22 Inpsirasi Taman Depan Rumah yang Eye Catching

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti ∙ 8 December 2021 ∙ 10 menit membaca

Taman kecil yang berada di rumah berfungsi sebagai penambah estetika pada hunian. Tidak heran banyak dari hunian dengan lahan yang terbatas saat ini, tetap memiliki taman depan rumah lahan sempit yang kecil sederhana di pekarangan depannya. Berbagai inspirasi taman depan rumah digunakan untuk menciptakan suasana yang menyegarkan.                                                                                                                           

Berbagai macam tanaman hingga perabot pendukung untuk taman saat ini mulai banyak tersebar dengan beragam variasi menarik. Dengan begitu, Pins yang memiliki hunian dengan lahan yang terbatas tetap bisa memiliki inspirasi taman depan rumah sederhana.

Baca juga:

Fungsi Taman Di Depan Rumah

(Sunset Magazine)

Apa saja fungsi taman di depan rumah? Tentu saja sangat banyak sekali, oleh karena itu mari kita bahas di sini. Berikut beberapa diantaranya:

  • Memperindah halaman rumah, dengan aneka macam bentuk tanaman hias dengan warna-warni bunga.
  • Sebagai area resapan air hujan sehingga bisa masuk ke dalam tanah.
  • Menyegarkan pikiran dari aktivitas kelelahan ketika pulang kerja.
  • Menyalurkan hobi bagi yang suka bercocok tanam di halaman rumah.
  • Sebagai bisnis rumahan bagi yang hendak melakukan usaha jual beli tanaman hias.
  • Sebagai sarana bermain anak-anak di halaman rumah.
  • Pelengkap model arsitektur rumah.
  • Sebagai penyuplai udara bersih dan segar ke dalam rumah.
  • Untuk memelihara ikan di kolam yang diletakan di taman rumah.

Baca juga:

Inspirasi Taman Depan Rumah yang Eye Catching

Tips menarik di bawah ini dapat Pins ikuti sebagai inspirasi taman depan rumah yang menarik. Semuanya bisa Pins adaptasi sebagai cara menata taman depan rumah yang menyenangkan. Siapa sih yang tidak menginginkan taman indah berada di rumah? 

Menaruh Tanaman Hias Gantung

(Unsplash)

Salah satu cara utama menyiasati penggunaan inspirasi taman depan rumah adalah dengan penggunaan tanaman hias gantung. Menjadi salah satu upaya menarik dalam menghias bagian depan rumah bila Pins tidak memiliki lahan yang cukup untuk pembuatan taman. Buatlah susunan dengan jarak yang telah diperhitungkan agar tampilan depan rumah tetap terlihat menarik.

Baca juga:

Penambahan Jalan Setapak

(Bocook)

Tips selanjutnya dalam inspirasi taman depan rumah adalah dengan penggunaan jalan setapak agar taman tidak terlihat monoton. Pins bisa menggunakan material yang tahan terhadap cuaca seperti keramik lantai, ubin karet maupun material berbahan kayu. Hal yang harus diperhatikan adalah ketahanannya dan juga teksturnya yang dibuat tidak licin, dikarenakan dapat membahayakan penghuninya.

Baca juga:

Menambahkan Furniture Menarik Pada Taman Depan Rumah

(Aspicyboy)

Untuk taman yang lebih unik dan sedap dipandang mata, Pins bisa menambahkan furniture. Kursi rotan maupun ayunan dapat digunakan pada tampilannya. Jangan pernah ragu menambahkan dekorasi lainnya yang selaras, agar memaksimalkan fungsi taman itu sendiri. Pins, harus tetap memperhatikan material perabot yang digunakan ya!

Taman Dengan Sarana Budidaya Tanaman

(Handymantips)

Bila budidaya tanaman di hunian dilakukan di lahan yang cukup besar dan mayoritas berada di belakang rumah, Pins bisa melakukannya unik dengan menghadirkan pada taman depan rumah. Tidak perlu menyajikan berbagai macam tumbuhan, satu tumbuhan pun bisa dibuat di sana. Ini akan menjadi spot menarik dalam hunian. Terkadang sesuatu yang berbeda dari biasanya itu bisa menimbulkan mood baik lho Pins!

Taman Dengan Air Mancur yang Menarik

(Rumahkuunik)

Bila Pins masih saja bingung memilih dekorasi yang tepat untuk taman depan rumah, Pins bisa menambahkan air mancur. Air mancur dengan model beragam pun kini sudah tersedia. Dijamin taman yang sebelumnya terlihat biasa, kini akan semakin menarik dan menjadi tempat favorit pada hunian. Menata taman depan rumah sederhana dengan menggunakan air mancur juga dapat menambah ketenangan suasana pada hunian lho!

Baca juga:

Taman Dengan Kolam Ikan Minimalis

(Nqsurvey)

Untuk inspirasi taman depan rumah, selain gemercik air ketenangan yang dimunculkan dari air mancur, Pins pun dapat membuat pilihan lainnya dalam menata taman dengan kolam ikan. Kolam ikan pada taman depan rumah dapat memperkaya unsur dekorasi pada taman. Apalagi bila koleksi ikan hiasnya sangat beragam, taman akan semakin berwarna dan menyenangkan. Hal yang perlu diperhatikan dalam menaruh kolam ikan depan rumah adalah kebersihan yang harus selalu dijaga.

Tanaman dengan Vertical Garden

(YouTube: TV Home Garden)

Pembuatan tanaman vertical garden pada inspirasi taman depan rumah juga bisa dijadikan salah satu ide menarik. Lebih menarik lagi jika budidayanya dilakukan secara unik menggunakan bahan-bahan bekas pakai. Ini akan menambah kesan artistik yang tidak berlebih pada hunian. Untuk membuatnya terlihat sempurna memang memerlukan proses yang cukup panjang, namun pada akhirnya pasti lebih memuaskan bila dibuat oleh tangan sendiri.

Batu Alam Sebagai Penghias Dekorasi Taman

(Linetoday)

Selanjutnya, yang tidak kalah menarik dari unsur penghias taman adalah pemakaian batu pada sebagian lahan. Taman yang cenderung memiliki mayoritas tanaman pada sebagian besar bagian, bisa dibuat menarik dengan penambahan batu disekitarnya. Batu-batu tersebut selain mudah dibersihkan juga tahan terhadap cuaca ekstrim. Lihat contohnya pada taman di atas, sungguh cantik bukan?

Baca juga:

Pemakaian Rumput Sintetis

(Shopee)

Untuk Pins yang simpel dan tidak ingin melakukan perawatan berlebih pada taman. Pins bisa menggunakan rumput sintetis pada keseluruhan lahan taman. Ini akan meminimalisir tumbuhan yang layu atau pun mati karena minim perawatan. Kelebihan penggunaan rumput sintetis pada taman adalah taman akan lebih terlihat rapi, teratur dan minim biaya perawatan. Apa Pins ingin mencobanya?

Menggunakan Rak Tanaman

(qhomemart)

Bila Pins belum memiliki lahan untuk membuat sebuah taman sederhana, Pins bisa mengatasinya dengan penggunaan rak tanaman hias pada bagian depan rumah. Teras minimalis milik Pins pun bisa dibuat menarik namun tetap terlihat sisi penghijauannya. Sesuaikan dengan luas teras untuk hasil yang lebih maksimal.

Baca juga:

Taman Dengan Patung-Patung Estetik

(Bukalapak)

Selanjutnya, cara menata taman yang baik agar terlihat menarik adalah penambahan dekorasi patung estetik. Pins bisa memulainya dari figur hewan maupun bentuk abstrak pada taman. Cara ini akan menaikkan estetika dari taman milikmu. Cobalah untuk menyesuaikan dengan tema taman yang dibuat agar lebih selaras dan menarik. 

Menata Taman Depan Rumah Sederhana dengan Batu Pijakan

(Anekabangunan)

Beri tempat pijakan untuk taman depan rumah agar rumput yang telah Pins tanam tidak mati karena terinjak. Pijakan di taman biasanya terbuat dari batu alam. Cara ini selain melindungi rumput dari injakan, batu pijakan yang dialihfungsikan sebagai jalan setapak bagus untuk menambah nilai estetik dari taman depan rumah lho Pins.

Pilihlah batu pijakan yang sesuai dengan luas taman. Jika taman tidak terlalu luas, Pins bisa memilih batu pijakan bulat dengan ukuran yang relatif lebih kecil. Namun, jika taman depan rumah cukup luas, batu dengan bentuk persegi panjang bisa jadi pilihan yang tepat. Kemudian satu hal yang harus diperhatikan adalah pastikan batu pijakan mempunyai tekstur sehingga tidak licin saat Pins menginjaknya.

Baca juga:

Menambahkan Bird Feeder untuk Membuat Suasana Lebih Hidup

(Scottich Wildlife Trust)

Kicauan burung serasi sekali dengan suasana taman yang hijau. Untuk memancing datangnya burung-burung, letakkan bird feeder di tepi atau tengah taman. Jangan lupa untuk rutin menyetok makanan burung di dalam bird feeder ya Pins. Burung dengan beragam warna akan gemar mampir ke taman depan rumah dan mempercantik suasana.

Taman Dengan Paving Block

(Gardening ETC)

Desain paving block pada inspirasi taman depan rumah memang menjadi pilihan terbaik Pins dalam membuat tampilannya menarik dan tidak membosankan. Dekorasi seperti ini juga mampu membuat taman lebih rapi dan terlihat bersih. Desainnya banyak dan bisa dipilih, salah satunya dengan penerapan desain simetris seperti di atas. Jalan menuju rumah juga jadi terlihat jelas bukan?

Menambahkan Point of Interest

(Outdoor Creation)

Untuk taman unik yang selalu mencuri perhatian, Pins bisa menempatkan tanaman dengan warna menarik pada bagian depan rumah. Tanaman tersebut usahakan selalu dirawat dan berpenampilan indah. Pins bisa memilih ragam tanaman dengan warna menarik seperti tanaman kembang sepatu, bunga matahari, bunga pentas dan masih banyak lagi. 

Baca juga:

Membuat Taman Tanpa Rumput

(HGTV)

Tidak semua taman harus memiliki rumput Pins, taman tanpa rumput pun bisa dibuat menarik dengan tampilan yang indah. Pins bisa menggunakan batu-batu koral, kayu, maupun hanya dibiarkan tanpa adanya tanaman. Dengan begitu lebih bebas menata dekorasi taman dengan mudah. Seperti diberi lampu cantik yang membuat taman semakin indah saat malam hari datang.

Taman Tanpa Pagar Dengan Gaya Modern

(Madreview.net)

Lain hal lagi untuk desain taman satu ini Pins. Penggunaan rumput pada taman sederhana ini sangat penting. Arsitektur bangunan dibuat modern dengan tampilan taman dengan desain persegi yang sengaja dibuat menurun. Selebihnya area taman hanya ditumbuhi rumput saja tanpa adanya tanaman hias di sana.

Taman Minimalis Ala Jepang

(Peacefullandscape)

Ciri khas utama desain taman Jepang adalah mengadaptasi penggunaan taman kering yang cenderung menggunakan banyak bebatuan. Pins pun bisa menggunakan dekorasi batang pohon besar sebagai pemanis selayaknya sebuah jembatan. Hal yang paling penting adalah penghuni mampu menciptakan ketenangan dalam desain taman tersebut.

Taman Dengan Tanaman Hias yang Beragam

(Shutterstock)

Berbeda lagi untuk Pins yang senang mengoleksi tanaman hias! Penataannya bisa dilakukan sebagai inspirasi taman depan rumah sebagai penambah estetika tampilan depan rumah. Selain ditempatkan di sudut-sudut teras rumah, juga bisa menggunakan rak khusus tanaman sebagai pemanis. Dijamin taman akan menarik perhatian.

Baca juga: Rumput untuk Taman Indoor agar Rumah Terlihat Asri dan Sejuk

Menambahkan Rumput Sintetis yang Luas

(Pinterest)

Untuk Pins yang menyukai penghijauan namun tidak senang dalam hal perawatan. Pins bisa menggunakan rumput sintetis taman sebagai penghias. Rumput satu ini memang sudah terkenal di kalangan hunian minimalis dan tentunya dapat membuat tampilan hunian menjadi lebih kekinian. Pins hanya perlu membersihkannya secara berkala dan jauhkan dari kotoran-kotoran hewan. Tidak perlu banyak menanam tanaman, dengan penempatan satu tempat duduk taman sudah cukup memberikan kenyamanan.

Taman Dengan Ornamen yang Colorful

(Kurio)

Desain dan inspirasi taman depan rumah sebenarnya memberikan keleluasaan desain kepada penghuni. Tidak ada batasan yang jelas yang dapat membuat tampilannya menjadi terbatas. Penempatan perabotan unik berwarna-warni maupun ayunan pada taman juga merupakan salah satu ide yang menarik untuk membuat taman tidak membosankan. Pins dan keluarga bisa bersantai di sana sore hari sambil bercengkrama.

Menambahkan Kolam Ikan

(Kibrispbdr)

Taman depan rumah juga bisa Pins tambahkan kolam kecil sebagai pemanis. Kolam ikan yang ditempatkan tepat dekat pintu masuk rumah akan menambahkan ketenangan tersendiri. Gemericik air dari kolam ikan dan indahnya panorama luar membuat penghuni semakin betah berlama-lama di rumah. Pins bisa menggunakan model kolam ikan minimalis dengan tampilan yang simpel.

Taman Ala Farmhouse

(Ilmutekniksipil)

Pins bisa membuat desain taman sederhana yang berguna sebagai pemanis tampilan depan. Tidak perlu banyak menempatkan ragam tanaman. Pilihlah tanaman yang cenderung mudah dalam perawatan. Tanaman yang mudah dirawat sangat cocok untuk pemula dalam berkebun. 

Bagaimana inspirasi taman depan rumah di atas Pins? Cara menata taman depan rumah sederhana di atas bisa dimiliki di rumah dan diadaptasi sebagai taman impian sederhana. Ingat semuanya tidak perlu berlebihan, selalu sesuaikan dengan budget yang dimiliki ya Pins!

Baca juga:

Featured Image Source: Homedit


Temukan pilihan rumah terlengkap dan ruko seperti ruko Garden Boulevard Citra Raya di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia