Pinhome

Cara Membuat Plamir Plafon dan Cara Mengaplikasikannya

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 7 February 2022 ∙ 5 menit membaca

Dalam sebuah bangunan rumah plafon atau yang biasa dikenal dengan langit-langit atap rumah merupakan suatu komponen yang sangat penting. Kehadiran plafon berfungsi sebagai penutup dan pembatas antara atap rumah dengan bagian interior rumah.

Pembatas tersebut berguna untuk menutupi interior rumah supaya tidak mudah dimasuki cuaca atau udara panas dan hujan dari luar. Hal yang tidak kalah penting adalah mengaplikasikan plamir plafon dengan baik dan benar. Dengan begitu seisi rumah terlindungi dengan baik.

Jenis-jenis plafon rumah pun tersedia dalam beberapa jenis yang dapat Pins pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari bahan gypsum, bahan kayu triplek, hingga bahan PVC yang tahan akan kelembaban serangan air. Pada proses pemasangan plafon terbilang cukup memakan waktu dan ketelitian karena Pins dipaksa untuk menghasilkan yang terbaik agar plafon terpasang dengan sempurna.

Bagaimana cara membuat plamir plafon dang cara mengaplikasikannya? Akan Pinhome bahas lebih lanjut pada ulasan di bawah ini.

Mengenal Plamir Plafon

cara membuat plamir
(Pinterest)

Sebelum masuk ke tahap pembuatan dan pengaplikasiannya, Pins perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu proses plamir pada plafon. Plamir atau Plammur adalah kata yang berasal dari bahasa Belanda yang diartikan sebagai dempul. 

Secara istilah plamir dapat diartikan sebagai proses menutupi keretakan dan meratakan permukaan plafon atau tembok yang belum sempurna rata. Jika Pins sudah melakukan plamir pada suatu media, Pins sebenarnya tidak perlu lagi mengecat media tersebut karena sudah pasti bagus. Jadi Pins dapat menghemat penggunaan cat di rumah. 

Membuat dan Mengaplikasikan Plamir

cara membuat plamir
(Pinterest)

Sekarang saatnya masuk ke proses pembuatan dan pengaplikasian plamir pada plafon rumah Pins. Proses plamir membutuhkan keterampilan yang tinggi serta ketelitian yang cakap. Karena proses plamir ini adalah untuk melapisi permukaan dari plafon yang tidak rata, jadi Pins perlu kesabaran dan ketelatenan yang tinggi ketika mengaplikasikan plamir untuk menghasilkan plafon yang bagus. 

Sebelum memulainya Pins perlu menyiapkan terlebih dulu beberapa bahan yang akan digunakan untuk proses plamir. Pertama sediakan cairan kalsium yang berwarna putih seperti semen, lalu lem putih khusus plamir (PVAc), dan air secukupnya untuk mencampur bahan plamir. 

Setelah semua bahan siap, Pins beralih ke proses pembuatan plamir. Pertama Pins sediakan wadah untuk meletakan campuran plamir. Lalu Pins campurkan air dan cairan kalsium secukupnya ke dalam wadah dan aduk secara merata hingga tercampur dengan baik. Selanjutnya tambahkan lem putih khusus plafon ke dalam wadah dan ratakan kembali. Jika sudah semua merata, plamir siap untuk digunakan. 

Pastikan semua campuran tersebut menjadi adonan plamir yang tidak terlalu kental dan juga tidak encer. Pins dapat menggunakan perbandingan 3:1 untuk kalsium dan lem. Jika Pins sudah yakin dengan adonan plamir tersebut, kita akan beralih ke proses pengaplikasian plamir pada langit-langit rumah Pins. Simak baik-baik beberapa tahan di bawah ini untuk cara mengaplikasikan plamir pada plafon. 

Baca juga: Ragam Model Plafon Minimalis, Bikin Rumah Lebih Cantik!

Cara Membuat Plamir Plafon

cara membuat plamir
(Pinterest)

Memastikan Plafon Sudah Rampung 

Langkah pertama dalam proses pemasangan plamir Pins perlu memastikan semua papan gypsum sudah terpasang dengan rapi dan baik di langit-langit ruangan. Periksa kembali semua permukaan papan gypsum apakah sudah melekat secara sempurna dengan sekrup. Jika sudah Pins dapat melanjutkan proses pemasangan plamir pada plafon. 

Siapkan Alat-alat

Peralatan yang perlu Pins siapkan dalam pemasangan plamir plafon adalah cornice, besi, skrap plastik, dan ember kecil yang berisikan air bersih yang cukup. Alat-alat tersebut akan berguna pada saat Pins memasang plamir, jadi pastikan semua tersedia ya. 

Proses Plamir

Setelah semua keadaan plafon sudah dicek dengan baik dan alat-alat sudah tersedia lengkap, saatnya Pins memulai proses plamir pada plafon rumah. Pertama Pins tentukan bagian yang mana yang terlebih dahulu Pins ingin ratakan. Gunakan tangga lipat agar mudah menggapai plafon. Pastikan juga Pins sudah membuat alas lantai dari koran-koran bekas agar menghindari plamir yang tumpah mengotori lantai.

Oleskan Plamir

Pada tahap ini, Pins perlu mengeluarkan semua kemampuan dan keterampilan agar menghasilkan plafon yang rapi. Pins oleskan adonan plamir pada plafon dengan gerakan menarik. Gunakan plamir secukupnya tidak perlu tebal-tebal supaya plamir merata dengan baik.

Setelah dioleskan pada permukaan yang ingin diratakan, tunggu beberapa saat hingga kering. Lalu Pins lanjutkan oleskan plamir pada bagian sambungan-sambungan antara plafon supaya terlihat rapi. 

Baca juga: Mengenal Apa Itu Plafon PVC Dan Beragam Modelnya

Proses Finishing

Setelah semua bagian plafon yang tidak rata dioleskan adonan plamir, Pins pastikan tidak ada yang tertinggal. Untuk mengecek seberapa rata lapisan plamir Pins gunakan scrap plastik yang sudah tersedia. Caranya letakkan scrap plastik di antara sambungan plafon. 

Jika hasilnya terlihat cerah Pins lakukan kembali olesan plamir pada sambungan hingga celah pada scrap plastik menghilang dan tidak kelihatan. Untuk hasil yang maksimal Pins dapat mengulangi semua proses tersebut hingga 3 sampai 4 kali lapisan. Setelah semua selesai, Pins dapat menambahkan cat jika ingin memberikan warna pada plafon rumah. 

Itulah ulasan mengenai cara membuat dan mengaplikasikan plamir plafon rumah. Pastikan semua plamir sudah dioleskan dengan rata pada plafon agar menghasilkan plafon yang rapi dan elegan. Pins juga dapat menggunakan plamir ini jika plafon rumah sudah mulai kusam atau berubah warna karena umur. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia