Punya Lahan Terbatas? Ini 20 Desain Kolam Ikan yang Bisa Kamu Coba!

Diperbarui oleh Nabila Azmi ∙ October 11, 2022 ∙ 8 menit membaca

Bagi sebagia orang memelihara ikan bukan hanya sekadar hobi, melainkan juga menjadi salah satu cara meredakan stres dan menambah nilai estetika rumah. Sayangnya, lahan yang sempit membuat mereka tidak bisa membangun kolam ikan dengan leluasa.

Untungnya, ada berbagai cara yang bisa kamu coba untuk membuat kolam ikan di lahan yang terbatas. Yang terpenting, kamu perlu menyesuaikan ukuran kolam ikan dan dekorasi kolam yang ingin digunakan dengan luas lahan yang ada. Penasaran? Simak inspirasi lengkapnya di bawah ini, yuk!

Desain Kolam Ikan Mini Memanjang di Teras Rumah

Jika Pins memiliki teras rumah yang tidak terlalu luas dengan bentuk yang memanjang, coba buat kolam ikan sesuai dengan bentuk teras tersebut. Desain kolam ikan di lahan yang sempit ini menawarkan dua fungsi, yaitu sebagai kolam ikan dan tempat untuk bersantai. Pins juga bisa menambahkan tanaman tropis dan air mancuri mini untuk menambah estetika pada kolam ikan dan teras rumah.

Baca juga: Kumpulan Contoh dan Tips Membuat Taman Rumah Sederhana

Desain Kolam Ikan Penuh di Teras Rumah

Bagi kamu yang ingin punya kolam ikan yang cukup luas bisa membuat desain kolam yang memenuhi teras rumah. Model kolam ikan yang satu ini biasanya memenuhi teras rumah dan bisa ditambahkan jalan setapak dari kotakan beton di dalam kolam. Pins bisa menaruh beberapa tanaman tropis dan membuat air mancur agar kolam ikan tampak lebih estetik dibandingkan kolam biasanya, deh.

Desain Kolam Ikan Mini di Pot

Jika lahan teras atau halaman belakang rumah benar-benar terbatas, Pins sebenarnya bisa membuat kolam ikan di pot bunga, lho. Namun, kamu perlu membeli pot yang cukup besar dan sesuai dengan luas lahan yang tersedia.

Lalu, Pins bisa menghias kolam ikan mini ini dengan tanaman air, seperti teratai. Ini akan membantu menghasilkan oksigen untuk kamu dan ikan, serta menambah nilai estetika pada taman dan kolam kamu, nih.

Desain Kolam Ikan Mini dengan Tanaman Hias

Desain kolam ikan mini lainnya yang bisa Pins coba di lahan sempit adalah menambahkan berbagai macam tanaman hias di dalam pot. Pins juga bisa mempercantik kolam ikan kecil ini dengan pagar pembatas berwarna putih dan air mancur minimalis. Ini menjadi contoh kolam ikan yang sempurna untuk Pins yang menginginkan hunian sejuk dan alami.

Desain Kolam Ikan di Lahan Sempit dengan Air Mancur Bertingkat

Jika ingin menonjolkan desain air mancur di kolam ikan ketimbang jumlah ikannya, Pins bisa mencoba cara yang satu ini. Kamu bisa membuat kolam ikan yang hanya cukup untuk beberapa ekor ikan saja. Setelah itu, Pins bisa membuat air mancur di bagian atas untuk menciptakan kesan estetik. Model kolam ikan di lahan yang sempit ini cocok untuk Pins yang lebih fokus terhadap elemen air.

Baca juga: Kumpulan Desain Taman Minimalis yang Bikin Rumah Makin Apik

Desain Kolam Ikan Berbentuk Heksagon

Bosan dengan model kolam ikan berbentuk persegi atau persegi panjang? Pins bisa nih mencoba desain kolam ikan berbentuk heksagon atau segi enam. Model kolam ikan yang satu ini biasanya terbuat dari kaca dengan framing kayu. Selain tampak cantik, Pins bisa melihat ikan berenang hingga ke dasar kolam dari dinding kaca. Jangan lupa tambahkan tanaman air dan air mancur untuk mempercantik kolam, ya!

Desain Kolam Ikan Mini di Sisa Lahan Rumah

Jika awalnya tidak berencana punya kolam ikan tetapi tiba-tiba ada sisa lahan di samping rumah, Pins bisa mencoba membuat kolam ikan mini, nih. Pins juga bisa menghias kolam ikan mini ini dengan bebatuan alam dan tanaman tropis untuk mempercantik tampilannya.

Desain Kolam Ikan dari Kontainer Tangki

Selain pot bunga, Pins bisa memanfaatkan kontainer tangki untuk membuat kolam ikan mini di teras rumah. Cara ini pun cocok untuk kamu yang punya rumah dengan lahan halaman yang terbatas. Cobalah menghias kolam dengan air mancuri kecil dan beberapa tanaman hias. Ini menciptakan kolam yang cocok untuk Pins yang ingin memelihara ikan hias berukuran kecil.

Desain Kolam Ikan Mini Bernuansa Alam

Siapa bilang harus punya lahan yang luas untuk menciptakan nuansa alam pada kolam ikan? Nyatanya, Pins bisa menghadirkan jenis kolam ikan mini ini di sudut rumah dengan pot kolam yang dikombinasikan dengan batu alam, lho.

PIns juga bisa menambahkan air mancur agar tampilan kolam ikan semakin estetik. Selain ikan hias berukuran kecil, kamu bisa memanfaatkan kolam ini untuk memelihara kura-kura mini yang disukai anak-anak, nih. Wah, menarik sekali, bukan?

Baca juga: 10+ Inspirasi Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Model Kolam Ikan di Taman yang Sempit

Pins juga bisa menghadirkan kolam ikan di tengah taman yang sempit untuk menambah kesan alami pada taman rumah. Bila memungkinkan, kamu bisa memilih kolam ikan berbentuk bulat dengan dinding kolam dari batu alam yang ditumpuk. Selain itu, air mancur juga akan membuat tampilan kolam ikan menjadi lebih estetik.

Model Kolam Ikan Mini di Teras Belakang Rumah

Jika memiliki desain ruah yang minimalis dan modern, Pins bisa menciptakan kolam ikan kecil di lahan sempit seperti contoh di atas. Kolam ikan berbentuk persegi ini bisa juga ditambahkan air mancur dan tanaman hias di sisinya sesuai selera. Jangan lupa letakkan batu alam pada pinggiran kolam untuk menghasilkan kesan minimalis yang apik.

Model Kolam Ikan dengan Nuansa Batu Alam

Kolam ikan bernuansa alam yang cantik seperti contoh di atas juga bisa kamu hadirkan disudut halaman rumah kamu lho. Cukup sesuaikan dengan luas lahan yang ada, Pins bisa meniru semua elemen yang ada pada contoh kolam ikan di atas. Entah itu dari batu-batu alam, hingga deck kayu yang menjadi pinggiran kolam ikan.

Baca juga: 9 Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah yang Indah dan Hijau

Model Kolam Ikan di Lahan Sempit Depan Rumah

Walau terbilang kecil, kehadiran kolam ikan bisa membuat nuansa rumah menjadi lebih menarik. Salah satu cara menghadirkan kolam ikan di lahan sempit adalah membuatnya di taman depan rumah. Cobalah membuat kolam berbentuk melengkung sebagai dekorasi taman dengan tambahan air mancur yang menempel di dinding.

Model Kolam Ikan Mini dari Bebatuan

Agar tidak menggali tanah, Pins juga bisa membuat kolam ikan yang estetik di atas tanah. Model kolam ikan mini ini dikenal sebagai above ground fish pond yang memakai tumpukan bebatuan alam dengan bentuk melingkar atau sesuai keinginan Pins. Kamu juga bisa menambahkan batu kerikil, air mancur dan tanaman hias untuk mempercantik kolam ikan mini kamu.

Model Kolam Ikan dari Kayu

Desain kolam ikan di lahan sempit lain yang bisa kamu tiru adalah desain kolam ikan yang menyerupai meja. Desain kolam ikan ini menggunakan material kayu dengan bagian dalamnya menggunakan kolam plastik yang banyak dijual di pasaran.

Pada pingggiran kolam yang terbuat dari kayu, dibuat agal lebar sehingga kamu bisa menjadikan kolam ikan sebagai coffee table yang estetik. Bahkan, kamu bisa menghias kolam ikan kamu dengan air mancur hingga tanaman air.

Model Kolam Ikan Mini yang Estetik

Punya taman depan rumah yang kecil? Pins bisa menghadirkan kolam ikan estetik seperti contoh di atas lho. Cukup sesuaikan dengan luas lahan, kamu bisa menghadirkan kolam ikan mini lengkap dengan air mancurnya.

Untuk membuatnya terlihat estetik, kamu bisa memanfaatkan batu-batu alam atau lempengan batu sebagai pinggiran kolam yang unik. Jangan lupa tanaman hias dan jalan setapak yang menuju kolam. Ini akan membuat taman rumah kamu menjadi lebih menarik.

Baca juga: 18 Jenis-Jenis Lampu Dekorasi Taman untuk Halaman Rumah

Model Kolam Ikan Minimalis Teras Depan Rumah

Desain kolam ikan lainnya yang cocok untuk rumah minmalis adalah membuat kolam ini di sudut-sudut rumah. Cara ini bisa juga memanfaatkan batu alam dan beraneka tanaman hias yang mengelilinginya. Jangna lupa tambahkan air mancur mini untuk menciptakan kolam ikan yang lebih estetik.

Model Kolam Ikan Berundak di Lahan yang Terbatas

Jika Pins memiliki halaman rumah bertingkat, desain kolam ikan berundak menjadi pilihan yang tepat. Setiap tingkatan kolam bisa didesain membentuk persegi panjang dan membentuk tatakan-tatakan yang didesain seperti mengelilingi halaman rumah. Desain kolam ikan ini akan memberikan tampilan yang cantik pada hunian kamu.

Model Kolam Ikan Sekaligus Patio Teras Rumah

Desain kolam ikan di lahan sempit ini juga bisa banget ditiru jika kalian memiliki sepetak lahan kosong di belakang rumah. Dengan desain kolam ikan ini, Pins bisa memiliki kolam ikan sekaligus patio yang estetik untuk bersantai. Pemasangan dek kayu di atas kolam ikan menjadi kunci utama yang akan membuat kolam ikan dan area bersantai terlihat estetik.

Model Kolam Ikan Mini Bernuansa Tropis

Terakhir, Pins bisa mengambil model kolam ikan mini bernuansa tropis di lahan yang sempit. Desain kolam ikan ini dikombinasikan dengan air mancur, dek kayu, dan aneka tanaman tropis. Tidak hanya itu, Pins bisa menambah bebatuan alam di sekitaran kolam untuk menambah nilai estetika. Jenis kolam satu ini cocok ditempatkan di halaman depan rumah sebagai pengganti taman depan.

Nah, itu tadi sederet model kolam ikan yang bisa Pins buat di lahan sempit. Setiap desain di atas tentu bisa Pins sesuaikan dengan selera masing-masing dan luas lahan. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Golden Cross dalam Saham? Berikut Pengertian dan Cara Menganalisanya

Terdapat banyak istilah yang berkaitan dengan dunia trading saham. Diantaranya, istilah yang cukup

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Realme 3 Jutaan, Harga Miring Spesifikasi Gahar!

Smartphone yang berasal dari China ini merupakan HP yang sangat populer di kalangan masyarakat Indo

Finansial
Finansial Mendalami Pola Falling Wedge Beserta Cara Menggunakannya

Mengidentifikasi dan memantau kondisi pasar adalah skill yang sebaiknya dimiliki seorang investor a

Finansial
Finansial Pahami Apa itu Token Crypto Serta Perbedaannya dengan Koin

Apa itu token crypto? Token satu ini merupakan aset digital yang sekarang ini tengah menjadi trend

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia