24 Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat

Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ November 29, 2022 ∙ 10 menit membaca

Beberapa dari Pins pastinya sudah memahami manfaat dari tanaman hias. Tanaman ini bisa membantu meredakan stres hingga meningkatkan konsentrasi. Selain manfaatnya berlimpah, ada beragam jenis tanaman hias yang bisa Pins rawat di dalam rumah, lho.

Tentu saja, jenis tanaman hias indoor ini tidak membutuhkan perawatan yang serumit tumbuhan di luar ruangan. Penasaran apa saja tanaman yang cocok Pins pasang di dalam rumah? Simak deretannya di sini!

Lidah Mertua

Salah satu jenis tanaman hias yang bisa Pins rawat di dalam rumah adalah lidah mertua. Tanaman ini memiliki ciri khas daun runcing dan panjang dengan bentuk tegak lurus dan indah. Ini akan cocok disandingkan dengan pot bunga berwarna putih kekinian.

Banyak pula yang menyebutnya sebagai snake plant karena berbentuk menyerupai ular. Lidah mertua tidak mudah layu dan tergolong cukup mudah dalam perawatannya.

Baca juga:

Peace Lily

Jika menyukai tanaman berwarna cantik dengan paras yang sempurna, Pins bisa memilih Peace Lily sebagai tanaman hias indoor di rumah. Tanaman berdaun hijau dengan bunga putih ini bisa membuat ruang tamu terlihat indah.

Namun, Pins perlu memerhatikan asupan sinar matahari, suhu, tanah, hingga cara memangkas daunnya. Bila terjadi kesalahan, Peace Lily enggan berbunga. Perawatan tersebut memang tergolong rumit, tetapi bisa menghasilkan bunga yang sempurna.

Monstera Deliciosa

Monstera Deliciosa merupakan tanaman yang bisa menghiasi ruang tamu maupun ruang keluarga. Pasalnya, tanaman yang bisa hidup di dalam ruangan ini memiliki daun lebar unik dengan bagian rongga pada tengah daun.

Tanaman dari keluarga araceae ini tidak membutuhkan asupan cahaya matahari secara langsung. Jadi, tidak heran banyak orang yang memilih tanaman hias ini untuk dirawat di dalam rumah.

Lidah Buaya

Ingin rambut lebat dan indah? Tanaman lidah buaya selalu hadir sebagai penyelamat. Tidak hanya itu, jenis tanaman hias dalam rumah yang mudah dirawat ini juga memiliki manfaat baik lainnya bagi kecantikan.

Tidak heran sering dijadikan salah satu bahan dalam masker wajah. Hal terpenting dalam merawat tanaman aloe vera ini adalah letakkan pada bagian rumah yang terkena cahaya matahari dalam area bayangan, seperti dekat jendela. Selain itu, perhatikan asupan air dan pemberian pupuk yang teratur agar tanaman tumbuh dengan subur.

Baca juga: Cara Berhenti Berlangganan IndiHome 2022 Secara Resmi

Soleirolia

Tanaman dalam ruangan selanjutnya hadir dari famili urticaceae atau suku jelatangan. Bila Pins lihat, tanaman satu ini sangat menggemaskan dengan daun yang banyak dan cenderung berukuran kecil.

Sering disebut sebagai tanaman baby tears karena terlihat sangat rapuh, namun sebenarnya soleirolia sangat tangguh. Pins hanya cukup memperhatikan kelembapan dari tanaman ini agar tumbuhan tidak mudah layu.

Dollar Plants

Dollar plants yang dipercaya membawa keberuntungan merupakan salah satu tanaman untuk di dalam rumah yang mudah dirawat. Bentuk daunnya unik dan berwarna hijau pekat mirip dengan mata uang negara Amerika Serikat.

Tidak heran banyak yang menyebutnya tanaman dollar. Cara merawatnya pun mudah. Pins cukup jadwalkan untuk terkena sinar matahari sekaligus melakukan penyiraman, maka tanaman dollar milikmu akan bertahan lama dan mampu menghiasi ruang baca di rumah.

Sirih Gading

Menaruh tanaman sirih gading dalam ruang memang dapat membuat ruang lebih cerah dan tentunya menarik. Hijau daun dengan warna yang segar dari sirih gading membuat tanaman hias daun indoor ini dicintai.

Perawatannya pun tergolong mudah dan dapat bertahan pada cahaya yang cenderung redup, salah satunya bila berada menghiasi kamar mandi. Keberadaanya pun mampu menjernihkan udara di dalam rumah dan menyerap racun lho Pins!

English Ivy

Selain berada di dalam pot tanaman, ternyata tanaman satu ini dapat dijadikan tanaman pagar yang cantik. Cocok ditempatkan pada pot gantung, english ivy memiliki daun unik dan masuk dalam jenis tanaman yang merambat.

Bila Pins mempunyai tanaman satu ini di rumah, usahakan untuk rajin mengelap daunnya. Pasalnya, debu yang menempel pada daun bisa merusak tanaman hias indoor ini secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Ganti Password IndiHome di Berbagai Jenis Router Menggunakan PC Atau HP

Bunga Anthurium

Warna merah cerah yang dikeluarkan bunga satu ini memang sungguh menarik perhatian khalayak. Tidak heran kehadirannya dalam ruang, mampu membuat suasana kian terasa menyenangkan.

Tanaman hias bunga anthurium memiliki ciri khas daun lebar berwarna hijau dengan bentuk bunga yang menyerupai daun namun memiliki mahkota menarik pada bagian tengah berwarna kuning menyerupai jagung kecil. Jenis Anthurium Andraeanum ini paling banyak dicari karena mampu menghilangkan senyawa berbahaya yang terkandung dalam udara.

Jade

Jade masuk dalam jenis tanaman hias dalam rumah lainnya yang banyak dicari orang. Pasalnya, tanaman ini mampu bertahan dalam kekeringan meski tumbuh cukup lambat.

Jade memiliki ciri khas berupa daun tebal berwarna hijau pekat dan berdaging. Dalam segi ukuran, tanaman jade hadir sebagai tanaman proposional yang dapat ditaruh pada bagian manapun dalam hunian. Hal yang terpenting, jangan lupa untuk memangkas secara cepat bila ada salah satu daun yang busuk agar tidak menyebar ke yang lainnya ya!

Sri Rezeki

Aglaonema merupakan tanaman hias yang cukup populer dari suku talas-talasan. Sering disebut pula sebagai tanaman sri rezeki yang dipercaya menghadirkan sumber rezeki baik bagi pemiliknya, membuat tanaman ini disukai.

Tidak hanya itu, warna dan bentuk daunnya yang khas juga bagus menjadi hiasan ruang tamu maupun teras rumah. Spesiesnya banyak dan juga cukup mudah dalam perawatan. Pins hanya perlu menjaga asupan matahari dan tanam pada tanah yang subur.

Rosemary

Rosemary menjadi salah satu tanaman dalam ruangan dengan sejuta manfaat bagi kesehatan. Tidak heran kehadirannya dalam hunian sangat dinanti apalagi untuk para penggiat tanaman.

Selain sebagai dekorasi ruang yang menarik, rosemary mampu menurunkan kadar gula dalam darah, meringankan nyeri hingga menjaga kesehatan otak. Kamu akan dengan mudah mengetahuinya dari harum yang dikeluarkan tumbuhan ini.

Baca juga: Mudah! Ini Cara Pasang Wifi IndiHome dan Harga Paket Internetnya Terlengkap!

Anggrek

Siapa yang tidak suka bunga satu ini? Nilainya yang cukup tinggi dalam kalangan pecinta tanaman membuat bunga Anggrek cukup laku dipasaran.

Bunga Anggrek tergolong mudah dalam perawatan, bila Pins mengerti bagaimana merawatnya dengan baik. Sinar matahari salah satunya, sebagai penentu pertumbuhan bunga ini. Maka dari itu, ada baiknya Pins menjaganya agar terkena sinar matahari secara teratur.

Calathe Rufibarba

Namanya yang sulit diingat membuat tanaman hias indoor ini tenggelam. Namun, Calathea Rufibarba dapat menjadi pilihan dekorasi menarik dalam hunian.

Daunnya yang panjang, bergelombang dan kurus membuatnya seperti tanaman semak. Tanaman ini sangat cocok dimiliki oleh para pemula karena mudah dalam perawatan hingga harganya yang cenderung terjangkau. Masuk dalam jenis tumbuhan rumpun, calathea dapat hidup dalam tanah yang lembab tanpa adanya genangan air.

Karet Kebo

Rubber plant atau tanaman karet menjadi tanaman menarik dalam ruangan yang patut diperhitungkan. Walaupun warnanya cenderung gelap, tanaman karet mampu bertahan dengan baik dengan cara menyiraminya secara teratur sekaligus memperhatikan asupan cahaya matahari. Bila Pins padukan dengan pot berwarna terang seperti warna putih, maka tanaman ini akan sangat mencolok.

Lili Paris

Tanaman hias indoor tanpa sinar matahari lainnya adalah lili paris. Tanaman yang dikenal juga dengan nama spider plant ini memang sering diletakkan dalam pot gantung supaya daunnya dapat tumbuh panjang menjuntai ke bawah.

Warna daunnya yang hijau disertai dengan warna putih membuat tanaman ini memiliki tampilan yang cukup unik. Terlebih lagi, kemampuan lili paris yang dapat sangat mudah beradaptasi di berbagai kondisi lingkungan.

Tanaman ini bisa tumbuh subur di tempat yang teduh sehingga tidak membutuhkan paparan sinar matahari secara langsung. Ini karena paparan sinar matahari secara langsung ini bisa membuat daun-daun lili paris cepat kering.

Baca juga: Tagihan Listrik Membengkak? Ini 11 Cara Menghemat Listrik di Rumah!

Suplir

Tanaman hias yang satu ini memiliki tampilan cantik dengan daun warna hijau yang berukuran kecil. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang sangat unik karena daunnya membentuk seperti kipas-kipas kecil.

Perawatan suplir ini memang tidak membutuhkan paparan sinar matahari secara langsung. Selain itu, suplir tidak bisa disirami terlalu banyak air maupun terlalu sedikit. Bentuknya yang sangat unik akan sangat cocok jika diletakkan di pot tanaman dan diletakkan di dalam ruangan.

Palem Parlor

Dibandingkan tanaman palem biasa, palem parlor berukuran lebih kecil dengan daun yang memanjang. Warna hijau pada tanaman hias indoor ini akan menciptakan suasana yang lebih natural dan segar.

Pins bisa meletakkan tanaman palem ini di dalam pot yang diposisikan di sudut ruangan. Dengan begitu, ruangan akan terasa lebih sejuk. Namun, kamu perlu menyiram tanaman ini secara rutin, ya!

Philodendron

Philodendron adalah jenis tanaman hias dalam rumah dengan daun berukuran cukup besar berwarna hijau dan bentuk yang sangat unik. Pohon yang satu ini cukup populer karena keindahannya dan perawatannya yang tidak terlalu sulit.

Tidak hanya itu, tanaman yang satu ini tidak membutuhkan paparan sinar matahari secara langsung. Jadi, Pins tidak perlu khawatir jika akan menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias indoor tanpa sinar matahari. Pasalnya, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik meskipun di tempat yang tertutup dari cahaya.

Peperomia

Peperomia adalah salah satu jenis tanaman yang sangat suka dengan tempat teduh. Tanaman ini bisa tumbuh subur tanpa terkena sinar matahari secara langsung. Justru jika peperomia terkena sinar matahari secara langsung dapat membuat daunnya cepat kering dan layu.

Baca juga: Ingin Merenovasi Rumah? Ini Estimasi Biaya Renovasi Rumah Selengkapnya!

Pakis Boston

Tanaman pakis boston, Nephrolepis exaltata mempunyai karakter unik yaitu daunnya berbentuk seperti tulang ikan. Selain itu, tanaman ini tidak tahan dengan panas namun menyimpan banyak persediaan cadangan air. Hal ini membuat pakis boston cocok diletakkan di dalam rumah.

Eits, walau begitu tanaman ini tidak hanya menjadi penghias ruangan saja. Tanaman dalam ruangan ini bisa melembabkan dan membuat segar kondisi di dalam rumah. Alhasil, kamu bisa menjadikan pakis boston sebagai tanaman indoor.

Aster Gerbera

Aster gerbera merupakan tanaman bunga yang ditemukan di provinsi Transvaal, Afrika Selatan. Tanaman ini mempunyai ragam warna yang indah mulai dari merah, kuning, pink hingga putih. Di balik kecantikan aster gerbera, ternyata menyimpan kekuatan yang baik untuk lingkungan dan udara di dalam rumah.

Tanaman ini mempunyai beberapa keunggulan seperti mengencerkan dahak, memiliki antiinflamasi untuk saluran pernapasan, antitoksin dan pengusir nyamuk alami. Jika kamu ingin memelihara tanaman di dalam rumah yang berfungsi sebagai ornamen dan pembersih ruangan, aster gerbera bisa jadi opsi yang tepat, Pins!

Bromeliad

Bromeliad masuk dalam jajaran jenis tanaman dalam rumah yang bisa jadi solusi untuk mempercantik ruangan. Pasalnya, tanaman dengan warna merah yang berpadu dengan warna hijau ini bisa menyerap 90% zat berbahaya di udara, seperti benze.

Perawatan bromeliad pun tidak begitu sulit. Pins hanya perlu meletakkan tanaman ini di dekat jendela karena memerlukan cahaya agar bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Pilea

Pilea adalah tanaman yang cocok di dalam rumah karena tidak membutuhkan paparan sinar matahari secara langsung. Namun, kamu harus berhati-hati ketika menyiram tanaman hias ini karena pilea tidak menyukai asupan air berlebihan.

Nah, itu tadi sederet jenis tanaman hias yang bisa Pins rawat di dalam rumah. Meski perawatan tanaman hias indoor ini tergolong mudah, kamu tetap perlu memperhatikan mereka, ya. Semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Rumah
Rumah Rumah Subsidi di Provinsi Sulawesi

Telah hadir rumah subsidi di provinsi Sulawesi. Menjawab impian kamu yang ingin punya rumah dengan

Rumah
Rumah Rumah Subsidi di Sumatera Utara

Rumah subsidi di Sumatera Utara adalah solusinya!. Bagi Pins yang berpenghasilan menengah ke bawah

Lifestyle
Lifestyle 7 Contoh Surat Peminjaman Barang dan Tempat

Ingin meminjam barang namun diminta suratnya? Di artikel yang membahas contoh surat peminjaman bara

Gadget
Gadget 11 Rekomendasi HP Samsung 5 Jutaan Terbaik Untuk Budget Cukup!

Pesatnya perkembangan teknologi mengakibatkan pertumbuhan smartphone canggih. Samsung merupakan per

Finansial
Finansial Ada Konsultan Take Over di Pinhome, Info Ini Cuma Buat Kamu. Simak Yuk!

#WaktunyaBeliRumah - Pins, pernahkah kamu mendengar istilah Take Over? Istilah ini sering digunakan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia