BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Jenis Rumput untuk Taman Indoor Maupun Outdoor
0
0

10 Jenis Rumput untuk Taman Indoor Maupun Outdoor

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jun 26, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
jenis rumput tamantop-right-banner

Bagi Pins yang punya lahan sisa di rumah tentu ingin membuat sebuah taman minimalis yang bisa menghijaukan hunian. Selain memilih tanaman, kamu perlu melihat-lihat jenis rumput mana yang cocok untuk taman yang hendak dibuat.

Tidak hanya berfungsi sebagai penghias rumah, rumput yang ada dapat berfungsi untuk menyerap air dan mengurangi debu tanah yang tertiup angin. Untuk perawatannya sendiri cukup mudah, lho.

Pins juga bisa memilih macam-macam rumput, baik untuk taman di dalam rumah maupun di halaman. Penasaran? Simak daftar lengkapnya di sini, ya!

Jenis Rumput Taman Indoor

Umumnya, jenis rumput untuk taman indoor tergolong terbatas. Pasalnya, jenis rumput ini harus minim perawatan dengan kemungkinan tidak terpapar sinar matahari secara langung.

Walau begitu, kamu masih bisa kok memilh beberapa jenis rumput taman indoor di bawah ini. Pins juga bisa mensiasati pembuatan tipe taman indoor dengan sirkulasi udara terbuka maupun pencahayaan maksimal dalam rumah.

Apalagi kini sudah banyak desain menarik untuk pembuatan taman dalam rumah yang asri. Beberapa rekomendasi jenis rumput di bawah ini mungkin dapat menjadi alternatif untuk mempercantik hunian ya!

Baca juga:

Rumput Kucai Mini

Source : Shopee

Rumput kucai mini merupakan rumput yang cocok ditanam di dalam rumah. Ini karena kucai mini sanggup bertahan dalam suhu ruang dalam hunian. Jenis rumput satu ini juga biasa digunakan pada taman yang teduh karena bisa hidup tanpa terkena sinar matahari langsung.

Tanaman golongan famili Cyperaceae ini mampu bertahan lebih lama dibanding jenis rumput lainnya pada ruangan tertutup. Walau begitu, ada baiknya Pins tetap memperhitungkan sirkulasi cahaya dan udara dalam rumah. Hal tersebut bisa membuat tanaman lebih sehat dan menyehatkan sirkulasi udara di dalam rumah.

Rumput Bermuda

Source : OLX

Alternatif rumput taman indoor selanjutnya adalah rumput bermuda. Sebenarnya rumput untuk taman ini sering dipakai di lapangan golf karena tahan terhadap cuaca kering dan panas.

Jika Pins ingin menggunakan rumput bermuda di dalam rumah, usahakan tetap memperhatikan asupan cahaya matahari. Hal ini bisa terwujud dengan desain taman sederhana yang menggunakan atap kaca pada bagian taman rumah atau jendela yang cukup besar. Ini bertujuan membantu pertumbuhan rumput bermuda dan tentunya membuat jenis rumput ini bertahan lebih lama.

Rumput Manila

Source : Tokopedia

Pilihan lainnya dalam membuat lahan hijau dengan rumput taman rumah adalah dengan penggunaan rumput zoysia atau biasa dikenal dengan rumput manila. Rumput yang memang terkenal halus dan sering digunakan pada lapangan olahraga ini memiliki ciri khas runcing dengan tekstur yang lembut.

Bila Pins menggunakan rumput ini pada hunian, kamu dan keluarga akan nyaman duduk di atasnya sambil bersantai di sore hari. Desain taman dalam rumah ini tidak perlu tertutup rapat semua, kamu bisa mengadaptasi taman semi outdoor yang menarik.

Baca juga: Inspirasi Desain Air Mancur Minimalis Untuk Taman Rumahmu!

Rumput Sintetis

Nah, rumput sintetis bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang tidak mau repot dan merasa tidak lihai dalam merawat bunga dan tanaman. Rumput palsu ini tidak begitu sulit untuk dirawat dibandingkan jenis rumput hidup lainnya.

Tidak hanya itu, kamu bisa menaruh rumput sintetis dalam bentuk apapun, termasuk karpet, sesuai selera karena tidak mudah rusak. Sayangnya, Pins perlu membersihkan rumput sintetis secara teratur agar tidak jadi tempat berkumpulnya kotoran yang menjadi sarang penyakit.

Rumput Gajah Mini

Jenis rumput untuk taman indoor lainnya adalah rumput gajah mini. Rumput ini menjadi andalan di perumahan perkotaan karena mudah dirawat. Terlebih lagi, rumput ini bisa bertahan tanpa bantuan sinar matahari secara langsung sehingga cocok untuk ruangan indoor yang minim cahaya.

Bila dibandingkan dengan rumput gajah lokal, rumput gajah mini memiliki tampilan yang lebih menarik. Tekstur rumput gajah ini juga cenderung lebih lembut dan digadang-gadangkan sebagai penyuplai oksigen terbaik diantara jenis rumput lainnya, lho.

Jenis Rumput Taman Outdoor

Sudah bukan rahasia lagi bila Pins bisa menanam rumput secara leluasa di luar ruangan, alias halaman rumah. Beberapa jenis rumput di bawah ini ternyata jadi pilihan untuk menghiasi taman depan maupun belakang rumah, nih. Berikut daftar lengkapnya!

Baca juga: 15 Inspirasi Membuat Taman Kering Ala Jepang

Rumput Gajah Besar

Salah satu macam rumput untuk taman outdoor adalah rumput gajah besar. Sesuai namanya, rumput ini berukuran besar dan kerap dipakai di lapangan bola atau halaman rumah yang luas.

Rumput gajah besar juga tahan meski sering diinjak dan tetap bisa tumbuh dengan normal. Pins juga tidak perlu repot-repot merawat rumput gajah besar karena tidak perlu terlalu sering disiram dengan air, melainkan sesekali saja secara rutin.

Rumput Jepang

Source : Shopee

Rumput jepang merupakan jenis rumput dengan tekstur yang mirip dengan rumput manila. Varian rumput ini kerap digunakan sebagai penghias taman di depan rumah berkat bentuknya yang runcing dan tipis. Alhasil, rumput di taman akan tampak rampat dan halus.

Mengingat bentuk rumput Jepang seperti jarum, Pins mungkin akan tidak nyaman duduk di atasnya karena terasa sedikit menusuk. Sementara itu, perawatan rumput Jepang membutuhkan pemangkasan minimal setiap satu bulan sekali dan pemupukan dua kali selama 1 bulan. Jangan lupa menyiram rumput saat kepanasan, ya.

Rumput Peking

Source : Shopee

Walau bentuknya mirip dengan rumput Jepang, rumput Peking mengalami pertumbuhan yang lebih jarang. Namun, kamu tetap perlu memangkas rumput yang tahan terhadap cuaca dingin ini secara rutin. Pins juga perlu menanam rumput ini di tempat yang jarang diinjak oleh kaki manusia, ya.

Baca juga: 20 Desain Gazebo Baja Ringan, Cocok untuk Santai!

Rumput Swiss

Source : Shopee

Dibandingkan jenis rumput taman lainnya, rumput Swiss mempunyai tekstur yang paling halus. Tidak heran bila harga rumput ini cenderung lebih mahal karena tampak rapi dan indah ketika ditanam di taman rumah.

Meski begitu, kamu harus merawat rumput Swiss dengan perhatian khusus karena harus menjaga kelembapan rumput, memotong secara rutin, dan memberi pupuk urea. Ini bertujuan mencegah pertumbuhan rumput liar yang tentu merusak estetika dari rumput Swiss.

Rumput Golf

Sesuai namanya, rumput golf memang dipakai di lapang golf. Namun, Pins bisa kok menggunakan rumput ini untuk pekarangan rumah. Hadir dengan tekstur yang lembut dan bentuk yang bergelombang, varian rumput ini menjadi favorit banyak orang.

Selain itu, Pins tidak akan sulit memotong rumput golf karena tumbuh secara vertikal.

Nah, itu tadi kumpulan jenis rumput yang bisa Pins pilih untuk menghiasi taman luar maupun dalam rumah. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download