BlogPemilik PropertiDesain HunianRagam Motif Jalan Setapak di Taman Rumah
0
0

Ragam Motif Jalan Setapak di Taman Rumah

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
motif jalan setapaktop-right-banner

Perancangan taman di rumah tentu membutuhkan persiapan yang matang. Pins perlu melakukan berbagai persiapan mulai dari materi, lahan dan masih banyak lagi. Bahkan jalan setapak pada taman juga perlu dirancang dengan matang agar dapat berfungsi dengan baik dan menambah estetika pada taman.

Umumnya jalan setapak pada taman dibuat dengan batuan atau konblok yang disusun dengan rapi. Nah, bagi Pins yang penasaran motif apa saja yang bisa digunakan sebagai jalan setapak taman rumah, yuk simak berbagai motif jalan setapak di taman rumah yang bisa menjadi inspirasi Pins!

Baca juga: Cara Merawat Tanaman di Dalam Rumah

Motif Jalan Setapak

Source : Pinterest

Konblok Warna-Warni

Mungkin banyak dari Pins yang telah melihat penggunaan konblok sebagai jalan pada taman di rumah-rumah. Ya, konblok memang bisa menjadi pilihan tepat bagi Pins yang suka motif sederhana namun tetap kokoh dan kuat. 

Selain itu, penggunaan konblok juga bisa menjadi pilihan tepat jika Pins tidak memiliki budget yang terlalu besar. Karena harga konblok lebih murah jika dibandingkan dengan penggunaan batu alam lainnya.

Penggunaan konblok ini bisa Pins lakukan dengan berbagai bentuk konblok mulai dari persegi panjang hingga heksagon untuk jalan setapak taman.

Baca juga: Beberapa Tips Menarik Cara Menata Taman Depan Rumah Sederhana

Koral Sikat

motif jalan setapak
Source : Pinterest

Koral sikat adalah salah satu batu yang menjadi favorit banyak orang. Bentuknya kecil dan dapat membuat kesan natural pada taman Pins. Koral sikat dapat ditebar secara merata atau dibiarkan disusun secara rapat pada tanah.

Pins juga bisa menyusun batu koral sikat dengan berbagai warna ini membentuk suatu motif jalan di taman yang Pins sukai. Namun, sebelum Pins menempelkan batu koral sikat, tanah yang akan menjadi jalan setapak taman harus diberikan semen terlebih dahulu agar batu koral dapat menempel dengan sempurna. 

Penggunaan koral sikat ini tersedia dalam berbagai warna, jadi Pins bisa memadukan berbagai warna untuk jalan setapak pada taman di rumah yang akan membuatnya lebih cantik dan eye catching

Baca juga: Analisa Pembuatan Jalan Sementara Dari Batu Kali 1 m2

Motif Jalan Setapak Beton

(Pinterest)

Rekomendasi jalan setapak taman selanjutnya adalah beton. Ya, mungkin jika mendengar beton Pins akan berpikiran pagar rumah atau dinding rumah yang terbuat dari beton. Namun beton juga bisa digunakan sebagai jalan setapak taman. 

Jalan setapak dengan beton ini bisa dibuat dengan berbagai cara mulai dari beton yang dibuat dengan bentuk persegi panjang atau dibiarkan saja membentuk jalan yang memanjang.

Pins juga bisa menambahkan motif di atasnya dengan batu koral atau konblok yang disusun menjadi suatu motif jalan setapak ketika beton masih dalam keadaan basah.

Baca juga: Beragam Model Tangga Beton Sederhana Hunian yang Tentunya Ciamik

Kayu dan Kerikil

motif jalan setapak
Source : Pinterest

Kayu dan kerikil bisa menjadi salah satu solusi bagi Pins yang punya budget kecil untuk membuat jalan di taman. Perpaduan potongan kayu dan kerikil ini bisa membuat jalan di taman Pins semakin cantik dan aesthetic

Pins bisa memotong beberapa papan kayu membentuk persegi panjang yang ukurannya disesuaikan dengan lebar jalan di taman rumah Pins.

Kemudian Pins perlu menyediakan batu kerikil dengan jumlah yang banyak. Tebarkan batu kerikil secara merata pada jalur yang akan menjadi jalan setapak taman kemudian pasangkan beberapa papan kayu yang sudah Pins potong dengan jarak.

Baca juga: Tips dan Trik dalam Membuat Taman Depan Rumah

Jalan Setapak Batu Bata

Source : Pinterest

Jika umumnya batu bata akan digunakan sebagai material dinding rumah, namun ternyata batu bata juga bisa digunakan sebagai jalan setapak di taman. Batu bata ini bisa Pins susun membentuk suatu motif. 

Pins bisa membentuknya dengan posisi menyilang atau disusun secara horizontal namun berantakan seperti puzzle sehingga menghasilkan motif jalan setapak yang unik dan dapat menambah estetika pada taman di rumah. 

Pins bisa menggunakan semen untuk melapisi dasar tanah di jalur jalan setapak jika Pins khawatir batu bata dapat tergeser dengan mudah jika tidak rekat. Tempelkan batu bata ke atas semen selagi masih basah agar dapat menempel dengan rekat saat semen mengering.

Baca juga: Yuk, Percantik Rumah dengan Desain Taman Cantik Rumah Berikut Ini!

Batu Kali

motif jalan setapak
Source : Pinterest

Rekomendasi material yang Pins bisa gunakan sebagai jalan setapak pada taman adalah batu kali. Ya, batu kali memang memiliki permukaan yang khas. Pins bisa menyusunnya mengikuti jalur jalan setapak yang telah Pins rancang. 

Usahakan menggunakan batu kali yang tidak terlalu besar agar dapat ditempelkan dengan mudah pada jalur. Namun jika Pins ingin membuatnya lebih kuat dan tidak mudah bergeser, Pins bisa melapisi jalur jalan dengan semen. 

Lalu, Pins letakkan batu-batu kali yang telah Pins siapkan ke jalur yang telah dilapisi semen. Pins bisa menyusunnya secara berantakan mengikuti jalur atau membentuk suatu motif seperti persegi atau lingkaran sesuai dengan motif yang Pins inginkan.

Itulah beberapa ragam motif jalan setapak yang bisa menjadi pilihan Pins untuk menghias jalan setapak di taman. Semoga dengan ulasan di atas dapat menginspirasi Pins dalam membuat jalan setapak taman yang bagus dan sesuai keinginanmu. 

Jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran jalur agar lebih mudah menentukan jumlah material yang Pins butuhkan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download