Desain Taman Batu Koral yang Membuat Hunian Menjadi Sejuk

Pinhome

5 Desain Taman Batu Koral yang Membuat Hunian Menjadi Sejuk

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 30 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Membicarakan desain taman tidak lengkap tanpa kehadiran batu koral. Batu satu ini menjadi batu andalan dalam dekorasi khususnya taman. Desain taman batu koral dapat membuat hunian terlihat lebih berestetika tanpa menghilangkan unsur alami dari taman yang menghadirkan suasana sejuk di dalamnya.

Pinhome – Batu koral sendiri merupakan salah satu material bangunan yang cukup mudah didapatkan tanpa proses pabrik terlebih dahulu bila ingin mengaplikasikannya. Batu alami yang berasal dari alam tersebut bisa ditempatkan dalam bangunan secara langsung namun tetap dapat menghadirkan estetika alami yang indah. Desain taman batu koral juga bisa terlihat menarik bila Pins tahu bagaimana penerapannya. Intip yuk beberapa tampilan taman yang menarik dengan batu koral di bawah ini. Dijamin taman belakang rumah miliki kamu akan semakin istimewa.

Baca Juga:

Apa Itu Batu Koral Taman?

desain taman batu koral
(Tokopedia)

Batu koral merupakan batu yang berasal dari alam. Hasil penambangan pesisir pantai ini dihasilkan cukup banyak dari wilayah Indonesia. Tercatat daerah-daerah penambangan batu koral dari Sabang sampai Merauke tersebar. Namun yang terbaik berasal dari daerah Ambon, Bengkulu, Kupang dan Lampung. Digunakan sebagai dekorasi pada perumahan, batu koral dapat menambah nilai estetika dalam sebuah hunian yang tergolong monoton.

Jenis batu koral pun cukup beragam mulai dari batu koral warna, batu koral sikat, batu koral putih Kupang dan masih banyak lagi. Semua mempunyai ciri khas warna dan tampilan berbeda namun dapat membuat taman rumah milik kamu semakin indah. Itulah mengapa desain taman dengan batu koral menjadi alternatif terbaik. Untuk itu simak yuk penerapan desainnya dalam taman hunian di bawah ini.

Baca Juga:

Sentuhan Desain Artistik Pada Taman

(Pinterest)

Untuk membuat desain taman dengan batu koral yang menarik dan tidak monoton, tentunya Pins harus berkreasi agar tampilan taman lebih berestetika. Dengan kehadiran batu koral justru akan membuat tampilannya lebih artisitik. Kamu bisa menempatkan kolam tanpa air di tengah taman yang dihiasi tempat duduk santai penuh batu koral maupun berada di bagian sudut-sudut taman.

Bila Pins menyukai taman berwarna, kamu pun bisa menempatkan batu koral warna agar taman semakin mencolok. Usahakan tetap mempertahankan keasrian dan perawatan dari tanaman di sekitarnya, agar tidak mengganggu penglihatan. Taman yang sedap dipandang mata adalah taman yang rapi dan bersih dengan perawatan yang tidak asal-asalan pula ya!

Baca Juga:

Desain Taman Batu Koral Semi Outdoor

desain taman batu koral
(Inhabitat)

Tampilan taman semi outdoor memang kini menjadi alternatif desain taman pada hunian minimalis. Dengan luas lahan yang cukup terbatas, Pins bisa menghadirkan penghijauan di dalamnya. Salah satunya adalah desain taman dengan batu koral yang berada di tengah hunian. Meski terkadang tidak bisa secara maksimal menampilkan berbagai macam tanaman di dalamnya, namun desain taman satu ini cukup efektif membuat hunian lebih asri.

Penggunaan batu koral di dalamnya pun dapat membuat taman semakin berestetika. Batu koral berwarna pucat atau putih bisa menjadi andalan dalam desain taman minimalis. Padukan dengan beberapa furnitur kayu maupun dekorasi kayu sederhana agar ruang taman dalam rumah semakin menarik.

Baca Juga:

Taman Batu Koral Tanpa Rumput

(immobiliaresoresinese)

Nah, untuk Pins yang menyukai tampilan bersih dan rapi pada taman, penggunaan batu koral dalam jumlah yang banyak dapat menjadi alternatif. Selain alas rumput, taman bisa dibuat minimalis modern dengan pemakaian batu koral sebagai pijakan atau berada di sekeliling taman. Seperti pada contohnya di atas. Penghuni sengaja menampilkan komposisi batu koral lebih banyak dibanding unsur penghijauan sendiri, namun hasilnya tetap membuat hunian sejuk dan menawan.

Batu Koral Sebagai Pembatas Taman

desain taman batu koral
(Lakehomes)

Keindahan dari taman rumah di atas memang tidak ada duanya ya Pins! Kesejukan dan relaksasi yang ditampilkan membuat hati tenang dan menyegarkan mata. Apalagi bila taman tersebut terletak di pinggir kolam ataupun pinggir danau seperti di atas. Batu koral cukup sebagai pemanis yang bisa ditempatkan sebagai pembatas taman. Dinding batu koral dapat dibuat agar tampilan taman semakin sempurna.

Batu berupa kerikil ini dapat disusun menjadi satu partisi yang menjadi salah satu bagian daya tarik dari taman. Apalagi dengan ukuran dan warna yang cukup beragam, pastinya dapat disesuaikan agar selaras dengan eksterior rumah. Nuansa alami akan semakin terasa menyegarkan saat kamu dan keluarga sedang bercengkrama.

Baca Juga:

Tampilan Taman Jepang yang Sejuk

(Bio Friendly Gardens)

Di dalam wilayah negara oriental, banyak kepercayaan yang dianut dalam beberapa hal baik tata krama hingga tata letak dalam bangunan sendiri. Salah satu contohnya adalah zen garden yang merupakan ciri khas dari taman yang berasal dari negara Jepang.  Elemen-elemen yang terkandung di dalamnya mulai dari pasir, bebatuan, air dan penghijauan ini mengedepankan tampilan relaksasi yang dapat membuat pikiran lebih tenang.

Tidak heran banyak yang mengadaptasi desain taman Jepang ini dalam hunian. Tampilannya cenderung minimalis namun mempunyai arti yang mendalam. Pins bisa menambahkan desain taman dengan batu koral di dalamnya pada jenis taman ini. Seperti ditempatkan pada sekitar kolam ikan, maupun sebagai penghias pinggir taman.

Bagaimana Pins, desain taman dengan batu koral yang sudah Pinhome sajikan di atas, dapat membuat hunian lebih asri dan menyejukkan bukan? Meskipun unsur penghijauan dari taman sudah menjadi elemen yang kuat, penambahan batu koral di dalamnya dapat mendukung keselarasan dari unsur taman yang sempurna. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel