BlogPemilik PropertiDesain Hunian11 Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah
0
0

11 Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Putra

Des 18, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Di dalam ilmu Feng Shui untuk penerapan hunian, tanaman merupakan salah satu elemen yang cukup penting berada di dalamnya. Beberapa jenis tanaman pun dianggap sebagai pembawa rezeki yang baik bagi keluarga. Namun, ada beberapa informasi pula yang harus diperhatikan, seperti pemilihan jenis tanaman yang benar. Beberapa tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah dipercaya bisa membawa hawa tidak baik.

Itulah sebabnya Pins harus mengetahui tanaman yang tepat agar rumah menjadi semakin nyaman seperti rumah yang ada di perumahan Dewe Residence. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Ada beberapa jenis tanaman yang sebaiknya dihindari berada di rumah menurut Feng Shui. Pinhome merangkum dalam 11 jenis tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah berikut.

Baca juga: 16 Jenis Tanaman Tropis yang Cocok untuk Taman Rumah

Daftar Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah

Saat merencanakan taman depan rumah, penting untuk memilih tanaman dengan bijak. Namun, ada beberapa jenis tanaman yang sebaiknya dihindari karena dapat memberikan dampak negatif. Oleh karena itu, simak daftar tanaman yang sebaiknya tidak ditanam di depan rumah agar Pins dapat menciptakan lingkungan yang indah dan sehat.

1. Kaktus

Source : Unsplash

Tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah pertama adalah kaktus. Tanaman dari jenis duri ini sebaiknya dihindari sesuai dengan saran dari pemahaman ilmu feng shui. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan sifatnya yang berduri dan dipercaya dapat menimbulkan energi negatif yaitu sha chi. Maka dari itu tidak disarankan berada di rumah apalagi berada di depan pintu rumah. 

2. Pohon Beringin

Source : seasoul-bali

Pepohonan rindang yang sebenarnya dapat membuat rumah terasa nyaman dan sejuk justru tidak baik ditempatkan di depan rumah. Pohon beringin salah satunya, pohon satu ini terkenal dengan pepohonan tempat berteduh yang nyaman dan tentunya membuat udara disekitarnya tidak panas. Namun, dalam feng shui peletakannya di depan rumah justru menimbulkan suasana suram pada rumah. Lokasi seperti ini atau disebut dengan yin dipercaya menjadi tempat tinggal para makhluk halus.

3. Pohon Jambu

Source : Wikipedia

Tidak berbeda jauh dengan pohon jambu, salah satu macam pohon yang menghasilkan buah ini memiliki daun yang cukup lebat. Walaupun penanamannya menguntungkan karena dapat menghasilkan buah untuk dikonsumsi tetapi tetap tidak disarankan berada di depan rumah. Hawa gelap yang mengitarinya membawa energi tidak baik ke dalam rumah.

Baca juga:

4. Pohon Mangga

Source : Agrotek

Selanjutnya adalah pohon mangga. Pohon yang menghasilkan buah favorit ini memang cukup banyak ditemukan di rumah. Namun dalam penerapan ilmu feng shui, pohon mangga menjadi salah satu tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah. Tanaman buah dipercaya mengeluarkan energi tak kasat mata yang senang tinggal di daerah seperti itu.

Baca juga: Langkah-Langkah Bagaimana Cara Mencangkok Tanaman Mangga di Rumah

5. Pohon Kelapa

tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah
Source : KonnectHQ

Lain hal dengan penanaman pohon kelapa di depan rumah. Tanaman yang memiliki tampilan fisik bercabang kecil ataupun bertubuh kecil seperti pohon kelapa tidak baik ditempatkan di rumah. Hal tersebut dikarenakan menurut feng shui diartikan memunculkan aura memotong atau membelah. Ini menjadi pertanda tidak baik bagi kehidupan penghuni di dalamnya. Semakin kecil tampilan fisik ataupun semakin tajam tanaman justru membuat aliran baik di rumah memudar.

6. Pohon Rambutan

tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah
Source : Samudrabibit

Tidak hanya daftar tanaman pembawa hoki saja yang biasanya telah dianggap baik bagi ilmu feng shui. Tanaman pembawa sial Pun ada dan disarankan untuk tidak ditanam di depan rumah. Salah satunya pohon rambutan, pohon lebat satu ini tidak disarankan berada di depan rumah apalagi bila penempatannya di arah timur ataupun timur tengah. Konon akan menyerap energi baik di rumah dan menghalangi pertumbuhannya.

7. Tanaman Asam Jawa

tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah
Source : wikimedia

Tanaman asam jawa juga menjadi salah satu tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah. Asam Jawa menurut feng shui membawa energi jahat yang berdiam di pohon yang berakibat tidak baik bagi penghuni rumah. Energi negatif yang terdapat pada pohon bisa dihantarkan masuk ke dalam rumah. 

8. Pohon Babul

tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah
Source : Wikipedia

Tanaman pembawa sial selanjutnya adalah pohon babul. Mempunyai nama ilmiah Vachellia Nilotica, tanaman satu ini memang terkenal sebagai tanaman herbal penyembuh. Walaupun begitu ada baiknya tidak meletakan tanaman di depan rumah apalagi mempunyai rumah dekat dengan tanaman ini. Menurut feng shui tanaman ini terkenal membawa perselisihan dalam rumah tangga.

9. Bunga Kamboja

Source : Pixabay

Nah, untuk tanaman selanjutnya ini, pasti Pins sering mendengarnya. Bunga yang erat kaitannya dengan kematian ini tidak disarankan berada di lingkungan rumah apalagi ditanam di depan rumah. Bunga kamboja seperti sudah menjadi simbol kematian. Aura tersebut membuat energi baik di rumah menjadi redup.

Baca juga:

10. Bunga Kenanga

tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah
Source : Sehatq

Tidak terkecuali pula untuk bunga kenanga. Bunga kenanga juga banyak ditemukan tumbuh di area kuburan. Hal ini menjadi erat kaitannya dengan kematian. Tampilan kehidupan akan terhambat dan membuatnya redup. Itulah mengapa bunga satu ini disarankan menjadi tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah.

11. Tanaman Kapas

tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah
Source : accuratebusinesscenter

Terakhir adalah tanaman kapas. Tanaman dengan tampilan indah ini ternyata juga tidak disarankan untuk dirawat di rumah apalagi ditanam di depan rumah. Pintu rumah utama yang merupakan tempat keluar masuknya penghuni dipercaya juga sebagai elemen pembawa keberuntungan. Maka dari itu tidak baik bila menanam tanaman dengan jenis yang tidak disarankan. Tanaman kapas menarik banyak debu dan kotoran yang dipercaya mengundang nasib buruk bagi pemilik rumah.

Bagaimana Pins, cukup banyak ternyata tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah. Namun kembali lagi dengan kepercayaan. Bila memang masih bisa dihindari sebaiknya tidak perlu menanam jenis tanaman hias di atas. Masih banyak jenis tanaman indah dan menarik lainnya yang bisa Pins tanam dan membawa hal baik di rumah.

Baca juga: 11 Tanaman Penyejuk Ruangan Murah dan Tanpa Tanah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download