Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • 7 Tanaman Hias Buah untuk Mempercantik Hunian

Hobi

7 Tanaman Hias Buah untuk Mempercantik Hunian

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 15 October 2021 ∙ 6 menit membaca

Mempercantik sebuah hunian tidak terlepas dari dekorasi di dalamnya. Selain pajangan dan aksesoris penunjang, ada tanaman hias yang kini mulai ramai diperbincangkan. Baik tanaman hias buah, bunga hingga daun tersedia dengan keanekaragamannya yang menawan. Baik di tanam di dalam maupun luar hunian, tanaman hias selalu mencuri perhatian. 

Pinhome – Sebelum Pins menentukan mana jenis tanaman hias yang tepat, ada baiknya kamu survey terlebih dahulu kira-kira tanaman tersebut akan Pins taruh dimana pada hunian. Beberapa tanaman bisa bermanfaat bagi kesehatan, dan sebagian lagi dapat dikonsumsi. Salah satunya adalah tanaman hias buah. Jenis tanaman hias buah, selain dapat ditanam pada halaman rumah, juga bisa menjadi penghias dalam ruang. Pilihannya cukup bervariasi dan tentunya menarik. Pins bisa melihat ke-7 diantaranya dalam ulasan di bawah ini!

Baca Juga: Jenis Tanaman Hias Daun dan Gambarnya

Tanaman Hias Buah Blueberry

tanaman hias buah
(Shefalitayal)

Siapa yang tidak mengenal jenis buah berry, baik strawberry, blackberry, raspberry hingga blueberry memiliki pecintanya masing-masing sebagai buah dengan rasa asam manis yang menyegarkan. Memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi, tanaman ini dapat dijadikaan pilihan untuk tanaman hias yang bermanfaat pada hunian. Salah satu jenis tanaman hias buah blueberry pun dicintai karena warna biru yang dikeluarkan. Pins bisa memadupadankan dengan cat dinding rumah ataupun furnitur berwarna senada.

Untuk menanam dan merawat tanaman blueberry, Pins cukup memperhatikan asupan cahaya matahari, suhu ruang yang lembab, penyiraman satu minggu sekali, pemberian pupuk secara teratur dan pemilihan tanah yang tepat. Hal yang terpenting adalah tanah yang dipilih memiliki drainase yang baik dan hindari tanah yang cenderung padat.

Buah Zaitun

tanaman hias buah
(Amazon)

Contoh tanaman hias buah selanjutnya adalah buah zaitun. Buah berwarna hijau unik ini menjadi menarik bila dipadukan dengan pot bunga minimalis yang cantik. Baik berwarna putih maupun kecoklatan, buah zaitun tetap merona dengan warnanya sendiri. Baik di tanam dalam pot maupun pekarangan rumah, jenis tanaman hias buah ini perlu memiliki tanah dengan drainase yang baik, mirip seperti tanaman hias buah blueberry.

Baca Juga: Warna Olive Atau Hijau Zaitun Itu Seperti Apa? Cocok Lho Untuk Cat Rumah!

Tanaman ini memiliki ciri khas bunga berbentuk lonceng dengan daun lonjong berwarna hijau. Batang nya berwarna coklat, namun bila sudah dewasa dan dalam bentuk pohon besar batang akan berwarna keabu-abuan. Selain mengkonsumi buahnya, Pins bisa memanfaatkan ekstraknya sebagai minyak zaitun yang bermanfaat.

Tanaman Hias Buah Jeruk

tanaman hias buah
(Better Homes and Garden)

Di posisi ke-3 ada tanaman buah jeruk yang menawan. Tanaman buah satu ini rasanya menarik dan selalu menyegarkan. Jenis buah jeruk yang bisa sekaligus menjadi tanaman hias adalah jeruk nagami, lemon maupun kalamansi. Ketiga jenis jeruk tersebut aman ditempatkan dalam pot bunga kesayangan milikmu.

Dengan warna orange yang cerah, kamu bisa menikmati dengan segudang manfaat baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah sumber vitamin c yang baik untuk tubuh. Tidak hanya itu Pins, kamu akan memilki pewangi ruangan alami dari wangi citrus yang terpancar dari tanaman satu ini. Jadi, selain sedap dipandang, tanaman hias jeruk juga membuat rumahmu harum.

Tanaman Hias Buah Anggur

(E News Courier)

Tanaman anggur pun mempunyai jenis dan warna yang beraneka ragam, muai dari warna ungu muda, ungu tua, hitam hingga hijau. Warna-warni dari tanaman ini sungguh membuat hunian menarik dan terkesan ceria. Contoh tanaman hias buah anggur sangat aman di tanam di dalam halaman rumahmu. Walaupun begitu, tetap waspada akan gangguan dari para burung yang akan melahap anggurmu ketika sedang panen ya! Pins bisa menyiasatinya dengan pemberian tralis pelindung ataupun cepat mengambilnya saat buah sudah dirasa cukup untuk dipanen.

Salah satu jenis tanaman merambat ini juga bisa dijadikan hiasan pagar rumah yang menarik, tembok bangunan hingga penghias penyekat ruang. Tidak hanya itu Pins, tanaman ini juga bisa menambah penghasilan keluarga. Budidaya tanaman anggur bisa mencapai kisaran Rp75.000 – Rp250.000 /kg. Bila Pins bisa menghasilkan kurang lebih 120 kg per tahun, rupiah yang akan Pins dapatkan dapat membantu perekonomian keluarga.

Tomat Ceri

tanaman hias buah
(Shutter Stock)

Pins sudah melihat ragam warna tanaman hias yang berbuah dengan warna orange, ungu, biru hingga hijau. Kini Pins membutuhkan dekorasi tanaman yang berwarna merona yaitu merah dan tanaman tomat ceri jawabanya. Contoh tanaman hias buah ini sebenarnya sama dengan tomat pada umumnya, namun perbedaaannya hanya terletak pada ukurannya.

Tomat ceri membutuhkan banyak asupan cahaya matahari, maka dari itu baiknya ditaruh pada bagian rumah yang terkena cahaya matahari. Contohnya seperti dekat jendela ataupun berada pada teras rumah. Selain itu, selama pertumbuhannya, baiknya Pins memperhatikan asupan air. Tomat ceri mampu bertahan hidup pada tanah yang lembab.

Tanaman Hias Buah Naga Mini

(Exporters India)

Setelah melihat warna tomat ceri yang merah terang, ada tanaman lainnya yang berwarna feminin ungu bercampur Pink, yaitu naga mini. Buah yang terkenal memiliki kandungan yang bermanfaat bagi pencernaan ini dapat Pins miliki dengan mudah di rumah. Bila dilihat sekilas, tanaman buah ini mirip dengan bua naga asli, perbedaannya hanya pada pertumbuhannya yang cenderung melingkar dengan sulur yang tebal. 

Namun Pins, sebelum siap panen, buah naga mini akan berwana kehijauan. Pins bisa menanam dalam pot sesuai dengan bentuk dan keinginan. Namun ada baiknya dengan material tanah liat untuk membantu tanaman dalam perubahan suhu drastis dari siang dan malam yang memang ia butuhkan. Bagaimana, cukup menarik bukan?

Buah Delima Mini

(Shopee)

Contoh tanaman hias buah selanjutnya adalah delima mini. Buah dari pohon delima ini berwarna orange kemerahan dan dapat dikonsumsi. Bibit buah delima dapat ditanam dalam tanah perkebunan maupun di dalam pot sebagai tanaman hias. Selain itu manfaat dari buah delima bagi kesehatan dapat sebagai obat cacing usus. Menarik bukan Pins?

Pohon buah delima mampu tumbuh hingga 5-8 meter. Namun bila dikembangbiakkan sebagai tanaman hias, ia dapat tumbuh dan dikondisikan mencapai ketinggian 2 meter. Walaupun waktu berbuahnya cenderung tahunan, buah delima tetap menarik untuk menjadi penghias ruangan dengan warna yang ceria.

Itulah beberapa jenis tanaman hias buah yang dapat Pins rawat di rumah. Semua tanaman berbuah ini selain bisa dikonsumsi juga dapat menambah keindahan tersendiri dalam ruang demi ruang dalam hunian. Hal yang perlu Pins ingat adalah mengetahui bagaimana perawatannya agar tanaman bertahan lama. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Ragam Jenis Tanaman Air Hias untuk Kamu yang Ingin Mulai Berkebun


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel