47 Tanaman Hias Outdoor Rumah Yang Mudah Dirawat

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi ∙ 27 November 2020 ∙ 20 menit membaca

Menanam tanaman hias outdoor di halaman rumah memang membuat rumah tampak indah dan menjadikan lingkungan rumah lebih asri serta sejuk. Terlebih lagi, macam-macam tanaman hias yang ditanam cukup beraneka ragam akan memperlihatkan taman yang lebih hidup dan alami.

Mengingat ada cukup banyak contoh tanaman hias outdoor yang bisa Pins pilih untuk halaman rumah, simak daftar lengkapnya di bawah ini, yuk!

Baca juga:

Jenis Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Dirawat

Pins tahu tidak kalau ada begitu banyak macam-macam tanaman hias outdoor yang mudah dirawat. Selain itu, beberapa varian di bawah ini sangat beragam dan bisa Pins kombinasikan untuk menciptakan keindahan di halaman rumah.

Meski begitu, Pins tetap harus memerhatikan kapasitas tanaman hias dengan luas taman rumah. Hindari jenis tanaman hias yang bisa tumbuh sangat besar, terutama ketika memiliki taman depan rumah yang sempit. Berikut ini deretan tanaman yang bisa Pins tanam di pot depan rumah.

Bunga Tabebuya

Tabebuya
unsplash

Salah satu tanaman hias yang bisa membuat halaman depan rumah menjadi indah adalah bunga tabebuya. Tabebuya adalah sebuah pohon yang memiliki bunga yang mirip dengan bunga sakura jika dilihat dari kejauhan. Layaknya sakura, bunga tabebuya juga akan memenuhi ranting pohon saat bersemi.

Bunganya berbentuk terompet dan paling umum ditemui dengan warna pink. Namun, sebenarnya tak hanya pink, tabebuya juga memiliki warna bunga lain yang sangat mencolok dan terang, seperti, kuning, dan juga putih, sangat menarik dipandang mata. Mengingat pohonnya yang bisa tumbuh tinggi, bunga tabebuya cocok ditanam dikebun rumah yang cukup luas atau didepan rumah kamu.

Baca juga: Kumpulan Contoh dan Tips Membuat Taman Rumah Sederhana

Pakis Jepang

Pakis Jepang masuk dalam jajaran tanaman hias yang bagus ditanam di luar rumah. Tumbuhan pakis identik dengan bentuk daun yang berenda dan tumbuh merayap di tanah yang lapang. Namun, pakis jepang memiliki perbedaan dari tumbuhan pakis pada umumnya.

Pakis jepang terlihat lebih unik karena memiliki warna daun yang cukup unik seperti dicat ungu keperakan (silver). Meski tergolong tanaman hias outdoor yang kecil, pakis jepang mampu mempercantik tampilan kebun rumah kamu.

Tanaman hias ini cocok diletakkan di tempat agak teduh, namun tetap terkena sinar matahari. Pastikan tanahnya dalam kondisi lembap yang konsisten. Jangan sampai tanah dibiarkan kering karena daun pakis Jepang akan kehilangan warnanya menjadi cokelat.

Cemara Angin

Jika Pins memiliki halaman belakang atau depan rumah yang luas, menanam cemara angin bisa menjadi solusi yang tepat. Pohon yang tahan terhadap cuaca panas ini bisa tumbuh hingga 5 meter dengan daun tipis dan lembut, serta mudah bergoyang saat tertiup angin.

Jenis cemara ini bisa digunakan sebagai penghias halaman depan rumah agar terlihat lebih teduh dan menyaring debu dari jalan. Apalagi kalau rumah kamu berada tepat di pinggir jalan besar. Untuk tumbuh subur, tanaman bernama latin Casuarina junghuhniana atau Casuarina equisetifolia ini membutuhkan sinar matahari dan penyiraman teratur.

Bunga Geranium (Tapak Dara)

Bunga Geranium atau sering dikenal dengan nama tapak dara adalah salah satu contoh tanaman hias outdoor yang mampu mempercantik tampilan luar rumah kamu. Tanaman satu ini memiliki warna bunga yang beragam dengan aroma yang wangi.

Umumnya, bunga Geranium berwarna merah kejinggaan, dengan ujung putih. Jika kebun rumah kamu dipenuhi dengan bunga ini, kebun kamu akan terlihat sangat cantik dan indah. Menariknya, bunga geranium juga dapat dijadikan tanaman hias pengusir nyamuk. Tanaman yang satu ini cocok sekali ditanam pada wilayah tropis seperti Indonesia ini, sebab dapat beradaptasi dengan sangat baik dalam cuaca panas.

Bambu Kuning Mini

Bambu kuning merupakan jenis tanaman hias lainnya yang bisa Pins manfaatkan untuk mempercantik tampilan luar hunian. Tanaman yang masuk dalam jenis bambu hias ini memiliki cabang berwarna kuning, batang berukuran kecil, dan tumbuh tidak begitu besar.

Bambu kuning mini bagusnya ditanam berjajar dan berkelompok agar terlihat indah merumpun. Tanaman ini cocok juga dijadikan sebagai tanaman pembatas. Bambu ini bisa tumbuh maksimal hingga tinggi 3 meter aja. Manfaat lainnya dari bambu hias ini adalah sebagai penahan angin dan tentunya mengurangi polusi udara dan suara.

Baca juga: 18 Jenis-Jenis Lampu Dekorasi Taman untuk Halaman Rumah

Canna

Canna merupakan salah satu tanaman hias daun lebar dengan guratan kuning dan hijau yang sangat halus. Tanaman satu ini memiliki bentuk daun yang menyerupai daun pisang namun dengan ukuran yang lebih kecil. Canna juga memiliki bunga berwarna merah, kuning, dan oranye yang mencolok.

Meski berbunga, banyak orang memilih memangkas tangkai bunganya agar Canna dapat fokus tumbuh di bagian daun. Canna sangat cocok ditanam di wilayah tropis karena menyukai cuaca panas dan air.

Kaktus Belimbing 

Kaktus belimbing merupakan tanaman hias yang bisa Pins pilih untuk sebagai tanaman dalam rumah maupun di halaman, lho. Tanaman jenis sukulen ini bisa mempercantik tampilan rumah dan bisa tumbuh hingga mencapai 10 meter.

Dengan nama latin Cereus peruvianus, kaktus Belimbing sangat menyukai cahaya matahari namun kurang suka banyak air. Kaktus belimbing juga akan tumbuh bercabang jika titik tunasnya dirusak.

Bayam Merah

Berbeda dengan bayam merah sayur, tanaman ini bukan untuk dikonsumsi. Tanaman hias outdoor daun merah ini cocok ditanam sebagai hiasan taman dan biasa digunakan sebagai tanaman penutup tanah (ground cover). Bahkan, Pins bisa memanfaatkan tanaman ini sebagai pagar pendek, nih.

Jika ingin menanam bayam merah, Pins harus memastikan tanaman ini dapat sinar matahari yang cukup, agar daunnya tidak terlihat kusam dan buram. Bayam merah ini sangat mudah dikembangbiakan, mudah ditanam, dan cepat tumbuh.

Palem Sikas Mini

Palem Sikas Mini juga merupakan salah satu jenis tanaman hias yang mampu memberikan kesan asri pada taman rumah. Tanaman palem satu ini memiliki kesan rapih, mewah dan elegan. Daunnya berwarna hijau gelap namun terlihat mengkilat dari kejauhan, panjang daunnya pun bervariasi.

Ciri umum inilah yang membuat palem sikas mini mudah dikenali dikalangan penghobi atau kolektor tanaman hias di seluruh dunia. Meskipun ditanam sendirian, palem sikas ini sudah cukup membuat lingkugan menjadi asri. Pohon palem sikas mini sebenarnya bisa saja tumbuh menjadi pohon besar, tapi itu butuh waktu yang sangat lama, hingga puluhan atau bahkan ratusan tahun.

Bunga Kamboja

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari
photo via teahub.io

Bagi Pins yang menginginkan taman mini outdoor bernuansa Bali bisa memilih tanaman hias Bunga Kamboja. Meski dianggap sebagai bunga mistis, Kamboja bisa mempercantik tampilan rumah lebih indah.

Bagaimana tidak, bentuk tanaman hias ini bisa kecil dan juga besar, dengan daun jarang namun lumayan tebal. Bunganya harum ketika dicium dan sangat khas. Warna bunganya pun bervariasi, mulai dari pink, merah, kuning hingga putih. Cara merawatnya juga sangat mudah, bahkan bunga kamboja masih bisa tumbuh subur walau jarang disiram.

Baca juga: 17 Inspirasi Desain Air Mancur Minimalis Untuk Taman Rumahmu!

Paku Tanduk Rusa

Paku Tanduk Rusa yang memiliki nama ilmiah Staghorn ferns merupakan jenis tanaman hias yang cara hidupnya menempel pada tanaman lain, tapi bukan sebagai parasit. Tanaman hias ini juga dikenal dengan nama Simbar Menjangan dengan bentuk khas bercabang dan menjuntai, mirip tanduk rusa.

Tanaman tanduk rusa ini tergolong dalam marga Platycerium. Cara merawat paku tanduk rusa pun tergolong mudah, yaitu meletakkan tanaman ini di tempat yang mendapat sinar matahari dan rutin disiram.

Tanaman Aglaonema

Aglaonema atau Sri Rejeki menjadi salah satu macam tanaman hias outdoor dengan dua warna pada daunnya. Daun Aglaonema terdiri dari kombinasi warna hijau terang dengan gelap, krem dengan hijau, dan hijau dengan merah.

Tanaman ini masuk ke dalam tanaman yang cepat dan baik tumbuh di tempat tropis sepeti Indonesia ini. Menariknya, sebagian orang menganggap tanaman ini bisa membawa keberuntungan.

Bunga Euphorbia

Bunga Euphorbia adalah tanaman yang memiliki duri pada batangnya. Namun, bunga ini menjadi pilihan yang tepat untuk menciptakan taman minimalis kamu karena terdiri dari dua ribuan spesies dengan aneka warna, seperti merah, hijau, ungu, dan coklat.

Selain itu, Euphorbia masuk ke dalam jenis bunga yang tak suka dengan air yang terlalu banyak. Sinar matahari penuh pun sangat dibutuhkan agar pertumbuhan bunga ini menjadi maksimal. Tidak hanya sebagai tanaman hias, bunga Euphorbia ini bermanfaat untuk obat herbal. Banyak penyakit yang bisa sembuh dengan bunga yang satu ini, seperti diare, malaria, bahkan hingga hepatitis.

Heliconia

Tanaman hias outdoor selanjutnya yang mampu mempercantik taman rumah kamu adalah Heliconia. Heliconia merupakan tanaman dari keluarga Heliconiaceae. Tanaman heliconia ini mirip seperti pohon pisang, dimana batangnya juga berpelepah dan daunnya juga mirip seperti pohon pisang. Jadi, tidak heran jika tanaman Heliconia juga kerap disebut sebagai tanaman pisang-pisangan.

Heliconia memiliki bunga yang cantik sehingga memberikan kesan keindahan tersendiri bagi setiap tempat yang ditanami bunga ini. Heliconia ini merupakan tumbuhan yang tumbuh di daerah tropis. Pins juga bisa memanfaatkan tanaman hias ini untuk menyerap polusi udara yang ada di sekitar pekarangan rumah.

Kamboja Jepang

Kamboja Jepang atau Adenium obesum merupakan salah satu dari jenis tanaman hias yang sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias. Tanaman hias ini memiliki bonggol yang lebih besar dan kelebihannya bisa dibentuk sesuai keinginan. Walaupun tanpa dibentuk bonggol, Kamboja Jepang sudah terbilang menarik.

Bunga Kamboja Jepang mempunyai warna yang beragam dan tergantung dari jenis adenium tersebut. Selain itu, memiliki motif dan corak yang beragam.

Di Indonesia sendiri Kamboja Jepang sering kita jumpai di pekarangan rumah. Kamboja jepang biasa ditanam di halaman karena bunganya yang dapat mempercantik rumah. Perawatan Kamboja Jepang juga mudah karena memiliki sistem penyimpanan air pada batangnya saat musim kemarau.

Baca juga: 9 Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah yang Indah dan Hijau

Alamanda

Aneka Jenis Tanaman Bunga Warna Warni Untuk Taman
photo via plantsnap.com

Ingin memiliki tanaman hias yang cantik di taman dan terus berbunga tanpa mengenal musim? Pins bisa menanam bunga alamanda. Bunga alamanda dalam bahasa ilmiah Allamanda cathartica merupakan tanaman hias yang juga sering disebut dengan nama terompet emas, bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup.

Tumbuhan dari Brazil ini sering digunakan sebagai tanaman hias karena bentuk bunganya yang menarik seperti terompet. Bunga ini hadir dengan warna yang beragam, tetapi yang umum di Indonesia adalah wana kuning dan pink. Tanaman satu ini bisa tumbuh rindang dan merambat dengan bunga-bunga yang tumbuh lebat, sehingga cocok ditanam untuk mempercantik rumah.

Pisang Calathea

Calathea atau tanaman dengan nama ilmiah calathea lutea ini mempunyai daun yang mirip dengan daun pisang. Bila diperhatikan dengan seksama, daun Calathea cenderung lebih lebar dan lebih pendek dengan warna hijau yang lebih cerah.

Tanaman ini dapat tumbuh dari 1,8 meter sampai 3 meter sehingga cocok untuk menghijaukan pekarangan rumah. Tanaman hias ini ini akan tumbuh di bawah sinar matahari sampai setengah teduh. Calathea juga dapat tumbuh dengan baik pada media pot atau pekarangan rumah, di bawah naungan ataupun langsung terkena sinar matahari.

Lidah Mertua

Satu lagi tanaman hias outdoor yang bagus ditanam dipekarangan rumah adalah lidah mertua atau Sansevieria. Tanaman hias satu ini sangat efektif sebagai sarana penghijauan sebab punya kemampuan untuk menyerap karbon dioksida dalam jumlah besar. Disebut dengan lidah mertua karena daunnya yang berbentuk pedang hijau yang tumbuh tegak, dan hampir menyerupai dedaunan buatan.

Bentuk lidah mertua sebenarnya menyerupai lidah dengan ujung yang tajam mirip lidah para mertua yang kontra dengan menantunya. Jenis Lidah Mertua yang paling umum, yakni daun hijau ramping dengan garis horizontal abu-abu atau perak. Tanaman ini dapat tumbuh baik di area yang kurang cahaya.

Pakis Haji

Pakis Haji bisa menjadi alternatif tanaman outdoor yang tepat untuk halaman hunian Pins. Pasalnya, tanaman ini berbentuk estetik dan bisa menciptakan kesan minimalis pada taman depan rumah.

Sekilas, pakis haji mirip seperti palem ataupun pohon kelapa, tetapi pakis haji ini tumbuh kerdil dan tidak tinggi seperti pohon kelapa. Jadi, cocok ditanam di area taman minimalis.

Kamu bisa menanam pakis haji dengan dilengkapi batu kerikil. Selain berfungsi untuk menghangatkan pakis haji, batu kerikil akan memberikan kesan yang indah pada taman rumah kamu.

Pohon Awan Topiary

Jenis pohon awan topiary juga menjadi salah satu jenis tanaman hias yang cocok ditanam di taman depan rumah yang minimalis. Pohon ini memiliki beragam bentuk yang unik dan lucu, mulai dari bentuk awan yang merupakan bentuk alaminya sampai bentuk bola simetris hingga mengerucut.

Sekilas mirip dengan bonsai, tetapi tanaman ini lebih fokus pada bentuk ranting dan dedaunannya, bukan bentuk batang seperti bonsai. Dengan bentuk yang unik, jenis tanaman ini bisa menjadi suatu ornamen penghias di taman rumah yang minimalis.

Baca juga: 10 Inspirasi Taman Belakang Rumah Minimalis

Pohon Bonsai

Jika memiliki taman depan rumah yang super kecil sehingga tidak memungkinkan untuk menghadirkan banyak tanaman, Pins bisa memilih jenis pohon bonsai dalam pot. Tanaman ini bisa difungsikan sebagai focal point pada taman minimalis kamu.

Kamu juga bisa membuat dudukan tanaman hias setinggi 1 meteran untuk menempatkan pohon bonsai kamu. Setelahnya, Pins cukup menghijaukan taman depan rumah dengan jenis rumput yang kamu suka. Bentuknya yang unik dan indah membuat bonsai banyak dipilih untuk menghiasi taman minimalis. Bonsai juga memiliki beragam spesies yang bisa kamu pilih sesuai selera lho!

Bambu Air

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah
photo via xuehua.us

Bagi Pins yang ingin memiliki tampilan taman depan rumah yang minimalis, coba tanam tanaman bambu air di sisi taman. Sesuai namanya, bambu air yang juga disebut Equisetum Hyemale ini merupakan tanaman yang bisa tumbuh ditempat yang tergenang air.

Warnanya yang hijau dengan bentuk batang kurus dan kecil membuat tanaman ini terlihat minimalis dan sangat cocok menjadi taman hias di depan rumah, nih.

Bougenville

Meski disebut sebagai bunga kertas, Bougenville menjadi contoh tanaman hias outdoor yang bisa Pins jadikan pilihan. Tanaman hias ini memiliki beragam jenis dan warna bunga yang cantik sehingga cocok dijadikan sebagai pemanis taman kamu yang hijau. Kamu bisa menanamnya didalam pot ataupun menanamnya untuk dijadikan tanaman pagar.

Palem Botol 

Siapa sih yang nggak tahu palem botol? Ini merupakan salah satu jenis tanaman palem yang paling digemari banyak orang untuk menghias taman. Sesuai namanya, palem botol mempunyai keunikan pada bagian batangnya yang menggembung mirip botol. Berkat keunikannya, palem botol kerap kali dipilih sebagai penambah unsur estetika pada sebuah taman minimalis.

Baca juga: 10 Inspirasi Taman Mini Belakang Rumah, Mungil dan Cantik!

Hingkip Mirten

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah
photo via tangboonsiewtrading.com

Macam-macam tanaman taman outdoor depan rumah yang bisa kamu pertimbangkan selanjutnya adalah tanaman hingkip mirten. Tanaman ini memiliki nama ilmiah serissa foetida variegated dan kerap diburu karena bisa dijadikan sebagai bonsai.

Tanaman ini memiliki cabang-cabang yang kecil simetris dengan daun yang terang sehingga akan sangat mencolok ketika ditempatkan pada suatu area taman. Pada saat dewasa tanaman ini dapat membentuk seperti kotakan yang lebat dan bisa dipangkas dengan bentuk sesuai selera.

Menariknya, tanaman ini sangat mudah dipadukan dengan berbagai komponen taman lain seperti aneka jenis ground cover, kerikil, dan lainnya. Dengan begitu, taman depan rumah akan tampak lebih estetik.

Cemara Udang

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah
photo via shopee.co.id

Cemara Udang juga menjadi salah satu jenis tanaman hias yang cocok untuk taman depan rumah. Ini karena cemara udang berukuran kecil sehingga kerap dijadikan sebagai tanaman bonsai.

Pohon cemara udang atau biasa disebut dengan cemara laut ini memiliki ciri khas yang unik dimana bentuk batangnya berbonggol-bonggol, daunnya pun tumbuh menyerupai kawat dan berduri. Bentuknya inilah yang membuatnya dijuluki cemara udang. Tanaman ini lebih baik ditanam di taman depan rumah dalam bentuk bonsai karena terlihat lebih indah dan memberikan kesan estetik pada taman kamu.

Cemara Kipas

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah
photo via sma2salatiga.sch.id

Jika Pins memiliki lahan terbatas untuk menanam tanaman hias, cemara kipas bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, Pins bisa membatasi pertumbuhan cemara ini agar tidak terlalu besar dan memakan tempat.

Sesuai namanya, cemara kipas ini memiliki bentuk daun yang mirip kipas. Cemara kipas bisa berfungsi sebagai pagar rumah dan juga membuat rumah menjadi lebih sejuk dan estetik.

Suplir

Biar taman depan rumah terlihat menarik, kamu juga bisa menempatkan tanaman suplir dalam pot hias di beberapa sudut taman outdoor rumah. Jenis tanaman ini memiliki karakter daun yang rimbun namun estetik berwarna hijau segar. Selain menambah kesan estetik, tanaman suplir ini dapat memberikan kesejukan di halaman depan.

Krisdoren

Krisdoren merupakan tanaman berjenis pakis asparagus yang ternyata berasal dari keluarga Lili. Ciri khas dari tanaman hias krisdoren ini memiliki bentuk daun seperti jarum-jarum kecil dengan batang melengkung yang bisa mencapai 1 meter. Jenis tanaman hias ini juga memiliki bunga dan buah berry hijau yang indah, namun tidak bisa dimakan.

Pangkas Kuning

Tanaman pangkas kuning merupakan salah satu jenis tanaman hias yang populer untuk taman yang minimalis. Tanaman ini bisa berfungsi sebagai tanaman pagar atau pembatas.

Selain itu, tanaman ini memiliki cabang yang rapat sehingga bisa dipangkas dan dijadikan sebagai ornamen taman. Jenis tanaman satu ini akan memberikan kesan taman yang minimalis pada hunian kamu.

Baca juga: Kumpulan Tips dan Ide Taman di Dalam Rumah yang Bisa Dicoba

Bunga Pukul 9

Selanjutnya, ada tanaman bunga pukul 9 atau disebut juga krokot. Tanaman satu ini disebut dengan berbagai nama, misalnya dengan nama latin Portulaca grandiflora. Tanaman hias ini merupakan tanaman yang terdiri dari 100 spesies yang tersebar di daerah tropis maupun subtropis.

Bunga pukul 9 memiliki bentuk bungan yang cantik dengan warna-warna yang menarik. Ini biasanya ditanam didalam sebuah pot gantung, namun bisa juga ditanam sebagai groundcover karena pertumbuhannya yang sangat cepat. Taman depan rumah kamu akan menjadi lebih estetik dengan tanaman satu ini.

Tanaman Cendrawasih

Tanaman Cendrawasih atau tanaman dengan nama latin Phyllanthus myrtifolius ini berasal dari Sri Lanka. Idealnya, Cendrawasih dimanfaatkan sebagai hiasan pada tembok pembatas rumah.

Ini mungkin karena ukuran batang pohon cendrawasih kira-kira hanya sebesar ibu jari tangan orang dewasa dengan dedaunan yang rimbun berwarna hijau segar. Tanaman ini sangat cocok ditanam pada taman depan rumah karena mampu memberikan kesan sejuk dan juga minimalis pada penampilan depan rumah.

Janda Bolong (Monstera Adansonii)

Entah dari mana asal penamaan janda pada tanaman Monstera Adansonii, namun tanaman hias outdoor sebenarnya sudah lama eksis di masyarakat. Namun, baru-baru ini tanaman monstera ini menjadi viral dan seketika menjelma sebagai tanaman favorit banyak ibu-ibu. Bahkan, tanaman ini dijual mulai dari harga ratusan hingga jutaan rupiah.

Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya sudah sering menjadi salah satu bahan baku sampo dan krim gel untuk wajah. Daging tanaman lidah buaya memang dikenal banyak mengandung sari alami yang mampu menutrisi kulit dan rambut.

Selain itu, manfaat tanaman lidah buaya adalah bisa menjadi hiasan di halaman rumah. Bentuk daunnya yang menyerupai tanduk dan berduri menjadi karakter unik yang pas untuk menjadi ornamen penghias taman.

Begonia Rex

Ada banyak sekali jenis tanaman begonia, tetapi tanaman begonia satu ini mungkin akan menarik hati Pins. Bentuk daun Begonia yang menyerupai hati menjadi karakter unik yang dimilikinya. Selain itu, warna daun yang terdiri dari degradasi warna putih, merah maroon dan merah muda menjadikan keunikan lain yang menarik perhatian banyak orang.

Anthurium 

Tanaman anthurium ternyata masuk ke kelompok tanaman kuping gajah. Namun, banyak orang yang mengenal bunganya sebagai karakter utama sehingga disebut sebagai bunga anthurium.

Tidak hanya sebagai tanaman outdoor, Pins bisa merawat bunga ini sebagai tanaman dalam rumah. Warna bunganya yang merah merona dan mengkilap sangat mencolok sehingga banyak orang yang menyukainya. Pemilihan tanaman ini sebagai tanaman hias sangat tepat karena kecerahan warnanya bisa membuat halaman Anda makin nyaman dipandang.

Kaktus

Walaupun kaktus sudah dikenal orang banyak sejak dahulu, tanaman ini tak lekang oleh waktu. Masih banyak pecinta kaktus yang memelihara tanaman ini di rumah. Dewasa ini, tanaman kaktus malah sering menjadi hiasan untuk coffee shop.

Bentuknya yang minimalis dan bervariasi, menjadi keunggulan tersendiri yang dilirik oleh masyarakat. Pemeliharaan kaktus pun juga mudah. Tanaman ini tidak memerlukan banyak air karena yang penting asupan sinar matahari cukup agar tanaman tetap hidup.

Baca juga: 9 Ide Taman Dalam Rumah Dekat Dapur, Rumah Jadi Nyaman!

Lili Paris

Tidak seperti namanya, Lili yang merupakan tanaman hias outdoor yang bukan berasal dari Paris, melainkan Afrika Selatan. Bunga Lili ini memiliki karakteristik dengan bentuknya yang panjang melancip sampai ujung dengan warna hijau pada pinggiran daun.

Gradien tengah pada daun bunga Lili ini biasanya berwarna pink dengan campuran putih. Jenis perdu yang satu ini tidak ribet untuk ditanam di rumah Pins karena cukup menggunakan media pot dan tanah.

Kembang Sepatu

Kembang sepatu merupakan jenis tanaman perdu yang cocok diletakkan untuk menghiasi halaman rumah. Bagaimana tidak, bunga ini memiliki kelopak bunga yang besar dengan warna yang indah. Tanaman hias outdoor ini juga cocok di iklim tropis seperti Indonesia. Selain indah, bunga ini juga tidak mengeluarkan bau yang tidak enak, jadi sangat cocok untuk dipadu dengan jenis perdu lainnya.

Rembosa Mini

Sesuai namanya, jenis tanaman hias yang satu ini berukuran kecil dibanding jenis yang lainnya. Dengan ciri-cirinya yang bersifat semak dan dengan sedikit bunga kecil bak bunga melati, tanaman ini cukup indah untuk dijadikan tanaman hias di halaman rumah Pins.

Walaupun seperti melati, perdu jenis ini tidak memiliki aroma harum seperti melati. Perawatan untuk perdu ini terbilang mudah karena hanya cukup diberi pupuk dan disiram secara berkala.

Bunga Soka

Tanaman hias yang satu ini mungkin sudah sangat familiar di mata Pins dengan warnanya yang merah terang. Dengan bentuk bunganya yang kecil dan berkumpul menjadi satu, membuat bunga ini indah memanjakan mata. Kelebihan dari bunga soka adalah tahan terhadap paparan sinar matahari langsung. Oleh karena itu, contoh tanaman hias ini cocok untuk diletakkan di taman luar rumah Pins.

Ekor Tupai

Macam tumbuhan hias outdoor selanjutnya ini memiliki bentuk yang lebih unik di antara yang lainnya. Layaknya ekor tupai, bunga ini mempunyai bentuk unik yang memanjang ke atas seperti ekor tupai. Dengan warnanya yang hijau terang, tekstur bunga yang tidak biasa menjadikan tanaman ini indah sebagai penghias rumah Pins.

Sayangnya, ekor tupai punya kelemahan yaitu kerapuhannya karena tidak memiliki batang yang kuat. Jika Pins dapat merawat bunga ekor tupai dengan baik, tumbuhan ini dapat tumbuh mencapai tinggi satu meter.

Puspa Bangsa

Tanaman hias yang satu ini merupakan bunga yang terpilih sebagai Puspa Nasional Indonesia. Dari warnanya yang putih bersih melambangkan kesucian dan budi pekerti yang baik, sederhana, dan menawan.

Tidak seperti yang lainnya, bunga puspa ini mempunyai bau harum yang juga melambangkan kelembutan dan kenyamanan. Dari segala kelebihan dan keindahan tersebut menjadikan bunga ini sebagai representasi dari karakter bangsa Indonesia.

Baca juga: 12 Ide Taman Samping Rumah yang Cocok untuk Segala Rumah!

Melati Putih

Sebagai tanaman melati yang seharusnya beraroma harum, jenis perdu kali ini tidak memiliki bau yang harus tersebut. Tanaman hias melati putih ini pada umumnya ditemukan di daerah yang memiliki iklim tropis dan subtropis.

Meski begitu tanaman ini memiliki bentuk yang indah. Ini tentu membuat usaha harus sepadan dengan hasil yang berarti merawat bunga yang satu ini membutuhkan sedikit lebih perhatian untuk mendapatkan hasil yang indah.

Sutra Bombay

Contoh tanaman hias kali ini memiliki percampuran warna-warna yang cerah seperti hijau, kombinasi pink pada bunga dan batang, dan putih. Layaknya tanaman hias lainnya, sutra bombay memiliki ukuran batang dan bunga yang kecil.

Walaupun berukuran kecil, tanaman ini dapat tumbuh menjalar pada media tanaman yang dibuat. Tanaman hias ini juga cocok jika Pins ingin jadikan tanaman rambat dengan pot gantung, hal itu akan menambah visual indah pada halaman rumah.

Bromelia 

Bromelia merupakan tanaman hias yang unik untuk halaman kamu. Bagaimana tidak, Bromelia mempunyai warna-warna yang cantik, yaitu perpaduan warna hijau dan merah muda dengan bentuk menjulur panjang. Perdu bromelia biasanya juga dapat Pins temukan pada tempat wisata. Hal itu karena keunikan dari jenis perdu yang indah ini.

Philodendron

Dari bentuk dan strukturnya dapat Pins lihat dengan jelas, batang dan daun yang menjulang besar hingga menunduk karena berat. Philodendron memiliki warna hijau yang kuat membuat tumbuhan ini indah dan perkasa. Tanaman hias satu ini sangat cocok menjadi dominasi yang indah untuk halaman rumah Pins.

Baca juga: 8 Cara Membuat Vertical Garden Minimalis di Rumah

Tips Merawat Tanaman Hias di Halaman Rumah

Setelah mengetahui dan memilih macam-macam tanaman hias outdoor yang cocok untuk halaman rumah, Pins tentu harus tahu bagaimana cara merawat tanaman dengan benar. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menanam tanaman hias di taman depan rumah!

  • Memberikan pupuk secara rutin.
  • Menyentuh tanaman sebelum disiram.
  • Memakai media tanam yang tepat.
  • Menjemur tanaman secara teratur
  • Memerhatikan kelembapan udara di sekitar tanaman.
  • Memangkas tanaman secara berkala.

Nah, itu tadi sederet jenis tanaman hias outdoor yang mudah dirawat dan bisa jadi pilihan Pins untuk mempercantik halaman. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga: 8 Taman Bunga di Rumah Sederhana dan Minimalis, Rumah Makin Cantik!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Alat Potong Keramik Manual Terbaik

Alat Potong keramik terbagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis atau yang lebih dikenal dengan al

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Harga dan Motif Keramik Dinding Kamar Mandi 25x40

Keramik dinding kamar mandi ukuran 25x40 cm adalah yang biasa dipakai. Tapi ada cara tersendiri unt

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Plat Besi Semua Jenis dan Ukuran, Terbaru 2022

Plat besi merupakan salah satu material bangunan yang dibutuhkan saat membuat konstruksi bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru 2022! Harga Borongan Pengecatan Tembok Per Meter

Cat dinding rumah tampak perlu dicat ulang karena sudah kusam? Atau sekadar ingin mengganti suasana

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia