37 Jenis Tanaman Hias Gantung di Teras Rumah yang Menyegarkan

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti ∙ 10 February 2022 ∙ 14 menit membaca

Pins mungkin sering menemukan beberapa rumah yang memiliki tanaman hias gantung di teras rumah dengan berbagai warna yang menarik. Cara ini tentunya sangat ampuh untuk membuat tampilan rumah semakin berbeda dan menyegarkan. Halaman depan rumah akan menjadi bagian utama yang paling terlihat dari sisi desain eksterior.

Untuk Pins yang ingin memiliki berbagai bunga gantung di teras rumah bisa memajangkan beberapa jenis tanaman yang cocok dengan desain eksterior yang dimiliki. Namun, tidak semua jenis tanaman dapat dijadikan sebagai tanaman gantung lho. Yuk, simak beberapa rekomendasi jenis tanaman hias gantung di teras rumah berikut ini!

Baca juga:

Rekomendasi Jenis Tanaman Hias Gantung di Teras Rumah

Berikut beberapa rekomendasi jenis bunga gantung di teras rumah yang bisa Pins aplikasikan untuk mempercantik tampilan rumah selengkapnya!

Tanaman Hias Portulaca

tanaman hias gantung di teras rumah
(Desa Dampit)

Jenis tanaman hias gantung yang satu ini sering disebut juga dengan bunga jam sembilan. Portulaca ini merupakan tanaman hias yang biasa ditanam di pot gantung maupun pot biasa. Tanaman ini memiliki bunga dengan warna-warna yang cantik. 

Kabar baiknya adalah portulaca ini tahan terhadap cuaca panas dan hujan, sehingga tidak membutuhkan perawatan khusus. Pins juga tidak perlu sering-sering menyiram tanaman ini dengan air. 

Baca juga: Cara Merawat Tanaman di Rumah Dengan Benar Untuk Pemula

Tanaman Hias Zygocactus

(Burke’s Backyard)

Tanaman yang satu ini adalah salah satu tanaman hias gantung di teras rumah yang tahan panas dan hujan. Tahan terhadap cuaca panas sehingga tidak perlu sering-sering disiram. Selain itu, zygocactus juga memiliki bunga cantik berwarna oranye yang akan membuat tampilan rumah semakin natural.

Tanaman Hias Marigold

tanaman hias gantung di teras rumah
(Kompas)

Bunga gantung di teras ini memiliki kelebihan yang tahan panas dan hujan. Memiliki bunga dengan warna oranye keemasan yang sangat populer. Umumnya tanaman yang satu ini dijadikan sebagai tanaman indoor yang diletakkan di meja. 

Namun tidak hanya sebagai tanaman indoor, tanaman hias ini juga sering dijadikan sebagai tanaman hias gantung outdoor tahan panas dan hujan. Marigold ini tidak mudah layu, jadi Pins tidak perlu melakukan perawatan khusus.

Baca juga:

Tanaman Hias Petunia

(Kompas)

Petunia juga bisa menjadi salah satu tanaman hias yang cukup kuat dan tidak memerlukan perawatan khusus. Tanaman ini memiliki bunga yang sangat cantik. Umumnya tanaman ini dapat tumbuh subur dengan hanya mendapatkan sinar matahari. Tanaman ini juga tidak mudah layu, sehingga tidak membutuhkan perawatan khusus. Terlebih tanaman ini bisa tumbuh subur jika mendapatkan sinar matahari yang cukup, setidaknya 5 jam dalam sehari.

Tanaman Hias Begonia

tanaman hias gantung di teras rumah
(Pikiran Rakyat)

Begonia merupakan jenis tanaman hias khas tropis yang tahan terhadap cuaca panas. Di Indonesia, tanaman ini disebut juga dengan nama Tapak Dara. Kelebihan dari tanaman ini membutuhkan waktu penyiraman yang tidak terlalu sering. Jadi, untuk Pins yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanaman sangat cocok untuk memilihnya.

Baca juga:

Tanaman Hias Japanese Wisteria

(Learnjapaness123)

Seperti namanya, Japanese Wisteria ini adalah tanaman hias gantung yang berasal dari Jepang. Tanaman hias gantung ini dapat tumbuh menjulur ke bawah yang akan mempercantik rumah dengan bunganya yang sangat indah.

Tanaman Hias Anggrek

(Kompas)

Tentu Pins sudah sangat familiar dengan jenis tanaman hias gantung di teras rumah yang satu ini bukan? Ya, anggrek merupakan salah satu tanaman hias dengan bunga yang sangat indah. Agak berbeda dari tanaman gantung lainnya, anggrek memerlukan perawatan secara bertahap hingga anggrek bisa mendapatkan paparan matahari secara langsung.

Tanaman Hias Orchid Cactus

(World of Succulent)

Tanaman dengan nama Epiphyllum cactus ini juga disebut dengan orchid cactus karena perawatannya yang mirip dengan anggrek. Tanaman hias ini memiliki bentuk dahan yang mirip dengan bunga wijaya. Jenis tanaman ini adalah sukulen yang masuk kedalam keluarga Cactaceae. Tanaman hias ini membutuhkan peran sinar matahari, hanya saja tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung.

Tanaman Hias Lantana

Japanese Wisteria
(Lazada)

Lantana adalah tanaman hias yang memiliki bunga cantik dengan aroma khas. Tanaman ini memiliki cabang yang banyak dengan tampilan yang memukau karna variasi warnanya. Selain itu, tanaman ini bisa tumbuh dengan posisi tegak maupun menjuntai ke bawah.

Dengan memelihara tanaman hias yang satu ini, Pins jadi tidak perlu melakukan perawatan yang sulit, karena tanaman ini cukup tahan terhadap cuaca panas maupun dingin.

Baca juga:

Tanaman Hias Aglaonema

Japanese Wisteria
(Pikiran Rakyat)

Tanaman aglaonema memiliki nama lain Sri Rejeki. Tanaman hias ini cukup populer di Indonesia karena dipercaya dapat mendatangkan rezeki pada orang yang merawatnya. Kelebihan dari tanaman yang satu ini adalah kemampuannya yang bisa tumbuh dalam cuaca panas maupun hujan. 

Selain itu, tanaman ini juga memiliki corak daun yang unik. Sebenarnya terdapat beberapa jenis tanaman aglaonema seperti jenis silver king, silver queen, harlequin, widuri merah dan aglaonema cutlass.

Tanaman Hias Lobelia

(Depositphotos)

Tanaman gantung outdoor tahan panas dan hujan ini memiliki banyak variasi warna. Selain itu, tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus, sehingga Pins tidak perlu repot-repot dalam merawatnya. Tanaman ini juga memiliki bunga cantik yang bisa mempermanis tampilan teras rumah. Pins bisa menjadikan tanaman hias ini menjadi pilihan kamu untuk dirawat di rumah.

Tanaman Hias Million Bells

(Gardening Know How)

Selanjutnya ada Million Bells atau dikenal dengan nama latin calibrachoa. Tanaman hias gantung ini merupakan kerabat dari bunga petunia. Memiliki bentuk yang sangat unik, karena Pins akan menjumpai lebih dari satu warna bunga dan satu tanaman. Warna-warna bunganya ada yang kuning, merah muda, ungu, dan biru. Sangat cocok jika kamu baru mencoba satu jenis tanaman gantung namun terkesan banyak. Ketangguhannya juga tidak perlu ditanya. Selain tahan penyakit, tanaman ini bisa menyesuaikan diri dalam berbagai kondisi. Perawatannya cukup sederhana yakni memperhatikan keseimbangan asupan air dan cahaya matahari.

Tanaman Hias Sirih Belanda

(Alodokter)

Tanaman hias gantung yang mudah dirawat selanjutnya adalah tanaman Blaster Heart atau sering juga disebut daun Sirih Blaster Heart atau Sirih Belanda karena bentuknya yang seperti daun sirih juga berbentuk seperti hati. Blaster Heart termasuk tanaman hias tak berbunga. Selain dari bentuk daunnya, daya tarik dari tanaman hias gantung ini adalah warna dari daunnya yang bercorak hijau dan putih.

Tanaman Hias String of Pearls

tanaman hias gantung di teras rumah
(Gardenista)

Selanjutnya ada String of Pearls atau senecio rowleyanus. Bunga gantung di teras rumah ini merupakan tanaman yang berasal dari Afrika. Tanaman ini merupakan spesian kaktus berbentuk bulat seperti mutiara. Di dalamnya berisi air agar tumbuhan dengan nama ilmiah Senecio rowleyanus ini dapat bertahan di area kering dalam waktu yang lama. Tanaman Senecio memiliki bunga berwarna putih dengan aroma kayu manis. Selain itu, tanaman sukulen ini bertumbuh menjalar dan umumnya cocok dijadikan tanaman hias gantung untuk ruangan tamu.

Tanaman Hias Kaktus Anggur

(Suara)

Selain String of Pearls, ada juga Kaktus Anggur yang bisa menjadi tanaman hias gantung yang tepat untuk mempercantik rumah kamu. Kaktus Anggur dengan nama latin Sedum morganianum ini masih memiliki kemiripan dengan tanaman kaktus, termasuk sifatnya yang membutuhkan banyak cahaya matahari, tapi sedikit air. Hal inilah yang menyebabkan Sedum morganianum sangat mudah dirawat. Di Indonesia sendiri, tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan Ekor Keledai.

Baca juga:

Tanaman Hias Pakis Boston

(Pertanianku)

Tanaman hias gantung selanjutnya yang bisa kamu jadikan dekorasi rumah adalah Pakis Boston atau dikenal dengan nama latin Nephrolepis exaltata. Sebagian orang juga menyebutnya dengan nama Paku Gunung. Pakis ini menjadi pilihan lain bagi kamu yang ingin memiliki tanaman hias gantung yang indah dan mudah dirawat.

Tanaman Hias English Ivy

(CNN)

Tanaman hias gantung yang mudah dirawat selanjutnya adalah English Ivy. Tanaman ini sangat populer dijadikan sebagai tanaman hias yang membuat rumah menjadi hijau dan menyejukkan. Ketika diletakkan di pot gantung, english ivy yang tumbuh merambat seperti sulur tanaman ini akan terlihat indah saat digantung di dalam rumah.

Tanaman Hias Baby Tears Plant

tanaman hias gantung di teras rumah
(Garden Beast)

Tanaman hias gantung yang cocok untuk dipajang di dalam rumah selanjutnya adalah Baby Tears Plant. Tanaman ini Memiliki daun yang amat kecil dan terlihat fragile, sangat cantik jika dilihat secara keseluruhan. Tanaman ini cocok dijadikan tanaman hias indoor. Untuk cara perawatannya, kamu cukup letakan saja di lokasi dengan kondisi sinar yang cukup. Baby Tears Plant pun akan tumbuh subur. Menariknya, tanaman yang terlihat imut ini mampu menyerap polusi udara di sekitarnya.

Tanaman Hias Peperomia Hope

(Tribun)

Tanaman hias gantung yang cantik selanjutnya adalah Peperomia Hope. Tanaman ini tumbuh dengan batang dan daun yang berwarna hijau. Warna hijau pada bagian daun biasanya lebih tua dibandingkan dengan batangnya. Hal yang menjadikan tanaman ini unik adalah bentuk daunnya yang pipih sedikit tebal dengan tekstur yang halus dan tumbuh menjuntai ke bawah. Daunnya juga berbentuk bulat hampir sempurna, dan agak cekung ke dalam seperti sendok. Keunikannya ini bisa jadi rekomendasi tanaman hias gantung untuk pajangan rumah.

Tanaman Hias Jenggot Putih

(Sukabumi Update)

Tumbuhan ini punya banyak sebutan antara lain Jenggot Musa, Jenggot dewa, Jenggot nabi, dan Jenggot Firaun. Sesuai namanya, wujudnya memang sangat mirip jenggot yang sangat lebat dan berwarna putih. Panjangnya bahkan ada yang sampai 6 meter menjuntai ke bawah. Warna yang putih pucat dan bentuk daunnya yang runcing, membuat tanaman ini paling berbeda dengan tanaman hias gantung lainnya, yang rata-rata berwarna hijau. 

Tanaman Hias Sirih Gading

tanaman hias gantung di teras rumah
(Kompas)

Tanaman hias gantung di teras rumah ini cukup populer dan dapat dengan mudah ditemukan di banyak rumah. Bentuknya yang mirip daun sirih dengan sedikit corak putih pada daun ini membuat tanaman ini dinamai sirih gading. Tanaman sirih gading ini relatif mudah dirawat karena tidak membutuhkan perawatan khusus.

Tanaman Hias Lili Paris

(Klik Hijau)

Tanaman hias yang satu ini juga dapat Pins temukan dengan mudah di banyak rumah. Lili paris atau yang dikenal juga dengan spider plant memiliki bentuk daun yang mirip dengan kaki laba-laba. Tanaman gantung ini cukup mudah dirawat karena memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik dan dapat ditanam di berbagai macam tanah.

Baca juga:

Tanaman Hias Black Eyed Susan Vine

tanaman hias gantung di teras rumah
(Pikiran Rakyat)

Black eyed susan vine atau Thunbergia alata adalah tanaman hias gantung di teras rumah yang sangat cantik. Tanaman ini diberi nama black eyed (mata hitam) karena memiliki bunga berwarna hitam pada bagian tengah bunga dengan warna kelopak bunga yang beragam mulai dari kuning, merah dan putih. Jenis bunga yang satu ini cukup populer karena memiliki warna yang mencolok sehingga sering ditanam di banyak rumah.

Tanaman Hias Creeping Charlie

tanaman hias gantung di teras rumah
(Adobe Stock)

Tanaman rambat gantung selanjutnya yang dapat Pins coba budidayakan di rumah adalah creeping charlie. Tanaman yang satu ini memiliki daun berwarna hijau terang dengan bentuknya yang mirip daun mint yang akan membuat tampilan luar rumah semakin asri. Tidak hanya itu, tanaman creeping charlie juga memiliki bunga berwarna ungu yang dapat memperindah bagian outdoor rumah

Tanaman Hias Andong Merah

(Sinergi Papers)

Selain dapat menghias teras rumah, ternyata andong merah juga berkhasiat baik untuk kesehatan. Dimana tanaman ini dapat mengobati berbagai penyakit seperti mengatasi diare hingga TBC.

Seperti namanya, tanaman ini memiliki daun berwarna merah menyala serta berbentuk panjang. Warnanya yang menarik ini pastinya akan mencuri perhatian bagi yang melihatnya. Perawatan tanaman ini juga cukup mudah sehingga cocok dijadikan bunga gantung di teras rumah.

Tanaman Hias Bambu Rejeki

(Dekoruma)

Dracaena sanderiana adalah spesies tanaman berbunga di keluarga Asparagaceae, asli Afrika Tengah. Tanaman ini biasanya dijual sebagai ”bambu keberuntungan”. Tanaman ini sangat cocok menghiasi teras dirumah karena bentuknya mirip seperti bambu dengan daun-daun yang panjang dan runcing seperti pohon bambu pada umumnya hanya saja ukurannya lebih kecil.

Tanaman Hias Calathea Leopardina

tanaman hias gantung di teras rumah
(Freepik)

Jenis tanaman yang pas untuk mempercantik teras rumah selanjutnya ada Calathea Leopardina. Tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman gantung di teras rumah bergaya industrial. Hal ini karena tampilan tanaman serta coraknya sangat unik dengan warna dasar hijau gelap serta corak daun mirip seperti leopard. Calathea Leopardina ini bisa kamu tempatkan di pojok teras rumah.

Tanaman Hias Dischidia Geri

tanaman hias gantung di teras rumah
(Pinterest)

Dischidia Geri atau apple leaf merupakan salah satu tanaman yang memiliki warna hijau. Umumnya tanaman ini ditanam dengan pot gantung karena daunnya dapat menjuntai hingga kebawah dengan indah. Cocok untuk dijadikan bunga gantung di teras rumah.

Tanaman Hias Heliconia

tanaman hias gantung di teras rumah
(CNN)

Heliconia adalah genus tumbuhan berbunga yang berasal dari keluarga Heliconiaceae. Tanaman ini cocok untuk teras belakang rumah maupun depan. Untuk menambah kecantikan teras, sebaiknya tanaman ini ditanam secara rimbun atau merapat. Selain itu, tanaman ini juga dapat menjadi pagar alami didekat kolam ikan yang minimalis.

Tanaman Hias Kumkuat

(Herbal-organic.com)

Apa kamu ingin memiliki tanaman buah-buahan di teras rumah? Jika ya, kamu bisa lho menanam Kumkuat di rumah. Tanaman ini tidak harus ditanam di tanah langsung karena kamu juga bisa meletakkannya di dalam pot, atau dijadikan tanaman hias gantung di teras rumah.

Baca juga:

Tanaman Hias Lee Kwan Yew

tanaman hias gantung di teras rumah
(Dekoruma)

Lee Kwan Yew merupakan jenis tanaman menjuntai sehingga sangat cocok menghiasi teras rumah. Akan lebih baik jika tanaman ini ditanam secara rapat dan digantung di depan teras rumah. Tanaman ini juga bisa menjadi solusi yang tepat jika terasmu terlalu banyak terpapar sinar matahari. Tanaman ini akan menjadikan teras terasa lebih teduh.

Tanaman Hias Lidah Mertua

(Okezone)

Tanaman ini memang populer dijadikan sebagai tanaman hias rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi sedikit air dan cahaya matahari. Tak hanya cocok diletakkan di dalam rumah, lidah mertua juga cocok diletakkan di teras. Perawatan tanaman ini juga cukup mudah bahkan tidak memerlukan keterampilan khusus. Untuk menanam lidah mertua ini bisa menggunakan pot, baik yang mini maupun yang besar untuk di teras

Tanaman Hias Sirih Keraton

tanaman hias gantung di teras rumah
(Haibunda)

Sirih Keraton atau dikenal juga sirih wulung menjadi pilihan yang tepat untuk teras. Tanaman ini memiliki daun berwarna gelap dengan corak berwarna perak dan terdapat garis-garis berwarna merah di daunnya. Menariknya ketika daunnya terkena sinar matahari, sirih keraton ini akan menjadi ungu.

Tanaman Hias Sirih Marble

(Pikiran Rakyat)

Sirih ini diberi nama marble karena bentuknya menyerupai marble. Tanaman hias ini sangat cocok digantung di teras rumah, tapi dapat juga diletakkan di dalam ruangan. Sirih Marble ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan tanpa sinar matahari atau dengan sinar matahari.

Tanaman Hias Sweet Alyssum

(Bibit Bunga)

Lobularia maritima adalah spesies tanaman berbunga rendah dalam keluarga Brassicaceae. Nama umumnya adalah sweet alyssum atau sweet alison, biasa juga disebut sebagai hanya alyssum.

Sweet Alyssum memiliki bunga berwarna putih dan ungu, tanaman ini akan mempercantik teras rumah. Jika diletakkan di teras, tanaman ini akan bagus jika diletakkan ke dalam pot gantung. Selain cantik, bunganya juga sangat harum.

Tanaman Hias Suplir

(Kompas)

Suplir merupakan salah satu tanaman yang populer digunakan untuk penghias ruangan atau taman, bisa juga dibuat menjadi bunga gantung di teras rumah. Tumbuhan berdaun hijau ini memiliki ukuran daun yang mungil sehingga cocok dijadikan tanaman hias teras. Tapi tanaman ini tidak tahan terhadap matahari sehingga letakkan di tempat yang teduh dan berangin.

Tanaman Hias Siklok

(CNN)

Tanaman Siklok banyak disukai masyarakat sebagai tanaman hias gantung di teras rumah. Tanaman ini dapat memberikan kesan asri dan sejuk pada rumah khususnya teras. Siklok memiliki bentuk menyerupai pedang dengan ujung yang runcing serta tepi daun berwarna kuning dengan dominasi hijau pada bagian tengahnya. 

Itulah informasi mengenai 37 jenis tanaman hias gantung di teras rumah yang bisa menjadi pilihan kamu untuk menghias teras rumah. Semoga dengan informasi rekomendasi bunga gantung di teras rumah di atas semakin membuat Pins yakin untuk merawat tanaman di rumah, supaya rumah menjadi lebih asri dan fresh.

Baca juga:

Featured Image Source: Kompas


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Alat Potong Keramik Manual Terbaik

Alat Potong keramik terbagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis atau yang lebih dikenal dengan al

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Harga dan Motif Keramik Dinding Kamar Mandi 25x40

Keramik dinding kamar mandi ukuran 25x40 cm adalah yang biasa dipakai. Tapi ada cara tersendiri unt

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Plat Besi Semua Jenis dan Ukuran, Terbaru 2022

Plat besi merupakan salah satu material bangunan yang dibutuhkan saat membuat konstruksi bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru 2022! Harga Borongan Pengecatan Tembok Per Meter

Cat dinding rumah tampak perlu dicat ulang karena sudah kusam? Atau sekadar ingin mengganti suasana

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia