BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Berbagai Inspirasi Desain Rooftop Rumah Minimalis
0
0

15 Berbagai Inspirasi Desain Rooftop Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra

Apr 4, 2023

10 menit membaca

Copied to clipboard
rooftop minimalistop-right-banner

Terkadang memiliki rumah minimalis dengan luas terbatas membuat kita jadi tidak percaya diri untuk membangun spot-spot lain agar rumah terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Padahal membuat rumah sebagus mungkin agar Pins dan keluarga nyaman menghabiskan waktu di rumah sangat penting lho! Salah satu area yang penting untuk diperhatikan adalah rooftop rumah. 

Pinhome – Mungkin banyak sekali dari Pins yang tidak terpikirkan untuk membangun rooftop rumah karena keterbatasan lahan atau budget. Padahal terdapat beberapa cara agar rooftop terlihat cantik pada rumah minimalis. Bahkan dengan rooftop Pins dan keluarga jadi memiliki ruang bersantai yang beda dibandingkan dengan rumah-rumah lain. Jika Pins tertarik untuk membangun rooftop di rumah, berikut ini beberapa daftar inspirasi desain rooftop untuk rumah minimalis.

Baca Juga:

Rooftop Garden

rooftop rumah
Source : Pinterest

Rooftop garden adalah salah satu desain rooftop rumah yang telah digunakan banyak orang. Rooftop yang satu ini memang difungsikan untuk menjadi taman dengan berbagai tanaman yang membuat rooftop tampak asri dan alami. Namun tenang, garden rooftop tetap bisa dijadikan tempat bersantai lho! 

Baca Juga: 12 Model Atap Rumah Minimalis Paling Banyak Digunakan

Pins hanya perlu menambahkan kursi taman yang panjang atau kursi kayu dan meja kecil agar bisa menghabiskan waktu untuk bersantai di rooftop pada sore hari. Jika masih tersedia ruang, tambahkan meja kecil untuk meletakkan barang-barang bersantai Pins saat berada di rooftop garden milik sendiri.

Baca Juga: 20 Desain Taman di Atas Rumah Atau Roof Garden

Cozy Rooftop

rooftop rumah
Source : Pinterest

Inspirasi desain rooftop rumah selanjutnya adalah cozy rooftop. Pada desain rooftop yang satu ini, akan membuat Pins dan keluarga betah untuk menghabiskan waktu di rooftop. Terdapat beberapa komponen yang perlu dilakukan agar rooftop bisa terasa cozy. Pertama Pins bisa menggunakan sofa panjang dengan beberapa bantal sofa bulu yang tentunya akan membuat Pins nyaman saat duduk. 

Jangan lupa untuk menyediakan meja agar barang-barang saat bersantai bisa diletakkan dengan mudah. Pins juga bisa menambahkan karpet pada bagian lantai dan beberapa bantal bulu agar rooftop semakin terasa cozy. Gunakan beberapa tanaman hias seperti kaktus untuk menghiasi setiap bagian sudut rooftop.

Rooftop Minimalis ala Cafe

rooftop rumah
Source : Pinterest

Rekomendasi desain rooftop rumah untuk rumah minimalis selanjutnya adalah rooftop minimalis ala cafe. Ya, meski Pins memiliki keterbatasan lahan, rooftop tetap bisa disulap menjadi rooftop ala cafe yang cantik. Pins bisa membuat lantai rooftop dengan material kayu agar menambah kesan modern. 

Jangan lupa untuk menambahkan lampu-lampu gantung yang panjang agar membuat rooftop terasa seperti kafe. Tambahkan kursi dan meja kayu atau sofa agar menghabiskan waktu di rooftop pada sore hari semakin terasa seperti menghabiskan waktu di rooftop kafe. Pins juga bisa menambahkan tanaman hias atau tanaman gantung agar membuat suasana rooftop lebih hidup.

Baca Juga: Tanaman Hias yang Cocok Ditanam untuk Pemula

Rooftop dengan Aksen Kayu

Source : Pinterest

Aksen kayu kini memang cukup populer dan telah banyak digunakan sebagai pelengkap desain rumah. Rooftop dengan aksen kayu dapat membuat rooftop Pins terlihat minimalis modern. Aksen kayu dapat membuat rooftop semakin memiliki vibes yang tinggi untuk bersantai. 

Pins dapat memberikan aksen kayu pada bagian lantai atau dinding pembatas rooftop. Jangan lupa untuk meletakkan kursi atau sofa pada rooftop agar kegiatan bersantai semakin menyenangkan. Supaya rooftop rumah semakin terlihat keren, Pins dapat membuat atap semi transparan sebesar setengah rooftop untuk melindungi Pins bersantai di rooftop saat hujan.

Baca Juga: Kelebihan Rumah Tipe 36

Chic Rooftop

Source : Pinterest

Inspirasi desain rooftop selanjutnya adalah chic rooftop. Desain rooftop yang satu ini bergaya chic yang sangat memanjakan mata. Pins bisa meletakkan beberapa kotak kayu bekas sebagai tempat duduk dan meja saat ingin bersantai di rooftop. Jangan lupa untuk meletakkan beberapa tanaman hias pada sudut-sudut rooftop agar membuat rooftop Pins makin hidup. 

Bahkan Pins bisa meletakkan ayunan kecil di rooftop agar kegiatan bersantai semakin terasa menyenangkan lho! Tambahkan beberapa bantal sofa dan karpet agar bersantai dengan keluarga lebih terasa nyaman di rooftop bergaya chic ini.

Baca Juga: Tips Menjadi Agen Properti yang Sukses

Rooftop Bergaya Industrial

rooftop rumah
Source : Pinterest

Desain rooftop rumah yang terakhir adalah rooftop bergaya industrial. Desain rooftop sangat cocok bagi Pins yang suka dengan desain rumah modern. Pins bisa meletakkan kanopi semi transparan yang menutupi sebagian area rooftop. Tambahkan beberapa sofa atau kursi dan meja yang dapat membuat kegiatan bersantai semakin nyaman. 

Jangan lupa untuk meletakkan tanaman hias pada sudut-sudut rooftop agar suasana semakin asri dan alami. Pins bisa menambahkan pagar pembatas berbahan besi dengan warna gelap agar rooftop aman dan tetap tampak minimalis modern.

Itulah berbagai inspirasi desain rooftop rumah yang bisa Pins coba sendiri di rumah. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Kenali Surat Jual Beli Rumah Sebelum Membeli Rumah

Taman Rooftop Tempat Bersantai

taman rooftop
Source : houzz

Bagi Pins yang senang menikmati suasana sore dari atas sambil menyantap kopi, desain taman dengan furniture tempat bersantai bisa Pins gunakan. Taman di rooftop rumah yang terletak pada bagian atas, memerlukan pagar pada bagian sekeliling taman. Nah, kamu bisa membuat furniture custom mengikuti alur pagar, maupun terpisah dengan atap sebagai penahan bila terjadi hujan. Lihat pada contoh pengaplikasiannya di atas, material kayu yang digunakan dapat menyelaraskan tanaman di dalamnya.

Ide Taman Semi Outdoor

taman rooftop
Source : dezeen

Taman yang berada di rooftop bisa dibuat cukup menarik pula dengan desain taman semi outdoor. Beberapa tanaman berada di dalam teras, dan sebagian lagi berada pada luar teras. Ini akan membuat area atas hunian milik Pins semakin asri dan menenangkan. Untuk mencegah air dari taman masuk, Pins sebaiknya melapisi atap dengan material waterproofing. Hal tersebut untuk mencegah adanya rembesan air yang menetes ke bagian bawah hunian.

Desain Taman dengan Jacuzzi

Source : houseandgarden

Pins dan keluarga senang bercengkrama bersama di akhir pekan? Desain taman dengan jacuzzi bisa menjadi inspirasi menarik. Kamu dan keluarga akan merasakan berendam di tengah keasrian dari tanaman-tanaman yang menghiasi atap rumahmu. Taman di rooftop rumah bisa kamu beri alas keramik dengan motif kayu agar ruang kian indah. 

Bila sudah ada jacuzzi minimalis pada atap rumah, jangan lupa lebih memperhatikan saluran instalasi air. Hal tersebut dikarenakan kamu memerlukan instalasi air untuk menyiram tanaman sekaligus untuk menguras air dalam jacuzzi.

Penggunaan Rumput Sintetis

Source : essentialliving

Ide menarik lainnya sebagai desain taman di rooftop rumah adalah dengan pemakaian rumput sintetis. Rumput berbahan plastik satu ini sangat menarik dan tentunya perawatannya pun lebih mudah. Menghadirkan desain taman kekinian, kamu hanya perlu menambahkan beberapa tanaman hidup yang simpel sebagai pelengkap. Disini aku bisa menikmati udara pagi hari dengan paparan sinar matahari sambil olahraga maupun rebahan. Asyik ya!

Taman Cantik Minimalis

Source : gardenclublondon

Nah, untuk Pins yang menyukai penataan ruang dalam rumah dengan pemikiran yang cukup rumit. Kamu bisa membuat taman rooftop minimalis dengan desain yang cantik. Tema scandinavian, ataupun rustic bisa menjadi ide dasar pembuatan taman favorit mu! 

Kamu pun bisa membuat lemari penyimpanan alat-alat berkebun dalam lemari agar rooftop tetap terlihat rapi dan estetis. Jangan lupa tambahkan meja dan kursi dengan desain tinggi sebagai pelengkap. Kamu bisa dinner romantis bersama pasangan sambil melihat keindahan panorama malam hari.

Desain Air Mancur Pada Taman

taman rooftop
Source : decoratorist

Beberapa penghuni memang menyukai suara gemericik dari air mancur yang membuat suasana hunian lebih tenang. Desain taman yang terletak paling atas dengan air mancur bisa menambah ketenangan dalam bersantai lho! Bekerja maupun membaca buku dengan udara bebas dan tampilan hijau dari ragam taman, membuat kamu betah berlama-lama disini. Selain itu, buatlah tampilan taman mu kian menarik dengan penataan tanaman yang tepat ya!

Baca Juga: Merenovasi Rumah Sendiri, Siapa Takut?

Taman Tertutup dengan Pencahayaan Maksimal

Source : thegardenbuilders

Udara di lantai paling atas memang menjadi tempat menghilangkan stress terbaik. Menghirup udara, sambil melihat taman hijau yang indah memang menjadi aktivitas yang paling menyenangkan. Namun, bila Pins tidak menyukai desain rooftop dengan atap terbuka, Pins bisa membuatnya tertutup dengan atap berbahan kaca pada keseluruhan area. Ini akan membuat taman terlihat lebih cantik dan menarik. Selain itu juga aman dari curah hujan yang berlebih.

Baca Juga: Tips Bangun Rumah di Jakarta

Tempat Koleksi Tanaman Hias

taman rooftop
Source : gardeningknowhow

Senang mengoleksi tanaman hias? Taman pada bagian atap bisa dijadikan lahan tempat menyimpan ragam koleksi tanaman hias milikmu. Semua tanaman hias bisa kamu tata rapi berdasarkan warna maupun jenis. Selain itu, tidak lupa untuk menyediakan meja dan kursi untuk sejenak istirahat. Desain taman dengan kumpulan tanaman hias ini, kini mulai banyak digandrungi. Tanaman akan lebih banyak terkena sinar matahari dan tentunya membuat sirkulasi pada hunian lebih baik lagi.

Baca Juga: Pertimbangan Membangun Rumah yang Tumbuh yang Tepat

Desain Taman Bermain Anak

Source : tropicagreeneries

Bila Pins mempunyai buah hati yang sedang dalam masa pertumbuhan, kamu bisa membuat desain taman pada area atas sebagai tempat bermain. Inti dari area ini adalah bermain, jadi buatlah area yang lebih luas agar anak-anak bisa berlarian dan bermain. Desainnya tetap minimalis dengan tanaman disekitarnya dan juga tempat untuk beristirahat. Kamu pun bisa membuat kolam renang tiup di akhir pekan, agar anak-anak bisa berenang bebas dengan suasana asri.

Itulah ke-9 inspirasi taman rooftop minimalis yang terletak di bagian teratas dalam hunian. Selalu ingat untuk membuat struktur konstruksi atap yang kuat agar mampu menampung beban berat ya Pins! Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Tips dan Trik dalam Membuat Taman Depan Rumah


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download