8 Cara Membuat Vertical Garden Minimalis di Rumah

Dipublikasikan oleh Lea Lyliana ∙ 4 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Ada alternatif menghadirkan taman di rumah walau tak punya lahan besar, yakni dengan membuat taman vertikal minimalis. Jika belum tahu, vertical garden adalah teknik berkebun dengan menggunakan ruang vertikal yang ada di rumah. Ini bisa diterapkan di bagian indoor maupun outdoor. Menariknya, vertical garden minimalis bisa bermacam-macam, seperti penghijauan hunian, aktivitas produktif, pemanfaatan area, hingga estetika.

Cara membuat taman vertikal sebetulnya pun tidak sulit. Namun, ada beberapa hal krusial yang perlu diperhatikan agar hasilnya sesuai dan elok dipandang mata. Berikut ini ada tips dan cara buat vertical garden yang dapat kamu ikuti. Kalau ingin rumah lebih hijau, coba ikuti langkah berikut, ya.

Pilih Tema yang Sesuai

membuat vertical garden
(Unsplash)

Sama halnya dengan taman di halaman depan rumah, konsep atau tema vertical garden pun perlu dipikirkan betul-betul. Dalam pemilihannya, pastikan sesuai dengan tema desain rumah, sehingga serasi dan tidak bertabrakan. Beberapa tema yang bisa menjadi pilihan seperti klasik, modern, tropis, hingga tradisional. Berkaitan dengan tema, maka kamu perlu memilih tanaman yang sesuai pula. Kedua hal ini berkaitan dengan letak taman vertikal dibuat, apakah area indoor atau outdoor.

Baca juga: 20 Desain Taman di Atas Rumah Atau Roof Garden yang Menyegarkan

Tentukan Lokasi atau Dinding untuk Taman Vertikal

membuat vertical garden
(Unsplash)

Ketika menentukan tema dan konsep, maka kamu perlu mempertimbangkan pula lokasi yang ingin digunakan. Dalam penempatannya, sebenarnya taman vertikal bisa di area indoor ataupun outdoor, tapi baiknya utamakan tembok yang terpapar sinar matahari cukup. Ini dilakukan untuk menjaga pertumbuhan, perkembangan, dan kesegeran tanamannya.

Di samping itu, pastikan pula dinding yang digunakan cukup kuat dan tahan dalam segala cuaca. Selanjutnya, pilih pula dinding yang tahan benturan, tapi tetap mudah dipaku atau dipasang perkakas untuk tamannya. Pasalnya, nanti kamu perlu mengaplikasikan frame di taman vertikalnya.

Siapkan Alat dan Bahan

membuat vertical garden
(Unsplash)

Jika semua sudah siap, maka kamu bisa langsung membuat vertical garden dengan konsep dan area yang diinginkan. Sebelumnya, kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan dan bahan yang dibutuhkan.

Umumnya, berikut bahan yang diperlukan saat membuat taman vertikal outdoor dan indoor:

  • Rangka besi, dengan ukuran bergantung ruang dinding
  • Kayu untuk membuat rak tanaman menempel di dinding dan dijadikan frame, sekitar 6 buah dengan ukuran 10x5x5 cm atau sesuai kebutuhan
  • 1 buah plastik berukuran rangka besi
  • Kain goni berukuran rangka besi
  • Cat kayu, pilih yang tahan segala cuaca dan awet
  • Sekrup, pasak, dan strip penyambung, dan iron cramps

Selain barang di atas, siapkan pula beberapa peralatan berikut:

  • Bor
  • Palu
  • Obeng
  • Gergaji taman

Baca juga: 18 Jenis-Jenis Lampu Dekorasi Taman untuk Halaman Rumah

Buat Frame yang Sesuai dengan Konsep Taman

membuat vertical garden
(Pexels)

Selanjutnya, kamu bisa langsung membuat frame atau rangka untuk struktur dasar taman vertikalnya. Fungsi dari rangka ini yakni menopang plastik, kain, dan tanaman yang nanti gunakan. Dalam pembuatannya, pastikan ukurannya sesuai dengan bidang alias dinding, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Kamu bisa membuat frame ini menggunakan kawan tebal atau pipa PVC dengan ukuran tertentu. Sebaiknya, hindari menggunakan besi untuk rangkanya, karena bisa berkarat dan bebannya terlalu berat. Lalu, tidak dianjurkan pula menggunakan kayu karena mudah rapuh.

Baca juga: 16 Desain Taman di Balkon Lantai 2, Unik Banget!

Menyiapkan Rak Taman, Dinding, dan Kain Goni

membuat vertical garden
(Pexels)

Setelah rangka siap, kamu bisa mulai menyiapkan raknya. Sebagai pilihan, kamu bisa pasang tiga papan rangka menggunakan kawat tebal, kemudian putar pada bingkai memakai strip di tiap sudut penghubungnya. Dengan begitu, rak akan makin kokoh.

Selanjutnya, beralih ke dindingnya. Untuk melindungi dinding dari akar tanaman dan kelembapan, maka letakkan selembar plastik. Sebelum itu, pastikan bingkai sudah dipasang di dinding dengan memakai bor lubang dan steker. Jika sudah, lapisi dengan plastik, lalu beri kain. Untuk kain, pilih yang seratnya tidak terlalu rapat, sehingga ada celah untuk tanaman bernapas. Lalu, isi pula kain tersebut dengan tanah, hingga seukuran frame. Nah, nantinya, kain atau lainnya akan digunakan sebagai pot, seperti di tanam biasa.

Buat Sistem Drainase

membuat vertical garden
(Pexels)

Hal lain yang tak kalah penting yakni membuat sistem drainase atau peresapan air. Fungsi dari drainase sendiri yakni mengatur dan menyerap kelebihan air, sehingga tidak menggenang. Walau terlihat sepele, ini penting dilakukan, karena dapat membantu tanaman tumbuh sehat dan subur. Terlebih, pada vertical garden, medianya berada di tembok. Lebih lanjut, penyerapan air penting dilakukan untuk menjaga kain tanaman agar tetap lembap. Di samping itu,

Baca juga: Kumpulan Tips dan Ide Taman di Dalam Rumah yang Bisa Dicoba

Tentukan Tanaman yang Ditanam

membuat vertical garden
(Pexels

Media tanam sudah siap, kini saatnya untuk memilih dan menentukan tumbuhannya. Dalam pemilihannya, pastikan gunakan tanaman yang memerlukan lingkungan kering dan tidak terlalu lembap. Salah satu yang bisa dipilih yakni tanaman semak. Sementara itu, hindari menggunakan tanaman rambat karena akan menyulitkanmu dalam mengontrol pertumbuhannya.

Tutupi Bagian Atas Taman

membuat vertical garden
(Pexels)

Untuk mencegah tanaman kering, bagian atas taman dapat ditutup dengan jerami atau barang lainnya. Ini juga akan memperlambat proses pembusukan, sehingga tanaman di vertical garden lebih awet. Selain itu, pastikan untuk menyiramnya secara teratur, agar tanaman subur.

Demikian cara membuat vertical garden yang mudah dipraktikkan. Taman vertikal ini cocok digunakan pada rumah dengan lahan sempit agar tetap tetap hijau. Gimana, tertarik untuk membuatnya?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Ide Hiasan Kantor Untuk Mempercantik Dinding

Hiasan kantor tidak hanya membuat dinding tampak lebih hidup. Tujuan keberadaan hiasan kantor adala

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Ragam Jenis Meja Kantor & Kegunaannya

Setiap perusahaan tentu membutuhkan meja kantor untuk meningkatkan kenyamanan dalam bekerja. Ternya

Lifestyle
Lifestyle 18 Merk Laptop Terbaik untuk Kerja, Multimedia & Gaming

Bagi pekerja profesional di bidang tertentu, sudah saatnya untuk mengetahui merk laptop terbaik apa

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Pipa Besi Galvanis dan Lainnya, Terbaru 2022

Pipa besi merupakan material bangunan yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Pipa besi tersebut

Lifestyle
Lifestyle 20 Aplikasi Kamera Laptop untuk Foto & Video Webcam yang Bagus

Kebutuhan di dunia digital yang semakin beragam membuat pemakaian aplikasi kamera laptop ikut menin

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia