21 Inspirasi Desain Kolam Taman Minimalis yang Unik dan Eksotis!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti ∙ 2 December 2021 ∙ 8 menit membaca

Keberadaan kolam ikan di rumah bisa menjadi suatu sumber ketenangan, inspirasi, dan kesegaran Pins! Membangun kolam taman minimalis di rumah juga bisa menjadi solusi untuk mempercantik tampilan depan rumah. Saat ini tentu sudah banyak desain kolam minimalis yang dapat diterapkan dengan berbagai konsep yang unik.

Membuat kolam taman minimalis tentu tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan Pins! Penerapan desain yang sesuai dengan model rumah yang ditempati tentu menjadi sumber keindahan yang akan membuat taman terlihat unik. Yuk, simak beberapa model kolam taman minimalis berikut ini!

Baca juga:

21 Inspirasi Desain Kolam Taman Minimalis

Pins pasti sudah mempunyai beberapa gambaran untuk menciptakan kolam taman minimalis di rumah kan? Untuk membuat desain yang lebih unik dan eksotis Pins bisa menerapkan beberapa konsep kolam minimalis berikut ini!

Kolam Ikan di Belakang Rumah

(Sisiruang)

Punya space tak terpakai di belakang rumah Pins? Cobalah untuk mengubahnya menjadi kolam taman minimalis yang menyegarkan. Pins bisa mencontoh kolam ikan berbentuk persegi panjang di atas. Dengan sedikit dekorasi, kamu akan memiliki kolam ikan unik dan tidak terlalu mencolok.

Kolam Ikan Koi Mini yang Cantik

(Bukalapak)

Memiliki kolam taman minimalis untuk ikan koi yang cantik tentu dapat menyegarkan suasana di rumah. Sebagai salah satu bagian rumah yang dapat membangkitkan kembali semangat dan energi positif. Pins bisa membuat kolam minimalis ikan koi minimalis yang cantik berikut ini. Semua koleksi ikan milik Pins akan terlihat lebih jelas dan berwarna terang. Hal terpenting dari kepemilikan kolam ikan dengan material kaca adalah Pins harus merawatnya dan membersihkan secara berkala agar kolam tidak kotor. 

Baca juga:

Kolam Ikan Modern dengan Sentuhan Kaca

(99.co)

Saat ini tentunya terdapat berbagai macam model kolam taman minimalis yang bisa Pins aplikasikan di rumah. Salah satunya adalah kolam minimalis dengan sentuhan gaya modern yang didominasi oleh kaca.

Kolam Ikan dengan Kayu yang Estetik

(Courtina)

Untuk Pins yang ingin mempunyai kolam ikan tetapi tidak mau repot, kamu bisa pertimbangkan untuk memasang kolam minimalis dengan konsep kayu. Selain dapat memanjakan mata, menggunakan material kayu juga bisa menambahkan kesan earthy.

Baca juga:

Kolam Ikan dengan Air Terjun Mini

(Pinterest)

Pins ingin mempunyai kolam taman minimalis yang unik? Yuk, coba tambahkan air terjun mini pada sisi kolam minimalis untuk mempercantik tampilannya. Selain untuk mempercantik tampilan, air mancur juga dapat menyegarkan pikiran dari suara gemericik air yang dihasilkan.

Kolam Ikan Indoor

(Trendir)

Pins memiliki sedikit ruang tersisa di bagian dalam rumah? Ternyata kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat kolam taman minimalis indoor yang unik. Konsepnya cukup sederhana saja Pins asalkan ornamen pada kolam ikan minimalis tersebut terlihat unik dan eye-catching.

Alih-alih menaruh ruang TV di sudut rumah, Pins dapat menaruh kolam ikan minimalis sederhana di bagian ruang keluarga. Suasana hening dan nyaman akan menambah keeratan dalam keluarga saat Pins berbincang-bincang manis sambil menyantap makanan.

Kolam Ikan Mini

(Pinterest)

Membangun kolam ikan tidak harus besar dan megah, Pins. Kolam ikan minimalis seperti gambar di atas juga bisa menjadi ide yang menarik. Kolam ikan mini bisa ditempatkan di taman atau area rumah manapun. Pastikan kamu memilih ikan-ikan berukuran kecil supaya masih bisa berenang bebas, ya!

Baca juga:

Kolam Ikan dengan Batu Alam

(Pinterest)

Kolam ikan dengan konsep batu alam memang banyak dijadikan inspirasi untuk pembuatan kolam minimalis di rumah. Selain mempercantik tampilan depan rumah, kolam ikan batu alam juga membuat suasana khas pegunungan nyata berada di dalam rumah.

Kolam Ikan untuk Jalur Akses Rumah

(Pinterest)

Nah, untuk Pins yang menginginkan suasana rumah yang unik dan tidak biasa. Pins bisa memilih desain kolam ikan yang dipakai untuk jalur keluar masuknya penghuni ke dalam rumah. Kolam ikan minimalis yang dibuat cukup besar dapat menambah kesan hidup pada rumah milik Pins. Walau untuk sebagian orang desain seperti ini cenderung terkesan tidak praktis, tetapi banyak juga yang menyukainya karena membuat rumah terlihat seperti tempat berlibur yang menyenangkan.

Kolam Ikan Minimalis dengan Konsep DIY

(Decoist)

Bagi Pins yang ingin memiliki kolam ikan minimalis dengan teknik DIY (Do IT Yourself), Pins bisa memulainya dari barang-barang yang tidak terpakai di rumah ataupun membelinya dengan harga yang cenderung lebih terjangkau. Salah satu contohnya dengan penggunaan tong besi bekas dengan ukuran yang disesuaikan. Kolam ikan milik Pins yang tidak biasa ini akan menjadi daya tariknya tersendiri dengan penambahan tanaman rambat yang biasa hidup di air. Seperti Teratai, Apu-apu, Lotus dan masih banyak lagi. 

Baca juga:

Kolam Ikan Outdoor dengan Gazebo

(Pinterest)

Selanjutnya ada model kolam ikan minimalis yang pas untuk ditaruh di ruangan outdoor milik Pins. Dengan perpaduan desain gazebo yang cantik, kolam ikan milik Pins akan terlihat mencolok. Selain itu, desain kolam ikan minimalis seperti ini dapat dijadikan spot istirahat favorit pada rumah Pins.

Kolam Ikan di Sudut Taman

(Pinterest)

Kolam ikan seperti ini, biasanya berada di sudut ruangan halaman belakang rumah Pins. Desain kolam ikan minimalis sederhana dengan konsep yang simpel menjadi andalan para pemilik rumah minimalis yang tidak menyukai corak berlebih di dalam rumah. Seperti contoh di atas yang mengadaptasi batu granit pada material kolam dan hiasan tanaman hias simpel sebagai pendukung.

Kolam Ikan dengan Konsep Short Aquarium Style

(Pinterest)

Pins ingin membuat desain kolam taman minimalis yang unik? Yuk, coba untuk mendesainnya dengan konsep short aquarium style berikut ini. Seperti sedang memajangkan ikan di aquarium, desain yang dimilikinya sangat unik dengan penambahan batuan alam yang indah.

Baca juga:

Kolam Ikan dengan Desain Alami

(Pinterest)

Untuk memunculkan kesan yang alami, Pins bisa menambahkan beberapa batuan alam, rumput, juga air mancur pada kolam minimalis di rumah. Cara ini tentu akan membuat suasana bersantai menjadi lebih sejuk dan nyaman.

Kolam Ikan dengan Konsep yang Elegan

(Archute.com)

Menambahkan kesan elegan pada kolam taman minimalis tentu sangat mudah Pins! Salah satu caranya adalah dengan menambahkan sisi kolam dengan ornamen yang unik dan mewah seperti pada gambar di atas.

Kolam Ikan dengan Jembatan yang Unik

(Hipwee)

Siapa sangka hanya dengan menambahkan jembatan pada area kolam, Pins sudah bisa mendapatkan kesan unik yang tidak biasa. Jembatan bisa dijadikan sebagai pijakan untuk akses antara rumah dengan kolam ataupun sekedar dijadikan hiasan.

Kolam Ikan dengan Konsep Sungai

(Sejasa)

Memberikan kesan alami pada kolam taman minimalis bisa dilakukan dengan berbagai cara yang menarik. Salah satunya adalah dengan menggunakan konsep sungai yang indah dan unik seperti gambar di atas Pins. Dijamin Pins akan merasakan suasana alami yang menyegarkan dan dapat membantu untuk menenangkan pikiran.

Baca juga: 

Kolam Ikan dengan Konsep Parit

(Brilio)

Tidak memiliki lahan yang luas untuk membuat kolam taman minimalis? Jangan khawatir Pins! Yuk, coba gunakan konsep parit untuk kolam ikan seperti gambar di atas. Selain dapat menghemat ruang, konsep yang digunakan juga bisa meningkatkan keindahan pada taman depan rumah.

Kolam Ikan dari Pot Bunga Bekas

(Bukalapak)

Memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah bisa menjadi solusi untuk menghemat pengeluaran Pins! Salah satu kegunaannya adalah untuk menggunakan pot bunga bekas sebagai kolam ikan mini yang unik. Selain terkesan alami, konsep yang satu ini juga bisa memperindah tampilan taman di depan rumah.

Kolam Ikan di Lorong Rumah

(Arsitag)

Bagi Pins yang mempunyai lahan taman luas, cobalah untuk membangun kolam taman minimalis yang unik. Untuk membuat tampilan rumah lebih estetik, unik, dan indah, kamu bisa menempatkan kolam ikan persis di depan pagar rumah. Jadi setiap orang yang masuk ke rumah akan merasakan suasana segar karena mata mereka langsung disambut dengan gemercik air kolam dan ikan-ikan cantik.

Kolam Ikan dengan Konsep Bambu

(Temonggo)

Ingin mengkreasikan kolam dengan tampilan unik yang lain? Opsi ini bisa Pins gunakan dalam membuat kolam. Desain kolam ikan menggunakan bambu bisa membuat taman terasa lebih asri. Hal ini karena kamu menggunakan material yang menyatu dengan alam. 

Itulah beberapa ide untuk membuat konsep taman minimalis di rumah agar Pins bisa mendapatkan tampilan rumah yang lebih unik, elegan, dan eye-catching. Tentunya, membuat kolam minimalis bisa dilakukan dengan berbagai cara yang unik dengan mengembangkan kreativitas Pins. Selamat mencoba!

Baca juga: 

Featured Image Source: Trendir


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia