BlogLifestyleHobi10 Jenis Tanaman Calathea dan Ciri Khasnya Masing-Masing
0
0

10 Jenis Tanaman Calathea dan Ciri Khasnya Masing-Masing

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jul 23, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Tanaman Calatheatop-right-banner

Terdapat banyak sekali jenis tanaman hias yang saat ini semakin populer, salah satunya yaitu jenis Calathea. Tanaman Calathea menjadi tanaman yang populer karena keunikan dan kecantikannya. Nah, pada kesempatan kali ini Pinshome akan membahas mengenai jenis-jenis tanaman Calathea.

Calathea adalah tanaman yang berasal dari Amerika Serikat yang saat ini banyak ditanam oleh para pencinta tanaman hias. Tanaman yang satu ini mempunyai keindahan yang terletak pada daunnya. Bentuk daunnya yang mempunyai warna cantik dan lonjong dengan motif. Tanaman yang satu ini sering dijuluki sebagai tanaman zebra, tanaman merak, atau tanaman ular berbisa karena mempunya garis-garis yang menarik perhatian.

Terdapat 100 spesies Calathea yang telah diindentifikasi di dunia botani. Beberapa di antaranya dapat dijumpai pada lapak-lapak tanaman hias, seperti calathea ornata, calathea orbifolia, dan calathea lutea.

Harga dari tanaman yang satu ini dapat dikatakan beragam, sesuai dengan umur dan jenisnya. Tanaman hias ini dapat ditemukan dengan harga mulai dari Rp20.000 sampai ratusan ribu rupiah.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Griya Parama atau rumah dijual di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga:

Jenis Tanaman Calathea

tanaman calathea
Source : Pixabay

Calathea memiliki berbagai ragam jenis yang pastinya mempunyai keunikan masing-masing. Mulai dari bentuk daun, ukuran, sampai corak warna calathea yang pastinya berbeda satu dengan lainnya.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk menanam tanaman yang satu ini di rumah. Simak baik-baik ya jenis-jenis Calathea berikut ini!

1. Calathea Lutea

Calathea lutea adalah salah satu tanaman yang sedang digemari oleh pecinta tanaman. Bentuk daun calathea lutea hampir mirip seperti tanaman pisang. Walaupun mirip seperti tanaman pisang, cara merawat tanaman yang satu ini tentunya berbeda dengan merawat tanaman pisang.

Calathea jenis ini dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 3 meter. Tidak hanya itu, daun calathea lutea juga berbentuk lebar sekitar 40-50 cm. Daun tanaman yang satu ini juga berbentuk lebar, berlipat dan berwarna hijau cerah.

2. Calathea Ornata

Dikenal juga dengan nama pin-stripe Calathea, Calathea ornata adalah tanaman hias berdaun cantik dengan warna hijau gelap dan aksen garis-garis tipis berwarna pink lembut. Tanaman yang satu juga mendapatkan julukan Calathea femme fatale karena penampilannya yang feminin karena berasal dari Amerika Selatan yang beriklim tropis, Calathea jenis ini juga dapat ditanam di negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand dan Indonesia.

3. Calathea Orbifolia

Jenis Calathea berikutnya adalah Calathea orbifolia. Calathea ini juga termasuk tanaman hias yang memiliki harga cukup mahal. Anakannya saja dapat dijaul sampai Rp500.000.

Tanaman jenis ini memiliki daun lebar cenderung bulat yang mirip kipas. Pola garis yang rapat dalam warna hijau dan kelabu membuatnya terlihat seperti tubuh zebra. Daun dari tanaman ini dapat tumbuh sepanjang 30 cm dengan lebar 15-20 cm. Berbeda dengan Calathea jenis lain, tanaman yang satu ini tidak mempunya warna ungu pekat di bagian bawah daunnya.

4. Calathea Medallion

Sesuai dengan namanya, jenis Calathea yang satu ini memang mempunyai daun lebar cenderung bulat yang membuatnya terlihat seperti medali. Daunnya menampilkan aksen warna hijau tua, hijau muda, dan putih tulang di bagian tepi. Corak daunnya sangat cantik, seperti coretan yang dibuat dengan cat minyak.

5. Calathea Rufibarba

Calathea falistolistna atau biasa disebut Calathea rufibarba mempunyai daun lancip yang memanjang. Tangkai dari daunnya berwarna ungu kemerahan cukup panjang, sehingga mengesankan tanaman terlihat kurus.

Tidak seperti Calathea jenis lain, rufibarba mempunyai tepi daun bergelombang. Daunnya yang berwarna hijau tua memang tidak dihiasi pola khas, akan tetapi tetap terlihat cantik dengan kilaunnya. Rambut-rambut halus pada permukaan daunnya membuat tanaman ini diberi julukan Calathea beludru juga.

6. Calathea Crimson

Calathea crimson atau prayer plant adalah tanaman hias dengan penampilan unik, sama seperti kebanyak Calathea pada umumnya yang memang disukai karena corak warna dan motif daunnya.

Jenis ini memiliki daun lebar dengan warna ungu dan cokelat gelap cantik. Ketika malam tiba, daunnya akan menguncup seperti tangan yang sedang berdoa.

7. Calathea Lancifolia

Calathea jenis ini biasa dikenal juga Calathea lancetolistna, mempunyai ciri khas berupa daun yang lonjong memanjang. Daunnya berwarna hijau muda dengan aksen gari dan titik berwarna hijau tua. Sama seperti makoyana, bagian bawahnya berwarna ungu pekat.

Lancifolia ini mempunyai tangkai daun yang pendek. Jika ditanam dalam pot yang agak tinggi, penampilannya seperti karangan bunga di florist.

8. Calathea Makoyana

Makoyana merupakan jenis tanaman hias Calathea yang juga dikenal dengan nama tanaman merak atau peacock plant. Daunnya menampilkan motif garis berwarna hijau dan putih, sementara bagian bawahnya dihiasi warna ungu pekat yang cantik. Seperti bulu burung merak yang jelita.

9. Calathea Crocata

Daun tanaman hias Calathea crocata mungkin terlihat sedikit kurang istimewa jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Warnanya hijau pekat tanpa motif dengan aksen gelombang yang sederhana.

Walaupun seperti itu, Jenis yang satu ini dapat menghasilkan bunga berwarna kuning yang terlihat seperti bara api. Bunga inilah yang membuat jenis Calathea ini mendapatkan julukan eternal flame. Akan tetapi jenis yang satu ini tidak akan berbunga jika belum dewasa dan berdaun lebat.

10. Calathea Zebrina

Jenis Calathea yang satu ini dikenal juga dengan nama Calathea zebra. Tanaman ini sering kali ditemukan di bagian tenggara Brasil. Daunnya dihiasi garis-garis dan tulang daun berwarna hijau muda. Permukaannya ditumbui bulu halus seperti beludru.

Tidak hanya bagian atasnya yang belang, bagian bawah daun jenis ini juga dihiasi motif garis-garis berwarna hijau tua dan ungu.

Itu dia informasi singkat mengenai tanaman hias Calathea yang sedang disenangi oleh pencinta tanaman. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download