BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Referensi Desain Taman Anggrek di Rumah yang Hemat Ruang
0
0

8 Referensi Desain Taman Anggrek di Rumah yang Hemat Ruang

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Okt 28, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain taman anggrek di rumah merupakan salah satu desain yang harus diperhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan anggrek adalah jenis tanaman yang sangat unik, cantik, dan mempesona. Tidak hanya itu, untuk membuat desain satu ini juga terbilang cukup mudah jika dibandingkan dengan taman bunga yang lainnya.

Kamu hanya cukup mengembangkan ide-ide desain taman anggrek di rumah yang telah ada ataupun membuat desain baru sendiri. Bunga anggrek juga termasuk primadona tanaman hias yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan kelopak bunganya terlihat sangat indah pada saat mekar. Selain itu juga, perawatannya terbilang cukup mudah karena tidak memerlukan banyak bahan.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Referensi Desain Taman Anggrek di Rumah yang Hemat Ruang

Jika Kamu tertarik untuk membuat taman anggrek dirumah, konsep minimalis yang akan menghemat ruang sangat lah direkomendasikan. Dengan desain taman anggrek di rumah ini tentunya Kamu tidak hanya dapat mempercantik tampilan di dalam rumah saja, akan tetapi juga memiliki nilai fungsional yang tinggi.

Terdapat beragam macam ide desain taman anggrek di rumah yang  minimalis yang bisa Kamu coba contohnya seperti taman anggrek di langit-langit, taman anggrek di dinding, taman anggrek batok, ataupun taman anggrek di pot. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, pada artikel ini Pinhome telah merangkum beberapa referensi desain taman anggrek di rumah yang hemat ruang. Berikut beberapa contoh desainnya.

1. Desain Taman Anggrek di Rumah Kecil

Source : Imgur

Anggrek adalah tanaman yang perlu Kamu budidayakan di dalam pot, tidak dapat langsung di tanah. Hal itu membuat Kamu dapat membuat rak gantung yang berisikan tanaman anggrek di halaman rumah Kamu. Kamu juga dapat memanfaatkan rangka atap overhang yang melindungi area satu ini untuk menggantung pot tanaman. Nantinya, setiap sudut halaman rumah Kamu akan terlihat sangat asri dan sejuk pada saat seluruh tanaman anggrek Kamu berbunga dengan mekar.

2. Taman Anggrek dari Pipa

Source : Flickr

Kamu juga dapat membangun taman anggrek kecil di dalam rumah jika tidak mempunyai lahan terbuka yang luas. Kamu bisa membangun rak vertikal dari pipa bekas untuk menyimpan pot bunga anggrek dan meletakkannya di ujung ruangan yang dekat dengan jendela. Hal ini dikarenakan agar bunga anggrek terkena oleh sinar matahari.

Selama Kamu merawat bunga anggrek dengan baik, tanaman satu ini pastinya akan berbunga walaupun berada di dalam rumah.

3. Rak Kayu Vertikal untuk Tanaman Anggrek

Source : Washingtonian

Desain taman anggrek di rumah yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan rak kayu vertikal. Secara sekilas bentuknya akan mirip dengan rak gantung jaket, akan tetapi rak satu ini agak sedikit lebih tebal dan kokoh. Kaitan di sepanjang bilah kayunya tersusun berselang-seling sehingga masih terdapat cukup ruang untuk anggrek tumbuh ke atas.

Hal yang menarik dari desain ini adalah, pada bagian bawahnya terpasang roda kecil yang memungkinkan Kamu untuk memindahkan posisi rak dengan mudah ke mana pun yang Kamu suka. Sehingga Kamu dapat memindahkan rak dengan mudah jika bosan dengan satu area.

4. Dinding Taman Anggrek

Source : Gardenista

Berikutnya yaitu Kamu dapat meniru penataan taman anggrek seperti contoh di atas. Area utama yang digunakan yaitu dinding rumah yang berbatasan langsung dengan lahan yang terbuka. Kamu dapat menggantung pot tanaman yang berisikan bunga aggrek di sepanjang dinding ini. Dengan begitu, bagian atasnya akan masih tetap terlindungi oleh atap, akan tetapi akses cahaya matahari akan tetap maksimal.

5. Taman Vertikal di Balkon

Source : Balcony Garden Web

Referensi taman anggrek di rumah berikutnya yaitu Kamu dapat menggunakan desain taman vertikal di area balkon rumah. Kamu tinggal memasang panel kayu yang cukup tinggi di balkon untuk tempat menggantung pot tanaman. Kemudian gantung pot dengan pola sedikit zig-zag agar anggrek dapat tumbuh dengan optimal nantinya.

Untuk mengoptimalkan penggunaan lahan, Kamu dapat meletakkan pot tanaman hias daun sebagai pelengkap di lantai.

6. Taman Anggrek yang Kering

desain taman anggrek di rumah
Source : Design Boom

Kamu juga dapat menggunakan konsep taman kering untuk lahan kecil di halaman belakang rumah. Lapisi permukaan tanah di taman dengan menggunakan kerikil dan rumput taman. Kemudian, pasang kaitan pada dinding untuk menggantung pot tanaman berisi bunga anggrek. Kamu bisa menyusun pot secara berjajar dan isis dengan varian bunga anggrek yang berbeda agar menghasilkan tampilan yang lebih indah dan cantik.

7. Desain Taman Anggrek di Langit-Langit Rumah

desain taman anggrek di rumah
Source : Capsule Gardens

Kamu juga dapat menambahkan variasi lain atau mencoba desain yang satu ini. Cara membuat taman anggrek digantung di langit rumah terbilang cukup mudah. Bahkan saat ini terdapat banyak pot tanaman anggrek yang dijual telah dengan talinya untuk menggantungkan anggrek tersebut di langit-langit rumah. Sehingga akan membuat tampilan rumah Kamu lebih cantik.

8. Desain Taman Anggrek Menggunakan Batok Kelapa

desain taman anggrek di rumah
Source : Eluxe Magazine

Membuat taman anggrek tidak lah membutuhkan media yang mahal, batok kelapa ini dapat Kamu jadikan sebagai media untuk membuat taman anggrek di rumah. Batok kelapa ini mudah untuk disusun dengan rapi di rak bunga anggrek. Jika tidak ada rak, maka Kamu dapat menggantinya dengan digantung di dinding ataupun pohon yang dekat.

Itu dia beberapa referensi taman anggrek di rumah yang hemat ruang. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download