Pinhome

7 Desain Taman Toga Kreatif

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 1 March 2022 ∙ 5 menit membaca

Sering kali penyakit datang secara tiba-tiba dan tidak memberikan sinyal apa-apa. Jika sakit sudah melanda ke tubuh, maka pasti akan sangat mengganggu. Namun walaupun begitu banyak penyakit yang berbahaya dapat menyebar, pasti selalu ada obat untuk mengatasinya. Saat ini sudah banyak orang yang sadar akan kesehatan dan mulai punya taman Toga kreatif di rumahnya masing-masing. 

Mungkin tidak semua dari Pins tahu apa arti dari toga. Toga adalah singkatan dari Tanaman Obat Keluarga yang biasa ditanam di lahan kosong rumah. Keberadaan Toga di rumah dapat memenuhi kebutuhan obat-obatan herbal keluarga Pins dengan membuatnya sendiri. 

Tanaman obat yang dapat Pins tanam di rumah yang ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit adalah jahe, temulawak, kunyit, daun sirih, lidah buaya, kencur, dan masih banyak lagi tanaman herbal lainnya. Dari setiap tanaman obat tersebut memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing untuk kesehatan tubuh. 

Dengan menanam tanaman obat di rumah Pins tidak perlu khawatir akan kekurangan obat jika dilanda penyakit. Mulai tertarik untuk membuat taman Toga di rumah sendiri? Mari lihat beberapa ide taman Toga kreatif yang dapat Pins aplikasikan di karangan rumah masing-masing. 

Konsep Garden House

Ide pertama untuk desain taman Toga kreatif yang dapat Pins aplikasikan di rumah adalah dengan konsep garden house. Konsep ini sangat mampu untuk menampung berbagai macam jenis tanaman obat di rumah Pins. Untuk membuat konsep ini Pins harus mempunyai sebidang lahan yang cukup luas di rumah. 

Bagi pecinta tanaman yang memiliki modal lebih biasanya akan membuat konsep ini di rumahnya. Kumpulan tanaman disusun dengan rapi dan sesuai dengan kelompoknya. Untuk tanaman yang boleh terkena matahari langsung akan ditutupi dengan atap serabut hitam supaya tetap dapat terkena air hujan. 

Konsep Taman Rooftop

Desain kedua ini akan sangat membantu bagi Pins yang memiliki lahan terbatas pada rumah dan dapat menghemat ruang. Dari kemajuan bidang arsitektur Pins dapat membuat atap rumah sebagai lahan baru untuk dijadikan sebagai taman Toga. 

Konsep ini dapat Pins aplikasikan jika hunian Pins beratap datar dan Pins perlu menggunakan media khusus untuk membuat vegetasi yang baik di atas atap. Dengan begitu Pins tetap dapat membuat taman toga yang luas dan tetap menghemat lahan di rumah. 

Baca Juga: Cara Menghitung Appraisal Rumah

Desain Container Gardening

Jika mendengar ide desain taman yang satu ini mungkin Pins cukup asing. Untuk Pins baru mendengarnya, container gardening adalah salah satu konsep tanam yang dapat menghemat dan memperindah taman sekaligus. 

Perbedaan dari desain ini dengan desain taman lainnya adalah container gardening menanam dua dua atau lebih tanaman pada satu wadah. Walaupun bermanfaat menghemat tempat, konsep ini perlu pemahaman khusus tentang teknik menanam karena tidak bisa sembarang menyatukan tanaman. Pins juga perlu mengatur tanaman agar rapi dan serasi. 

Baca Juga: 10 Rumah Termahal Di Indonesia, Harga Bikin Telan Ludah

Desain Taman Toga Trestles Walls

Desain taman Toga kreatif selanjutnya yang sangat cocok untuk Pins aplikasikan di rumah adalah dengan konsep trestles walls. Pada desain ini Pins menggunakan kayu atau besi yang dibuat seperti tangga kotak-kotak untuk menggantung pot tanaman. 

Toga dapat Pins tempatkan pada pot-pot kecil lalu Pins gantungkan pada trestles agar terlihat cantik. Desain ini juga cocok jika Pins padukan dengan konsep container gardening supaya lebih menghemat wadah dan menjadi lebih indah. 

Baca juga: Percantik Rumah Dengan Desain Taman Yang Apik

Taman Toga Daur Ulang

Dalam berkreasi di bidang taman pasti Pins akan memikirkan berbagai desain yang menarik. Untuk menghasilkan desain taman yang menarik tidak selalu menggunakan material baru dan mahal. Pins dapat mendaur ulang barang-barang yang tidak terpakai seperti tong besi bekas, velg mobil bekas, atau papan kayu bekas. 

Pins dapat menggunakan tong bekas dan velg mobil bekas sebagai wadah untuk menaruh tanaman obat. Jika ingin menyusunnya dengan rapi, Pins dapat membuat rak dengan papan kayu bekas supaya dapat lebih menghemat lahan. 

Baca Juga: 13 Perbedaan Granit Dan Keramik, Bahan Mana Yang Cocok Untuk Lantai Rumah?

Taman Toga Vertikal 

Salah satu desain taman yang dapat menghemat ruang dan tetap kreatif adalah dengan menerapkan taman vertikal pada rumah. Pins dapat mengaplikasikan desain taman ini di dalam rumah juga lho

Dengan memanfaatkan dinding rumah yang terkena matahari langsung Pins dapat menanam tanaman obat. Selain itu rumah juga akan terasa lebih alami dengan kehadiran tanaman di dalam rumah. Salah satu tanaman obat yang bisa Pins tanam di taman ini adalah sirih dan tanaman rambat lainnya. 

Baca juga: Tips Membuat Desain Taman Rumah Sederhana

Desain Taman Toga Bebatuan 

Mengkreasikan taman Toga mungkin akan sangat mengasyikkan jika Pins melihat desain yang satu ini. Dengan sedikit lahan di pekarangan rumah Pins dapat menghasilkan taman Toga yang kreatif. Tanaman obat dapat Pins hadirkan sebagai oasis di tengah-tengah kumpulan batu yang sudah Pins tata sedemikian rupa agar menarik. 

Dengan tanaman obat yang perawatannya tidak sulit akan cocok dengan desain yang satu ini karena tidak banyak vegetasi yang perlu dirawat. Pins juga bisa mengaplikasikan konsep ini jika mempunyai kolam ikan di rumah. 

Itulah beberapa ide desain taman Toga kreatif yang dapat Pins aplikasikan di rumah dengan berbagai macam fungsi dan manfaat. Sebelum mengaplikasikan konsep taman toga Pins perlu menganalisa ruang pada hunian supaya dapat membuat taman dengan maksimal. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 9 Cara Membuat Desain Interior Rumah Minimalis Makin Cantik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pixabay

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia