12 Jenis Tanaman Hias Gantung Tahan Panas dan Hujan

Pinhome

12 Jenis Tanaman Hias Gantung Tahan Panas dan Hujan

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 20 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Pins tentu sering menemukan tanaman hias gantung di rumah-rumah. Selain mampu mempercantik rumah dengan tampilannya yang indah, tanaman hias gantung ini juga membuat rumah tampak lebih natural dan fresh. Dengan adanya tanaman gantung di rumah juga dapat membuat kualitas di rumah lebih baik karena oksigen yang dihasilkan dari tumbuhan. Namun mungkin banyak dari Pins yang takut jika memelihara tanaman gantung karena perawatannya yang sulit. Padahal, ada tanaman hias gantung tahan panas dan hujan dan perawatannya tidak sulit, lho

Pinhome – Beberapa tanaman gantung bahkan tidak membutuhkan perawatan khusus. Nah bagi Pins yang penasaran apa saja tanaman hias gantung dengan perawatan mudah, ini dia jenis-jenis tanaman hias gantung tahan panas dan hujan untuk kamu!

Portulaca

(Pinterest)

Jenis tanaman hias gantung yang satu ini sering disebut juga dengan bunga jam sembilan. Portulaca ini merupakan tanaman hias yang biasa ditanam di pot gantung maupun pot biasa. Tanaman ini memiliki bunga dengan warna-warna yang cantik. 

Kabar baiknya adalah portulaca ini tahan terhadap cuaca panas dan hujan, sehingga tidak membutuhkan perawatan khusus. Pins juga tidak perlu sering-sering menyiram tanaman ini dengan air. 

Zygocactus

(Pinterest)

Tanaman yang satu ini adalah salah satu tanaman hias gantung outdoor tahan panas dan hujan yang bisa menjadi pilihan kamu. Tanaman ini tahan terhadap cuaca panas sehingga tidak perlu sering-sering disiram. Selain itu, zygocactus juga memiliki bunga cantik berwarna oranye yang akan membuat tampilan rumah semakin natural.

Marigold

(Pinterest)

Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan ini memiliki bunga dengan warna oranye keemasan yang sangat populer. Umumnya tanaman yang satu ini dijadikan sebagai tanaman indoor yang diletakkan di meja. 

Namun tidak hanya sebagai tanaman indoor, tanaman hias ini juga sering dijadikan sebagai tanaman hias gantung outdoor tahan panas dan hujan. Marigold ini tidak mudah layu dan tahan terhadap panas dan hujan. Jadi Pins tidak perlu melakukan perawatan khusus.

Petunia

(Pinterest)

Petunia juga bisa menjadi salah satu tanaman hias outdoor tahan panas dan hujan. Tanaman ini memiliki bunga yang sangat cantik. Umumnya tanaman ini dapat tumbuh subur dengan hanya mendapatkan sinar matahari. 

Tanaman ini juga tidak mudah layu, sehingga tidak membutuhkan perawatan khusus. Terlebih tanaman ini bisa tumbuh subur jika mendapatkan sinar matahari yang cukup, setidaknya 5 jam dalam sehari.

Begonia

(Pinterest)

Tanaman hias yang satu ini merupakan jenis tanaman hias khas tropis. Karena memang berasal dari daerah-daerah tropis, tanaman ini tahan terhadap cuaca panas. Di Indonesia, tanaman ini disebut juga dengan Tapak Dara. Kelebihan dari tanaman ini membutuhkan waktu penyiraman yang tidak terlalu sering.

Baca juga: 13 Tanaman Yang Lagi Viral Dan Cantik Untuk Dirawat

Japanese Wisteria

(Pinterest)

Seperti namanya, Japanese Wisteria ini adalah tanaman hias gantung yang berasal dari Jepang. Tanaman hias gantung ini dapat tumbuh menjulur ke bawah yang akan mempercantik rumah dengan bunganya yang sangat indah.

Anggrek

(Pinterest)

Tentu Pins sudah sangat familiar dengan jenis tanaman hias gantung tahan panas dan hujan ini bukan? Ya, anggrek merupakan salah satu tanaman hias gantung dengan bunga yang sangat indah. Agak berbeda dari tanaman gantung lainnya, anggrek memerlukan perawatan secara bertahap hingga anggrek bisa mendapatkan paparan matahari secara langsung.

Orchid Cactus

(Pinterest)

Tanaman dengan nama Epiphyllum cactus ini juga disebut dengan orchid cactus karena perawatannya yang mirip dengan anggrek. Tanaman hias ini memiliki bentuk dahan yang mirip dengan bunga wijaya. Tanaman ini adalah sukulen yang masuk kedalam keluarga Cactaceae. Tanaman hias ini membutuhkan peran sinar matahari, hanya saja tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung.

Lantana

(Pinterest)

Lantana adalah tanaman hias yang memiliki bunga cantik dengan aroma khas. Tanaman ini memiliki cabang yang banyak dengan tampilan yang memukau karna variasi warnanya. Tanaman ini bisa tumbuh dengan posisi tegak maupun menjuntai ke bawah. Dengan memelihara tanaman hias gantung yang satu ini, Pins jadi tidak perlu melakukan perawatan yang sulit, karena tanaman ini cukup tahan terhadap cuaca panas maupun dingin.

Baca juga: 10 Tanaman Hias Kekinian Untuk Mempercantik Halaman Rumah

Aglaonema

(Pinterest)

Tanaman aglaonema memiliki nama lain Sri Rejeki. Tanaman hias ini cukup populer di Indonesia karena dipercaya dapat mendatangkan rezeki pada orang yang merawatnya. Kelebihan dari tanaman yang satu ini adalah kemampuannya yang bisa tumbuh dalam cuaca panas maupun hujan. 

Selain itu, tanaman ini juga memiliki corak daun yang unik. Sebenarnya terdapat beberapa jenis tanaman aglaonema seperti jenis silver king, silver queen, harlequin, widuri merah dan aglaonema cutlass.

Loberia

(Pinterest)

Tanaman hias gantung outdoor tahan panas dan hujan ini memiliki banyak variasi warna. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus, sehingga Pins tidak perlu repot-repot dalam merawatnya. Tanaman ini juga memiliki bunga cantik yang bisa mempermanis tampilan teras rumah. Pins bisa menjadikan tanaman hias ini menjadi pilihan kamu untuk dirawat di rumah.

Itulah informasi mengenai 12 jenis tanaman hias gantung tahan panas dan hujan yang bisa menjadi pilihan kamu untuk menghias teras rumah. Semoga dengan informasi di atas semakin membuat kamu yakin untuk merawat tanaman di rumah, supaya rumah menjadi lebih asri dan fresh.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel