai, agar lantai terlihat asli dengan goresan natural. Bila kamu ingin menambah keartistikan dalam lantai, kamu dapat pula membuat goresan yang disengaja. Tertarik mencoba?

Baca juga: 7 Cara Membuat Ruang Keluarga Tema Industrial yang Kekinian

7. Memanfaatkan Kontainer Sebagai Fasad Rumah

Source : Shutterstock

Fasad rumah memang menjadi salah satu aspek penting ketika merenovasi maupun mempercantik rumah. Hal ini juga berlaku ketika Pins ingin menampilkan fasad rumah industrial dengan budget terbatas. Kamu bisa mencoba kontainer bekas pakai pada setengah bagian rumah.

Contoh di atas menjadi salah satu rangkaian menarik desain industrial bergaya minimalis yang cocok untuk lahan yang sempit. Pins tertarik?

8. Memilih Desain Plafon Semen Minimalis

biaya plafon rumah
Source : Pexels

Selain lantai yang dapat dibuat layaknya bangunan belum maksimal, plafon rumah pun juga menarik di desain seperti rangka bangunan yang belum rampung. Instalasi listrik atau pipa-pipa di atas yang memang sengaja terlihat, dapat memaksimalkan pengaplikasian desain industrial pada rumah.

Padukan dengan barang-barang rustic yang simpel agar rumah semakin unik. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa tanaman hias kecil pada sudut ruang agar rumah industrial semakin nyaman.

9. Mengecat Dinding dengan Warna-warna Industri

warna netral

Tidak hanya bagian perabotan maupun tampak depan rumah, desain rumah industrial dengan budget terbatas bisa dibuat dengan warna cat yang tepat. Pertama, pilih warna cat netral, seperti abu-abu, putih, atau krem sebagai dasar desain rumah.

Warna-warna ini memberikan kesan modern dan industrial. Selanjutnya, tambahkan aksen warna khas industri, seperti hitam atau cokelat gelap. Halini bertujuan memperlihatkan elemen arsitektur yang memberikan sentuhan dramatis pada rumah.

Jangan lupa gunakan teknik mengecat rumah yang lebih murah, misalnya warna gradasi atau efek distressed. Teknik ini bisa menciptakan kesan rustik yang khas pada desain industri. Hindari penggunaan warna cat berlebihan agar tetap menghemat biaya, dan fokuslah pada penempatan warna pada bagian-bagian tertentu yang strategis. Misalnya, pintu, jendela, atau tiang penyangga.

10. Menyusun Kabel dan Pipa Secara Terbuka

Source : OnList

Dalam perencanaan desain rumah, kebanyakan orang cenderung memilih tampilan yang simpel dan rapi. Dengan cara menyembunyikan kabel-kabel yang seringkali dianggap mengganggu. Namun, terdapat suatu konsep yang sedang naik daun, yaitu desain industrial, yang memperlihatkan keunikan dengan menyusun kabel dan pipa secara terbuka.

Pada konsep ini, beberapa kabel disusun rapi dan dilapisi dengan penutup kabel PVC yang kemudian dicat menggunakan warna dinding yang serasi. Pendekatan ini tidak hanya memberikan tampilan estetika yang menarik. Tetapi juga dapat mengurangi biaya pembongkaran dinding yang umumnya diperlukan untuk menyembunyikan kabel-kabel tersebut.

Prinsip yang sama juga diterapkan pada pipa-pipa saluran air dan udara. Penting untuk mencatat bahwa pemilihan pipa berkualitas tinggi menjadi kunci utama agar tidak terjadi kebocoran yang dapat merusak desain dan fungsi keseluruhan. Oleh karena itu, perhatikan dengan seksama pemilihan material agar konsep ini dapat diwujudkan dengan hasil yang memuaskan.

Nah, itu tadi beragam inspirasi desain rumah industrial dengan low budget yang bisa Pins mulai coba dan pertimbangkan. Semoga inspirasi di atas membantu kamu menghemat biaya tanpa membuat rumah terlihat murahan, ya!

Baca juga: 12 Desain Rumah Tanpa Plafon yang Menarik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Ruko Marquette Shophouses dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download