BlogLifestyleHobi4 Model Bonsai Lantana dan Cara Membuatnya
0
0

4 Model Bonsai Lantana dan Cara Membuatnya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 7, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
model bonsai lantanatop-right-banner

Mengikuti tren tanaman hias memang tidak akan ada habisnya. Ribuan spesies yang tersebar dipenjuru dunia memiliki ragam yang bervariasi dan tentunya menarik untuk dikoleksi. Tidak terkecuali untuk tanaman mungil nan cantik bernama Bonsai Lantana. Tanaman hias satu ini berbentuk imut dengan variasi yang cukup menarik. Model bonsai lantana bisa Pins miliki dengan cara yang cukup mudah.

Pinhome – Bonsai lantana merupakan tanaman yang dikerdilkan pada pot yang cenderung dangkal. Tanaman satu ini sangat cocok dijadikan miniatur dari tanaman pohon aslinya. Datang dari famili tanaman Verbenaceae, bunga Lantana merupakan jenis bunga yang memang biasa hidup di area tropis khususnya Amerika Tengah dan Selatan. Untuk Pins yang ingin membuatnya, simak yuk cara-caranya di bawah ini beserta model bonsai lantana yang paling favorit untuk dikoleksi.

Mengenal Bonsai Lantana

model bonsai lantana
Source : Sobat Bonsai

Pada intinya adalah tidak semua jenis tanaman dapat dikerdilkan atau dibuat menjadi tanaman bonsai. Pins harus benar dalam pemilihan bibit agar berhasil menjadi tanaman yang diinginkan. Tanaman yang dibuat mungil memiliki kriteria agar tanaman tersebut menjadi tanaman kerdil yang menarik. Salah satunya adalah pohon lantana. 

Pohon lantana adalah salah satu tumbuhan yang memang biasa hidup di daerah tropis dengan ketinggian 1.700 mdpl. Tidak hanya sebagai tanaman hias, pohon lantana juga berfungsi bagi kesehatan tubuh manusia seperti pencegah tumor, penyakit kulit hingga gangguan pernafasan. Model bonsai lantana beragam dengan warna-warni bunga yang indah memang cocok dikoleksi pada wiliyah pesisir pantai, hutan maupun hunian.

Warna-warna umum yang dapat Pins jumpai dari penanaman bonsai satu ini antara lain:

  • Warna ungu yang tergolong jenis sulit dalam penyetekan karena lama dalam pertumbuhan.
  • Warna merah yang memiliki daun lebar dan menjadi salah satu spesies langka dalam tanaman lantana. Bila dilakukan persilangan bisa menjadi salah satu bonsai lantana termahal.
  • Warna putih, menjadi warna mayoritas yang sering ditemukan dalam sejarah bonsai lantana. Bonsai satu ini bila disilangkan akan mengasilkan warna yang cantik.
  • Warna kuning, warna lainnya yang juga umum dapat ditemukan pada kebun-kebun dengan daun yang cukup lebar.

Model Bonsai Lantana

Model bonsai lantana memang tidak sebanyak spesies tanaman hias aglaonema. Bonsai satu ini memang mengasah kreativitas dari para pecinta tanaman dengan cara persilangan. Dengan persilangan yang tepat maka bisa menghasilkan tanaman unik hingga bonsai termahal. Seperti apa model umumnya? Mari kita simak!

Bonsai Lantana Jumbo

model bonsai lantana
Source : Cahunit

Walaupun tanaman satu ini tergolong kerdil, namun adapula yang bertubuh besar. Ciri khasnya dari ukuran batangnya yang besar dan kokoh menyerupai pohon lantana. Untuk harga jualnya tentu akan jauh lebih mahal tipe jumbo dibandingkan versi mungil tanaman lantana.

Bonsai Lantana Versi Mungil

model bonsai lantana
Source : Cahunit

Ternyata semakin lama umurnya, Lantana akan semakin bernilai tinggi. Tidak heran bonsai lantana termahal ditaksir berharga hampir jutaan rupiah. Bonsai lantana memiliki variasi yang beragam dengan warna-warni bunga yang indah, mulai dari pink, ungu, kuning dan masih banyak lagi. Model bonsai lantana versi kecil cocok ditempatkan di hunian sebagai pemanis ruangan.

Baca Juga: Tahukah Kamu Ini Dia Bonsai Beringin Termahal?

Bonsai Lantana Mikro

Source : Ciri Ciri Pohon

Untuk bunga lantana mikro sebenarnya merupakan pencampuran jenis lantana. Kamu bisa mencampur antara bunga lantana merah dan putih, bunga lantana kuning ke hijau dan seterusnya sesuai selera. Hal tersebut akan menghasilkan bunga lantana mikro yang menarik. Jenis penanaman secara stek batang maupun biji sangat disarankan untuk jenis bonsai lantana.

Generasi lantana terbaik bisa Pins peroleh dari hasil persilangan tanaman. Persilangan ini memang dilakukan dengan tujuan mencari keturunan baru yang variatif dan tentunya menarik. Beberapa pecinta tanaman hias melakukannya dikarenakan perawatan dan cara membuat bonsai lantana terbilang cukup mudah.

Bonsai Lantana Unik

Source : Shopee

Model selanjutnya adalah model unik yang pastinya menarik perhatian. Disini pula kamu akan menemukan model bonsai lantana termahal dikarenakan keunikannya. Sama seperti lantana mikro yang disambung, pastinya akan menambah harga jual yang tinggi dibanding lantana original. Pins bisa melihat keunikannya dari bunga dan struktur dari batang.

Cara Membuat

Cara membuat bonsai lantana sebenarnya cukup mudah, Pins hanya perlu mengikuti tahap demi tahap di bawah ini dengan baik ya!

  • Pertama siapkan bahan-bahan yang diperlukan yaitu media tanam (berupa tanah dan pasir), kayu, batu-batuan kecil, gunting, pot dan tentunya bibit pohon lantana.
  • Setelah itu masukan semua bahan pada pot tanam. Ukuran menyesuaikan dengan media tanam dan pot yang telah Pins siapkan ya!
  • Untuk lapisan pertama batu kerikil, lapisan kedua cara membuat bonsai adalah dengan menggunakan tanah lunak yang tentunya dapat mengalirkan air dengan baik.
  • Lapisan ketiga atau teratas usahakan menggunakan tanah gembur dengan ukuran tidak melebihi 35 cm.
  • Setelah itu padatkan dan tancapkan kayu untuk menghindari tanaman ambruk atau roboh.
  • Terakhir jangan lupa untuk melakukan perawatan maksimal untuk menghasilkan bonsai lantana termahal yang tidak ada duanya. Seperti penggunaan vitamin dan juga pupuk peransang agar bonsai lantana cepat berbunga.

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk membuat bonsai lantana. Kamu pun bisa membentuk sesuai keinginan dengan menggunakan kawat sebagai rangka namun saat batang sudah terlihat kuat dan matang ya! Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Cara Membuat Kokedama dengan Mudah


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download