BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Bunga Teras Rumah Minimalis Yang Minim Perawatan
0
0

10 Bunga Teras Rumah Minimalis Yang Minim Perawatan

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 29, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
tips mendesain teras rumah minimalistop-right-banner

Sedang mencari bunga teras rumah minimalis? Tenang, pilihannya ada banyak, kok. Mulai dari tanaman dengan bunga warna-warni hingga tanaman yang daunnya bercorak cantik.

Yang perlu diingat, tanaman hias butuh perawatan secara berkala. Jadi, pastikan kamu punya komitmen untuk merawatnya, minimal dengan menyiram secara rutin.

Lewat fitur PinValue, kamu bisa menemukan hunian dekat Luwes Mall Boyolali, rumah bekas di Kec Bandung Kidul atau perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa yang memiliki teras dan halaman lapang sehingga bisa meletakan banyak tanaman.

Bunga Teras Rumah Minimalis

Nah, kalau kamu baru pemula dalam hal merawat tanaman hias, kamu bisa coba bunga teras rumah minimalis yang minim perawatan. Mau tahu apa saja rekomendasi tanamannya? Yuk, simak daftar berikut ini.

1. Aglaonema

Source : Wikimedia Commons

Jenis Aglaonema memang beragam namun tipe Aglaonema Super White dengan warna daun hampir putih semua dan goresan hijau halus sering jadi pilihan. Dalam perawatannya mudah yakni hanya perlu menyiram tanaman ini saat media tanamnya sudah kering. Jauhkan dari sinar cahaya matahari langsung dan beri pupuk agar bisa tumbuh lebat.

Baca juga: 15 Inspirasi Model Teras Rumah Panjang yang Menarik

2. Sirih Gading

Source : Pxhere

Sirih Gading bisa kamu tanam di media tanam tanah maupun air. Warna daunnya cantik dan memiliki fungsi mampu menyerap polusi dan kotoran sehingga udara jadi lebih segar.

3. Calathea

Source : Unsplash

Warna daun dari tanaman Calathea lumayan unik khususnya yang tipe Calathea Crimson. Daun tanaman ini memiliki perpaduan warna pink atau ungu cerah dengan hitam. Saat malam hari daunnya akan menguncup dan mekar lagi di pagi hari.

4. Zamia Zamioculcas (ZZ Plant)

Source : Freepik

Rekomendasi bunga teras rumah minimalis pertama adalah Zamia Zamioculcas atau ZZ plant. Kamu mungkin belum pernah melihat tanaman satu ini berbunga.

Ya, ZZ plant memang disukai bukan karena bunganya, melainkan bentuk daunnya dan perawatannya yang mudah. Tanaman ini sangat tahan banting dan bisa bertahan meski hanya disiram seminggu sekali. Cocok banget nih buat kamu yang hanya sempat merawat tanaman di akhir pekan.

Zamia bisa ditempatkan di area teras yang teduh ataupun di dalam ruangan. Hanya saja, baik daun maupun dahan tanaman ini beracun apabila dimakan. Kalau ada anak kecil ataupun hewan peliharaan di rumah, jauhkan tanaman ini dari jangkauan mereka, ya!

5. Sansevieria atau Lidah Mertua

Source : Freepik

Lebih dikenal dengan nama lokal lidah mertua, sansevieria sebetulnya adalah kelompok tanaman yang variasinya banyak sekali. Ada yang tanamannya tinggi, pendek, daun lebar, daun seperti tombak, dan sebagainya.

Tanaman ini juga punya nama lain snake plant karena corak pada daunnya yang menyerupai ular. Kendati demikian, ada juga varian sansevieria yang tidak bercorak, seperti sansevieria moonshine yang berwarna putih keperakan.

Cocok dipilih sebagai bunga teras rumah minimalis, sansevieria juga tahan banting dan minim perawatan. Disiram seminggu sekali pun mereka tetap bisa bertahan. Selain cantik untuk menghias teras, sansevieria juga menyaring racun di udara lho.

Hanya saja, tanaman ini justru tidak tahan dengan kadar air yang tinggi. Jadi, saat musim hujan, jauhkan sansevieria dari tempias di teras. Sebab, kalau media tanamnya basah terlalu lama, sansevieria bisa membusuk.

Baca juga: 12 Desain Lampu Teras yang Unik dan Menarik

6. Petunia

Source : Freepik

Tanaman satu ini juga cantik sekali untuk bunga teras rumah minimalis. Namanya petunia dan terdiri dari berbagai macam variasi warna. Mulai dari merah, putih, ungu, dan perpaduan warna-warni.

Petunia bisa dibeli di toko tanaman hias terdekat dalam kondisi sudah berbunga. Jadi, kamu tinggal memajangnya saja di teras, baik diletakkan di lantai teras, digantung di serambi, ataupun ditempel di dinding.

Berbeda dengan rekomendasi bunga teras rumah minimalis sebelumnya, petunia perlu disiram setiap hari. Idealnya waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah di pagi hari atau di sore hari.

7. Kaktus dan Succulents

Source : Freepik

Rekomendasi bunga teras rumah minimalis berikutnya adalah jenis tanaman kaktus dan succulents. Kamu pasti tahu kan kalau tanaman ini lebih suka media tanam yang kering, sehingga tidak perlu sering disiram. Cocok banget nih buat kamu yang tidak suka repot.

Tanaman jenis ini juga hadir dengan banyak pilihan menarik, mulai dari yang berukuran besar hingga kecil mungil. Untuk teras rumah minimalis, kaktus yang tinggi ramping seperti kaktus cowboy bisa jadi pilihan tepat. Kaktus jenis ini juga tidak memiliki duri tajam sehingga aman untuk ditempatkan di teras.

Beragam succulents juga bisa jadi pilihan unik untuk menghias teras. Padukan dengan pot-pot bermotif cantik, lalu tata dengan apik di meja atau rak agar tampilannya makin menawan.

8. Adenium

Source : Shutterstock

Suka tanaman berbunga tapi tak punya banyak waktu untuk merawatnya? Adenium bisa jadi pilihan bunga teras rumah minimalis. Bentuk pohonnya unik menyerupai bonsai dengan jumlah daun yang sedikit.

Kebutuhan airnya juga tidak banyak, jadi kamu tidak perlu menyiraminya setiap hari. adenium juga bisa bertahan di teras yang panas dengan matahari terik sepanjang hari.

Menariknya lagi, adenium punya bunga yang meriah dengan pilihan beragam warna. Ada adenium putih, pink, merah, bahkan adenium batik yang bunganya merupakan perpaduan dua warna. Cantik!

9. Peace Lily

Source : Shutterstock

Rekomendasi bunga teras rumah minimalis berikutnya adalah peace lily. Tanaman ini punya daun hijau rimbun yang tetap cantik meski belum berbunga. Saat sudah berbunga, warnanya putih bersih dan kontras dengan daunnya yang hijau.

Peace lily termasuk tanaman yang mudah dirawat dan tidak perlu perhatian khusus. Kamu hanya perlu menyiramnya setiap 2-3 hari sekali.

Uniknya, peace lily akan memberi tanda kalau dia sudah mulai kehausan. Daunnya akan lunglai dan layu. Namun, jangan khawatir. Setelah disiram, peace lily yang lunglai akan kembali segar seperti semula, kok!

10. Scindapsus

Source : Shutterstock

Tanaman yang cantik meski tanpa bunga, itulah scindapsus yang daunnya memiliki corak warna unik. Perpaduan warna silver dan hijau pada daunnya membuatnya diberi nama lain silver vine.

Perawatannya mudah karena tanaman ini bisa ditanam di tanah maupun di media air. Penyiramannya pun cukup 2-3 hari sekali.

Seperti halnya peace lily, scindapsus akan memberi tanda ketika dia kekurangan air dan perlu disiram. Scindapsus yang kehausan, daunnya akan menggulung yang artinya sudah waktunya untuk disiram.

Itu dia beberapa rekomendasi bunga teras rumah minimalis yang mudah dirawat. Di antara 10 tanaman di atas, mana saja yang kamu suka?

Baca juga: 10 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Rooftop


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mutiara Gading City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download