BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Inspirasi Desain Batu Pijakan Taman Minimalis
0
0

8 Inspirasi Desain Batu Pijakan Taman Minimalis

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Mar 24, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Jalur halaman belakang tidak hanya menciptakan jalur fungsional melalui ruang luar Kamu, tetapi juga merupakan elemen desain penting untuk lanskap Kamu. Ini memberi Kamu kesempatan untuk bereksperimen dengan bentuk, warna, dan bahan untuk menambah gaya dan daya tarik visual pada taman Kamu. Berikut Pinhome jabarkan mengenai desain batu pijakan taman minimalis yang bisa Kamu tiru di rumah.

Ada banyak ide untuk jalur taman belakang, mulai dari jalur bata berkelok-kelok hingga batu loncatan persegi modern. Saat mendesain jalur halaman belakang, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Kamu memulai. Ada beragam bahan yang dapat dipilih, termasuk batu bata, kerikil, dan batu paving, yang semuanya bervariasi dalam hal biaya, gaya, dan kemudahan pemasangan DIY.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran ruang luar Kamu. Apakah Kamu bekerja di ruangan kecil atau perlu bekerja di sekitar pepohonan atau hamparan bunga? Terakhir, pertimbangkan gaya eksterior rumah Kamu untuk memastikan tampilan yang konsisten. Kami akan membagikan ide jalur halaman belakang favorit kami untuk membantu Kamu menciptakan ruang luar yang fungsional dan indah.

Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Apa Itu Batu Pijakan?

Source : Pixabay

Jalan setapak atau batu loncatan merupakan salah satu elemen yang terbuat dari batu untuk mengelilingi taman atau kebun. Umumnya trotoar ini terbuat dari berbagai macam material, seperti batu alam, beton, kayu, atau material lain yang sesuai dengan estetika ruang.

Desain taman yang baik memerlukan pertimbangan kenyamanan, keamanan dan kepraktisan pengunjung pada saat memasang batu loncatan. Jarak antara batu loncatan harus cukup besar agar nyaman masuk. Pemilihan material harus tahan lama dan dapat beradaptasi dengan iklim dan lingkungan setempat.

Fungsi Batu Pijakan

Berikut adalah fungsi dari batu pijakan dalam desain taman adalah:

1. Akses

Jalan setapak digunakan untuk memberikan pengunjung taman akses yang mudah dan jelas ke tanaman, kolam, dan fasilitas taman lainnya. Ini membantu mengarahkan jalur pejalan kaki sehingga tanaman dan tumbuh-tumbuhan tetap utuh dan tidak terinjak.

2. Estetika

Selain fungsinya sebagai jalan setapak, batu pijakan juga menjadi elemen dekoratif yang menarik dalam desain taman. Bahan dan bentuk ini dapat dipilih agar sesuai dengan gaya taman Kamu secara keseluruhan  dan menambah keindahan visual pada area luar ruangan Kamu.

3. Drainase

Penggunaan jalan setapak secara berkala membantu mengalirkan air hujan ke  tanah. Hal ini mengurangi kemungkinan banjir dan menghindari erosi.

4. Ruang Terbuka

Di taman dengan vegetasi lebat, batu loncatan adalah salah satu cara untuk menciptakan ruang antar tanaman. Selain itu, juga memungkinkan akses ke area yang  sulit dijangkau saat berjalan di atas rumput dan tanaman.

5. Zonasi

Kamu juga dapat menggunakan jalur untuk  membagi taman menjadi beberapa zona atau area. Misalnya dapat digunakan untuk memisahkan area hiburan dan area  bermain anak.

Ide Desain Batu Pijakan Taman Minimalis

Berikut ini merupakan ide atau inspirasi pada desain batu pijakan taman rumah Kamu:

1. Motif Batu Besar

Source : Happy Haute Home

Jalur berbatu selalu menjadi pilihan klasik dan abadi. Retakan dan ruang di antara bebatuan menciptakan tampilan yang santai dan organik, serta perawatan bebatuan yang mudah.

 Untuk lebih jelasnya, lapisi jalan setapak dengan batu bata merah yang menonjol di antara rumput hijau dan tekankan bentuknya dengan pembatas.

2. Batu Pijakan Sempit

Source : Fox Hollow

Jalur berbatu selalu menjadi pilihan klasik dan abadi. Retakan dan ruang di antara bebatuan menciptakan tampilan yang santai dan organik, serta perawatan bebatuan yang mudah. Untuk lebih jelasnya, lapisi jalan setapak dengan batu bata merah yang menonjol di antara rumput hijau dan tekankan bentuknya dengan pembatas.

3. Batu yang Berjarak

Source : Next Luxury

Jika Kamu memberikan ruang di antara batu loncatan di taman Kamu, rumput akan tumbuh di antara batu-batu tersebut dan membuat setiap batu menonjol. Jenis penempatan ini menciptakan tampilan yang lebih alami dengan tetap mempertahankan bentuk khas batunya.

4. Gabungan Dua Material Batu

Source : India Mart

Membuat jalur di halaman belakang memungkinkan Kamu menggabungkan berbagai material ke dalam lanskap luar ruangan Kamu. Di sini, serangkaian batu loncatan persegi yang tertanam di mulsa mengarah ke tangga teras kayu, menciptakan tampilan modern yang melengkapi tanaman sukulen, rumput hias, dan pepohonan.

5. Batu Kerikil

Source : Fox Hollow

Untuk meningkatkan kejernihan jalan berkerikil dan menjaga agar batu tetap di tempatnya, lapisi dengan batu bata. Pencampuran keduanya menciptakan efek berlapis yang lebih menarik, menonjolkan lekukan dan belokan jalan, serta berfungsi sebagai cara praktis untuk merawat kerikil.

6. Batu Taman Modern

Source : Champion Hruby

Tidak mengherankan jika taman batu modern, dengan koleksi tanaman sukulennya yang menakjubkan, dapat diakses melalui jalur batu loncatan kontemporer.

Saat memutuskan jenis jalan setapak yang akan dimasukkan ke dalam taman Kamu, ingatlah gaya lanskap Kamu (termasuk spesies tanaman) untuk mempertahankan tampilan yang konsisten.

7. Batu Loncatan Persegi

Source : Design Therapy

Satu set batu loncatan persegi besar menyediakan jalan melalui taman depan menuju pintu depan rumah menawan ini. Garis-garis yang bersih dan penempatan batu yang linier cocok dengan fasad rumah Kamu, menciptakan tampilan yang bersih.

8. Model Batu Bata

Source : Tobermore

Jalan setapak dari batu bata yang berkelok-kelok menawarkan beragam pemandanganhalaman belakang, menciptakan sudut luar ruangan kecil untuk dijelajahi saat Kamu berjalan-jalan. Jalan setapak mengelilingi serangkaian dinding penahan batu, memberinya tinggi dan dimensi serta menonjolkan pepohonan berbunga.

Itulah dia desain batu pijakan taman minimalis, semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download