BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Referensi Model Kolam Ikan Air Mancur Mini
0
0

10 Referensi Model Kolam Ikan Air Mancur Mini

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Okt 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Model Kolam Ikan Air Mancur Minitop-right-banner

Kolam ikan dengan air mancur mini di depan atau sekitar taman rumah akan menambah estetika eksterior hunian. Ada banyak model kolam ikan air mancur mini yang bisa dijadikan referensi untuk membuat kolam ikan minimalis di depan rumah. 

Mempunyai kolam ikan di depan rumah bisa menjadi tambahan estetika dan suasana menenangkan untuk rumah, serta memberikan nuansa alami yang menyegarkan. Namun perlu untuk dipastikan perawatan dan pemeliharaan secara teratur agar kolam ikan selalu dalam kondisi optimal. 

Beberapa model kolam ikan air mancur mini berikut ini bisa kamu terapkan di rumah eksklusif dari Pinhome. Kamu yang ingin beli rumah di BSD atau rumah bekas di Kab Bandung bisa memanfaatkan fitur PinValue untuk mengetahui estimasi harganya. 

Baca juga: Kolam Ikan dengan Konsep Aquascape Sederhana

Manfaat Punya Kolam Ikan di Depan Rumah

Model Kolam Ikan Air Mancur Mini
Source : Pinterest

Memiliki kolam ikan di depan rumah memiliki beberapa manfaat, baik dari segi estetika, relaksasi, hingga meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah. Berikut adalah 5 manfaat utama memiliki kolam ikan di depan rumah yang perlu kamu ketahui.

1. Menunjang Estetika

Kolam ikan bisa menambah nilai estetika dan keindahan properti yang kamu miliki. Air yang berkilauan dan gerakan ikan yang lincah memberikan tampilan yang menarik dan menenangkan. Hal ini dapat meningkatkan daya tarik visual rumah.

2. Efek Relaksasi dan Ketenangan

Mendengarkan suara gemericik air dan melihat ikan berenang dapat menciptakan atmosfer yang menenangkan. Hal ini membantu meredakan stres, kecemasan, dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

3. Membantu Meningkatkan Kualitas Udara

Kolam ikan membantu meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah. Proses oksigenasi air oleh ikan dan tanaman air menghasilkan oksigen yang baik untuk pernapasan, memperbaiki kualitas udara di sekitarnya.

4. Menciptakan Ekosistem Mikro

Kolam ikan menciptakan ekosistem mikro di lingkungan sekitar rumah kamu. Ikan dan tanaman air yang berinteraksi akan menciptakan lingkungan yang seimbang. Ini membantu menciptakan habitat untuk kehidupan mikroba dan serangga yang bermanfaat.

5. Melatih Tanggung Jawab

Memiliki kolam ikan bisa  mengajarkan anggota keluarga, terutama anak-anak, tentang tanggung jawab. Mereka akan mempelajari dan terbiasa dengan cara merawat ikan, memberi makan dengan benar, dan memastikan kolam dalam kondisi baik.

Dengan berbagai manfaat ini, memiliki kolam ikan di depan rumah tidak hanya meningkatkan keindahan properti, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan dan pengalaman hidup bagi penghuninya.

Baca juga: Tips Membuat Kolam Ikan di Depan Rumah

Model Kolam Ikan Air Mancur Mini

Jika Pins berencana membuat kolam ikan mini dengan air mancur, maka beberapa model berikut bisa dijadikan sebagai referensi. Namun penting dicatat bahwa membuat kolam ikan sebaiknya dilakukan oleh profesional meskipun kamu sendiri juga bisa membuatnya. 

Selain itu, kamu juga perlu memikirkan lokasi kolam ikan apakah di depan rumah atau di belakang rumah. Berikutnya, pastikan kolam ikan yang dibuat sudah menjamin keamanan, terutama bagi anak-anak kecil. 

Berikut beberapa model kolam ikan air mancur mini yang bisa kamu jadikan referensi untuk area rumah yang asri dan estetik. 

1. Kolam Ikan Natural

Model Kolam Ikan Air Mancur Mini
Source : Pinterest

Model pertama ini menghadirkan kesan natural dan alami. Pasalnya, desain kolam ikan air mancur ini dibuat layaknya miniatur sungai di daerah pedesaan atau pegunungan. 

Kamu perlu menyiapkan beberapa batu gunung dengan ukuran sedang hingga besar, serta beberapa tanaman hias dan rumput untuk menambah kesan yang hidup. 

Hanya saja, model kolam ikan yang satu ini hanya cocok untuk kamu yang memiliki halaman depan, samping, atau belakang rumah yang luas. Pasalnya, model ini menuntut lahan yang luas. 

2. Kolam Ikan Hitam

Model Kolam Ikan Air Mancur Mini
Source : Pinterest

Model kolam ikan yang satu ini cocok untuk rumah minimalis dan tidak memerlukan lahan yang luas. Kamu bisa membuatnya di teras rumah dengan ukuran yang bisa disesuaikan. 

Kolam ikan ini didesain dengan sangat apik dengan warna hitam doff yang mendominasi. Tambahkan beberapa pot bunga di beberapa sisi kolam untuk menambah kesan asri. 

3. Kolam Ikan Kaca

Model Kolam Ikan Air Mancur Mini
Source : Pinterest

Berikutnya adalah model kolam ikan air mancur mini dengan material kaca pada sisi luar kolam. Dengan material kaca, maka kehidupan ikan di dalam kolam bisa disaksikan dengan jelas dari samping, tanpa harus melihat dari atas. 

Dengan memilih model ini, kamu juga bisa menambah tanaman aquascape untuk menambah keindahan kolam. Beberapa jenis tanaman aquascape yang bisa kamu tambahkan antara lain marimo Moss Ball, Amazon Sword, Pakis Jawa, Lumut Jawa, Dwarf Sagittaria, dan sebagainya.

4. Kolam Ikan Bebatuan

Model Kolam Ikan Air Mancur Mini
Source : Pinterest

Model kolam berikutnya menggunakan tumpukan batu alam untuk menambah kesan natural. Konsepnya hampir mirip dengan model pertama, namun secara luas area model yang ini cenderung lebih kecil dan minimalis. 

Pembuatan model kolam ini juga tidak rumit. Kamu hanya perlu menumpuk bongkahan batu alam di bagian samping, dengan kubangan kecil sebagai tempat hidup ikan di bagian tengah. Alirkan air dari arah atas tumpukan batu sehingga menghadirkan kesan air terjun.

Baca juga: Desain Kolam Ikan Minimalis

5. Kolam Air Terjun Dinding

Model Kolam Ikan Air Mancur Mini
Source : Pinterest

Berikutnya adalah model kolam ikan dengan air terjun dinding. Model ini cukup banyak diterapkan oleh masyarakat karena pembuatannya yang simple. Buat dinding ke atas pada salah satu sisi kolam, lalu alirkan air dari dinding itu ke arah kubangan kolam untuk menghasilkan air terjun dinding yang indah. 

6. Kolam dengan Gazebo

Model Kolam Ikan Air Mancur Mini
Source : Pinterest

Jika memiliki area yang luas, kamu bisa menambah gazebo dari bambu pada sisi atas kolam. Sementara untuk pengaliran air kamu bisa memanfaatkan bagian bawah lantai gazebo. 

Dengan model ini, kamu bisa duduk santai di area gazebo dengan melihat keindahan kolam di bagian bawahnya. 

7. Kolam dengan Jembatan

Model Kolam Ikan Air Mancur Mini
Source : Pinterest

Selanjutnya adalah kolam ikan dengan jembatan di bagian atasnya. Model kolam ikan air mancur mini yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki lahan yang cukup luas. 

8. Air Mancur Bambu

Model Kolam Ikan Air Mancur Mini
Source : pixabay

Bambu adalah bahan material yang serbaguna, salah satunya digunakan untuk air mancur pada kolam ikan kamu. Buat kolam ikan dengan model yang sederhana, lalu tambahkan instalasi bambu sebagai pancuran air yang berundak. 

9. Kolam Ikan Memanjang

Model Kolam Ikan Air Mancur Mini
Source : Pinterest

Model kolam ikan ini akan mengingatkan pada parit depan rumah karena bentuknya yang memanjang dengan lebar yang tidak terlalu besar. Kamu bisa menambah ‘padasan’ di bagian samping sebagai pancuran air yang mengarah ke kolam. 

10. Kolam dengan Tapakan Kaki

Model Kolam Ikan Air Mancur Mini
Source : Pinterest

Model kolam ikan yang satu ini cukup menghemat ruang. Pasalnya, bagian atas kolam dibuat tapakan kaki sebagai pijakan orang lewat. Dengan demikian, penghuni atau bahkan tamu tetap bisa melintas dengan pemandangan kolam di bawahnya. 

Itulah beberapa model kolam ikan air mancur mini yang bisa kamu jadikan referensi. Sesuaikan model yang kamu pilih dengan anggaran dan luas area yang dimiliki. Semoga membantu!

Baca Juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Griya Parama dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download