BlogPemilik PropertiDesain HunianKumpulan Contoh dan Tips Membuat Taman Rumah Sederhana
0
0

Kumpulan Contoh dan Tips Membuat Taman Rumah Sederhana

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Mei 25, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
taman rumah sederhanatop-right-banner

Taman menjadi elemen penting dari sebuah rumah karena bisa mempercantik dan membuat hunian terasa nyaman dan lebih adem. Membuat taman pun tidak begitu sulit karena ada kumpulan desain taman rumah sederhana yang bisa jadi bahan pertimbangan.

Membuat taman sederhana untuk hunian sendiri setidaknya bisa memilih aksen-aksen yang serasi dengan desain hunian. Bila bingung harus mulai dari mana, Pins bisa melihat beberapa tips di bawah ini, yuk!

Baca Juga:

Apa Manfaat Taman di Rumah?

Salah satu manfaat taman rumah dapat dijadikan sebagai area resapan air hujan sehingga dapat masuk kedalam tanah. Ini bisa menjadi upaya penyelamatan atau pencegahan agar rumah terbebas dari banjir.

Bukan hanya untuk rumahmu, manfaat taman rumah bisa menjadi upaya pencegahan banjir di kawasanmu. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa kamu sudah menerapkan konsep green building.

Bahkan, taman dan kolam ikan dapat dijadikan sebagai penyuplai udara bersih kedalam rumahmu. Seperti yang Pins ketahui bahwa tanaman mampu memproduksi oksigen pada siang hari.

Manfaat taman rumah lainnya adalah bisa dijadikan sebagai ajang bisnis untuk kamu yang suka bercocok tanam. Tanaman hias sederhana yang berhasil tumbuh di rumah dengan cantik bisa kamu perjualbelikan, lho.

Kehadiran taman juga bisa kamu gunakan sebagai sarana untuk melepaskan penat. Pins bisa rileks dengan melihat berbagai tanaman yang indah dan memanjakan mata.

Terlebih lagi, tumbuhan yang ada di taman berfungsi menambah nilai estetika hunian sehingga kamu maupun tamu lainnya merasa nyaman.

Baca juga: Beberapa Tips Menarik Cara Menata Taman Depan Rumah Sederhana

Tips Desain Taman Rumah Sederhana

Salah satu hal penting ketika membuat taman rumah adalah memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan proyek tersebut. Berlarut-larut membuat taman tentu akan menyebabkan pembengkakan biaya dan membuat hunian semakin tidak nyaman.

Maka dari itu, ada bbeberapa poin yang patut diperhatikan ketika kamu membuat model taman rumah sederhana. Simak ulasan lengkapnya di sini!

Tentukan Lokasi Desain Taman

Langkah pertama ketika membuat taman adalah menentukan lokasi di mana tumbuh-tumbuhan dan ornamen akan ditempatkan. Kamu harus tahu dulu nih mana sekiranya lahan yang cocok dimanfaatkan sebagai taman. Bila tidak punya lahan yang luas, kamu perlu pintar-pintar memanfaatkan lahan yang ada, seperti di depan rumah atau belakang rumah.

Keterbatasan lahan tidak menjadi alasan mengapa Pins tidak bisa membuat taman. Pasalnya, ada beberapa ide desain taman rumah minimalis yang bisa dicoba, lho. Misal, kamu bisa membuat taman kecil berbentuk kotak atau persegi panjang.

Sementara itu, Pins bisa menambahkan bangku panjang untuk mempercantik taman dengan lahan yang luas. Ini bisa menciptakan kesan sentuhan alam yang nyata serta menjadi tempat kamu untuk bersantai mengusir stres.

Kenali Tanaman yang Sesuai dengan Iklim Lingkungan

Membuat taman rumah yang sederhana tidak akan lengkap tanpa tanaman yang cocok dengan konsep kebun. Jika tinggal di daerah yang sering hujan dan jarang panas, sebaiknya hindari menanam kaktus atau tanaman sukulen lainnya.

Sementara itu, pemilik rumah yang tinggal di daerah panas mungkin tidak bisa memilih Enceng Gondok sebagai elemen utama tamannya. Walau begitu, teknologi terkini membuat desain taman semakin mudah dilakukan.

Sebagai contoh, sistem hydroponic dan aquaponic memungkinkan kamu menanam berbagai macam tanaman sesuai selera. Sayangnya, teknologi jenis ini cenderung mahal dibandingkan memilah-milih tanaman yang cocok dengan iklim lingkungan.

Baca juga: 5 Inspirasi Taman Belakang Rumah Minimalis

Pilih Komponen Penting yang Jadi Desain Taman Rumah

Seperti yang sudah disebutkan, desain taman rumah yang cantik merupakan tempat alternatif untuk melepas letih dan jenuh di dalam rumah. Sentuhan udara segar dari kesejukan alami yang ditawarkan suasana taman menjadi pilihan keindahan tersendiri.

Tak hanya akan membuat nyaman dan betah mengobrol berlama-lama, taman-taman yang rimbun dan nyaman malahan menjadi tempat alternatif untuk beristirahat. Desain taman rumah yang indah akan sangat berguna pada kondisi cuaca yang panas karena menawarkan alternatif kesejukan suasana, atau pada sore hari.

Nah, ada beberapa komponen penting yang perlu ada di dalam desain taman rumah sederhana. Pertama, pohon yang agak rindang dibanding dengan tanaman hias atau bunga-bungaan lainnya. Pohon rindang bertujuan untuk menyejukkan kondisi saat cuaca panas.

Sementara itu bunga, rumput-rumput peliharaan serta tanaman hias lainnya bertujuan untuk menambah keindahan estetika taman saja.

Selain itu, meja dan kursi juga bisa diganti dengan ayunan jika memang taman tersebut hanya untuk orang-orang tertentu. Pins juga bisa membuat air mancur atau air kolam untuk memperkuat suasana natural desain taman rumah sederhana.

Di kolam tersebut bisa dimasukkan ikan-ikan kecil atau ditumbuhi tanaman air lainnya. Namun, kamu harus rutin merawat kolam ini agar tidak menjadi sia-sia dan tempat sarang nyamuk, ya!

Contoh Taman Rumah Sederhana

Pada dasarnya model taman rumah sederhana tidak jauh berbeda dengan contoh taman rumah minimalis. Meski begitu, Pins bisa melihat apa saja jenis taman di bawah ini yang cocok dengan konsep hunian sederhana dan kebutuhan.

Taman Vertikal

Gaya Taman Vertikal Succulent
Pinterest

Taman vertikal merupakan salah satu solusi untuk hunian masa kini yang tidak memiliki lahan yang cukup luas. Pasalnya, tanaman yang ditanam pada taman ini ditata secara vertikal. Penataan tanaman ini dapat ditempatkan pada dinding tembok pagar maupun dengan membuat rak khusus untuk tempat tanaman.

Selain penempatan tanaman pada rak khusus secara vertikal, kamu dapat menambahkan variasi dengan menata tanaman dengan cara digantung. Tentu saja Pins harus memilih karakter tanaman yang sesuai untuk tanaman gantung maupun tanaman dalam rak tersebut. Taman vertikal juga dijadikan sebagai solusi bagi masyarakat perkotaan karena tidak menghabiskan lahan untuk media tanam.

Baca juga: Mudah! Ini Dia Bagaimana Cara Merawat Taman Bunga dengan Praktis

Taman Kaktus dan Sukulen

Taman Kaktus dan Sukulen adalah jenis taman sederhana yang terdiri dari berbagai jenis tanaman kaktus dan sukulen. Taman ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki keterbatasan waktu dan perhatian dalam merawat tanaman.

Tanaman kaktus dan sukulen dikenal dengan daya tahan yang tinggi dan kebutuhan air yang rendah, sehingga menjadikannya pilihan yang sempurna untuk taman sederhana.

Dengan berbagai bentuk, tekstur, dan warna daun yang menarik, taman ini memberikan tampilan yang eksotis dan modern. Selain itu, tanaman kaktus dan sukulen juga menghadirkan nuansa alam gurun yang unik dan menambahkan keindahan yang menawan pada rumah kamu.

Dengan perawatan yang minimal, Taman Kaktus dan Sukulen menjadi solusi praktis dan menarik untuk menciptakan taman dalam ruangan atau halaman rumah yang sederhana.

Taman Kering

Jenis taman ini adalah taman yang banyak diaplikasikan di dalam hunian. Pemilihan taman kering dirasa praktis, karena dapat menambah kesegaran dalam rumah dengan berbagai jenis tanaman, tetapi tetap rapi.

Taman ini tak banyak menggunakan rumput seperti taman pada umumnya karena sebagian diganti dengan elemen batu. Hal ini dilakukakn karena kebanyakan taman kering berada di dalam rumah yang mana paparan sinar matahari pun terbatas. Alhasil, rumput bukanlah menjadi pilihan yang tepat.

Namun perlu diperhatikan pula sistem drainase taman kering ini. Meski tidak begitu membutuhan sinar matahari, paparan sinar ini tetap perlu diperhatikan karena menjadi kebutuhan utama tanaman.

Taman Dapur

Taman Dapur adalah jenis taman sederhana yang dirancang khusus untuk menanam tanaman herbal dan sayuran yang dapat kamu panen untuk keperluan masak. Dalam taman ini, kamu dapat menanam berbagai tanaman seperti basil, mint, rosemary, dan tomat kecil.

Selain memberikan keindahan visual, Taman Dapur juga memberikan manfaat praktis dengan menyediakan bahan segar dan organik untuk memasak di rumah. kamu dapat dengan mudah mengambil sejumput mint segar untuk teh atau memanen beberapa daun basil untuk menyempurnakan hidangan kamu.

Taman Dapur ini memungkinkan kamu untuk memiliki akses langsung ke tanaman segar dan memperkaya pengalaman kuliner kamu.

Taman Mediterania

Taman mediterania merupakan salah satu desain taman rumah sederhana dan minimalis yang paling banyak diminati. Pasalnya, taman ini menawarkan desain simetris dengan penggunaan penyangga pada pot yang menjadi ciri khasnya.

Kebanyakan taman mediterania ini juga memanfaatkan kolam ikan sebagai elemen pemanis pada taman. Penggunaan lampu taman dapat ditambahkan. Selain berfngsi sebagai pencahayaan pada malam hari, lampu dirasa menambah kesan tersendiri pada taman.

Taman Bonsai

Taman Bonsai adalah jenis taman sederhana yang terdiri dari tanaman bonsai yang dirawat dengan cermat. Taman ini menghadirkan keindahan dan keunikan dalam skala yang lebih kecil.

Tanaman bonsai terkenal karena bentuknya yang artistik dan tumbuh dengan rapi, sehingga menciptakan tampilan yang elegan dan indah. Kamu dapat menemukan berbagai jenis tanaman bonsai, seperti juniper, maple, atau pohon prem bonsai.

Taman Bonsai ini membutuhkan perawatan yang khusus, termasuk pemangkasan teratur, penyiraman yang tepat, dan pemupukan yang sesuai. Dengan perhatian dan kesabaran, kamu dapat menciptakan taman sederhana yang mengagumkan dengan tanaman bonsai yang menarik perhatian dan mencerminkan keindahan alam dalam skala kecil.

Taman Bergaya Eropa

Source : IOL

Jika punya lahan yang luas dan masih tetap ingin memakai konsep taman hunian yang sederhana, kamu bisa mencoba desain taman bergaya Eropa.

Konsep taman ini identik dengan pemilihan tanaman yang berbunga dan berwarna warni. Pins juga bisa menambahkan berbagai ornamen bergaya Eropa, seperti kolam air mancur dengan patung sebagai pendukung desain.

Taman Sensori

Taman Sensori adalah jenis taman sederhana yang dirancang untuk merangsang indra dengan menggunakan berbagai tanaman dan elemen. Dalam taman ini, kamu dapat menemukan tanaman dengan berbagai tekstur, warna, dan aroma yang berbeda, seperti bunga dengan kelopak lembut, daun berbulu, atau tanaman dengan aroma yang harum.

Ketika kamu menjelajahi taman ini, sentuhan lembut tanaman, pandangan warna-warni, dan aroma yang menyejukkan akan memberikan pengalaman sensorik yang memanjakan indera kamu. Taman Sensori ini juga dapat menciptakan suasana yang menenangkan dan membantu mengurangi stres sekaligus meningkatkan koneksi kamu dengan alam.

Zen Garden

Cara menghilangkan stres setiap orang memang berbeda-beda. Ada yang mengatasinya dengan makan, nonton film, olahraga, shopping hingga mengunjungi tempat-tempat meditasi. Semua hal tersebut diharapkan dapat membuat pikiran tak menentu kembali terarah.

Namun, membuat hunian menjadi tempat meditasi juga bisa dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan konsep taman zen garden.

Sebagai contoh, zen garden minimalis kini bisa ditempatkan pada hunian modern. Desain taman semi outdoor ini bisa Pins letakan di tengah ruang keluarga. Layaknya sebuah akuarium, kamu akan melihat taman yang dihiasi bebatuan di dalam kaca dengan bagian atas dibuat terbuka.

Ciri khas taman Jepang ini menggunakan pasir bergelombang, batu dan kerikil. Buatlah desain sederhana dengan jenis tumbuhan yang memang biasa ada pada taman zen. Pilihannya seperti tanaman bonsai, rumpun bambu, ataupun azalea. Kamu dapat merasakan ketenangan dalam ruang kaca yang menarik.

Selain pada bagian dalam rumah, kamu bisa membuat zen garden sederhana pada bagian teras rumah. Desainnya dibuat menyatu dengan teras dengan hiasan bebatuan unik. Usahakan tidak menghilangkan elemen dasar pada desain taman zen, seperti batu kerikil dan pasir bergelombang.

Jika Pins mempunyai hunian dengan luas yang cukup untuk membuat ruang terpisah, Pins bisa mengadaptasi desain taman zen yang terpisah dari bangunan utama. Fungsi meditasi dari taman satu ini akan lebih maksimal dikarenakan terpisah dengan rumah utama. Pins bisa membuat bangunan mungil tempat istirahat di sisi terdekat dari taman.

Taman Aromaterapi

Taman Aromaterapi adalah jenis taman sederhana yang didesain khusus untuk menghadirkan aroma yang menyegarkan. Tanaman-tanaman aromatik seperti lavender, mint, atau rosemary ditanam dalam taman ini.

Saat kamu berjalan di sekitar taman, aroma wangi dari tanaman-tanaman tersebut akan merangsang indera penciuman kamu dan memberikan efek relaksasi yang menyenangkan. Taman Aromaterapi ini tidak hanya indah secara visual, tetapi juga memiliki manfaat aromaterapi yang dapat meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Nah, itu tadi berbagai hal perlu diperhatikan ketika membuat taman rumah sederhana yang cantik dan menarik. Pins juga bisa melihat beberapa konsep taman yang bisajadikan sebagai referensi dan inspirasi. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download