BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Jenis Tanaman yang Bagus untuk di Kamar Mandi
0
0

15 Jenis Tanaman yang Bagus untuk di Kamar Mandi

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mar 12, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
Jenis Tanaman yang Bagus di Kamar Manditop-right-banner

Ada banyak manfaat yang dapat kamu dapatkan dari peletakkan tanaman di dalam kamar mandi. Salah satunya dapat membuat kualitas udara di kamar mandi menjadi lebih segar dan harum wanginya. Oleh karena itu, menambahkan berbagai jenis tanaman bagus untuk kamar mandi. Kamu juga bisa menciptakan estetika kamar mandi yang lebih menarik. Simak artikel ini untuk mengetahui jenis tanaman yang bagus untuk di kamar mandi!

Kamu dapat menemukan rumah mewah dan modern yang siap huni di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Selain di link tersebut, kamu juga dapat menemukan rumah mewan dan modern terbaik edisi Pinhome di Rumah Ekslusif.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman di Rumah Dengan Benar Untuk Pemula

Jenis Tanaman yang Bagus untuk di Kamar Mandi

Biasanya, kamar mandi merupakan ruangan yang hangat dan lembap yang menjadi tempat sempurna untuk sejumlah tanaman hias. Tak hanya meningkatkan kualitas udara, kehadiran tanaman-tanaman ini dapat menambah keindahan ruangan. 

Namun, Pins tetap perlu memilih tanaman dengan baik karena tidak semua jenis tanaman cocok ditempatkan di kamar mandi. Sebagai referensi, yuk simak beberapa jenis tanaman yang bagus untuk di kamar mandi berikut ini:

1. Lidah Mertua

lidah mertua
Source : Unsplash

Lidah mertua alias Sansevieria trifasciata, atau yang juga dikenal dengan nama snake plant adalah jenis tanaman hias yang populer untuk kamar mandi. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik meski area indoor yang jarang terkena cahaya matahari sekalipun. 

Perawatan lidah mertua juga mudah dengan tingkat toleransi yang ruang pada ruang redup bersuhu lembap yang dapat memberikan suasana ruang lebih sejuk. Kemudian, pertumbuhan tanaman yang tumbuh ke atas tidak memakan banyak tempat sehingga pas untuk kamar mandi mungil sekalipun. 

Namun, untuk menjaga lidah mertua tetap tubuh baik, hindari menempatkan pot tanaman berdekatan dengan keran air. Hal ini dapat membuat tanah pot basah dan lidah mertua tidak menyukai kondisi tanah basah.

Warna daun hijau tua dengan garis abu-abu-hijau atau kuning keemasan dapat membuat kamar mandimu lebih estetik. 

Baca juga: 37 Jenis Tanaman Hias Gantung di Teras Rumah yang Menyegarkan

2. Monstera

monstera
Source : Unsplash

Kalau Pins ingin mempercantik kamar mandimu, pilih jenis tanaman Monstera deliciosa dengan daunnya yang khas dan unik. Tanaman Monstera juga pilihan yang sangat baik untuk tumbuh di kamar mandi.

Meski dalam kondisi cahaya redup, Monstera dapat tumbuh subur di kamar mandi berkat kemampuannya yang baik pada ruangan yang lembab. Monstera dapat tetap sehat di tempat teduh sekalipun. 

Namun, tanaman ini tumbuh sedikit lebih lambat, dan mengembangkan lebih sedikit celah dan lubang khas di daunnya.

3. Anthurium

Anthurium (Kuping Gajah)
Source : Unsplash

Pilihan tanaman yang bagus di kamar mandi berikutnya adalah Anthurium. Tanaman hias Anthurium dikenal sangat menyukai udara yang hangat dan lembab sehingga ideal untuk kamar mandimu. 

Tampilan dedaunan hijau yang kaya dan bunga berbentuk hati berwarna-warni memberikan daya tarik tersendiri pada ruanganmu. Fakta menyenangkan tentang sebagian besar varietas anthurium adalah bunganya bertahan lebih lama ketika ada banyak kelembapan di udara. 

Tak hanya itu, anthurium memiliki khasiat yang bagus untuk membersihkan udara dari polusi sehingga kamar mandimu menjadi lebih segar.

Baca juga: 10 Desain Ventilasi Kamar Mandi

4. Calathea

Calathea
Source : Unsplash

Calathea juga merupakan jenis tanaman tumbuh subur di lingkungan yang lembab sehingga bagus untuk kamar mandi. Uniknya, calathea dapat hidup dalam cahaya sedang dan tidak langsung. 

Pins tidak perlu khawatir tentang seberapa kecil jendela kamar mandi karena lebih toleran terhadap cahaya rendah daripada varietas lainnya. 

5. Pothos

pothos
Source : Unsplash

Tanaman pothos atau dikenal Sirih Gading adalah tanaman yang indoor yang dapat tumbuh hingga enam hingga sepuluh kaki atau lebih. Pins dapat secara teratur memangkas batang kembali tepat di atas daun sehingga akan menjadi lebih penuh dan lebat. 

Untuk perawatannya, Pins hanya perlu menyiram setiap kali tanah terasa kering. Bentuk dedaunan hijau hingga kuning marmer terlihat indah.

Namun, hal yang penting untuk diperhatikan adalah semua bagian tanaman pothos beracun jika tertelan. Jadi, pastikan jauh dari anak-anak, ya!

Baca juga: 10 Tips Memilih Tanaman Hias Indoor yang Tepat

6. Alocasia

Alocasia
Source : Unsplash

Alocasia polly berasal dari Asia subtropis dan Australia. Jika Pins cukup beruntung memiliki kamar mandi dengan banyak ruang, maka tanaman ini bisa menjadi pilihan yang bagus. Tanaman berdaun besar yang membentang dengan baik sehingga menjadikannya daya tarik menarik untuk ruangan mana pun, termasuk kamar mandi. 

Alocasia portodora menyukai kelembapan dan banyak cahaya terang, sehingga hanya akan tumbuh subur di kamar mandi dengan banyak jendela. Selain itu, tanaman ini juga suka hidup di tanah yang lembab, jadi pastikan untuk menyiram saat bagian atas tanahnya kering. 

7. Bambu

bambu
Source : Unsplash

Berikutnya ada tanaman bambu yang bagus untuk ruangan dengan cahaya yang rendah seperti kamar mandi. Dari segi Feng Shui, tanaman ini dikenal dapat menetralkan energi buruk di rumah. 

Jika Pins ingin menanam tanaman hias bambu di kamar mandi, sebaiknya ditempatkan pada wadah yang apat mengontrol ukuran dan penyebarannya. Sebab, diketahui bahwa bambu dapat menjadi sangat invasif ketika ditanam di kebun.  

Dedaunan hijau pucat sampai gelap memiliki bentuk beraneka ragam tersedia yang dapat Pins pilih sesuai keinginan.  

Baca juga: 8 Jenis Tanaman Hias yang Tahan Dalam Ruangan AC

8. Begonia

begonia
Source : Unsplash

Banyak jenis begonia tumbuh dengan baik dalam wadah, dan mereka menikmati kehangatan dan kelembapan rak kamar mandi.  Dedaunannya yang mencolok, tumbuh dengan baik di dalam ruangan. 

Begonia yang ditanam untuk dedaunannya membutuhkan lokasi yang terang jauh dari sinar matahari langsung. Namun, begonia memiliki bunganya membutuhkan titik terang di kamar mandi dengan sinar matahari pagi langsung. Tanaman hias begonia paling baik digunakan dalam campuran pot tanpa tanah untuk ditempatkan di kamar mandimu. 

9. Peace Lily

peace lily
Source : Unsplash

Bunga lili dikenal sebagai jenis tanaman elegan yang bagus untuk kamar mandi. Tanaman ini juga membutuhkan perawatan minimal karena kamu hanya perlu menyiram secara teratur.  Jangan biarkan tanah tetap kering untuk waktu yang lama. 

Selain itu, peace lily dapat tumbuh dengan baik sekalipun cahaya terbatas. Namun, jika tanaman tidak berbunga, mungkin Pins perlu lokasi yang sedikit lebih cerah. Dedaunan hijau mengkilap dengan bunga putih dapat memberikan dekorasi yang cantik di kamar mandimu. 

Baca juga: 12 Model Rak Kamar Mandi Terbaik

10. Philodendron

Philodendron
Source : Unsplash

Philodendron adalah tanaman tropis yang tumbuh subur di ruangan yang lembab, termasuk kamar mandi. Selain itu, tamana jenis ini relatif mudah tumbuh dan menyukai tanah yang lembab secara konsisten. 

Meski begitu, Philodendron membutuhkan cahaya terang dan tidak langsung. Jika Pins menyirami tanaman ini terlalu banyak atau terlalu sedikit, tanaman akan menjatuhkan daunnya sehingga kamu mungkin harus selalu menyapu. 

11. Spider Plant

spider plant
Source : Unsplash

Salah satu jenis tanaman yang bagus di kamar mandi berukuran sempit adalah Spider Plant. Jangan menanamnya di wadah yang jauh lebih besar dari bola akar. Tanaman dewasa secara teratur mengirimkan batang panjang yang menghasilkan bunga kecil berbentuk bintang.

Tanaman ini juga memiliki perawatan yang cenderung rendah serta mentolerir cahaya terang. Tetapi daunnya akan hangus di bawah sinar matahari penuh karena karakteristik Spider Plant lebih suka suhu yang relatif dingin (tetapi tidak dingin).  

Baca juga: 6 Kelebihan Kamar Mandi Kering untuk Rumahmu

12. Gardenia

gardenia
Source : Unsplash

Ada berbagai varietas Gardenia tetapi yang paling sering ditanam sebagai tanaman indoor adalah G. jasminoides, juga dikenal sebagai cape melati. Tanaman berdaun lebar ini tidak mudah tumbuh di dalam ruangan karena memiliki respons yang buruk terhadap angin dingin atau ledakan panas yang tiba-tiba. 

Sebaliknya, Gardenia dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi kamar mandi yang lembab asalkan menerima cahaya yang cukup terang. Gardenia bisa menjadi tanaman besar, tumbuh tetapi juga dapat disimpan di wadah yang lebih kecil dengan pemangkasan yang sering.  

13. Anggrek

anggrek (orchid)
Source : Unsplash

Di antara ratusan spesies anggrek, ada jenis-jenis yang ideal untuk tumbuh di kamar mandi yang tidak terlalu dingin. Beberapa spesies ditanam di tanah, sementara yang lain adalah epifit (tanaman udara) yang menyerap kelembaban dari udara. 

Tanaman anggrek terdiri dari varietas beraneka warna, seperti pink, ungu, merah, hingga putih tergantung varietasnya.  

Baca juga: 5 Jenis-jenis Shower dan Perbedaannya

14. Puring

puring
Source : Unsplash

Pins akan menemukan tanaman puring dalam bermacam-macam dedaunan berwarna cerah, dan varietas pictum memiliki daun multi-warna. Tanaman puring dapat tumbuh secara perlahan sehingga Pins sebaiknya memastikan memberi cukup ruang untuk tumbuh. 

Tanaman puring membutuhkan cahaya terang, tetapi tidak langsung, dan banyak kelembaban meskipun puring tidak suka duduk di tanah basah.  

15. Paku Sarang Burung (Bird’s Nest Fern)

Paku Sarang Burung (Bird’s Nest Fern)
Source : Unsplash

Tambahkan sentuhan alam ke kamar mandi dengan menambah pakis sarang burung walet di kamar mandimu. Tanaman berdaun ini menyukai cahaya sedang dan tidak langsung, jadi pastikan Pins tidak meletakkannya langsung di ambang jendela. 

Bird’s Nest Fern menyukai kelembapan ekstra yang dapat disediakan kamar mandi.

Itulah jenis tanaman yang bagus untuk di kamar mandi yang dapat disampaikan. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam memutuskan memilih jenis tanaman yang tepat untuk kamar mandimu, ya!

Baca juga:

Feature Source Image: TimesNow


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami The Agathis dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download