Pinhome

10 Jenis Peperomia Tanaman Hias yang Cantik Dipandang Mata

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 29 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Pernah mendengar tanaman peperomia? Jenis tanamah hias satu ini tak kalah dengan aglaonema dan philodendron yang sering berada menghiasi hunian. Masuk dalam genus tanamah hias daun, jenis peperomia pun beragam dengan bentuk daun yang unik, tebal, dan bertekstur layaknya karet.

Pinhome – Tanaman dari famili piperaceae ini dapat hidup pada daerah tropis yang mirip dengan tempat asalnya yaitu negara Brazil. Bisa diperbanyak dengan metode stek daun atau biji, jenis peperomia dapat Pins koleksi dengan daun bunga yang indah. Tanaman ini tergolonng simpel dengan warna yang cenderung monoton hijau namun memiliki pesonanya sendiri yang sayang untuk dilewatkan. Nah, bila Pins mulai tertarik untuk memelihara jenis tanaman peperomia, simak yuk 10 variannya!

Baca Juga:

Ragam Jenis Tanaman Air Hias Untuk Kamu Yang Ingin Mulai Berkebun

Jenis Peperomia Caperata

jenis peperomia
(Plant Identification)

Jenis tanaman hias peperomia caperata sebenarnya memiliki turunan jenisnya yang beragam, mulai dari caperata red luna, silver, variegeta dan masih banyak lagi. Perbedaannya terletak dari warna dan corak daun. Namun, dari segi bentuk, tekstur dan perawakan satu sama lainnya mirip. Caperata memiliki daun yang cenderung berkerut dengan tampilan tebal yang memukau. Cara merawat tanaman ini cukup mudah. Hal yang perlu digaris bawahi adalah jauhkan dari tanah yang basah. Usahakan untuk diberi waktu tanaman kering, sebelum menyiramnya kembali ya!

Peperomia Rainbow

jenis peperomia
(Lazada)

Mengapa dikatakan rainbow? Bila dilihat dari tampilan luarnya pasti Pins langsung menyetujuinya. Hal tersebut dikarenakan pancaran warna yang timbul dari jenis tanaman peperomia satu ini. Pins akan menemukan ciri menarik pada batang yang berwarna merah mengikuti garis terluar pada daun. Selain itu warna pinggiran daun berwarna putih dengan bagian tengah berwarna hijau membuatnya sangat menarik. 

Peperomia Golden Gate

jenis peperomia
(Garden Tags)

Peperomia Obtusifolia atau biasa disebut dengan golden gate memiliki ciri daun hijau zaitun dengan bagian pinggir berwarna kuning muda. Masuk dalam jenis peperomia yang lambat dalam pertumbuhan, golden gate cocok sekali menjadi pemanis di dalam ruangan. Hal tersebut dikarenakan tanaman satu ini mampu bertahan pada suhu ruang dengan penyimpanan air yang terletak pada bagian daunnya. Tidak heran selalu cocok pada ruang teduh.

Baca Juga:

Beragam Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh

Jenis Peperomia Magnoliifolia

jenis peperomia
(Nurture Plant)

Mengintip beragam jenis peperomia yang berdaun cantik memang sangat menyenangkan. Salah satunya adalah jenis tanaman hias peperomia magnoliifolia yang berpenampilan segar dengan warna hijau mengkilap yang menenangkan. Daunnya berbentuk layaknya mangkuk datar dengan ketebalan yang khas dan badan tegak yang terlihat kokoh. Tanaman satu ini bisa Pins tempatkan di dekat jendela, karena akan tumbuh baik dengan bantuan cahaya matahari.

Peperomia Tetraphylla

(Zielony Parapet)

Salah satu jenis tanaman peperomia yang cocok ditempatkan sebagai tanaman hias gantung adalah peperomia tetraphylla. Bentuknya sangat unik dan menggemaskan. Cocok sekali untuk menghiasi teras depan rumah maupun berada pada ruang keluarga. Ciri khas nya adalah memiliki daun kecil berbentuk menyerupai hati dengan batang panjang yang tidak tegak. Jenis tanaman hias peperomia satu ini termasuk tanaman sukulen yang mempunyai cadangan air tersendiri pada daunnya.

Baca Juga:

Sukulen Kaktus Bukan Tanaman Yang Sama? Ini Dia Perbedaannya!

Jenis Peperomia Prostrata

(World of Succulens)

Masih membahas jenis tanaman gantung dari varian peperomia, ada tanaman prostrata yang memiliki daun mungil. Tumbuh bertingkat, daun dari jenis satu ini berbentuk menyerupai hati. Sering disebut pula sebagai tanaman string of turtles dikarenakan corak dalam daunnya menyerupai tempurung kura-kura. Padukan dengan pot bunga berwarna putih dan tempatkan pada hunian minimalis, maka tanaman prostrata akan mencuri perhatian.

Peperomia Graveolens

(Amazon)

Keunggulan tanaman satu ini adalah dapat bertahan pada ruangan yang minim terkena paparan sinar matahari. Sering disebut pula sebagai tanaman rubly glow, jenis tanaman hias peperomia graveolens memiliki daun dengan tampilan yang sangat unik. Layaknya sebuah lidah menjulur, daun dari tanaman ini berwarna hijau dengan bagian bawah berwarna merah. Bila Pins menyadari, warna dari daun peperomia ternyata banyak mengandung warna hijau dan merah ya Pins?

Peperomia Columbiana

(Shopee)

Warna daun hijau pekat dari tanaman peperomia columbiana seperti menampilkan kesan misterius. Mungkin sebagian dari Pins akan berfikir bahwa bunga tersebut bangkit dari kubur. Tampilan mistis yang misterius tersebutlah yang membuat jenis tanaman ini dicintai. Walaupun memiliki warna daun yang cenderung gelap, Pins akan menemukan keunikan sendiri berwarna merah marun pada bagian bawah daun. Apalagi tanaman satu ini termasuk ke dalam jenis yang mudah di rawat lho!

Jenis Peperomia Rosso

jenis peperomia
(Pinterest)

Untuk tanaman peperomia rosso dapat terlihat dari ciri khas daun runcing yang warnanya beragam namun tetap memiliki daun berdaging. Pins bisa menemukan warna merah marun pekat pada keseluruhan daun, perpaduan hijau dan merah, hingga hijau pucat. Tanaman satu ini cocok ditempatkan pada pot tanaman kecil yang berada di dalam hunian. Selain itu, peperomia rosso juga merupakan jenis campuran antara peperomia marmorata dan peperomia Metallica.

Peperomia Watermelon

jenis peperomia
(Listy)

Peperomia watermelon menjadi jenis yang paling banyak dicari karena keindahan dari daun yang terpancar. Mengapa dikatakan peperomia watermelon, dikarenakan tampilannya mirip sekali dengan buah semangka. Hijau pekat dengan alur daun berwarna silver. Peperomia satu ini cocok ditempatkan di sudut ruang maupun teras, dan mempunyai ukuran yang cenderung kecil. Namun, bila ditaruh di luar ruangan, usahakan jangan terpapar sinar matahari secara langsung, karena dapat merusak keindahan dari daunnya.

Itulah ragam jenis tanaman hias peperomia yang dapat Pins koleksi sebagai pelengkap dekorasi dalam hunian. Selain menghadirkan suasana lebih hidup pada rumah, jenis peperomia yang indah juga cocok ditempatkan sebagai penghias pekarangan rumah. Nah, Pins lebih menyukai ditempatkan dimana?


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel