BlogLifestyleWow! 8 Fakta Tentang Jenggot Musa, Tanaman Gantung Popular
0
0

Wow! 8 Fakta Tentang Jenggot Musa, Tanaman Gantung Popular

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Agu 9, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
jenggot-musatop-right-banner

Kamu yang tinggal di Bali Resort Tangerang dan Intan Residence pasti pernah melihat atau tanaman jenggot musa, kan? Nah, apakah Pins tahu bahwa jenggot musa ternyata memiliki segudang fakta populer terkait tanaman gantung tersebut

Sembari memperhatikan informasi mengenai manfaat makan kentang rebus, yuk cek juga penjelasan soal simulasi KPR dan cara cek estimasi harga rumah di Pinhome. Kamu juga bisa cek daftar rumah dijual di bogor di sini, lho. 

Apa Itu Jenggot Musa

Source : mediatani.co

Jenggot musa, atau dalam bahasa ilmiahnya Dischidia Nummularia merupakan tanaman epifit yang berasal dari daerah tropis seperti Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Epifit adalah tumbuhan yang tumbuh menempel pada permukaan tanaman lain, seperti dahan pohon atau batang pohon, namun tidak merusak inangnya. 

Ciri khas dari tanaman ini adalah bentuknya yang menyerupai jenggot atau rambut panjang dan halus yang menjuntai dari pohon-pohon atau tanaman lainnya. Tanaman ini juga tidak memiliki akar yang menanam di tanah, melainkan menempel pada permukaan tanaman inangnya. Mereka memperoleh air dan nutrisi melalui daun dan akar udara mereka. 

Baca juga: 17 Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan

8 Fakta Tentang Tanaman Jenggot Musa

Source : kompas.com

Tanaman jenggot musa ini bisa kamu peroleh di toko bunga lho Pins. Jika kamu membelinya, banyak fakta menarik tentang tanaman ini. Apa saja faktanya? Yuk simak artikelnya dibawah ini.

1. Memiliki Nama Ilmiah yang Unik

Fakta tentang tanaman jenggot musa yang pertama yaitu ada di nama ilmiah yang tanaman ini miliki. Ya, tanaman ini memiliki nama ilmiah Dischidia Nummularia. Genus Dischidia adalah anggota dari keluarga Apocynaceae, yang sama dengan keluarga tanaman hias populer seperti tanaman Hoya dan Plumeria.

2. Bentuk Daun yang Tidak Biasa

Apakah Pins tahu, bahwa ciri khas utama dari tanaman jenggot musa adalah daunnya yang menyerupai jenggot atau rambut panjang dan halus yang menjuntai dari pohon-pohon atau tanaman lainnya. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau keperakan dengan urat yang menonjol, memberikan kesan mirip jenggot atau kumis. 

3. Tumbuh Sebagai Epifit

Source : ilmubudidaya.com

Tanaman ini merupakan epifit alami yang ditemukan tumbuh menempel pada permukaan batang atau dahan pohon inangnya. Mereka tidak mengambil nutrisi dari tanah, melainkan mendapatkan air dan nutrisi melalui dari daun dan akar udara mereka. 

4. Habitat Asli

Asal usul tanaman jenggot musa ini berada di daerah tropis dan subtropis di Asia Tenggara, termasuk Indonesia juga lho Pins. Mereka sering ditemukan tumbuh di hutan-hutan lebat dan kawasan hutan hujan.

5. Tanaman Hias Populer

Source : planterandforester.id

Dikarenakan bentuk daunnya yang unik dan menarik, tanaman jenggot musa menjadi populer sebagai tanaman hias dalam ruangan. Tanaman ini sering ditanam dalam pot gantung atau ditempatkan di tempat dengan media tanam yang mendukung pertumbuhan mereka sebagai tanaman epifit. 

6. Perawatan yang Mudah

Tanaman jenggot musa umumnya tidak memerlukan perawatan yang rumit. Tanaman ini tumbuh baik di tempat yang mendapatkan sinar matahari terang atau cahaya yang tersebar, tetapi hindari paparan langsung sinar matahari yang terlalu kuat. Selain itu, pastikan media tanam memiliki drainase yang baik dan Pins jangan terlalu sering menyiramnya. 

7. Dapat Berkembang Biak

Source : bibitbunga.com

Seperti banyak tanaman hias lainnya, tumbuhan ini dapat berkembang biak melalui stek batang atau stek daun lho Pins. Kamu dapat memperbanyak tanaman ini dengan memotong bagian batang atau stek daun yang sehat dan menanamnya di media tanam yang cocok. 

8. Dukungan untuk Tanaman Tumbuh Lebih Baik

Agar tanaman jenggot musa tumbuh dengan baik, Pins dapat memberikan dukungan berupa rangkaian tali atau jaring kecil untuk membantu mereka melekat pada media tanam atau dinding di dalam pot. Hal ini akan membantu menjaga tumbuhan tetap aman dan memberikan dukungan saat mereka tumbuh lebih besar. 

Cara Merawat Tanaman Jenggot Musa

Setelah mengetahui fakta tentang tanaman jenggot musa, ada baiknya bagi Pins mengetahui cara merawat tanaman jenggot musa. Walaupun pada umumnya tanaman ini mudah untuk dijaga, tetap memerlukan beberapa perhatian khusus lho. Yuk simak caranya dibawah ini.

Baca juga: Simak! 15 Manfaat Susu Kedelai, Tak Kalah Hebat dari Susu Sapi

1. Penyinaran

Source : scgcbm.id

Letakkan tanaman jenggot musa di tempat yang mendapatkan sinar matahari terang atau cahaya yang tersebar. Hindari paparan langsung sinar matahari yang terlalu kuat, terutama selama jam tengah hari, karena bisa menyebabkan daun terbakar.

2. Suhu

Tanaman jenggot musa tumbuh baik dalam suhu kisaran 18-26 derajat celcius. Pastikan untuk menjaga suhu di sekitar tanaman tetap stabil dan menghindari perubahan suhu yang drastis ya Pins.

3. Kelembaban Udara

Source : floresnews.id

Jenggot musa menyukai lingkungan yang lembab. Jika udara di sekitar tanaman terlalu kering, pertimbangkan untuk meningkatkan kelembaban dengan cara menyemprotkan air di sekitar daun atau meletakkan wadah air di dekatnya. 

4. Penyiraman

Lakukan penyiraman secara teratur, tetapi hindari terlalu banyak air. Tanaman ini lebih baik untuk dikeringkan sebelum penyiraman berikutnya. Pastikan media tanam memiliki drainase yang baik sehingga air tidak tergenang dan mengakibatkan akar busuk. 

Baca juga: 15 Manfaat Kunyit Putih untuk Kebugaran Tubuh

5. Media Tanam

Source : merdeka.com

Gunakan media tanam yang baik dengan campuran bahan seperti potting soil, serat kelapa, dan perlit untuk membantu meningkatkan drainase tanah. Tanaman Jenggot Musa juga tumbuh baik di media berbasis serat lumut sphagnum.

6. Pemupukan

Pins bisa untuk memberikan pupuk dengan bijaksana untuk membantu tanaman tumbuh subur. Pemupukan sekitar setiap 4-6 minggu cukup untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan.

7. Perawatan Batang Rambat

Source : planterandforester.id

Jenggot Musa memiliki batang rambat yang bisa panjang dan merayap. Pastikan memberikan dukungan seperti rangkaian tali atau jaring kecil untuk membantu tanaman melekat pada media tanam atau dinding di dalam pot.

8. Pemangkasan

Pins dapat melakukan pemangkasan ringan pada tanaman Jenggot Musa untuk mempertahankan bentuk dan ukuran tanaman yang diinginkan. Pemangkasan juga membantu merangsang pertumbuhan baru.

9. Kebersihan Tanaman

Source : planterandforester.id

Jaga kebersihan tanaman dengan rutin membersihkan debu atau kotoran dari daunnya. Ini membantu meningkatkan proses fotosintesis dan menjaga kesehatan tanaman.

Dengan mengikuti tips perawatan di atas, Pins dapat membantu tanaman Jenggot Musa tumbuh dengan baik dan tetap menarik sebagai tanaman hias dalam ruangan. Selalu perhatikan keadaan tanaman dan sesuaikan perawatan jika diperlukan. Semoga artikel ini membantu kamu ya Pins. 

Baca juga


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bukit Taman Ciantra dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download