BlogLifestyleHobiMengenal si Cantik Tanaman Lili Paris yang Bertengger di Taman Rumah
0
0

Mengenal si Cantik Tanaman Lili Paris yang Bertengger di Taman Rumah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 23, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Lili paris merupakan tanaman hias berumbi yang tumbuh sepanjang tahun. Tinggi tumbuhannya tidak lebih dari satu meter. Tanaman ini sering pula disebut dengan tanaman laba-laba atau spider plant.

Meskipun tidak bisa tumbuh besar namun tanaman ini sangat diminati di berbagai perumahan. Jika Pins ingin menanamnya di rumah di Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence. Huniannya terjangkau bisa didapatkan dengan Pengajuan KPR yang memiliki halaman kecil di depan rumah.

Ciri Tanaman Lili Paris

Source : Pexels

Asal tanaman ini dari Afrika Selatan yang masuk dalam ordo liliaceae. Secara umum ciri tanamannya adalah mempunyai daun berbentuk pita, berwarna hijau, lancet dengan warna putih di bagian tepi daun. Ukuran daunnya memanjang dengan lebar 4 cm dan panjang 10 cm. 

Akarnya berjenis serabut dan mampu menyerap sumber makanan dari media tanamnya. Bunga lili tidak berbau wangi dengan kelopak putih serta tangkai panjang diantara daun dan tunas anakannya. Batangnya disebut dengan stolon yang tumbuh di permukaan media tanam sehingga tidak begitu terlihat.

Baca juga: 10 Jenis Tanaman Calathea dan Ciri Khasnya Masing-Masing

Jenis Tanaman Lili Paris

lili paris dalam pot
Source : Raw Pixel

Bila dilihat dari bentuk daunnya maka lili paris dikategorikan ke dalam tiga varietas. Adapun informasi selengkapnya bisa disimak di bawah ini:

1. Chlorophytum Comosum Vittatum

Ukuran daun dari bunga ini lebih kecil dibandingkan dua lainnya. Warna daunnya hijau pucat dibarengi garis putih sepanjang daun. Ukuran daunnya sekitar 15-20 cm dengan lebar 1.5-2 cm.

2. Chlorophytum Comosum Variegatum

Jenis tanaman lili ini paling banyak dijumpai dengan warna daun didominasi hijau pucat dan bagian tepinya putih. Umumnya daun lebih panjang dan lebar dibandingkan varietas lainnya. Ukuran daun bisa mencapai 25-40 cm dengan lebar 2-2.25 cm.

3. Chlorophytum Comosum Mandaianum

Varietas ini memiliki warna daun yang berbeda dengan lainnya. Daunnya hijau gelap dan bagian pusat daun bergaris. Sepanjang daun berwarna kuning terang dengan ukuran 10-15 cm dan lebar 1.5 cm.

Baca juga: 10 Jenis Makanan Tinggi Zat Besi yang Baik untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Lili Paris

Tanaman lili paris memiliki banyak manfaat baik bagi lingkungan maupun kesehatan. Adapun khasiat dari tanaman ini bisa disimak sebagai berikut:

1. Anti Polutan

Source : Pexels

Bunga ini biasa dijadikan tanaman untuk mentoleransi terhadap fitoremediasi polutan udara. Tanamannya disebut sebagai anti polutan karena menyerap logam berat seperti cadmium (Cd) dan merkuri (Hg). Tanaman juga mampu menyerap bahan timbal.

2. Menghasilkan Oksigen

Walaupun kelihatannya sederhana manfaat bunganya mampu menjaga kesehatan lingkungan sekitar penanaman. Misalnya ampuh menyerap racun formaldehid dan xylene akibat cat dinding dan furniture yang nantiya diganti dengan oksigen. Tanaman ini bisa pula melenyapkan karbon monoksida yang ada di udara bebas.

Xylene membuat iritasi kulit, tenggorokan, mata, hidung hingga gangguan pernapasan. Formaldehida menimbulkan resiko karsinogenik yang menyebabkan kanker hidup maupun tenggorokan yang diklaim oleh American Cancer Society dan NIH. 

3. Mengobati Jerawat

Source : Pexels

Senyawa kimia dalam daunnya jika dilarutkan dalam etanol 90% akan menghasilkan aktivitas antibakteri. Khususnya dalam menghadapi jenis bakteri staphylococcus epidermis sehingga mampu mengobati jerawat.

4. Melegakan Pernapasan

Tanaman hias ini sangat dianjurkan diletakan di tempat kerja atau rumah karena melegakan pernapasan. Tumbuhannya menghasilkan lebih banyak klorofil daripada tanaman hias lainnya. Hal ini memungkinkan produksi oksigen lebih banyak daripada tanaman lain.

5. Aman Untuk Hewan Peliharaan

(Pixabay

Selain meningkatkan kualitas udara dalam ruangan ternyata tanaman lili paris aman bagi hewan peliharaan. ASPCA menyatakan bahwa tanaman ini aman untuk anjing maupun kucing. Menurut penelitian tidak ditemukan bukti toksisitas dalam tanamannya terhadap peliharaan yang dimaksud.

6. Penampilannya Menarik

Tak bisa dipungkiri bahwa tampilannya sangat menarik sebagai tanaman hias. Lili paris bisa Pins tanam dalam pot biasa maupun pot gantung. Lahan yang tidak terlalu luas bisa dimanfaatkan untuk budidaya tanaman ini.

Tanaman lili paris akan tumbuh lebih besar dari tanaman induk. Tampilannya seperti laba-laba menjuntai dari pot yang menambah keindahan tanaman ini.

Baca juga: Angiospermae, Tumbuhan Berbunga yang Pas di Rumah

Cara Merawat Tanaman Lili Paris

cara merawat lili paris
Source : Wikipedia

Untuk merawat tanaman ini perlu diperhatikan media tanam hingga pemupukan berkala. Lakukan tips dibawah ini agar tanaman tumbuh subur. 

1. Kesesuaian Media Tanam

Tanah yang digunakan bisa berupa kompos yang dipadukan dengan tanah gembur. Bila ingin menanam bunga ini dengan metode hidroponik bisa menggunakan limbah daun karena kandungan karbon cukup tinggi.

2. Pemupukan Berkala

Tanaman lili paris perlu disiram dua kali dalam seminggu tergantung kondisi cuacanya. Pemupukan berkala dilakukan sebulan sekali seperti pemberian NPK, pupuk organik atau kompos.

3. Pencahayaan

Tanaman ini bisa tahan panas dan biasa tinggal di tempat yang kurang cahaya. Meskipun begitu tetap harus mendapatkan pencahayaan yang cukup agar bisa berfotosintesis.

4. Pemangkasan Daun

Jika terserang hama pisahkan tanamannya dengan yang masih sehat. Jenis penyakit tanaman ini beragam mulai dari virus, hama, belalang, ulat dan lainnya. Pangkas daunnya yang rusak dan hindarkan dari penularan virus.

Tanaman lili paris walaupun hanya berupa dedaunan namun sering menghiasi teras. Tanaman ini bisa digantung dan memiliki warna daun yang unik. Bagian tengahnya berwarna hijau dan tepiannya putih kekuningan. Lili paris juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan maupun lingkungan.

Baca juga: 10 Manfaat Tanaman Krokot untuk Kesehatan Tubuh

Feature Image Source: Wikipedia


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Daun Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download