Pinhome

Tips Properti

11 Tanaman Rambat untuk Kanopi yang Lebih Cantik

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 28 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Kanopi adalah hal penting di rumah yang terkadang sering terlupakan. Penampilan kanopi sering dibuat biasa saja sehingga sangat monoton dan membosankan. Padahal kamu bis melakukan hal-hal sederhana yang dapat mempercantik kanopi di rumah. Sebut saja dengan merawat tanaman rambat hias pada kanopi. Dengan tanaman rambat untuk kanopi hias ini, Pins akan memiliki kanopi dengan suasana lebih natural dan fresh

Pinhome – Tidak hanya itu, tanaman rambat juga akan membuat kanopi lebih rimbun sehingga bagian depan rumah lebih teduh dibandingkan tanpa tanaman rambat. Namun pemilihan tanaman rambat sebaiknya tidak dilakukan sembarangan. Berikut 11 tanaman rambat untuk kanopi yang akan membuat tampilannya lebih cantik.

Bougenville

(Pinterest)

Tanaman rambat ini mungkin salah satu tanaman rambat yang cukup membuat kamu familiar. Hal ini karena bougenville adalah salah satu tanaman rambat yang banyak dirawat di rumah-rumah. 

Tanaman ini bisa digunakan juga sebagai tanaman rambat atap ataupun kanopi. Pins bisa menanamnya di sepanjang kanopi agar membuat kanopi terasa lebih teduh. Selain daunnya yang cantik, tanaman ini juga memiliki bunga yang tak kalah menawan. 

Alamanda

(Pinterest)

Tanaman rambat alamanda terkenal dengan bunganya yang cantik. Tanaman hias ini adalah salah satu jenis tanaman merambat yang sangat direkomendasikan untuk kanopi. Bunga pada tanaman rambat ini berbentuk mirip terompet dengan warna pink dan kuning.

Morning Glory

(Pinterest)

Apakah Pins juga familiar dengan tanaman rambat hias yang satu ini? Ya, morning glory adalah salah satu tanaman rambat untuk kanopi yang dirawat oleh banyak orang. Tanaman rambat ini memiliki bunga cantik berwarna ungu yang harum.

Zebrina Pendula

(Pinterest)

Tanaman rambat yang satu ini memiliki tampilan yang sangat unik. Pins memiliki daun dengan motif kulit zebra. Daun ini memiliki tiga kombinasi warna, yaitu ungu, hijau dan putih yang membuat tampilan tanaman ini semakin unik.

Baca juga: Fakta Menarik Tanaman Lee Kwan Yew Rambat yang Indah untuk Hunian

Sirih Merah

(Pinterest)

Sirih merah adalah tanaman atap atau kanopi yang juga bisa bermanfaat sebagai obat. Tanaman rambat ini berasal dari Sulawesi. Sirih merah memiliki bentuk daun yang indah dan dapat tumbuh merambat dengan cepat.

Melati Irian

(Pinterest)

Tanaman yang satu ini juga disebut dengan flame irian. Bukan tanpa alasan, tanaman rambat cantik ini memang berasal dari tanah Papua. Warna bunganya yang jingga kemerahan membuat tanaman rambat ini banyak diminati terutama digunakan sebagai tanaman rambat untuk kanopi. 

Sayangnya tanaman rambat yang satu ini sangat langka sehingga harganya cukup mahal di pasaran. Namun tenang! Perawatan tanaman rambat yang satu ini cukup mudah dan tidak rumit.

Air Mata Pengantin

(Pinterest)

Air mata pengantin atau tanaman rambat dengan nama latin Antigonon leptopus ini bisa menjadi pilihan kamu lho! Tanaman air mata pengantin ini memang cocok digunakan sebagai tanaman rambat atap atau kanopi.
Jenis tanaman rambat yang satu ini sering dianggap sebagai tanaman gulma karena pertumbuhannya yang sangat mudah bahkan tanpa ditanam. Meski begitu tanaman rambat ini memiliki bunga yang cantik berwarna merah muda.

Dipladenia

(Pinterest)

Jenis tanaman rambat yang satu ini cukup populer karena bisa berbunga sepanjang tahun lho! Bunga dari dipladenia ini memiliki bentuk yang cantik dengan warna merah. Kenapa cocok sebagai tanaman rambat di atap karena tanaman rambat ini sangat membutuhkan sinar matahari untuk hidup. Dipladenia ini sebenarnya masih satu keluarga dengan tanaman rambat mandevilla, namun daunnya lebih berukuran lebih kecil.

Mandevilla

(Pinterest)

Tanaman yang satu ini berasal dari Amerika Tengah. Selain disebut mandevilla, tanaman rambat ini disebut juga dengan The Rock Trumpet karena bentuk bunganya yang mirip dengan terompet. Tanaman mandevilla ini adalah tanaman rambat dengan bunga pink yang cantik. 

Tanaman yang satu ini bisa menjadi tanaman rambat untuk kanopi di rumah karena sangat membutuhkan sinar matahari agar dapat tumbuh dengan baik. Selain dapat mempercantik tampilan teras, jenis tanaman rambat ini juga dapat tumbuh dengan cepat.

Petrea Volubilis

(Pinterest)

Jenis tanaman rambat ini berasal dari Amerika Tengah namun siapa sangka ternyata tanaman ini juga bisa hidup di daerah tropis seperti Indonesia. Tanaman ini bisa kamu letakkan di kanopi rumah agar tampilan teras semakin cantik. 

Terlebih tanaman petrea volubilis ini memiliki bunga yang cantik berwarna ungu yang mana cukup mirip dengan lavender. Daun dari petrea volubilis ini memiliki tekstur yang kasar sehingga membuat tanaman ini sangat unik. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah namun ternyata petrea volubilis ini juga bisa hidup di iklim tropis seperti Indonesia.

Baca juga: Beragam Jenis Tanaman dalam Rumah yang Baik untuk Kesehatan

Ivy

(Pinterest)

Jika dilihat sekilas memang tanaman rambat yang satu ini mirip dengan daun sirih. Padahal tanaman ini berbeda lho! Tanaman ini bernama ivy dengan daun hijau yang berbentuk mirip daun sirih. 

Tanaman hias ini bisa menghiasi kanopi rumah kamu hingga membuat teras terasa lebih teduh. Tidak hanya itu, tanaman ivy ini bahkan disebut-sebut bisa membantu menyaring racun yang ada di udara sehingga oksigen di sekitarnya memiliki kualitas yang baik.

Itulah 11 daftar tanaman rambat untuk kanopi yang bisa menjadi pilihan kamu. Semoga dengan ulasan di atas membuat kamu semakin paham tentang berbagai karakteristik tanaman rambat di atas.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel