BlogPemilik PropertiDesain Hunian20 Jenis Tanaman Tropis yang Cocok untuk Taman Rumah
0
0

20 Jenis Tanaman Tropis yang Cocok untuk Taman Rumah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 30, 2024

9 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tanaman-tanaman hijau yang tumbuh di taman akan membuat lingkungan rumah semakin sehat dan asri. Terlebih, Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki beragam tanaman tropis. 

Dengan hadirnya taman, kamu dan keluarga jadi memiliki ruang terbuka untuk menghabiskan waktu bersama. Namun terkadang, memilih tanaman untuk taman tidak semudah yang dibicarakan. Tanaman harus memiliki karakter yang mudah dirawat agar kamu tidak kesulitan dalam merawat taman.

Untuk memilih hunian yang mempunyai lahan luas untuk taman sebaiknya manfaatkan fitur Pinhome. Layanan PinValue yang dimilikinya mampu menampilkan informasi terkini seputar properti dekat MICC Medan, rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Duta Kranji hingga unit di Taman Meruya Ilir.

Jenis Tanaman Tropis

Bagi Pins yang ingin menanam di taman rumah, yuk simak jenis tanaman tropis untuk taman di rumah lewat ulasan di bawah ini!

1. Pandan Bali

Source : Wikipedia

Ciri khas tumbuhan ini adalah mempunyai batang tunggal dan daunnya berduri di bagian ujung. Fungsi tanaman ini juga bisa dijadikan penyaring debu maupun polusi. Pandan Bali dapat hidup dengan atau tanpa sinar matahari sehingga baik diletakkan di luar maupun di dalam ruangan.

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Batu Pijakan Taman Minimalis

2. Agave

Source : Tribunnews

Agave tidak hanya sekedar tanaman hias semata namun juga bahan obat tradisional. Daunnya tunggal tersusun secara teratur dengan bentuk anak panah.

3. Norfolk

Source : Medcom

Tumbuhan tropis ini memiliki corak permukaan daun yang menawan yakni perpaduan hijau gelap dan silver. Kamu dapat meletakkannya di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

4. Jengger Ayam

Source : Kompas

Cirinya adalah memiliki daun tunggal yang tersusun rapi dan bunganya sebagian besar berwarna merah. Biasanya digunakan pula sebagai tanaman penghias ruang tamu.

5. Kamboja

(Pinterest)

Mungkin Pins sudah sangat familiar dengan jenis tumbuhan tropis untuk taman yang satu ini. Ya, pohon kamboja memang salah satu tanaman yang populer dan telah banyak ditanam untuk taman. Tidak hanya taman-taman umum, bunga kamboja juga sangat cocok lho untuk di tanaman di taman rumah. 

Bunganya yang khas berwarna putih dan merah jambu dengan warna kuning di bagian tengahnya membuat tanaman yang satu menjadi favorit banyak orang. Terlebih bunga kamboja juga sering ditanam untuk menimbulkan Bali vibes, hal ini karena bunga kamboja banyak ditanam di pulau Dewata.

6. Lidah Mertua

(Pinterest)

Tanaman tropis yang satu ini memang memiliki bentuk yang unik. Daunnya berwarna hijau tua dan berukuran cukup panjang.

Namun lidah mertua sebenarnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu yang berdaun panjang dan pendek. Ciri khas lain dari tanaman yang satu ini juga coraknya yang khas dengan kombinasi warna hijau tua dengan kuning dan abu-abu.

Baca juga: Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Dirawat Oleh Pemula, Apa Saja?

7. Pohon Palem

(Pinterest)

Tanaman tropis yang satu ini juga merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat populer dan sudah biasa ditanam pada taman. Ciri khas dari pohon palem adalah bentuk batang dan daunnya yang mirip pohon kelapa.

Sama dengan pohon kelapa, pada palem tertentu dapat tumbuh sangat tinggi. Namun pohon palem ini terdiri dari beberapa jenis dengan bentuk yang unik.

8. Bougenville

(Pinterest)

Tanaman yang satu ini juga bisa lho masuk daftar pilihan tanaman kamu. Tanaman ini memiliki bunga dengan kelopak yang mirip dengan kertas.

Selain itu bunganya juga memiliki warna-warna yang menarik dan sangat cantik. Tanaman ini juga memiliki kelebihan, yaitu tahan panas dan dapat tumbuh dengan mudah. Jadi Pins tidak perlu melakukan perawatan yang ribet untuk menanam jenis bunga bougenville.

9. Kaktus

(Pinterest)

Siapa sih yang tidak tahu tanaman berduri yang satu ini? Kaktus merupakan tanaman berduri yang dapat tumbuh subur di wilayah tropis. Tanaman yang satu ini terkenal tidak membutuhkan banyak air. Bahkan kaktus bisa lho tumbuh dalam waktu yang lama tanpa air. 

Pins juga jadi tidak perlu melakukan perawatan yang ribet karena penyiraman air hanya perlu dilakukan dua kali dalam seminggu. Namun untuk menanam kaktus, pastikan tanaman ini ditanam di tempat yang tepat. Karena tanaman ini bisa menjadi bahaya jika terdapat anak kecil di rumah.

10. Bunga Jam 9

(Pinterest)

Bunga jam 9 atau Portulaca adalah tanaman hias dengan ukuran kecil dan bunga berwarna-warni. Bunga ini memiliki kelebihan, yakni tahan terhadap kekeringan. Tidak hanya itu bunga ini juga tidak membutuhkan perawatan khusus sehingga Pins tidak perlu repot dalam merawat tanaman yang satu ini.

11. Marigold

(Pinterest)

Tanaman marigold merupakan salah satu tanaman yang bisa menjadi penghias taman di rumah. Tanaman yang dikenal juga dengan nama latin Calendula sp. ini memiliki bunga yang sangat cantik dengan beragam warna. Bunga ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah digunakan sebagai pewarna keju dan substitusi saffron.

12. Pohon Cemara Kipas

(Pinterest)

Pohon cemara memang dikenal sebagai tumbuhan tropis yang dapat kamu temukan dengan mudah di Indonesia. Tanaman ini bisa kamu gunakan sebagai tanaman pada taman untuk mempercantik ruangan terbuka milik kamu. Warna daunnya yang hijau dengan bentuk seperti kipas membuat pohon cemara ini sangat cantik.

Baca juga: Ragam Jenis Tanaman Air Hias Untuk Kamu Yang Ingin Mulai Berkebun

13. Amarilis

(Pinterest)

Jenis tanaman tropis untuk taman selanjutnya adalah amarilis. Tanaman yang satu ini merupakan tanaman hias yang cukup populer.

Tanaman ini memiliki bermacam-macam warna dan sangat mudah tumbuh dalam pot maupun di tanah. Namun bunga dari amarilis hanya dapat bertahan selama 2-3 minggu. Hal ini karena bunga amarilis yang mudah rusak jika terlalu sering terkena hujan.

14. Kaliandra Merah

(Pinterest)

Kaliandra merah merupakan tanaman yang disebut juga powder puff. Tanaman yang satu ini memiliki bunga yang berwarna merah mencolok dengan bentuk seperti landak namun tidak tajam, melainkan lembut dan halus seperti kuas. Daunnya menyirip dengan tepian daun rata yang berukuran 5-10 cm.

15. Airis

(Pinterest)

Airis merupakan tanaman tropis yang sering menghiasi pekarangan rumah, taman umum maupun taman di rumah-rumah. Tanaman yang satu ini sekilas mirip dengan anggrek. Hanya saja tanaman ini tidak memiliki bunga. 

Tanaman ini umumnya digunakan sebagai border atau pembatas pada tepian pekarangan atau taman. Tidak hanya itu, airis juga bisa digunakan sebagai obat untuk radang tenggorokan lho! Jadi selain memiliki bentuk yang indah, tanaman ini juga memiliki manfaat lain.

16. Bunga Matahari

(Pinterest)

Tentu Pins sudah sangat familiar bukan dengan tanaman yang satu ini? Ya, bunga matahari bisa menjadi salah satu opsi kamu untuk menghias taman di rumah.

Warna bunganya yang cerah dan indah akan membuat taman kamu semakin cantik dan berwarna. Tanaman yang satu ini memang memiliki bunga yang khas dengan ukuran yang cukup besar bahkan bisa mencapai diameter 30 cm dengan warna kuning terang.

17. Geranium

(Pinterest)

Geranium adalah tanaman yang memiliki bunga dengan banyak warna, yaitu putih, merah, pink dan ungu. Bunga geranium pengusir nyamuk ini memiliki bunga dengan kelopak ganda.

Geranium sendiri dapat tumbuh hingga mencapai 4 meter tergantung dengan spesiesnya. Pins tidak perlu khawatir akan perawatannya karena tumbuhan ini dapat hidup dengan subur jika terkena matahari meski dengan tanah yang kering.

18. Siklok

(Pinterest)

Siklok adalah tanaman dengan bentuk daun yang runcing dengan warna hijau. Tanaman yang satu ini memiliki daun berwarna hijau dengan duri di tepiannya, Tanaman yang satu ini biasa digunakan pada tanaman untuk mempercantik area taman di rumah.

Baca juga: 15 Jenis Tanaman Vertical Garden yang Tidak Gampang Layu

19. Euphorbia

(Pinterest)

Jika dilihat sekilas, mungkin Pins agak familiar dengan tanaman yang satu ini. Ya tanaman euphorbia ini memang sering dijadikan tanaman hias.

Biasanya tanaman ini ditanam di pot agar dapat diletakkan di teras. Tanaman ini dapat tumbuh setinggi 60 cm dengan batang yang agak tebal. Tanaman yang satu ini juga memiliki duri-duri kecil di sekitar batangnya dengan bunga berwarna-warni.

20. Kembang Sepatu

(Pinterest)

Kembang sepatu atau tanaman yang dikenal dengan nama latin Hibiscus sp. ini merupakan tanaman hias yang telah banyak digunakan pada taman. Tanaman ini memiliki kelopak bunga yang tipis dengan putik yang menonjol ke luar. Dengan bunganya, tanaman ini dapat membuat taman di rumah lebih cantik.

Itulah daftar jenis tanaman tropis yang cocok untuk taman rumah. Semoga bermanfaat!

Sumber Feature Image: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download