15 Desain Taman Batu Koral yang Membuat Hunian Lebih Sejuk

Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ December 21, 2022 ∙ 11 menit membaca

Membuat desain taman tidak lengkap rasanya tanpa kehadiran batu koral. Batu yang satu ini menjadi andalan dalam dekorasi khususnya taman. Desain taman batu koral dapat membuat hunian terlihat lebih berestetika tanpa menghilangkan unsur alami dari taman yang menghadirkan suasana sejuk di dalamnya.

Batu koral sendiri merupakan salah satu material bangunan yang cukup mudah didapatkan tanpa proses pabrik terlebih dahulu bila ingin mengaplikasikannya. Batu alami yang berasal dari alam tersebut bisa ditempatkan dalam bangunan secara langsung namun tetap dapat menghadirkan estetika alami yang indah. Desain taman batu koral juga bisa terlihat menarik bila Pins tahu bagaimana penerapannya. Dijamin taman belakang rumah miliki kamu akan semakin istimewa.

Baca juga:

Apa Itu Batu Koral Taman?

(OLX)

Batu koral merupakan batu yang berasal dari alam. Hasil penambangan dari pesisir pantai dan dihasilkan cukup banyak dari berbagai wilayah di Indonesia. Tercatat daerah-daerah penambangan batu koral dari Sabang sampai Merauke tersebar. Namun yang terbaik berasal dari daerah Ambon, Bengkulu, Kupang dan Lampung. Digunakan sebagai dekorasi pada perumahan, batu koral dapat menambah nilai estetika dalam sebuah hunian yang tergolong monoton.

Rekomendasi Desain Taman Batu Koral Terhits dan Mengegarkan

Jenis batu koral pun cukup beragam mulai dari batu koral warna, batu koral sikat, batu koral putih Kupang dan masih banyak lagi. Semua mempunyai ciri khas warna dan tampilan berbeda namun dapat membuat taman rumah milik kamu semakin indah. Itulah mengapa desain taman batu koral menjadi alternatif terbaik. Untuk itu simak yuk penerapan desainnya dalam taman hunian di bawah ini.

Baca juga:

Sentuhan Desain Artistik Pada Taman

(Pinterest)

Untuk membuat desain taman batu koral yang menarik dan tidak monoton, tentunya Pins harus berkreasi agar tampilan taman batu koral minimalis lebih berestetika. Dengan kehadiran batu koral justru akan membuat tampilannya lebih artisitik. Kamu bisa menempatkan kolam tanpa air di tengah taman yang dihiasi tempat duduk santai penuh batu koral maupun berada di bagian sudut-sudut taman.

Bila Pins menyukai taman berwarna, kamu pun bisa menempatkan batu koral warna agar taman semakin mencolok. Usahakan tetap mempertahankan keasrian dan perawatan dari tanaman di sekitarnya, agar tidak mengganggu penglihatan. Taman yang sedap dipandang mata adalah taman yang rapi dan bersih dengan perawatan yang tidak asal-asalan pula ya!

Baca juga:

Desain Taman Batu Koral Semi Outdoor

(Inhabitat)

Tampilan taman semi outdoor memang kini menjadi alternatif desain taman batu koral pada hunian minimalis. Dengan luas lahan yang cukup terbatas, Pins bisa menghadirkan penghijauan di dalamnya. Salah satunya adalah desain taman dengan batu koral yang berada di tengah hunian. Meski terkadang tidak bisa secara maksimal menampilkan berbagai macam tanaman di dalamnya, namun desain taman batu koral satu ini cukup efektif membuat hunian lebih asri.

Penggunaan batu koral di dalamnya pun dapat membuat taman semakin berestetika. Batu koral berwarna pucat atau putih bisa menjadi andalan dalam desain taman batu koral minimalis. Padukan dengan beberapa furnitur kayu maupun dekorasi kayu sederhana agar ruang taman batu koral minimalis dalam rumah semakin menarik.

Taman Batu Koral Tanpa Rumput

(Immobiliaresorinese)

Nah, untuk Pins yang menyukai tampilan bersih dan rapi pada taman, penggunaan batu koral dalam jumlah yang banyak dapat menjadi alternatif. Selain alas rumput, taman bisa dibuat minimalis modern dengan pemakaian batu koral sebagai pijakan atau berada di sekeliling taman batu koral minimalis. Seperti pada contohnya di atas. Penghuni sengaja menampilkan komposisi batu koral lebih banyak dibanding unsur penghijauan sendiri, namun hasilnya tetap membuat hunian sejuk dan menawan.

Baca juga:

Batu Koral Sebagai Pembatas Taman

(Lakehomes)

Keindahan dari taman rumah di atas memang tidak ada duanya ya Pins! Kesejukan dan relaksasi yang ditampilkan membuat hati tenang dan menyegarkan mata. Apalagi bila taman tersebut terletak di pinggir kolam ataupun pinggir danau seperti di atas. Batu koral cukup sebagai pemanis yang bisa ditempatkan sebagai pembatas taman. Dinding batu koral dapat dibuat agar tampilan taman semakin sempurna.

Batu berupa kerikil ini dapat disusun menjadi satu partisi yang menjadi salah satu bagian daya tarik dari taman batu koral minimalis. Apalagi dengan ukuran dan warna yang cukup beragam, pastinya dapat disesuaikan agar selaras dengan eksterior rumah. Nuansa alami akan semakin terasa menyegarkan saat kamu dan keluarga sedang bercengkrama.

Baca juga:

Tampilan Taman Koral Jepang yang Sejuk

(Batukoral.com)

Di dalam wilayah negara oriental, banyak kepercayaan yang dianut dalam beberapa hal baik tata krama hingga tata letak dalam bangunan sendiri. Salah satu contohnya adalah zen garden yang merupakan ciri khas dari taman yang berasal dari negara Jepang.  Elemen-elemen yang terkandung di dalamnya mulai dari pasir, bebatuan, air dan penghijauan ini mengedepankan tampilan relaksasi yang dapat membuat pikiran lebih tenang.

Tidak heran banyak yang mengadaptasi desain taman Jepang ini dalam hunian. Tampilannya cenderung minimalis namun mempunyai arti yang mendalam. Pins bisa menambahkan desain taman dengan batu koral di dalamnya pada jenis taman batu koral minimalis ini. Seperti ditempatkan pada sekitar kolam ikan, maupun sebagai penghias pinggir taman.

Baca juga:

Taman Batu Koral yang Elegan

(Rumah123)

Untuk mendapatkan teras dengan fungsi yang maksimal, dan keindahan yang mewakili rumah secara keseluruhan, maka lokasi teras sangat menentukan bagaimana desain teras tadi akan dibangun.

Hal ini juga berlaku dengan tersedianya lahan yang ada, jika memiliki lahan yang cukup untuk membangun teras, maka sebaiknya teras dapat dimaksimalkan sesuai desain rumah yang dipilih. Namun, jika tidak maka teras dengan teras mungil namun memiliki desain unik rasanya cukup mewakili kesan rumah.

Teras Mungil Dengan Taburan Koral

(99.co)

Teras mungil dapat dimaksimalkan tampilannya dengan memberikan aksen artwork yang cantik dan paduan koral putih disamping stepping stone. Aksen artwork memang tidak banyak dilakukan pada teras, padahal kesan yang ada malah makin memperindah teras dan memberikan kesan menggigit.

Baca juga: 

Taman Dengan Coakan Batu Koral Khusus

(Kompas)

Kesan artwork dapat diperkuat dengan menyediakan coakan khusus untuk artwork koleksi Pins. Coakan ini dapat didesain dengan unik, warna-warna kuat dan penuh gairah seperti warna merah dapat dijadikan backgroun pada dinding coakan artwork. Letakkan beberapa artwork unik di sana, niscaya teras akan tampil cantik dan maksimal.

Taman Dengan Batu Koral Sebagai Pijakan Setapak

(Wilson Rose Garden)

Cara menata batu koral di taman dengan desain pijakan memang sering dilakukan oleh para penghuni. Hal ini sekaligus membantu penghuni dengan mudah menggapai bagian taman yang diinginkan ataupun melewati taman batu koral minimalis tanpa merusak bagian rumput. Penghuni yang benar-benar merawat tanaman di dalamnya, tentu ingin yang terbaik. Maka dari itu, dengan menginjak rumput secara berlebih tentu akan merusak tanaman, inilah mengapa pijakan batu koral datang sebagai penyelamat.

Pins tidak perlu khawatir, desainnya beragam dan bisa dibuat custom. Menyerupai jalan setapak, berbentuk lingkaran, persegi hingga abstrak bisa Pins aplikasikan dalam pijakan taman. Kamu dapat memilih jenis koral sikat agar pijakan tetap kuat dan anti slip. Ingat, keamanan tetap nomor satu Pins! Jangan sampai pijakan mencelakai anggota keluarga.

Baca juga:

Batu Koral Sebagai Penghias Sudut Tanaman

(Mc Carty Mulch)

Batu satu ini memang memunculkan efek teduh dan tenang dari mata yang melihat, maka dari itu tidak heran batu satu ini selalu ada dalam menghiasi sebuah taman. Selain pijakan, Pins pun bisa menggunakan batu koral pada sudut-sudut taman. Sudut taman yang biasanya tidak digunakan maupun kosong, bisa Pins hias lebih menarik dengan batu satu ini. Cara menata batu koral di taman dengan mengisi bagian yang kosong membuat taman yang kamu miliki lebih terlihat penuh.

Namun, tidak perlu khawatir, hal tersebut berdampak baik bagi estetika taman. Hal terpenting adalah Pins mengerti cara menatanya, dan memilih warna yang tepat sesuai dengan tema taman. Untuk hunian minimalis misalnya, batu koral berwarna putih cocok dipadukan dengan taman mungil dengan alas teras bermaterial kayu. Suasana rumah akan semakin alami dan tentunya segar dipandang mata.

Taman Batu Koral di Sebagian Area Taman

(Art Museum)

Bila Pins menyukai tanaman hias semak pada taman belakang rumah, Pins bisa menggunakan batu koral sebagai alas lantai taman. Hal ini akan membuat taman semakin menarik dengan warna-warni yang indah. Walaupun pijakan akan terasa kasar, namun bisa disiasati dengan penambahan furnitur taman di dalamnya. Meja dan kursi dari bahan kayu, batu, maupun rotan bisa sebagai alternatif menarik yang dapat bertahan pada cuaca yang ekstrim.

Tidak hanya sampai disitu saja Pins, penggunaan alas lantai batu menjadi cara menata batu koral di taman terbaik selain model pijakan. Bila ingin batu tetap awet, cobalah untuk rajin membersihkan dengan menyiraminya menggunakan air bersih, dan mengambil kotoran yang tidak seharusnya berada di tempat tersebut.

Batu Koral Sebagai Furnitur yang Cantik

(Puzzle Nation)

Nah, ada yang menarik lagi nih Pins. Batu koral sendiri juga bisa dibuat sebagai material furnitur yang mengutamakan desain alam yang menarik. Penggunaannya sengaja tidak beraturan namun memiliki fungsi sebagai tempat beristirahat saat berada di taman. Pins pun bisa menggunakannya untuk sejenak menikmati kolam air mancur di belakang rumah. Penggunaanya bisa berbahan dasar semen dengan batu koral pada bagian atas atau topping.  Dijamin suasana rumah akan semakin nyaman dan teduh. Untuk pemanis, tambahkan pohon dan beberapa lampu taman yang menarik.

Kolam Air Mancur Dengan Batu Koral

(Garden Design)

Cara menata batu di taman bisa dibuat menarik dengan cara pemakaiannya sebagai penghias kolam air mancur maupun kolam ikan. Hal tersebut akan membuat kolam di area tamanmu semakin menonjol. Apalagi bila taman rumahmu dibuat dalam lahan yang terbatas, batu koral bisa menjadi penyelamat sebagai pemanis kolam air mancur minimalis.

Ingat Pins, taman di rumah tidak selalu harus ditumbuhi rumput asli, kamu bisa bermain dengan jenis rumput sintetis yang dipadukan dengan batu alam untuk ruang yang kekinian. Cobalah pula desain taman indoor yang kini mulai marak digunakan pada hunian minimalis, yang berada di tengah hunian. Tidak selalu harus berada dekat dengan kolam, batu koral bisa ditaburkan begitu saja pada area tertentu dalam taman.

Baca juga: 

Batu Koral Sebagai Dinding Taman

(Bukalapak)

Sebenarnya bagaimana penerapan batu koral sebagai dinding taman? Batu koral yang mayoritas berukuran kecil memang terkadang sulit untuk dijadikan benda padat. Namun, Pins bisa mensiasatinya dengan penggunaan kerangka besi. Kerangka besi dibuat sesuai dengan model dinding yang diinginkan beserta ketebalannya. Kemudian isi dengan batu alam di dalamnya agar terisi penuh dan padat. Kini, dinding penuh batu telah ada dalam taman rumah milik Pins. Selain cara tersebut, Pins pun bisa menggunakan teknik menempel batu pada semen agar terlihat lebih natural.

Pins bisa menambahkan tanaman hias daun maupun jenis lainnya pada sekitar dinding, agar taman semakin sempurna. Itulah beberapa cara menata batu di taman khususnya jenis koral. Semoga dapat bermanfaat untuk Pins yang masih bingung bagaimana cara menghias taman agar terlihat menarik. Sekali lagi, jangan lupa untuk rajin membersihkannya agar batu tidak cepat berlumut.

Batu Koral Sebagai Bagian Dari Sisi Teras Rumah

(Kompas)

Ingin membuat taman yang luas lebih terlihat indah? Tentu saja sangat mudah, dengan menggunakan batuan koral di bagian samping teras dengan dinding kaca tentu akan membuat taman semakin eye catching!

Bagaimana Pins, desain taman dengan batu koral yang sudah Pinhome sajikan di atas, dapat membuat hunian lebih asri dan menyejukkan bukan? Meskipun unsur penghijauan dari taman sudah menjadi elemen yang kuat, penambahan batu koral di dalamnya dapat mendukung keselarasan dari unsur taman yang sempurna. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: YouTube: Inspirasi Desain

Editor: Voni Sri


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik

Rekomendasi aplikasi catatan keuangan terbaik ini cocok untuk Pins yang ingin mengelola keuangannya

Lifestyle
Lifestyle Doa Menempati Rumah Baru Sesuai Sunnah dan Amalannya

Memiliki rumah sendiri adalah hal yang diidam-idamkan oleh semua orang. Di saat seperti ini, rasa b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia