BlogPemilik PropertiDesain Hunian10+ Inspirasi Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit
0
0

10+ Inspirasi Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Bryan Dharmanta

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
taman depan rumah minimalis lahan sempittop-right-banner

Salah satu aspek yang masuk dalam rumah impian bagi sebagian besar orang adalah memiliki halaman yang luas. Tak sekadar ditanami rumput, Pins juga bisa menanam sayur dan bunga-bunga yang indah. Namun, keterbatasan lahan menuntut sebagian orang untuk mencari model taman depan rumah minimalis lahan sempit di huniannya yang tak terlalu luas.

Meskipun kamu tinggal di apartemen maupun di kontrakan yang tidak memiliki tanah subur dan gembur untuk ditanami, ada beberapa inspirasi yang bisa dicoba untuk mewujudkan impianmu tersebut. Simak berbagai pilihan di bawah ini. Terapkan untuk membuat taman kecil di depan rumah serta sesuaikan dengan budget.

Pilihan Model Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Pilihan taman kecil depan rumah sederhana di bawah ini bisa diimplementasikan untuk Pins yang memiliki hunian di lahan tanpa halaman. Seperti apartemen, studio, dan rumah kecil lainnya. Cari spot yang mendapat aliran sinar matahari dan siapkan tanamanmu.

Taman Mini di Ruang Tamu

Taman mini di ruang tamu
Source : Pinterest

Inspirasi taman depan rumah minimalis tak hanya ditempatkan di depan rumah. Kamu bisa menata tanaman hijaumu dengan serapi mungkin di ruang tamu. Penataan ini bisa diterapkan jika di area ruang tamu mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup dari luar. Selain itu, Pins juga dituntut untuk rajin menyiram serta membersihkan setiap tanamannya secara rutin. Ide ini sangat cocok untuk diterapkan selama tidak ada anak-anak yang tinggal di sana, ya.

Taman dengan Lahan Menanam Sayur

Lahan Menanam Sayur
Pinterest

Bagi yang ingin menanam sayuran, kamu bisa menata taman depan rumah sederhana di balkon. Kamu perlu menyiapkan rak vertikal sebagai tempatnya. Kamu juga bisa memanfaatkan tangga kayu tak terpakai untuk dijadikan sebagai penyangga pot. Setelah itu, kamu bisa menaruh pot berbagai macam sayuran favoritmu. Sudah terjamin mendapatkan sinar matahari di pagi hingga sore hari.

Baca juga: Kumpulan Desain Taman Minimalis yang Bikin Rumah Makin Apik

Taman dengan Pot dari Kaleng Bekas di Pagar

Pot dari kaleng bekas di pagar
Source : Pinterest

Jika memiliki kaleng bekas susu kental manis yang terbuat dari bahan logam dan seng, kamu bisa memanfaatkannya sebagai pot. Isi dengan tanah subur dan masukkan bibit maupun tanaman kecil di dalamnya. Pastikan untuk melubangi bagian bawah kaleng sebagai media untuk sirkulasi udara dan air. Setelah itu, kamu bisa menambahkan tali dan menggantungnya di pagar.

Baca juga: 20 Ide Sulap Teras Jadi Ruang Tamu Mini

Taman dengan Konsep Floral Vertical Garden

Floral vertical garden
Source : Pinterest

Taman depan rumah minimalis lahan sempit juga bisa menjadi tempat tumbuh yang ideal bagi beberapa jenis bunga. Bagi yang ingin menanam bunga secara vertikal, Pins bisa menyiasati dengan memiliki papan sebagai lahan tanamnya. Papan ini bisa dipindah dengan mudah jika kamu harus pindah rumah sewaktu-waktu. Kamu tak perlu repot untuk memindah banyak pot kecil lagi karena semua sudah tumbuh di area yang portable.

Baca juga: 18 Jenis-Jenis Lampu Dekorasi Taman untuk Halaman Rumah

Taman dengan Lampu Penerangan yang Unik

model taman depan rumah minimalis lahan sempit
Source : Pinterest

Bila tertarik untuk membuat taman depan rumah minimalis lahan sempit, kamu bisa menata sudut tak terpakai yang ada di dalam pagar. Kamu bisa menaruh beberapa pot maupun menanam tanaman yang berukuran sedang menuju besar. Supaya terkesan lebih hidup, kamu bisa menambahkan dekorasi lampu taman berwarna putih di bagian tengahnya.

Taman dengan Bahan Tambahan dari Batu

taman kecil depan rumah sederhana dari Batu
Source : Pinterest

Model taman depan rumah minimalis lahan sempit yang bisa dicoba adalah dengan menata bebatuan di area pojok di halaman. Kamu bisa memakai bebatuan kecil maupun yang berukuran sedang di sudut tersebut. Supaya tidak terkesan tandus, kamu bisa menambahkan satu atau dua pot tanaman. Jika ada budget lebih, kamu juga bisa menambahkan patung kecil serta lampu yang dinyalakan saat hari mulai gelap. 

Baca juga: 10 Desain Green House Hidroponik Sederhana

Taman dengan Desain yang Cocok untuk di Balkon

Desain Halaman Balkon Unik
Source : Pinterest

Tinggal di lahan sempit tak akan mengurangi kreativitas seseorang untuk menanam tumbuhan. Kamu bisa mencoba strategi dengan menata tanaman hijau kesayanganmu di rak tingkat yang ditempatkan di balkon. Pins juga bisa mencoba untuk menempatkannya di area ruang keluarga di bagian tengah untuk membuat suasana di dalam ruangan terasa ikut sejuk.

Taman dengan Konsep Green Wall

inspirasi taman depan rumah minimalis Green Wall
Source : Pinterest

Di tembok yang ada di teras, kamu bisa membuat taman berkonsep green wall. Kamu perlu menyiapkan paralon berdiameter besar yang berfungsi sebagai frame. Setelah itu, tata tanaman hijau di bagian dalam lingkaran dan pastikan posisinya menghadap dan mendapatkan sinar matahari secara langsung. Jangan lupa untuk rutin menyiraminya supaya tetap segar, ya.

Taman di Teras

Ide Taman di Teras
Source : Pinterest

Supaya teras tidak terkesan monoton, kamu bisa menata flying shelf di sisi dinding yang polos. Tempatkan tanaman hijau yang ada di pot-pot kecil. Kamu juga bisa menaruh pot dengan tanaman berukuran sedang yang sudah disesuaikan beratnya dengan kapasitas raknya. Mudah, bukan?

Baca juga: 12 Jenis Tanaman Hias Gantung Tahan Panas dan Hujan

Taman dengan Konsep Vertikal Succulent

Gaya Taman Vertikal Succulent
Source : Pinterest

Suka dengan tanaman berjenis succulent? Kamu bisa menyulap dinding di terasmu berubah menjadi lebih segar dengan hadirnya tanaman ini. Buat frame terlebih dahulu dari kayu supaya lebih rapi saat ditata. Setelah itu, rekatkan satu per satu pot succulent di dindingnya. Pastikan space terisi penuh. Kamu pun bisa mendapatkan taman tanpa perlu bingung soal lahan.

Taman dengan Jalan Setapak

Source : iStock

Ide taman depan rumah lainnya adalah dengan menggunakan jalan setapak. Teruntuk kamu yang memiliki halaman dengan ukuran sedikit lebih luas, kamu bisa membuat jalan setapak dari area carport menuju rumah melewati taman sehingga memberikan pengalaman yang menenangkan dan bisa membantu melepas penat setelah seharian bepergian.

Taman dengan Kolam Ikan

Source : Pinterest

Kamu juga bisa mengombinasikan taman dengan kolam ikan. Kamu bisa membuat semacam kolam yang membagi taman dan meletakkan jembatan kamu sebagai penghubung. Nantinya kamu bisa berjalan di jembatan ini untuk melihat ikan-ikan atau untuk sekedar berjalan menuju rumah.

Semoga inspirasi taman depan rumah minimalis lahan sempit bisa membantu Pins menemukan referensi yang tepat untuk hunian saat ini. Ada banyak cara untuk bisa membuat tanaman kesayanganmu tetap terawat meski tak tertancap di dalam tanah.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Golden B Cinunuk dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download