BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Taman Toga Kreatif
0
0

10 Desain Taman Toga Kreatif

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Apr 6, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
Taman Toga Kreatiftop-right-banner

Sering kali penyakit datang secara tiba-tiba dan tidak memberikan sinyal apa-apa. Jika sakit sudah melanda ke tubuh, maka pasti akan sangat mengganggu. Namun walaupun begitu banyak penyakit yang berbahaya dapat menyebar, pasti selalu ada obat untuk mengatasinya. Saat ini sudah banyak orang yang sadar akan kesehatan dan mulai punya taman Toga kreatif di rumahnya masing-masing. 

Mungkin tidak semua dari Pins tahu apa arti dari toga. Toga adalah singkatan dari Tanaman Obat Keluarga yang biasa ditanam di lahan kosong rumah. Keberadaan Toga di rumah dapat memenuhi kebutuhan obat-obatan herbal keluarga Pins dengan membuatnya sendiri. Simak artikel ini untuk mengetahui desain taman Toga kreatif seperti apa!

Kamu dapat memiliki rumah yang elegan dan menarik beserta dengan kelengkapan surat-suratnya di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Selain itu, kamu dapat menemukan rumah idamanmu dengan hunian versi terbaik edisi Pinhome di Rumah Ekslusif.

Baca Juga:

Desain Taman Toga Kreatif

Pins seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Toga berasal dari singkatan unik yaitu Tanaman Obat Keluarga yang bisa didapatkan di taman rumah kita sendiri.

Tanaman obat yang dapat Pins tanam di rumah yang ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit adalah jahe, temulawak, kunyit, daun sirih, lidah buaya, kencur, dan masih banyak lagi tanaman herbal lainnya. Dari setiap tanaman obat tersebut memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing untuk kesehatan tubuh. 

Dengan menanam tanaman obat di rumah Pins tidak perlu khawatir akan kekurangan obat jika dilanda penyakit. Mulai tertarik untuk membuat taman Toga di rumah sendiri? Mari lihat beberapa ide taman Toga kreatif yang dapat Pins aplikasikan di karangan rumah masing-masing:

1. Konsep Garden House

Source : Pinterest

Ide pertama untuk desain taman Toga kreatif yang dapat Pins aplikasikan di rumah adalah dengan konsep garden house. Konsep ini sangat mampu untuk menampung berbagai macam jenis tanaman obat di rumah Pins. Untuk membuat konsep ini Pins harus mempunyai sebidang lahan yang cukup luas di rumah. 

Bagi pecinta tanaman yang memiliki modal lebih biasanya akan membuat konsep ini di rumahnya. Kumpulan tanaman disusun dengan rapi dan sesuai dengan kelompoknya. Untuk tanaman yang boleh terkena matahari langsung akan ditutupi dengan atap serabut hitam supaya tetap dapat terkena air hujan. 

Baca juga: Percantik Rumah Dengan Desain Taman Yang Apik

2. Konsep Taman Rooftop

Taman Toga Kreatif
Source : Pixabay

Desain kedua ini akan sangat membantu bagi Pins yang memiliki lahan terbatas pada rumah dan dapat menghemat ruang. Dari kemajuan bidang arsitektur Pins dapat membuat atap rumah atau rooftop sebagai lahan baru untuk dijadikan sebagai taman Toga. 

Konsep ini dapat Pins aplikasikan jika hunian Pins beratap datar dan Pins perlu menggunakan media khusus untuk membuat vegetasi yang baik di atas atap. Dengan begitu Pins tetap dapat membuat taman toga yang luas dan tetap menghemat lahan di rumah. 

3. Desain Container Gardening

Source : AboutDicas

Jika mendengar ide desain taman yang satu ini mungkin Pins cukup asing. Untuk Pins baru mendengarnya, container gardening adalah salah satu konsep tanam yang dapat menghemat dan memperindah taman sekaligus. 

Perbedaan dari desain ini dengan desain taman lainnya adalah container gardening menanam dua dua atau lebih tanaman pada satu wadah. Walaupun bermanfaat menghemat tempat, konsep ini perlu pemahaman khusus tentang teknik menanam karena tidak bisa sembarang menyatukan tanaman. Pins juga perlu mengatur tanaman agar rapi dan serasi. 

Baca juga: Tips Membuat Desain Taman Rumah Sederhana

4. Desain Taman Toga Trestles Walls

Source : MediaLabuanBajo

Desain taman Toga kreatif selanjutnya yang sangat cocok untuk Pins aplikasikan di rumah adalah dengan konsep trestles walls. Pada desain ini Pins menggunakan kayu atau besi yang dibuat seperti tangga kotak-kotak untuk menggantung pot tanaman. 

Toga dapat Pins tempatkan pada pot-pot kecil lalu Pins gantungkan pada trestles agar terlihat cantik. Desain ini juga cocok jika Pins padukan dengan konsep container gardening supaya lebih menghemat wadah dan menjadi lebih indah. 

5. Taman Toga Daur Ulang

Source : GAPGardens

Dalam berkreasi di bidang taman pasti Pins akan memikirkan berbagai desain yang menarik. Untuk menghasilkan desain taman yang menarik tidak selalu menggunakan material baru dan mahal. Pins dapat mendaur ulang barang-barang yang tidak terpakai seperti tong besi bekas, velg mobil bekas, atau papan kayu bekas. 

Pins dapat menggunakan tong bekas dan velg mobil bekas sebagai wadah untuk menaruh tanaman obat. Jika ingin menyusunnya dengan rapi, Pins dapat membuat rak dengan papan kayu bekas supaya dapat lebih menghemat lahan. 

Baca juga: 10 Ide Desain Taman Air Terjun Dinding untuk Rumah

6. Taman Toga Vertikal 

Taman Toga Kreatif
Source : Pixabay

Salah satu desain taman yang dapat menghemat ruang dan tetap kreatif adalah dengan menerapkan taman vertikal pada rumah. Pins dapat mengaplikasikan desain taman ini di dalam rumah juga lho

Dengan memanfaatkan dinding rumah yang terkena matahari langsung Pins dapat menanam tanaman obat. Selain itu rumah juga akan terasa lebih alami dengan kehadiran tanaman di dalam rumah. Salah satu tanaman obat yang bisa Pins tanam di taman ini adalah sirih dan tanaman rambat lainnya. 

7. Desain Taman Toga Bebatuan 

Source : FingeringZen

Mengkreasikan taman Toga mungkin akan sangat mengasyikkan jika Pins melihat desain yang satu ini. Dengan sedikit lahan di pekarangan rumah Pins dapat menghasilkan taman Toga yang kreatif. Tanaman obat dapat Pins hadirkan sebagai oasis di tengah-tengah kumpulan batu yang sudah Pins tata sedemikian rupa agar menarik. 

Dengan tanaman obat yang perawatannya tidak sulit akan cocok dengan desain yang satu ini karena tidak banyak vegetasi yang perlu dirawat. Pins juga bisa mengaplikasikan konsep ini jika mempunyai kolam ikan di rumah. 

Baca juga: 20 Jenis Tanaman Tropis yang Cocok untuk Taman Rumah

8. Desain Taman Toga Rak Bambu

Source : Ukur

Desain taman Toga berikut ini adalah memanfaatkan bambu sebagai bahan dasar pembuatan raknya. Kamu dapat menempatkan tanaman-tanaman tersebut berada di tengah rak bambu yang telah disusun memanjang. Kamu dapat menerapkan desain rak bambu ini di lahan yang sempit juga loh Pins!

9. Desain Taman Toga Pot dari Bata

Source : BasicHerbGarden

Desain taman Toga selanjutnya memanfaatkan bata sebagai pembatas pot-pot tanaman itu berdiri. Penggunaan bata sebagai pembatas pot termasuk juga ke dalam taman Toga vertikal. Bata yang dijadikan sebagai pot akan memunculkan nuansa klasik dan tradisional.

Pins harus menata bata tersebut secara rapi ya! Agar tampilan taman Toga menjadi lebih menarik.

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Batu Pijakan Taman Minimalis

10. Desain Taman Toga di Lahan Sempit

Source : CareforPlant

Desain taman Toga yang terakhir memaksimalkan ruang di lahan sempit. Memiliki lahan yang sempit bukan berarti kamu tidak dapat menciptakan taman-taman obat di rumah kamu Pins. Kamu dapat mengatasinya dengan membuat taman Toga yang memaksimalkan ruang di lahan sempit tersebut.

Seperti kamu membuat rak-rak sebagai tempat pot tanaman Toga. Penggunaan rak-rak ini tentunya tidak akan membuat lahan kamu menjadi sempit.

Itulah beberapa ide desain taman Toga kreatif yang dapat Pins aplikasikan di rumah dengan berbagai macam fungsi dan manfaat. Sebelum mengaplikasikan konsep taman toga Pins perlu menganalisa ruang pada hunian supaya dapat membuat taman dengan maksimal. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Feature Source Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cikarang Griya Pratama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download