BlogPemilik PropertiDesain Hunian20 Cara Menata Tanaman Hias di Teras Rumah Agar Makin Cantik
0
0

20 Cara Menata Tanaman Hias di Teras Rumah Agar Makin Cantik

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 6, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
cara menata tanaman hias di teras rumahtop-right-banner

Pins mungkin memiliki keinginan untuk menata teras depan rumah agar terlihat lebih indah dan menyegarkan? Tentu bisa, yaitu dengan menggunakan tanaman bunga baik itu di pot ataupun yang merambat. Namun, diperlukan beberapa cara menata tanaman hias di teras rumah agar terlihat lebih rapih dan sedap dipandang.

Dengan mengetahui cara menata tanaman hias di teras rumah, akan membuat eksterior rumah kamu semakin hidup dan indah. Seperti kebanyakan rumah di perumahan Dewe Residence maupun di Amaya Residence. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung atau rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Menata tanaman tidak selalu menggunakan pot Pins, terdapat berbagai cara sederhana untuk melakukannya. Kamu bahkan bisa membuat tempat menaruh tanaman dari berbagai barang yang sudah tidak digunakan lagi. Yuk, simak berbagai cara menata bunga di depan rumah sederhana berikut!

Baca juga:

Cara Menata Tanaman Hias di Teras Rumah

Pins sudah siap untuk mendapatkan tampilan rumah yang lebih menyegarkan dan keren? Berikut beberapa cara menata bunga di depan rumah sederhana selengkapnya!

1. Mengadaptasi Tema Greenhouse

cara menata tanaman hias di teras rumah
Source : Archdaily

Bila Pins merupakan salah satu penggemar tanaman hias bisa mengadaptasi rumah bergaya greenhouse. Teras dapat dibuat tertutup dengan pengaplikasian material baja galvanis pada dinding luar. Setelahnya kamu bisa menaruh beberapa tanaman hias favorit secara digantung dengan cara acak. Cara menata tanaman hias di teras rumah ini bisa langsung Pins konsep sekarang, dan mulai persiapkan keperluan yang dibutuhkan.

Contohnya seperti pada rumah di atas. Seketika rumah Pins akan menyegarkan dan kaya akan tanaman. Cara menata bunga di teras depan rumah seperti ini memang jarang dilakukan, tetapi bisa menjadi ide yang menarik untuk kamu yang mencintai keindahan hunian dengan banyaknya bunga di sekitarnya.

Baca juga:

2. Menggunakan Multi Pot Rak Dinding Besi

Source : IKEA

Rak dinding besi merupakan material menarik dan sering digunakan sebagai penghias tanaman. Dengan penggunaan rak bunga, bunga di rumah Pins akan terlihat rapi. Taruh di salah satu bagian dinding teras rumah dan lengkapi dengan perabot pendukung untuk membuat teras semakin nyaman dan menarik. 

Cara menata bunga di depan rumah dengan menggunakan rak juga bisa menjadi penolong lho Pins! Mengapa begitu? Hal tersebut dikarenakan tanaman akan berada pada sisi terbaik dan dipastikan rapi tanpa harus mengganggu perabot lainnya. Cara menata tanaman hias di teras rumah ini sepertinya menarik untuk dieksekusi ya Pins!

3. Membuat Konsep Sepeda Besi Tanaman

cara menata tanaman hias di teras rumah
Source : Home-Designing

Ingin membuat tampilan depan rumah lebih unik? Penggunaan rangka berbentuk sepeda besi dapat Pins tempatkan dekat dengan pintu masuk. Ini menjadi salah satu cara unik dan menarik serta membuat tanaman hias menjadi pusat perhatian. Cocok sekali untuk kamu yang menyukai tanaman hias tetapi tidak memerlukannya dalam jumlah yang banyak. 

Sepeda besi tanaman ini juga bisa menjadi spot foto menarik dalam hunian lho Pins! Tertarik? Kamu bisa memilih ragam warna sesuai selera yang dapat diselaraskan dengan warna tampilan depan rumah. Cara menata bunga di depan rumah sederhana ini juga dapat dibentuk sesuai keinginan. Banyak pula jasa yang dapat membuat rak custom sesuai dengan preferensi.

4. Membuat Konsep Taman Dinding Minimalis

Source : Pinterest

Tips menarik cara menata bunga di teras depan rumah selanjutnya mengandalkan dinding pada material utamanya. Pins bisa membuat satu bagian dinding kosong dalam teras dibuat tanaman merambat maupun taman rumah di dinding yang terkesan minimalis. Kamu juga bisa mempergunakan pipa-pipa bekas yang diberi lubang, maupun rak serbaguna yang menyerupai taman dinding.

Cobalah untuk menggunakan tanaman hias yang kaya akan warna menarik seperti bunga pentas berwarna merah muda terang maupun kembang sepatu. Ini akan membuat tampilan depan rumah semakin menarik dan sedap dipandang. 

Baca juga: Cara Merawat Tanaman di Rumah Dengan Benar Untuk Pemula

5. Perpaduan Jenis Tata Letak Tanaman Pada Teras

cara menata tanaman hias di teras rumah
Source : House Beautiful

Tidak harus semua tanaman hias menggunakan pot bunga klasik saja, ataupun rak bunga. Perpaduan beberapa tempat tanaman hias pada teras rumah juga dapat menjadi ide yang menarik.

Cara menata tanaman hias di teras depan rumah dengan perpaduan pot dan dinding taman juga bisa Pins aplikasikan. Pins bisa menempatkan di dekat pintu masuk untuk pot tanaman dan taman dinding di sekitar jendela rumah. Pilih juga beragam tanaman teras rumah dengan warna yang cantik sehingga tidak hanya didominasi warna hijau saja.

Hal tersebut akan membuat rumah semakin asri dan terasa sejuk. Cobalah untuk memilih desain jendela dengan rangka besi ataupun bentuk yang mudah dibuka tutup, ini akan menambah kesejukan untuk ruang di dalam rumah.

Baca juga:

6. Pilih Pot Minimalis yang Menarik

Source : PSD Mockup

Rumah minimalis memang sengaja dibuat untuk penggunaan yang minim akan barang. Rumah tersebut didesain simpel untuk mereka yang tidak menyukai perabot berlebih pada hunian. Namun, untuk Pins yang menyukai tanaman hias, rumah minimalis pun dapat dibuat menarik dengan penambahan tanaman hias pada tampilan teras rumah. Kamu hanya perlu memilih material dengan warna yang simpel seperti putih. 

Cara menata bunga di depan rumah sederhana minimalis bisa menggunakan pot minimalis yang tata letaknya tidak dibuat berdekatan satu dengan lainnya. Penghijauan di hunian pun diperlukan lho Pins! Jadi cobalah untuk merawat paling tidak satu sampai 3 jenis tanaman di rumah agar rumah lebih terlihat hidup dan sejuk.

7. Penggunaan Pot Bunga Besar

cara menata tanaman hias di teras rumah
Source : Cresent Builders

Bagi Pins yang ingin menambah estetika keindahan rumah dengan taman, tapi tidak ingin banyak merawatnya. Penggunaan pot besar dapat menjadi pilihan. Taruhlah satu pot besar dengan warna yang senada dengan tema rumah pada teras depan dan pilih tanaman yang cocok dengan pot besar tersebut.

Pilihan tanaman hias terbaik dalam pot besar adalah Anthurium, sri rezeki, keladi ataupun ketapang biola. Cara menata bunga di teras depan rumah dengan menggunakan pot bunga besar cocok untuk kamu yang tidak mau ribet. Tanaman teras rumah yang ditanam harus tetap dirawat ya Pins.

8. Menggunakan Rak Tanaman Minimalis

cara menata tanaman hias di teras rumah
Source : Pinterest

Tips menarik lainnya dalam tata cara menata tanaman hias di teras rumah sederhana adalah penggunaan rak berbahan kayu. Rak tersebut berguna untuk menata tanaman hias pada tampilan depan yang dapat membuatnya terlihat rapi.

Padu padankan jenis pot tanaman yang beragam pada rak sehingga akan semakin terlihat menarik. Untuk tanaman mungil yang cantik, Pins dapat memilih merawat tanaman hias jenis lidah buaya, dischidia geri, suplir, tanaman dolar dan masih banyak lagi.

Baca juga:

9. Penggunaan Tanaman Gantung

cara menata tanaman hias di teras rumah
Source : Shutterstock

Penggunaan tempat tanaman jenis gantung adalah salah satu cara yang banyak dipilih penghuni dalam menghemat ruang di teras rumah. Cara menata bunga di depan rumah sederhana satu ini menjadi favorit para pecinta tanaman hias.

Selain tanaman akan lebih aman terjaga dari buah hati maupun hewan-hewan liar seperti kucing dan tikus, tanaman gantung juga kaya akan nilai estetika yang tinggi. Tanaman teras rumah yang digantung juga sekaligus menjadi penghias dinding yang menawan.

10. Mengelompokan Tanaman Berdasarkan Jenisnya

cara menata tanaman hias di teras rumah
Source : Homelane.com

Cara menata tanaman hias di teras rumah yang selanjutnya adalah mengelompokannya berdasarkan jenis tanaman tersebut. Jika Pins ingin menggunakan kombinasi tanaman yang berbeda, bisa menggunakan cara ini agar lebih rapih.

11. Membuat Point of Interest

cara menata tanaman hias di teras rumah
Source : MyLandscapes

Point of Interest merupakan suatu titik pusat yang menarik perhatian. Jadi, alangkah baiknya jika Pins tidak meletakan tanaman di setiap sudut depan rumah. Pilih salah satu spot yang sekiranya dapat menjadi pusat perhatian.

12. Membersihkan Daun Kering

Source : Kompas

Terkadang, beberapa orang merasa malas untuk mengurus tanaman yang ada di rumahnya. Terlebih lagi jika daunnya mulai layu atau mengering. Pins, untuk merawat tanaman dan menciptakan keindahan di teras rumah, daun yang kering harus sering dibersihkan.

Baca juga:

13. Menggunakan Aksesoris Bunga

Source : Bisnis UMKM

Penggunaan aksesoris bunga ternyata bisa menjadi cara menata tanaman hias di teras rumah lho Pins! Dengan kata lain, kamu bisa menggunakan bunga hias yang tidak hidup agar mempermudah ketika akan mengurusnya. Selain itu, bunga aksesoris juga dapat menarik perhatian.

14. Memanfaatkan Bagian Atas Teras

Source : Pinterest

Meskipun memiliki teras yang mungil, Pins bisa mensiasati bentuk penampilannya dengan penambahan bunga. Caranya adalah menggantung bunga di sisi atas teras agar rumah terlihat tidak terlalu polos.

Baca juga:

15. Konsep Vertical Garden

Source : Homeonline

Apakah Pins pernah mendengar konsep vertical garden? Konsep ini cocok untuk digunakan bagi kamu yang tidak memiliki banyak ruang pada teras rumah. Yaitu dengan menempelkan bunga pada dinding atau pagar rumah.

16. Menggunakan Rak Sepatu yang Tidak Terpakai

Source : The Architecture Designs

Selain menggunakan pot yang diletakan begitu saja pada bagian teras rumah, Pins juga bisa menggunakan rak sepatu tidak terpakai untuk memajang tanaman. Cara menata tanaman hias di teras rumah ini sudah banyak digunakan, dan pastinya akan menarik perhatian.

17. Membuat Taman Kering Ala Jepang

Source : Bramblefurniture

Konsep taman ala Jepang memang kebanyakan menggunakan desain taman kering. Untuk itu, Pins bisa menggunakan model taman untuk teras yang satu ini. Cara menata tanaman hias di teras rumah ini hanya perlu menambahkan sedikit batu koral sebagai alas untuk menaruh tanaman.

Baca juga:

18. Menaruh Tanaman di Atas Kolam Ikan

cara menata tanaman hias di teras rumah
Source : Berkeluarga.id

Apakah Pins sudah memiliki kolam ikan di teras rumah? Jika sudah, akan lebih mudah untuk menemukan cara menata tanaman hias di teras rumah. Yaitu dengan menyusun beberapa pot bunga yang menarik di bagian atas atau samping kolam ikan.

19. Menata Tanaman Untuk Akses Jalan Masuk

Source : Tribun

Pins mungkin sudah sering melihat berbagai rumah yang menjadikan tanaman sebagai akses masuk ke dalam hunian. Untuk itu, kamu juga bisa menggunakan konsep serupa agar tampilan rumah terlihat lebih unik.

20. Membuat Kawasan Hijau di Rumah

Source : The Herb Cottage

Jika Pins masih bingung untuk menemukan cara menata tanaman hias di teras rumah yang minimalis, langkah terakhir adalah membuat spot hijau khusus. Yaitu dengan menjadikan salah satu space di bagian teras untuk ditanami tanaman yang hijau.

Itulah beberapa cara menata tanaman hias di teras rumah selengkapnya. Pins sekarang sudah tahu kan cara menata bunga di depan rumah sederhana seperti apa yang harus di aplikasikan? Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured Image Source: Houzz


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download