Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah

Pinhome

12 Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 17 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Di dalam ilmu Feng Shui untuk penerapan hunian, tanaman merupakan salah satu elemen yang cukup penting berada di dalamnya. Beberapa jenis tanaman pun dianggap sebagai pembawa rezeki yang baik bagi keluarga. Namun, ada beberapa informasi pula yang harus diperhatikan, seperti pemilihan jenis tanaman yang benar. Beberapa tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah dipercaya bisa membawa hawa tidak baik.

Pinhome – Manfaat tanaman berada di rumah selain dapat membantu sirkulasi udara semakin baik juga dapat menyegarkan mata. Dengan banyak membantu membersihkan udara di dalam rumah, tentu akan berdampak baik bagi kesehatan penghuninya. Namun sayangnya, ada beberapa jenis tanaman yang sebaiknya dihindari berada di rumah menurut Feng Shui. Pinhome merangkum dalam 12  jenis tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah berikut.

Baca Juga: 16 Jenis Tanaman Tropis yang Cocok untuk Taman Rumah

Kaktus

(Unsplash/ThomasVerbruggen)

Tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah pertama adalah kaktus. Tanaman dari jenis duri ini sebaiknya dihindari sesuai dengan saran dari pemahaman ilmu feng shui. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan sifatnya yang berduri dan dipercaya dapat menimbulkan energi negatif yaitu sha chi. Maka dari itu tidak disarankan berada di rumah apalagi berada di depan pintu rumah. 

Pohon Beringin

(seasoul-bali)

Pepohonan rindang yang sebenarnya dapat membuat rumah terasa nyaman dan sejuk justru tidak baik ditempatkan di depan rumah. Pohon beringin salah satunya, pohon satu ini terkenal dengan pepohonan tempat berteduh yang nyaman dan tentunya membuat udara disekitarnya tidak panas. Namun, dalam feng shui peletakannya di depan rumah justru menimbulkan suasana suram pada rumah. Lokasi seperti ini atau disebut dengan yin dipercaya menjadi tempat tinggal para makhluk halus.

Pohon Jambu

(Wikipedia)

Tidak berbeda jauh dengan pohon jambu, salah satu macam pohon yang menghasilkan buah ini memiliki daun yang cukup lebat. Walaupun penanamannya menguntungkan karena dapat menghasilkan buah untuk dikonsumsi tetapi tetap tidak disarankan berada di depan rumah. Hawa gelap yang mengitarinya membawa energi tidak baik ke dalam rumah.

Pohon Mangga

(Agrotek)

Selanjutnya adalah pohon mangga. Pohon yang menghasilkan buah favorit ini memang cukup banyak ditemukan di rumah. Namun dalam penerapan ilmu feng shui, pohon mangga menjadi salah satu tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah. Tanaman buah dipercaya mengeluarkan energi tak kasat mata yang senang tinggal di daerah seperti itu.

Baca Juga: Langkah-Langkah Bagaimana Cara Mencangkok Tanaman Mangga di Rumah

Pohon Kelapa

tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah
(KonnectHQ)

Lain hal dengan penanaman pohon kelapa di depan rumah. Tanaman yang memiliki tampilan fisik bercabang kecil ataupun bertubuh kecil seperti pohon kelapa tidak baik ditempatkan di rumah. Hal tersebut dikarenakan menurut feng shui diartikan memunculkan aura memotong atau membelah. Ini menjadi pertanda tidak baik bagi kehidupan penghuni di dalamnya. Semakin kecil tampilan fisik ataupun semakin tajam tanaman justru membuat aliran baik di rumah memudar.

Pohon Rambutan

tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah
(Samudrabibit)

Tidak hanya daftar tanaman pembawa hoki saja yang biasanya telah dianggap baik bagi ilmu feng shui. Tanaman pembawa sial Pun ada dan disarankan untuk tidak ditanam di depan rumah. Salah satunya pohon rambutan, pohon lebat satu ini tidak disarankan berada di depan rumah apalagi bila penempatannya di arah timur ataupun timur tengah. Konon akan menyerap energi baik di rumah dan menghalangi pertumbuhannya.

Tanaman Asam Jawa

tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah
(wikimedia)

Tanaman asam jawa juga menjadi salah satu tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah. Asam Jawa menurut feng shui membawa energi jahat yang berdiam di pohon yang berakibat tidak baik bagi penghuni rumah. Energi negatif yang terdapat pada pohon bisa dihantarkan masuk ke dalam rumah. 

Pohon Babul

tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah
(Wikipedia)

Tanaman pembawa sial selanjutnya adalah pohon babul. Mempunyai nama ilmiah Vachellia Nilotica, tanaman satu ini memang terkenal sebagai tanaman penyembuh. Walaupun begitu ada baiknya tidak meletakan tanaman di depan rumah apalagi mempunyai rumah dekat dengan tanaman ini. Menurut feng shui tanaman ini terkenal membawa perselisihan dalam rumah tangga.

Bunga Kamboja

(Pixabay)

Nah, untuk tanaman selanjutnya ini, pasti Pins sering mendengarnya. Bunga yang erat kaitannya dengan kematian ini tidak disarankan berada di lingkungan rumah apalagi ditanam di depan rumah. Bunga kamboja seperti sudah menjadi simbol kematian. Aura tersebut membuat energi baik di rumah menjadi redup.

Bunga Kenanga

tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah
(Sehatq)

Tidak terkecuali pula untuk bunga kenanga. Bunga kenanga juga banyak ditemukan tumbuh di area kuburan. Hal ini menjadi erat kaitannya dengan kematian. Tampilan kehidupan akan terhambat dan membuatnya redup. Itulah mengapa bunga satu ini disarankan menjadi tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah.

Tanaman Kapas

tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah
(accuratebusinesscenter)

Terakhir adalah tanaman kapas. Tanaman dengan tampilan indah ini ternyata juga tidak disarankan untuk dirawat di rumah apalagi ditanam di depan rumah. Pintu rumah utama yang merupakan tempat keluar masuknya penghuni dipercaya juga sebagai elemen pembawa keberuntungan. Maka dari itu tidak baik bila menanam tanaman dengan jenis yang tidak disarankan. Tanaman kapas menarik banyak debu dan kotoran yang dipercaya mengundang nasib buruk bagi pemilik rumah.

Bagaimana Pins, cukup banyak ternyata tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah. Namun kembali lagi dengan kepercayaan. Bila memang masih bisa dihindari sebaiknya tidak perlu menanam jenis tanaman di atas. Masih banyak jenis tanaman indah dan menarik lainnya yang bisa Pins tanam dan membawa hal baik di rumah.

Baca Juga: 11 Tanaman Penyejuk Ruangan Murah dan Tanpa Tanah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel