Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • 15 Jenis Tanaman Vertical Garden yang Tidak Gampang Layu

Hobi

15 Jenis Tanaman Vertical Garden yang Tidak Gampang Layu

Ditulis oleh Puri ∙ 8 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Pinhome – Mempunyai taman kecil di rumah, merupakan salah satu cara untuk membuat Pins betah berada di dalam rumah. Selain betah berlama-lama di rumah, taman hijau pun dapat menjadikan rumah lebih nyaman dan sedap dipandang. Tidak terkecuali untuk Pins yang tidak mempunyai lahan untuk taman di rumah. Tanaman vertical garden dapat menjadi salah satu opsinya.

Metode berkebun vertical garden memang akhir-akhir ini banyak diminati oleh masyarakat. Berkebun dengan menggunakan ruang vertikal yang ada di rumah, menjadikan Pins yang tidak mempunyai ruang lebih seperti taman di dalam rumah, dapat memiliki ruang hijau mini yang cantik. Sebelum membahas apa saja jenis tanaman vertical garden yang tidak gampang layu, simak dulu yuk bagaimana cara membuat vertical garden itu sendiri.

Cara Membuat Tanaman Vertical Garden dan 15 Jenisnya

Tanaman Vertical Garden

Teknik berkebun satu ini, menjadi hal menarik selama pandemi. Dengan suasana rumah yang nyaman, kerja dari rumah pun menjadi tidak bermasalah. Memanfaatkan ruang kecil atau bidang tegak lurus di rumah, menjadi hal utama untuk membuat ruang tanaman vertical garden. Salah satunya dengan memanfaatkan dinding kosong. Tidak heran banyak dari masyarakat mengetahui istilah vertical garden dengan taman dinding.

Dengan adanya hal tersebut, Pins jadi mengetahui bukan? Cara membuat vertical garden itu mudah. Apalagi tanaman vertical garden dapat mempercantik estetika rumah, dijamin rumah Pins akan instagramable deh! Untuk menunjang ruang hijau mini dari vertical garden itu sendiri, berikut terlampir 15 jenis tanaman vertical garden yang tidak gampang layu.

15 Jenis Tanaman Vertical Garden

Begoniaceae

tanaman vertical garden
(gardeningknowhow)

Tanaman vertikal garden satu ini memang banyak digemari para kaum hawa. Selain bunganya yang cantik, tanaman Begonia yang biasanya digantung ini, tergolong sebagai bunga abadi. Bunga yang warna kelopaknya akan cerah terus sepanjang tahun.

Chlorophytum Comosum

Untuk Pins yang punya ruang outdoor, tanaman vertikal garden Lili Paris atau Chlorophytum Comosum  dapat dijadikan pilihan. Tanaman ini tahan terhadap paparan sinar matahari secara langsung. Tidak heran, Pins pasti sering jumpai di resto-resto outdoor sebagai hiasan untuk mempercantik ruangan.

Dischidia Geri

vertical garden
(pikiran-rakyat)

Ada jenis lainnya nih Pins, untuk kamu yang suka tanaman vertical garden yang menjuntai yaitu Dischidia Geri atau tanaman yang menjuntai. Cocok sekali untuk kamu yang masih bingung cara membuat tanaman vertical garden. Dischidia Geri dapat digantung maupun sebagai penghias jendela ruangan.

Codiaeum Variegatum Pictum

Cerah maksimal memang cocok didedikasikan untuk tanaman vertical garden jenis ini. Perpaduan warna merah, hijau, jingga, ungu dan kuning membuat tanaman Croton cocok untuk membuat ruangan rumahmu menjadi lebih hangat.

Spathiphyllum Wallisii

(worldoffloweringplants)

Untuk Pins yang masih baru dalam dunia tanaman vertical garden, Spathiphyllum Wallisii dapat dijadikan salah satu tanaman yang bisa Pins tanam. Pemeliharaannya pun tergolong mudah dengan minim pencahayaan. Biasa disebut dengan Bunga Lili Perdamaian karena warna putih yang cantik dan sedap dipandang mata.

Dracaena

Salah satu opsi tanaman vertical garden jenis ini, memiliki fungsi menarik sebagai penghalang polutan berbahaya. Tanaman Dracaena cocok hidup di dalam ruangan maupun luar ruangan. Tetapi Pins, tetap harus diperhatikan ya agar tetap mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Aeschynanthus Radicans

(commons.wikimedia)

Selanjutnya ada tanaman gemas yang menyerupai lipstik yaitu Aeschynanthus Radicans atau dikenal dengan tanaman lipstik. Salah satu alternatif tanaman vertical garden terbaik ini, bisa tumbuh dan berkembang di dalam maupun luar ruangan. Dengan tanaman hias ini, rumah Pins akan semakin meriah dan segar.

Nephrolepis Exaltata

Pakis salju atau Nephrolepis Exaltata merupakan tanaman vertical garden yang tidak gampang layu karena hidup di daerah yang lembab. Karena mudah perawatannya, tanaman ini sering ditempatkan di ruangan outdoor.

Acacia Cognata

tanaman vertical garden
(Pinterest)

Pins, tembok rumah kalian terlihat monoton dan membosankan? Acacia Cognata bisa menjadi salah satu tanaman vertical garden terbaik untuk menghiasi tembok rumah kalian. Terkenal dengan sebutan limelight bower wattle, tanaman ini menjadi tanaman favorit para pecinta tanaman karena mempunyai daya tarik tersendiri pada dinding rumah.

Epipremnum

Tanaman satu ini terkenal dengan nama Pothos. Dengan pencahayaan yang kurang, ruangan kamu akan tetap hijau dengan menggunakan tanaman vertical garden jenis ini. Tanaman ini dapat dengan mudah digantung ataupun dibiarkan merambat.

Hoya Carnosa

(Wikipedia)

Pins, menghias ruang-ruang di rumah dengan tanaman vertical garden memang menyenangkan. Apalagi dengan tanaman Hoya Carnosa, bunga putihnya yang cantik dan bersinar dengan hiasan merah di tengah, menjadikan rumah kalian semakin menarik.

Epipremnum Aureum

Mencoba-coba dalam menghias ruang hijau di rumah dapat dilakukan dengan menanam tanaman jenis Epipremnum Aureum atau biasa disebut dengan Sirih Gading. Tanaman vertical garden jenis ini, hanya membutuhkan perawatan yang sangat minim dan termasuk salah satu jenis tanaman merambat.

Stephanotis Floribunda

(Commons.wikimedia)

Selanjutnya ada tanaman dinding yang cocok menghiasi ruang vertical garden di rumahmu, yaitu Stephanotis Floribunda. Terkenal dengan Wedding Vine karena sering menjadi penghias tanaman di acara pernikahan, tanaman ini juga mengeluarkan bau harum yang segar lho Pins!

Orchidaceae

Menyusuri varian bunga memang tidak lengkap bila tidak menyebutkan Orchidaceae atau biasa disebut dengan Bunga Anggrek. Bunga Anggrek satu ini, hidup dari embun dan kelembaban. Maka dari itu, cocok untuk penghias ruang indoor vertical garden mu apalagi warna ungu khasnya yang mencolok.

Zamioculcas Zamiifolia

(Thegorbalsal)

Terakhir ada Zamioculcas Zamiifolia atau biasa disebut dengan dollar plant. Tanaman ini memiliki daya cengkram yang kuat dan cocok digunakan sebagai tanaman vertical garden. Selain memang tidak memerlukan banyak air, tanaman ini kuat di rumput kering dan tandus.

So? Pins, sudah menemukan tanaman yang cocok untuk vertical garden di rumah kallian? Apapun tanamannya usahakan yang sesuai untuk menghias ruang kecil kalian ya, jangan sampai ruang kalian rusak karena pemilihan jenis tanaman yang tidak sesuai.


Untuk Pins yang sedang mencari rumah impian, langsung yuk download aplikasi rekan Pinhome di App Store maupun Google Play Store. Temukan rumah lengkap dengan berbagai harga dan desain menarik hanya di satu aplikasi.

Selain itu, untuk Pins yang mau bergabung menjadi rekan Pinhome, bisa langsung saja bergabung menjadi agen kami. Kapan lagi bisa menemukan rumah dengan nyaman di dalam genggaman. Pinhome – PINtar Jual Beli Sewa Properti.

Tags :

Bagikan Artikel