BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Feng Shui Kolam Ikan Depan Rumah
0
0

7 Feng Shui Kolam Ikan Depan Rumah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Feb 27, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apakah Pins termasuk salah satu orang yang mengindahkan feng shui? Feng shui merupakan seni dan juga ilmu warisan yang diadaptasi oleh China kuno. Bahkan ada juga ilmu Feng shui kolam ikan depan rumah lho.

Memang, adanya kolam ikan dapat membuat rumah terlihat lebih asri dan juga segar. Namun, akan lebih baik apabila Pins dapat mengikuti aturan ilmu feng shui, supaya energi positif saja yang masuk ke dalam rumah. Apa sajakah feng shui tersebut?

Namun sebelum itu pastikan kamu sudah unduh dan instal aplikasi Pinhome. Fitur PinValue untuk mengetahui harga terkini seputar hunian sekitar Pasar Pringgan, kontrak rumah di Cirebon atau rumah di Bogor seperti Avoria Estate.

Feng Shui Kolam Ikan Depan Rumah

feng shui kolam ikan depan rumah
Source : Freepik

Terdapat tujuh aturan feng shui mengenai kolam ikan depan rumah. Apabila Pins dapat membangun kolam ikan depan rumah dengan mengindahkan Feng shui, niscaya hanya akan ada energi positif yang menaungi rumah Pins. Tertarikkah Pins mencobanya?

Berikut tujuh aturan feng shui yang dapat Pins perhatikan sebelum membangun kolam ikan depan rumah. 

1. Posisi Kolam Ikan

Source : Pxhere

Bagi Pins yang benar-benar ingin membangun kolam ikan depan rumah, Pins harus dapat mempertimbangkan posisi atau letaknya. Jangan sampai letak kolam ikan terkesan mengganggu akses jalan yang digunakan.

Selain itu, secara feng shui, letak kolam ikan lahan sempit pun juga amat berpengaruh. Sebab, letak kolam ikan yang keliru dapat mendatangkan masalah. Apabila Pins memang berkenan memiliki kolam renang yang letaknya di depan rumah, Pins dapat memperhatikan aturan ini.

Pins harus dapat memastikan bahwa kolam ikan tidak terletak di tengah bangunan. Sebab, kolam ikan yang terletak di tengah bangunan dapat mendatangkan masalah kesehatan bagi penghuni rumah. Hal ini dinyatakan oleh praktisi Feng Shui yang bernama Linda Kho.

Terlebih, Pins harus betul-betul memperhatikan arah mata angin. Kolam ikan yang besar tidak sepantasnya diletakkan di bagian selatan rumah. Oleh sebab itu, kamu dapat mempertimbangkan membangun kolam ikan di bagian timur atau tenggara rumah.

Baca juga: 12 Kombinasi 3 Warna Cat Kamar Tidur yang Serasi

2. Tanam Kolam Ikan Dalam Tanah

feng shui kolam ikan depan rumah
Source : Freepik

Aturan berikutnya adalah Pins dapat mempertimbangkan membangun kolam ikan dengan menanamnya ke dalam tanah. Dengan menanamkan kolam ikan ke dalam tanah, energi bumi dapat termanfaatkan dengan baik.

Namun, Pins tidak perlu menanamkan kolam ke dalam tanah tersebut sepenuhnya. Kamu cukup membuat kedalaman kolam sebanyak setengah meter saja. 

Memanfaatkan energi yang telah hadir di bumi merupakan hal yang baik. Sehingga, kamu mungkin akan tertarik untuk mempraktikkan hal ini.

3. Penataan Bentuk Kolam Ikan

Source : Pxhere

Hukum ketiga dalam feng shui mengenai kolam ikan adalah mengenai penataan bentuknya. Penataan kolam yang berbentuk simpel seperti persegi panjang atau persegi dinilai tidak ideal dalam feng shui.

Namun, bentuk tersebut sebenarnya masih dapat diterima, apabila kolam terletak pada sektor tenggara atau timur. Jika tidak, mungkin kamu bisa memilih bentuk lain selain persegi atau persegi panjang.

Tidak hanya persegi atau persegi panjang. Namun, Pins juga disarankan untuk tidak menggunakan bentuk segitiga untuk membangun kolam ikan. Sebab dalam feng shui, bentuk segitiga melambangkan energi api yang jelas bentrok dengan energi air.

Sehingga, kamu dapat menyimpulkan bahwa bentuk terbaik untuk kolam ikan adalah lekukan tanpa tepi. Pins dapat mencontoh dari bentuk danau pada umumnya. Bentuk yang bergelombang atau melengkung layaknya sungai kecil juga dapat menjadi opsi terbaik.

4. Kedalaman Air Kolam

Source : Pxhere

Hal berikutnya yang wajib Pins pertimbangkan adalah kedalaman air kolam. Kedalaman air kolam dan alirannya dapat dikaitkan dengan hubungannya mengenai kekayaan dan pendapatan. 

Menurut feng shui, area permukaan air yang luas tanpa kedalaman sama seperti memiliki tangan yang cukup besar guna memegang emas batangan. Namun, tangan tersebut tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk membawanya.

Oleh karena itu, feng shui menyarankan untuk membuat kolam ikan dengan air yang dalam. Dengan demikian, keluarga akan semakin mampu untuk menjaga kekayaan yang datang kepadanya.

Apakah kamu tertarik untuk membangun kolam ikan yang dalam karena aturan feng shui yang satu ini? Bisa jadi hal ini memang dapat menjadi keberuntungan Pins, lho.

Baca juga: Sebelum Bertransaksi Yuk Kenali 9 Macam-Macam Akad dalam Transaksi Syariah

5. Elemen Pada Kolam Ikan

feng shui kolam ikan depan rumah
Source : Freepik

Menurut feng shui, memelihara ikan hidup di dalam rumah dapat menjadi lambang baik mengenai kehidupan. Walaupun hanya terlihat dalam bentuk ikan, namun sebuah kolam yang penuh dengan hewan tersebut dipercaya membawa energi Yang.

Namun, memelihara banyak ikan pun tidaklah cukup. Pins harus mengetahui bahwa Pins dapat meningkatkan energi tersebut dengan memberi penerangan yang cukup. Misalnya, Pins dapat memasang lampu dekorasi taman guna mencerahkan kolam pada malam hari.

Hal tersebut akan sangat membantu energi Yang untuk terus meningkat. Dengan demikian, aliran chi yang menguntungkan pun dapat terkumpul di dalam kolam, dan memberi keberuntungan bagi penghuni rumah.

Baca juga: Berencana Pindah Rumah? Cek 5 Cara untuk Menentukan Hari Baik Pindah Rumah

6. Pilihan Tanaman dan Pohon

feng shui kolam ikan depan rumah
Source : Freepik

Aturan keenam dalam feng shui adalah dengan menambahkan tanaman untuk meningkatkan energi Yang. Kamu juga dapat menambahkan beberapa batu dan juga tanaman air di dalamnya. Seperti bunga teratai atau bunga lili.

Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk menanam pohon di sekitar kolam. Namun, kamu harus mencari keseimbangan dalam warna Yin dan Yang bagi pohon-pohon yang sedang mekar.

Warna pohon yang feng shui sarankan adalah putih (Yin), kuning (Yang), merah, ungu, atau oranye. Pins juga dapat mengombinasikan warna-warna tersebut.

Pilihan bunga yang disarankan biasanya adalah lili biru dan iris biru. Pins juga dapat memilih tanaman begonia merah serta bunga aster kuning.

7. Aspek Kebersihan Kolam

Source : Freepik

Aturan feng shui terakhir adalah mengenai kebersihan kolam. Pastinya Pins tahu, bukan, bahwa kebersihan dapat mendatangkan rezeki?

Sama dengan feng shui. Kolam ikan yang bersih dan jernih, mampu memberikan dampak positif pada pemilik rumah. Feng shui juga menyatakan bahwa air harus selalu bersih, supaya kekayaan tidak ‘tergenang.’

Oleh sebab itu, menjadikan air kolam ikan selalu bersih dengan air segar yang mengalir merupakan aspek penting dalam pembangunan kolam ikan.

Semoga aturan-aturan feng shui untuk kolam ikan depan rumah bermanfaat bagi Pins yang ingin membangun kolam ikan, ya.

Baca juga: Wajib! Cek Kualitas Bangunan Sebelum Membeli Rumah

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Rumah Dekat Perbelanjaan di Cijerah dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download