BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Membuat Taman Hidroponik di Rumah
0
0

Tips Membuat Taman Hidroponik di Rumah

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Tanaman Hidroponiktop-right-banner

Sering menemukan kesulitan saat ingin berkebun di rumah? Jangan khawatir, ada beberapa tips di bawah ini yang dapat membantu Pins untuk memulai berkebun di rumah secara mudah dengan menggunakan taman hidroponik. Apa saja ya? Simak yuk ulasannya!

Berkebun di rumah bisa menjadi salah satu kegiatan yang baik untuk Pins yang banyak menghabiskan waktu di rumah. Proses demi proses yang dinikmati sampai terbentuk sebuah tanaman, menjadi hal istimewa bagi sebagian orang. Apalagi sekarang, sudah banyak berbagai metode berkebun yang dapat mempermudah Pins untuk berkebun di rumah. Salah satunya adalah budidaya hidroponik.

Budidaya hidroponik di rumah dapat dikatakan tidak sulit bila Pins mengetahui cara menanamnya. Metode yang dilakukan dalam penanaman tanaman yang terbilang cukup unik ini  tidak menggunakan media tanah dalam proses pertumbuhannya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan menerapkan cara berkebun hidroponik. Ini ulasan lengkapnya!

Baca juga:

Apa Itu Taman Hidroponik?

Taman hidroponik adalah taman yang menggunakan metode tanpa tanah dan air yang banyak dalam proses menumbuhkan tanaman. Pins bisa menanam tanaman hidropnik dengan mudah di berbagai sudut rumah.

Budidaya hidroponik hadir sebagai solusi dari masalah kekurangan lahan dari penanaman tanaman. Maka dari itu, tidak heran banyak orang yang menerapkan cara berkebun tanaman hidroponik.

Penekanan dasar secara ilmiah dari tanaman hidroponik adalah pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman tidak serta merta berada pada media tanah dan air yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman.

Unsur hara atau nutrisi dari tanaman tersebut dapat terpenuhi dengan baik dengan media yang lebih praktis. Contoh media tanam hidroponik adalah kerikil, serbuk kayu, pasir, batu apung maupun sponge.

Baca juga:

Keuntungan Membuat Taman Hidroponik

Bukan tanpa alasan metode berkebun hidroponik ini hadir. Tentu ada berbagai macam keuntungan yang ditawarkan oleh taman hidroponik yang bisa kamu peroleh, antara lain:

  • Ramah lingkungan
  • Tidak memerlukan lahan luas
  • Lebih steril dan bersih
  • Media yang digunakan bisa dipakai berulang kali
  • Hemat biaya, air dan tenaga
  • Tidak memerlukan tanah yang sering mengotori 
  • Hasil tanaman lebih banyak dan berkualitas
  • Unsur hara dalam tanaman lebih terjaga

Baca juga:

Cara Membuat Tempat Hidroponik

Setelah memahami apa itu taman hidroponik beserta berbagai macam kelebihannya, sudah saatnya Pins menerapkan cara berkebun hidroponik. Pada dasarnya, penanaman tumbuhan hidroponik dilakukan dengan dua metode. Ini ulasan lengkapnya.

Pilih Antara Metode NFT atau WICK

Teknik menanam tumbuhan hidroponik terdiri dari dua macam, yaitu WICK dan NFT. Metode WICK cenderung lebih mudah karena memanfaatkan bahan-bahan sederhana dari barang bekas di rumah.

Sementara itu, metode NFT biasanya menjadi cara selanjutnya setelah teknik WICK dikuasai sebagai permulaan. Pasalnya, Pins akan memerlukan bahan yang lebih detail dan beragam, seperti pipa air dan pompa nutrisi, pada metode NFT.

Setelah mengetahui apa itu tanaman hidroponik beserta keuntungannya, sekarang saatnya untuk Pins tahu tips mudah membudidayakan tanaman hidroponik di rumah dengan metode sederhana WICK. Dijamin Pins akan ketagihan deh!

Persiapkan Bahan yang Diperlukan

Setelah memilih metode mana yang akan dipakai untuk membuat taman hidroponik, saatnya mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini beberapa alat dan barang yang patut dipersiapkan saat berkebun dengan hidroponik.

  • Botol bekas pakai
  • Paku atau benda tajam lainnya
  • Bibit tanaman
  • Media pengantar tanaman seperti pasir, kerikil, tanah dll yang ada di rumah
  • Air Nutrisi
  • Kain flanel

Baca juga: Kumpulan Desain Taman Minimalis yang Bikin Rumah Makin Apik

Tentukan Tanaman yang Akan Ditanam

Bila masih kurang awam dengan cara berkebun hidroponik, ada baiknya kamu menggunakan teknik penanaman hidroponik WICK yang paling mudah. Setelah itu, tentukan tanaman yang hendak ditanam.

Umumnya, kebanyakan orang memilih tanaman yang bermanfaat, seperti sayur-sayuran atau buah yang biasa dikonsumsi. Berikut ini beberapa jenis tanaman hidroponik yang bisa kamu pilih:

  • Selada
  • Kangkung
  • Tomat
  • Bayam
  • Paprika
  • Pakcoy
  • Seledri
  • Melon
  • Semangka
  • Anggur
  • Strawberry

Potong Botol Bekas

Setelah mengetahui hendak menanam jenis sayuran atau buah tertentu, kamu bisa mulai menerapkan cara membuat tempat tanaman hidroponik. Pins bisa memanfaatkan botol bekas sebagai tempat tanaman hidroponik.

Pertama-tama, potong botol bekas menjadi dua bagian. Setelah itu, tutup moncong botol dengan tutup botol dan lubangi sedikit dengan benda tajam, seperti paku. Jika sudah terpotong, gabung ke dua bagian dengan cara membalik moncong botol.

Isi Gabungan Potongan Botol dengan Flanel, Tanaman, dan Air Nutrisi Sesuai Tempatnya

Bila sudah digabung, potong kain flanel dan tempatkan pada lubang tutup botol. Pastikan kain flanel bisa menyerap nutrisi tumbuhan. Jangan lupa isi bagian atas botol dengan media tanam yang mudah ditemukan, seperti pasir, kerikil, atau serbuk kayu.

Lalu, tanam bibit tumbuhan yang diinginkan. Sementra itu, kamu bisa mengisi bagian bawah botol dengan air nutrisi.

Atur Tanaman dengan Baik dan Estetik

Jika bibit tumbuhan sudah tertanam dengan baik dan kedua bagian botol sudah terisi dengan komponen yang diperlukan, Pins sudah berhasil membuat tanaman hidroponik.

Kamu bisa menerapkan cara membuat tempat hidroponik di atas pada beberapa tanaman lainnya. Bila sudah cukup banyak, atur beberapa tanaman tadi hingga membentuk taman hidroponik yang menarik dan estetik.

Untuk segala keperluan tanaman hidroponik Pins dapat jumpai di berbagai situs online budidaya tanaman hidroponik dengan mudah. Media tanam hidroponik pun beragam, jadi Pins tidak perlu khawatir akan keterbatasan. Selamat mencoba ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Rizko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download