Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • 10 Tanaman Hias Kekinian untuk Mempercantik Halaman Rumah

Hobi

10 Tanaman Hias Kekinian untuk Mempercantik Halaman Rumah

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 28 May 2021 ∙ 6 menit membaca

Tanaman hias kekinian mampu memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang memandangnya. Sebuah studi dilakukan oleh Chungnam National University terhadap seorang pria yang bekerja di depan komputer. Setelah pria tersebut menyelesaikan tugasnya di depan komputer, ia diharuskan menanam tanaman. Betapa mengejutkannya pria ini lebih santai saat menanam tanaman dibandingkan saat bekerja di depan komputer. Studi tersebut merangkum bahwa menanam tanaman membuat saraf simpatik manusia lebih rileks.

Pinhome – Tanaman hias kekinian ternyata mampu memberikan dampak yang baik untuk kesehatan manusia. Tidak hanya mampu menyerap polusi, memberikan pasokan oksigen dan menjadi penghias ruangan, tetap juga menjadi penghilang stres. Lalu apa saja ya tanaman hias kekinian yang mampu mempercantik halaman rumah? Mari simak penjelasannya berikut!

Baca Juga: Beragam Tanaman Hias Gantung Yang Mudah Untuk Dirawat

Jenis Tanaman Hias Kekinian

Tanaman hias mempunyai beragam jenis yang bisa Anda temui. Tanaman hias bisa dibagi menjadi tanaman hias daun, tanaman hias batang, tanaman hias akar, dan tanaman hias buah. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Merawat Tanaman Yang Benar Untuk Pemula

Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun yang mungkin sering Anda lihat adalah daun lidah buaya, lidah mertua dan tanaman janda bolong. Tanaman-tanaman ini mempunyai ciri khas yaitu daun yang besar dan dominan dibandingkan bagian tanaman lainnya seperti batang dan akar. 

Tanaman Hias Batang

Tanaman hias batang adalah tanaman yang mempunyai karakter kuat pada bagian batang seperti beraneka palem dan kaktus. 

Tanaman Hias Akar

Tanaman hias akar memperlihatkan karakter utamanya di bagian akar. Tanaman jenis ini mempunyai akar yang menonjol ke atas tanah seperti bonsai, bougenville dan adenium. 

Baca Juga: Jenis Tanaman Aquascape Yang Mudah Untuk Dirawat

Tanaman Hias Buah

Seperti namanya, tanaman hias buah mempunyai buah sebagai karakter utama yang menambah keanggunan tanaman tersebut. Misalnya zaitun, apel kerdil dan jeruk.

Berikut ini contoh-contoh tanaman yang bisa Anda temukan untuk menghias halaman rumah. 

Monstera Adansonii atau Tanaman Janda Bolong

10 Tanaman Hias Kekinian untuk Mempercantik Halaman Rumah
(petani digital.id)

Entah dari mana asal penamaan janda pada tanaman Monstera Adansonii, namun tanaman ini sebenarnya sudah lama eksis di masyarakat. Namun baru-baru ini tanaman monstera ini menjadi viral dan seketika menjelma sebagai tanaman favorit banyak ibu-ibu. Bahkan tanaman ini dijual mulai dari harga ratusan hingga jutaan rupiah. 

Sansevieria atau Tanaman Lidah Mertua

10 Tanaman Hias Kekinian untuk Mempercantik Halaman Rumah
(petani digital.id)

Hampir sama dengan tanaman Monstera, entah dari mana asal penamaan lidah mertua. Apakah karena bentuknya yang panjang sehingga diberi nama lidah, dan tanaman ini cocok menjadi hadiah untuk mertua Anda? Wah yang pasti tanaman ini mempunyai khasiat yang bagus, karena dapat menyerap racun dalam ruangan. Selain menjadi hiasan untuk area outdoor, tanaman ini pun cocok menjadi penghias kamar atau ruang tamu.

Aloe Vera atau Tanaman Lidah Buaya

10 Tanaman Hias Kekinian untuk Mempercantik Halaman Rumah
(petani digital.id)

Tanaman lidah buaya sudah sering menjadi salah satu bahan baku sampo dan krim gel untuk wajah. Daging tanaman lidah buaya memang dikenal banyak mengandung sari alami yang mampu menutrisi kulit dan rambut. Selain itu, manfaat tanaman lidah buaya adalah bisa menjadi hiasan di halaman rumah. Bentuk daunnya yang menyerupai tanduk dan berduri menjadi karakter unik yang pas untuk menjadi ornamen penghias taman.

Tanaman Aglonema

(petani digital.id)

Tanaman Aglonema menjadi salah satu tanaman hias yang sedang digandrungi oleh para ibu rumah tangga. Warnanya yang terdiri dari merah dan hijau menjadikan tanaman ini sangat mencolok mata. Taman rumah Anda akan menjadi cerah dengan kehadiran Aglonema. 

Begonia Rex

10 Tanaman Hias Kekinian untuk Mempercantik Halaman Rumah
(petani digital.id)

Ada banyak sekali jenis tanaman begonia, namun untuk tanaman begonia satu ini mungkin akan menarik hati Anda. Bentuk daunnya yang menyerupai hati menjadi karakter unik yang dimilikinya. Selain itu warna daun yang terdiri dari degradasi warna putih, merah maroon dan merah muda menjadikan keunikan lain yang menarik perhatian banyak orang. 

Anthurium Bunga

(insvira.com)

Tanaman anthurium ternyata masuk ke kelompok tanaman kuping gajah. Namun karena banyak orang yang mengenal bunganya sebagai karakter utama, maka tanaman ini sering disebut anthurium bunga. Warna bunganya yang merah merona dan mengkilap sangat mencolok sehingga banyak orang yang menyukainya. Pemilihan tanaman ini sebagai tanaman hias sangat tepat karena kecerahan warnanya bisa membuat halaman Anda makin nyaman dipandang. 

Bunga Petunia

(petani digital.id)

Tanaman petunia merupakan salah satu tanaman hias gantung. Tanaman ini berasal dari Amerika Serikat. Berbentuk seperti terompet yang tegak dan mempunyai warna cerah. Tanaman ini cocok dijadikan tanaman gantung untuk menghiasi teras atau area halaman rumah. Walaupun berasal dari negara dengan empat musim, namun tanaman ini cocok untuk tumbuh dan berkembang di negara tropis dengan dua musim seperti Indonesia.

Chamaedorea Seifrizii

(petani digital.id)

Chamaedorea Seifrizii adalah tanaman hias palem bambu. Anda bisa meletakkan di dalam ruangan atau halaman rumah. Bentuknya yang memang seperti bambu namun dalam versi mini, memberikan keunikan tersendiri. Bagi Anda yang menyukai tanaman hias batang, maka jenis tanaman ini bisa Anda pelihara di rumah.

Adenium

(petani digital.id)

Adenium merupakan salah satu tanaman hias akar. Karakternya yang sangat kuat karena dominasi akar pada tanaman, membuatnya menjadi tanaman hias yang sering diletakkan di taman atau halaman rumah. Tanaman ini mempunyai ciri yang sama dengan bonsai di mana bagian akar naik ke atas tanah dengan bentuk abstrak yang menarik.

Kaktus

(petani digital.id)

Walaupun tanaman kaktus sudah dikenal orang banyak sejak dahulu, namun tanaman ini tak lekang oleh waktu. Masih banyak pecinta kaktus yang memelihara tanaman ini di rumah. Dewasa ini, tanaman kaktus malah sering menjadi hiasan untuk coffee shop. Bentuknya yang minimalis dan bervariasi, menjadi keunggulan tersendiri yang dilirik oleh masyarakat. Pemeliharaan kaktus pun juga mudah. Tanaman ini tidak memerlukan banyak air, karena yang penting asupan sinar matahari cukup agar tanaman tetap hidup.

Tips Memilih Tanaman Hias

Sudah lihat Pins beragam tanaman hias di atas? Nah sebelum Anda berpikir untuk membeli tanaman tersebut, ada baiknya jika Anda melakukan pertimbangan jenis tanaman apa yang ingin Anda beli. 

  • Pastikan Anda memahami ukuran luas lahan taman Anda. Jika lahan Anda luas, silakan pilih tanaman yang bisa hidup di tanah langsung tanpa harus diletakkan di polybag atau pot. Namun, jika dirasa lahan taman Anda sempit, gunakan polybag dan pilih tanaman yang lebih kecil. Manfaatkan juga tanaman hias gantung untuk menyiasati lahan sempit.
  • Harga tanaman hias mungkin bervariasi di satu toko dan toko lain. Lakukan riset dahulu sebelum membeli dan bandingkan harganya. Sesuaikan dengan budget Anda untuk membeli tanaman.
  • Pilih tanaman yang bisa Anda rawat. Apabila Anda adalah pekerja yang aktif di luar rumah lebih dari 8 jam sehari, ada baiknya memilih tanaman yang tidak perlu perawatan intensif seperti kaktus, lidah buaya atau lidah mertua. Tanaman-tanaman tersebut lebih resisten dan kuat. 
  • Apabila Anda aktif bekerja di luar pikirkan lagi untuk memilih tanaman anggrek, petunia atau kuping gajah. Hal ini karena tanaman-tanaman tersebut memerlukan perawatan intensif yang serius.

Itu saja beberapa informasi mengenai tanaman hias kekinian untuk mempercantik halaman rumah. Yuk cobalah untuk mulai menanam tanaman hias agar Anda lebih nyaman tinggal di rumah dan menatap halaman lama-lama.

— 

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel