Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Bunga Marigold, Bunga Cantik yang Kaya akan Beragam Manfaat

Bunga Marigold, Bunga Cantik yang Kaya akan Beragam Manfaat

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 1 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Mungkin belum banyak yang familiar dengan bunga marigold. Siapa sangka bunga yang cantik dari tanaman marigold ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho Pins. Buat kamu pecinta tanaman simak informasi Pinhome berikut ini.

Pinhome – Bunga marigold adalah salah satu jenis bunga dengan warna orange kekuningan yang sangat cerah. Jika berdasarkan nama ilmiahnya, tanaman marigold terbagi ke dalam dua kategori utama. Pertama merupakan kelompok anggota keluarga Calendula, sedangkan yang kedua masuk dalam keluarga Tagetes yaitu bunga hias. Namun jenis kelompok Calendula adalah jenis tanaman yang sering dibudidaya untuk tujuan pengobatan. Mari kita simak penjelasannya!

Baca Juga:

Mengenal Berbagai Jenis Bunga Keladi Mahal dan Manfaatnya Bagi Manusia

 Cara Membudidayakan Bunga Marigold

bunga marigold
(Gardendesign)

Bunga marigold adalah jenis bunga yang akan membuka dan menutup mengikuti pergerakan sinar matahari. Ciri khasnya inilah yang membuat tanaman marigold sering disebut sebagai sun’s fiancée atau “tunangan matahari”. Walaupun tanaman marigold berasal dari benua Amerika, namun cara menumbuhkannya bisa dibilang mudah dan tanpa ribet. Mengingat karakteristiknya yang sangat bersahabat dengan matahari, bunga satu ini termasuk yang dapat hidup pada daerah tropis. Karena itu, bunga marigold kini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Dalam melakukan budidaya tanaman marigold, Pins hanya perlu menabur benihnya di tanah yang mengandung nutrisi yang baik. Selain itu, usahakan untuk menanam tanaman marigold dengan jarak antar tanamannya kurang lebih 60-90 cm. Hal tersebut dillakukan agar bisa mendapat intensitas cahaya matahari yang maksimal. Jangan lupa pula saat penanaman untuk memperhatikan tempat penanaman ya! Bunga satu ini harus ditempatkan pada tempat yang memiliki sistem drainase yang baik. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan kerikil di bawah wadah tanaman, kemudian diatasnya bisa ditutup dengan pasir atau tanah agar air dapat mengalir dengan mudah.

Untuk mendapatkan bunga marigold yang mekar dengan indah, perawatan tanaman marigold ini tidak sulit. Cukup singkirkan puing, batu, atau apapun yang berada di dekat tanaman marigold yang sekiranya bisa menghambat pertumbuhannya. Kemudian dalam menyiram tanaman marigold juga perlu menggunakan wadah untuk menghindari penyiraman yang berlebihan dan jangan lupa untuk memberikan pupuk tanaman secara rutin setiap minggu agar tanaman cepat berbunga. Setelah tanaman marigold tumbuh dengan baik, maka niscaya akan menghasilkan bunga yang mekar dengan canti

Baca Juga:

10 Manfaat Pupuk Untuk Tanaman, Penting Untuk Kamu Yang Suka Berkebun

Manfaat Bunga Marigold Untuk Pengobatan

bunga marigold
(Unisvet)

Bunga dari tanaman marigold merupakan bagian yang seringkali digunakan untuk pengobatan herbal. Baik dalam bentuk segar ataupun yang sudah dikeringkan, bunga ini sering dibuat dalam bentuk campuran air ataupun dalam pengolahan obat. Dari bunga yang cantik ini, ternyata kita bisa mendapat manfaat bunga marigold yang sangat beragam seperti untuk pengobatan berikut ini!

Menyembuhkan Luka Kulit, Luka Bakar & Ruam

(Medical News Today)

Tunangan Matahari” ini sudah sejak lama digunakan untuk mengobati masalah kulit yang teriritasi seperti luka bakar, luka gores dan ruam. Olahannya dalam bentuk salep jika dioleskan pada kulit dapat mengurangi peradangan, kemerahan, kekeringan & pembengkakan.

Penghambat Pertumbuhan Sel Kanker

bunga marigold
(Sisternet)

Kandungan Flavonoid yang dihasilkan dari bunga cantik ini, diketahui menunjukkan aktivitas sitotoksik, anti-inflamasi & penghambatan terhadap kanker usus besar, leukemia & sel melanoma.

Detoksifikasi Tubuh

bunga marigold
(Inibaru)

Manfaat bunga marigold lainnya yaitu membantu proses detoksifikasi dalam tubuh dengan membuang semua bahan beracun yang menumpuk di dalam tubuh. Detoksifikasi ini tidak hanya bermanfaat bagi sistem pencernaan, tetapi juga sistem limfatik dengan membantu menginduksi drainase & meredakan peradangan kelenjar getah bening.

Meringankan Penyakit Bursitis

(Ortobethseda)

Bursitis atau peradangan bantalan berisi cairan (bursae) dapat menyebabkan sakit yang parah karena pembengkakan pada area dekat sendi. Sebagai pengganti suntikan, operasi atau bantalan, penggunaan olahan bunga cantik ini dapat digunakan untuk olesan serta terapi untuk membantu meringankan ketidaknyamanan & peradangan yamg ditimbulkan tersebut.

Bunga Marigold Meredakan Nyeri Haid

(Kutanam)

Bunga marigold adalah salah satu bunga yang sangat cocok untuk wanita lho Pins! Karena ternyata manfaatnya sangat bagus untuk sistem reproduksi wanita. Air rebusan bunga kering ini diketahui bisa membantu meredakan nyeri haid dan kram.

Mengatasi Berbagai Permasalahan Kulit

(Pixabay)

Bunga marigold adalah bunga yang juga telah digunakan dalam mengatasi berbagai kondisi permasalahan kulit. Hal ini karena kandungan anti-inflamasi dari bunga itu sendiri. Olahan minyak esensial marigold, ketika dioleskan pada kulit membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radiasi UVB. Selain itu dalam beberapa penelitian pun ditemukan bahwa ekstrak metanol memiliki kadar polifenol yang tinggi, yang memberikan efek anti penuaan pada kulit.

Pengusir Serangga Secara Alami

butterfly, insect, flower-196745.jpg
(Pixabay)

Dikarenakan aroma dari bunga marigold yang kuat, bunga ini dapat digunakan untuk mengusir nyamuk, hama & serangga lainnya secara alami. Untuk mendapatkan manfaat bunga marigold ini, Pins hanya perlu menanamnya di pekarangan rumah ataupun digunakan dalam bentuk ekstrak dalam lilin.

Ternyata banyak sekali ya manfaat bunga marigold untuk pengobatan. Namun ibu hamil, ibu menyusui, dan yang memiliki riwayat alergi tidak disarankan mengkonsumsi olahan bunga satu ini secara langsung ya Pins. Jika kamu tertarik mencoba pengobatan alternatif dengan menggunakan bunga marigold, ada baiknya kamu konsultasikan dengan dokter dulu. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Pilihan Model Rak Bunga dari Besi Sebagai Penghias Rumah

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel